6 Pinjaman untuk Mahasiswa, Cuma Modal KTP

Ingin melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi, tapi terhambat karena dana terbatas? Tidak perlu khawatir, karena sekarang ada platform yang menyediakan pinjaman khusus untuk mahasiswa. 

Dengan dana tersebut, kamu bisa mewujudkan impianmu untuk sekolah setinggi-tingginya. Kira-kira apa nama platform nya ya? Nah, sebelum mengulik platform-platform tersebut, simak dulu tips memilih dana pinjaman yang aman demi meminimalisir aksi penipuan berikut ini.

Baca Juga: 3 Cara Siasati Biaya Pendidikan yang Semakin Mahal

Bingung cari pinjaman yang tepat? Cermati solusinya!

Bandingkan Pinjaman Kilat Terbaik Sekarang!  

Tips Memilih Dana Pinjaman yang Aman

  1. Reputasi yang Baik

    Tidak dapat dipungkiri, lembaga keuangan yang memiliki reputasi baik memberikan ketenangan tersendiri bagi peminjam. Pasalnya, pengelolaan dana sudah pasti dilakukan dengan baik. Tentunya sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.

    Selain itu, pelayanan yang diberikan juga bagus, jadi kamu bisa mendapatkan pinjaman sesuai kebutuhan pendidikan. Alhasil, biaya pendidikan dapat terbayar lunas. Selanjutnya kamu tinggal cicil saja.

  2. Tampil Profesional

    Profesionalisme juga penting dilihat. Jika terbukti bisa tampil profesional, bisa dipastikan pelayanan dari lembaga keuangan tersebut adalah yang terbaik. 

    Masa tunggu pencairan dana cepat, mudah, dan pastinya ada layanan chat untuk memudahkan kamu saat mengalami kesulitan sewaktu mengajukan pinjaman. 

    Selain itu, informasi yang disampaikan terkait produk yang ditawarkan juga terperinci. Alhasil, kamu tidak perlu bolak-balik bertanya karena sudah paham mengenai produknya.

  3. Transparansi

    Tips terakhir adalah memastikan kalau lembaga keuangan transparan mengenai biaya-biaya yang kamu tanggung, baik saat mengajukan pinjaman sampai proses pelunasan. 

    Transparan mengenai suku bunga, biaya administrasi, uang muka, tenor pinjaman, dan lain sebagainya. Jika transparansi lembaga tinggi, itu artinya jauh dari aksi penipuan yang dapat merugikan nasabah.

Baca Juga: Mau Kuliah S2 dengan Biaya Sendiri? Ini Tipsnya

6 Pilihan Pinjaman Pendidikan

loader

Pinjaman Mahasiswa

  1. Cicil

    Uang kuliah menunggak? Tidak perlu khawatir, CICIL siap membantu meringankan masalah finansial yang dihadapi saat ini. Jumlah pinjaman maksimal yang dapat diajukan sebesar Rp30 juta dengan tenor cicilan maksimal 3 tahun.

    Untuk cicilannya sendiri dibagi berdasarkan tujuan penggunaan pinjaman. Untuk membayar uang kuliah per semester, jangka waktu cicilan antara dua sampai enam bulan. Sedangkan untuk uang pangkal, kamu bisa cicil sampai 3 tahun.

    Bunga pinjaman antara 1-1,5 persen per bulan. Dan yang tak kalah menarik adalah persyaratannya. Tidak butuh slip gaji, mudah, cepat, dan dilindungi oleh Asuransi AXA juga.

  2. Pintek

    Pintek merupakan platform pinjaman online yang dapat mahasiswa gunakan untuk kebutuhan kuliah. Sebut saja uang pangkal, uang semester, daftar ulang, kursus, pelatihan, dan lain sebagainya.

    Terdapat dua produk yang ditawarkan oleh Pintek, yaitu:

    • Pintek Reguler

      Digunakan untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan dan aktivitas penunjang. Selain membayar SKS dan uang pangkal, produk ini bisa digunakan untuk membeli buku, laptop, membayar wisuda, biaya skripsi, dan study tour.

      Maksimal dana yang dapat dicairkan adalah Rp300 juta dengan tenor cicilan 2 tahun. Suku bunga rendah yaitu 2%. Itu pun untuk lembaga pendidikan yang notabenenya belum bekerjasama dengan Pintek.

    • Pintek Pro

      Digunakan untuk bekal atau persiapan memasuki dunia kerja. Misalnya, membayar biaya pelatihan atau kursus yang memberikan jaminan kerja.

      Dana pinjaman mencapai Rp300 juta dengan tenor 2 tahun (6 bulan selama belajar, 18 bulan selama bekerja). Sementara untuk suku bunga, yaitu 2,5% bunga efektif selama belajar dan 2% suku bunga flat selama bekerja.

  3. KoinPintar

    Merupakan fitur pinjaman yang disediakan oleh P2P terbesar di Indonesia, yaitu KoinWorks. Melalui KoinPintar, mahasiswa di Indonesia sedikit terbantu dengan mahalnya biaya pendidikan saat ini.

    Ya, dengan tenor pinjaman hingga 24 bulan, KoinWorks menyediakan dua pilihan pembiayaan untuk kamu, para penerus bangsa. Pertama, Pembiayaan Pendidikan Non-Formal dan yang kedua, Pembiayaan Pendidikan Formal.

  4. Danacita

    Mau bayar uang kuliah atau dana kursus? Kamu bisa manfaatkan pinjaman pendidikan bernama Danacita.

    Tidak main-main, total pinjaman yang dapat dicairkan sebesar Rp200 juta yang dapat dicicil hingga 24 bulan. Pinjaman tidak dikenakan bunga dan tidak perlu ada jaminan apapun.

    Kamu hanya akan dikenakan biaya platform sebesar 0-1,75 persen setiap bulannya. Ada juga biaya persetujuan dengan persentase 3% dari jumlah pembiayaan yang diajukan atau minimal Rp100 ribu yang hanya dibayarkan sekali.

  5. Briguna Pendidikan

    Butuh biaya pendidikan untuk lanjut ke S2 atau S3? Briguna Pendidikan dari BRI jawabannya. Tapi yang perlu diketahui, produk ini hanya untuk kamu yang memiliki penghasilan tetap, jadi tidak bisa diwakilkan oleh orang tua maupun wali.

    Plafon pinjaman mencapai Rp250 juta dengan suku bunga dan biaya pengajuan yang rendah.

  6. DanaRupiah

    DanaRupiah merupakan salah satu platform pinjaman online terkemuka yang memberikan layanan pinjaman cepat untuk membiayai kebutuhan di berbagai sektor, termasuk pertanian, pelatihan, dan pendidikan. Bagi mahasiswa dan pelajar yang membutuhkan dana untuk biaya pendidikan, DanaRupiah merupakan solusi yang tepat. Mereka menawarkan pinjaman online dengan bunga rendah, sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang beban bunga yang tinggi.

    DanaRupiah menyediakan limit pinjaman hingga Rp 25 juta, dengan tenor lebih dari 91 hari. Tingkat bunga tahunan maksimum yang ditetapkan adalah 10,5% APR. Sebagai contoh, jika Anda meminjam Rp 10 juta, total yang harus dibayarkan termasuk biaya administrasi adalah Rp 10.150.000. Untuk mengajukan pinjaman, kamu hanya perlu memiliki dokumen KTP dan memiliki penjamin.

Tidak Ada Alasan untuk Mangkir Kuliah

Sekarang membayar uang perkuliahan dan kebutuhan kuliah semakin mudah dengan adanya pinjaman dari platform di atas. Dengan tersedianya produk ini, maka tidak ada lagi alasan untuk mangkir kuliah apalagi kalau alasannya karena kekurangan biaya. Sudah ada solusinya.

Baca Juga: Beda Bunga PayLater, Pinjol, dan KTA