6 Pinjaman untuk Mahasiswa, Cuma Modal KTP

Ingin melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi, tapi terhambat karena dana terbatas? Tidak perlu khawatir, karena sekarang ada platform yang menyediakan pinjaman khusus untuk mahasiswa. 

Dengan dana tersebut, kamu bisa mewujudkan impianmu untuk sekolah setinggi-tingginya. Kira-kira apa nama platform nya ya?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cicil

View this post on Instagram

A post shared by cicil.co.id (@cicil.co.id)

Uang kuliah menunggak? Tidak perlu khawatir, CICIL siap membantu meringankan masalah finansial yang dihadapi saat ini. Jumlah pinjaman maksimal yang dapat diajukan sebesar Rp 30 juta dengan tenor cicilan 3 tahun.

Untuk cicilannya sendiri dibagi berdasarkan tujuan penggunaan pinjaman. Untuk membayar uang kuliah per semester, jangka waktu cicilan antara satu sampai enam bulan. Sedangkan untuk uang pangkal, kamu bisa cicilan sampai 3 tahun.

Bunga pinjaman antara 1-1,5 persen per bulan dikalikan dengan total pinjaman. Dan yang tak kalah menarik adalah persyaratannya. Tidak butuh slip gaji, mudah, cepat, dan dilindungi oleh Asuransi AXA juga.

2. Pintek pendidikan

Pintek merupakan platform pinjaman online yang dapat mahasiswa gunakan untuk kebutuhan kuliah. Sebut saja uang kuliah, SKS, uang pangkal, kursus, pelatihan, dan lain sebagainya.

Terdapat dua produk yang ditawarkan oleh Pintek, yaitu :

  • Pintek Reguler

Digunakan untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan dan aktivitas penunjang. Selain membayar SKS dan uang pangkal, produk ini bisa digunakan untuk membeli buku, laptop, membayar wisuda, biaya skripsi, dan study tour.

Maksimal dana yang dapat dicairkan adalah Rp 300 juta dengan tenor cicilan 2 tahun. Suku bunga rendah yaitu 2%. Itu pun untuk lembaga pendidikan yang notabenenya belum bekerjasama dengan Pintek.

  • Pintek Pro

Digunakan untuk bekal atau persiapan memasuki dunia kerja. Misalnya, membayar biaya pelatihan atau kursus yang memberikan jaminan kerja.

Dana pinjaman mencapai Rp 300 juta dengan tenor 2 tahun (6 bulan selama belajar, 18 bulan selama bekerja). Sementara untuk suku bunga, yaitu 2,5% bunga efektif selama belajar dan 2% suku bunga flat selama bekerja.

Baca Juga: Mau Kuliah S2 dengan Biaya Sendiri? Ini Tipsnya

3. BTN Kredit Pendidikan

Guna memenuhi kebutuhan pendidikan di Indonesia, Bank Tabungan Negara (BTN) meluncurkan produk pinjaman dengan plafon maksimal Rp 200 juta. Pinjaman menggunakan suku bunga flat 6,5% yang dapat dicicil selama 5 tahun.

Namun, pinjaman ini dapat disetujui jika kamu sudah bekerja dan mempunyai penghasilan tetap. Bisa dikatakan, pinjaman ini cocok untuk yang ingin melanjutkan pendidikan ke S1, S2, maupun S3.

Persyaratan lainnya adalah terdaftar menjadi nasabah Bank BTN. Sebelum mengajukan, daftar jadi nasabah dulu agar pengajuan disetujui ya!

4. Koinpintar

Merupakan fitur pinjaman yang disediakan oleh P2P terbesar di Indonesia, yaitu Koinworks. Melalui Koinpintar, mahasiswa di Indonesia sedikit terbantu dengan mahalnya biaya pendidikan saat ini.

Total pinjaman mencapai Rp 200 juta selama 24 bulan. Adapun biaya-biaya yang dikenakan kepada peminjam, seperti :

  • Suku bunga 9-12,5 persen per tahun
  • Ada uang muka sebesar 10% dari total pinjaman
  • Biaya layanan 2-3 persen

Jika pengajuan diterima, maka pinjaman akan langsung diserahkan kepada institusi terkait. 

Baca Juga: Ada Diskon Biaya Kuliah dari Kemendikbud, Simak Cara dan Syaratnya

5. Danacita

Mau bayar uang kuliah atau dana kursus? Kamu bisa manfaatkan pinjaman pendidikan bernama Danacita.

Tidak main-main, total pinjaman yang dapat dicairkan sebesar Rp 200 juta yang dapat dicicil hingga 24 bulan. Pinjaman tidak dikenakan bunga dan tidak perlu ada jaminan apapun.

Kamu hanya akan dikenakan biaya layanan sebesar 0-1,75 persen. Ada juga biaya persetujuan dengan persentase 3% dari total pinjaman.

6. Mandiri kredit pendidikan

View this post on Instagram

A post shared by Bank Mandiri (@bankmandiri)

Layanan pinjaman ini ditujukan untuk mahasiswa Bidikmisi dan yang memiliki usaha atau UKM. Cukup membantu untuk membayar biaya pendidikan, apalagi limitnya juga menggiurkan yaitu hingga Rp 75 juta. 

Tenor pelunasan sampai 10 tahun. Jadi, kamu mau cicil dalam 2, 3, atau 5 tahun, terserah. Tinggal sesuaikan dengan kemampuan finansial saja untuk menghindari kredit macet.

Untuk suku bunga pinjaman, terbilang ringan yaitu 0,5% per bulan atau 6% per tahun. Kapan lagi bisa mendapat fasilitas pinjaman terjangkau ini? Kamu bisa apply sekarang jika tertarik pada produknya.

Tidak Ada Alasan untuk Mangkir Kuliah

Sekarang membayar uang perkuliahan dan kebutuhan kuliah semakin mudah dengan adanya pinjaman dari platform di atas. Dengan tersedianya produk ini, maka tidak ada lagi alasan untuk mangkir kuliah apalagi kalau alasannya karena kekurangan biaya. Sudah ada solusinya.

Baca Juga: Biaya Kuliah Mahal? Ini 7 Cara Mencari Dananya