8 Langkah Menabung di Bank

Banyak artikel yang telah menjelaskan mengenai fitur dan layanan apa saja yang akan didapatkan jika menabung di berbagai bank di Indonesia, mulai dari BCA, Mandiri, BRI, BII, dan sebagainya. Merasa melewati sesuatu yang penting? Mungkin Anda benar, karena sedikit yang membahas hal paling mendasar, yaitu bagaimana cara membuat kartu ATM dan menabung di bank.

Bagi Anda yang merasa sudah pro dalam hal paling mendasar di bank ini mungkin merasa ini adalah artikel yang sepele, namun Cermati yakin banyak kalian para murid sekolah maupun mahasiswa yang mau membuka tabungan di bank untuk pertama kalinya.

Jika Anda adalah salah satunya, Anda berada di artikel yang tepat! Karena berikut akan dijelaskan langkah-langkah menabung di bank beserta informasi yang penting untuk diketahui.

Membuat Kartu ATM Terlebih Dahulu

Kartu ATM via rhezajack.files.wordpress.com

 

Langkah pertama jika ingin membuka tabungan di bank: membuat kartu ATM. Apa sih kartu ATM itu? Pada dasarnya, kartu ATM adalah kartu yang memberikan fasilitas dari perbankan kepada nasabah pemilik rekening tabungan di bank tersebut. ATM merupakan singkatan dari “Automatic Teller Machine”, dan di Indonesia artinya “Anjungan Tunai Mandiri.” Pembuatan kartu ATM ini bisa di bank manapun --- BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, Danamon, BII Maybank, Permata, Bank Mega, Syariah Mandiri, dan masih banyak lainnya.

Tujuan dari memiliki kartu ATM adalah untuk memberikan kemudahan bagi nasabah yang mau melakukan transaksi, tanpa harus melalui teller. Apa yang dimaksudkan dengan transaksi? Macam-macam, bisa dalam rupa menarik cash / tunai, transfer ke rekening tabungan lain, memeriksa saldo, atau membayar ke merchant. Pembuatan kartu ATM sudah jauh lebih cepat dan mudah dibandingkan sejawa masa awal kemunculannya di Indonesia. Kini kartunya bisa jadi pada hari itu juga, bersamaan dengan jika mau membuka rekening simpanan.

Untuk biaya, hampir semua bank kini memberikan kartu ATM dengan harga gratis untuk nasabah yang membuka tabungan. Tidak diberikan biaya tambahan pada pembuatan pertamanya, namun ini di luar jika Anda mau mengganti kartu yang rusak atau hilang.

Lalu bagaimana caranya membuat kartu ATM? Anda harus terlebih dahulu membuka rekening tabungan pada satu bank. Untuk apa sih saldo tabungan ini? Untuk dijadikan sebagai sumber dana ketika Anda mau bertransaksi menggunakan kartu tersebut di mesin-mesin ATM, yang bisa Anda temukan di banyak tempat.

Baca Juga: Wawancara Kredit dengan Bank? Lakukan 7 Hal ini

Cara Membuat Rekening Tabungan dan Kartu ATM

Rekening tabungan via images.wisegeek.com

 

Sekarang, untuk memiliki kartu ATM, berikut panduan untuk membuat rekening tabungan dan kartu ATM:

1. Menyiapkan keperluan administratif: KTP / SIM / kartu pelajar / kartu mahasiswa. Untuk beberapa bank, seperti BCA, Anda harus menambah sertakan NPWP dan KK. Bawa semua identitas diri yang diperlukan ini, kalau perlu beberapa salinan kopiannya, untuk menghindari bolak-balik dan memudahkan kelangsungan prosesnya.

2. Persiapkan uang tunai untuk setoran awal di tabungan baru Anda, sesuaikan dengan batas ketentuan minimum saldo di bank yang Anda pilih. Lihat ketentuan setoran minimum di internet, brosur, atau datang langsung ke Customer Service bank tersebut.

3. Setelah semuanya lengkap, datangilah bank di cabang terdekat yang sesuai dengan domisili Anda, untuk mempermudah jika di masa mendatang ada keperluan lain.

4. Satpam biasa akan menyambut Anda dan memberikan nomor antrian untuk mengantri di Customer Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil.

5. Ketika giliran Anda tiba, CS akan memperkenalkan diri, dan disarankan bagi Anda untuk melakukan hal yang sama, demi kenyamanan prosesnya. Sampaikan kepada CS bahwa Anda ingin membuka rekening tabungan perorangan. Karena tujuan Anda adalah untuk membuat ATM, maka dari itu pilihlah tabungan perorangan yang tabungannya tidak terikat pada jumlah penyetoran dan waktu penarikan.

6. CS Bank akan menerangkan produk tabungan yang tersedia di bank tersebut. Dengarkan dengan seksama. Jangan malu untuk bertanya sedetil apapun. Jangan lupa untuk tanyakan terutama mengenai titik impas, berapa bunga bank yang dapat menutup biaya administrasi bulanan agar saldo tabungan Anda tidak terpotong oleh biaya administrasi tersebut.

7. Jika semua informasi sudah jelas Anda dapatkan, pilih produk mana yang ingin Anda buat, maka CS pun akan memberikan tambahan informasi beserta formulir aplikasi pembukaan rekening. Formulir tersebut akan mendata mengenai identitas diri, seperti nama, nomor telepon, alamat rumah, pekerjaan, pendapatan per tahun, nama anggota keluarga, dan lainnya. Di formulir ini, Anda juga diberikan opsi mengenai fitur yang diinginkan: ATM, internet banking, mobile banking, dan sebagainya.

8. Jika Anda ingin mengaktifkan internet banking, SMS banking, katakanlah pada CS pada saat ini juga. Anda dapat mengatakan ini ketika CS sedang mencetak buku tabungan dan menyiapkan kartu ATM ini. Pin ATM juga Anda tentukan di saat ini.

Baca juga: Tantangan Memulai Usaha Sendiri dan Cara Mengatasinya

Pilih Bank dan Jenis Kartu ATM yang Sesuai Kebutuhan

Sekian langkah-langkah bagi Anda yang mau menabung di bank. Pastikan Anda telah mencermati apa saja yang dibutuhkan, berapa bunganya agar saldo Anda tidak terpotong biaya administrasi, dan hal-hal kecil lainnya. Untuk mengetahui informasi dan layanan fitur setiap kartu ATM dan bank, Anda dapat membandingkannya di Cermati.com.

Baca juga: 5 Tips Memilih Kartu Kredit Bagi Pemula