9 Tips Jitu Lulus Medical Check Up

Tes kesehatan atau medical check up menjadi salah satu tes yang agak menakutkan dalam proses rekrutmen kerja. Jika kandidat terbukti mengidap penyakit yang berbahaya, ia bisa gagal. Usaha dan jerih payah selama ini menjadi sia-sia.

Meski miris, pemberlakuan tes kesehatan sebenarnya menguntungkan kedua belah pihak, yaitu karyawan dan perusahaan. Dengan tes ini, karyawan menjadi aware terhadap kondisi kesehatannya. 

Apakah kamu akan mengikuti tes kesehatan dalam waktu dekat? Berikut tips jitu supaya lulus.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Hentikan merokok

loader

Bagi perokok, hentikan kebiasaan buruk ini untuk sementara waktu. Ya, setidaknya 1-2 bulan sebelum medical check up untuk memastikan kondisi paru-paru minim bercak hitam bekas nikotin.

Bagi yang tidak merokok, hindari perokok aktif karena asap rokok yang terhirup dapat menimbulkan bercak hitam juga. Jangan karena kenikmatan semata, nilai tes malah berkurang.

2. Perbanyak istirahat

Agar tekanan darah tetap normal, sebaiknya tidur yang cukup beberapa hari sebelum hari-H medical check up. Istirahat membantu mengurangi ketegangan, sehingga sel saraf menjadi rileks. Selain itu, hormon stres ikut berkurang. 

Bagi penderita insomnia, cobalah atur jam tidur lebih cepat dari sebelumnya. Paksa agar matamu tertutup, jadi tubuh perlahan-lahan terlelap. 

3. Jaga stamina tubuh

Berolahraga sebelum medical check up tidak hanya membuat tubuh bugar, tapi juga melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Olahraga yang sederhana saja, seperti jalan, lari, atau bersepeda di sekitar kompleks. 

Hindari olahraga berat, ya! Selain menguras tenaga, olahraga berat dapat meningkatkan tekanan darah yang otomatis mempengaruhi hasil tes kesehatanmu nanti.

Baca Juga: Kenali Manfaat Hingga Resiko Kelebihan Mengonsumsi Vitamin A Bagi Tubuh

4. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Gorengan memang enak, tapi untuk sementara dijauhkan dulu karena minyaknya meningkatkan kolesterol. Ganti gorengan kesukaanmu dengan sayur dan buah-buaha, yang tentu lebih sehat bagi tubuh. 

Kandungan serat di dalamnya dapat memperlancar sistem pencernaan, meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Jadi, hasil kesehatan baik-baik saja. Kamu bisa lulus dan pastinya bebas khawatir terhadap kondisi kesehatan.

5. Penuhi kebutuhan air putih

loader

Tubuh membutuhkan 8-12 gelas atau 2 liter air putih setiap hari untuk membantu menjaga metabolisme tubuh. Begitu pula dengan racun yang ada di dalam tubuh, perlahan-lahan akan dikeluarkan sewaktu buang air kecil. 

Bagi yang malas minum, coba untuk tingkatkan intensitas minum di pagi, siang, maupun malam hari. Isilah botol air minum sampai penuh, lalu letakkan di dekatmu agar kamu tak lupa minum. Karena terkadang, rasa malas itu muncul karena jarak antara botol minum dan kamu terlalu jauh. 

6. Hindari konsumsi obat-obatan

Setidaknya sebelum 3 hari menjalani medical check up, hindari konsumsi segala macam obat-obatan karena ada efek sampingnya bagi tubuh. Hal ini akan mempengaruhi hasil tes darah, meskipun sebenarnya peredaran darah lancar dan tidak ada gejala tekanan darah rendah.

Lain halnya jika ada penyakit yang harus disembuhkan dalam waktu dekat, mengonsumsi obat-obatan sangatlah wajar. Namun, akan lebih baik jika kamu melakukan reschedule tes kesehatan. Estimasi waktu pemulihan yang dibutuhkan, sehingga tes dapat segera dilakukan.  

Baca Juga: Ini Persiapan untuk kamu yang akan Jalani Medical Check Up

7. Hidup bebas kafein

Memang, hidup tanpa segelas kopi dalam sehari bisa membuat mood menjadi jelek. Tapi karena tes kesehatan ini menentukan perjalanan karirmu, berkorbanlah sedikit saja. Siapa tahu rezekimu ada di perusahaan tersebut.

Tak perlu lama-lama, 2-3 hari tanpa kafein sudah cukup. Setelah medical check up selesai dan lulus, kamu boleh konsumsi kafein secukupnya. Sebab, konsumsi berlebih justru membahayakan kesehatan. 

8. Puasa

Jika tes kesehatan yang dilakukan berupa tes kadar gula dalam darah, sebaiknya berpuasalah setidaknya 12 jam sebelum tes dilakukan. Tujuannya untuk menormalkan kadar gula darah di dalam tubuh, jadi hasilnya tidak melebihi batas yang diperbolehkan.

Makanan, terutama yang bercita rasa manis dapat meningkatkan kadar gula. Bagi kamu yang terbiasa makan nasi di pagi hari, hal ini tentu cukup berisiko.

9. Medical check up di pagi hari

loader

Selain karena masih bugar karena tidur yang cukup, kadar gula dalam darah berpeluang normal karena makanan yang masuk ke dalam tubuh belum terlalu banyak. 

Jika jadwalnya siang, lakukan delapan tips di atas untuk memastikan tubuhmu dalam keadaan sehat. Jadi, kamu bisa lulus tes. 

Optimalkan Kesehatanmu Sebelum Mengikuti Tes

Medical check up bisa dikatakan sebuah tes yang sederhana, tapi agak menegangkan karena besar pengaruhnya terhadap kelulusan tes secara keseluruhan. 

Sebelum mengikuti tes, coba optimalkan dulu kondisi kesehatan dengan olahraga teratur, tidur yang cukup, memperhatikan pola makan, dan lain-lain agar hasil tesnya maksimal. 

Dengan demikian, usaha dan semua hal yang kamu korbankan selama proses rekrutmen mendatangkan hasil sesuai harapan.

Baca Juga: Calon Pengantin, Ini 7 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah