4 Alasan Mengapa Orang Kaya Tetap Menggunakan Kartu Kredit

Bukan rahasia lagi jika penggunaan kartu kredit di tanah air terbilang begitu tinggi. Alat pembayaran yang satu ini memang menawarkan banyak kemudahan dan juga keuntungan bagi penggunanya. 

Kedua hal tersebut menjadi alasan banyak orang menggunakan kartu kredit, termasuk untuk kalangan pekerja yang seringkali berbelanja sebelum tanggal gajian tiba. 

Lalu bagaimana dengan orang kaya yang pada dasarnya memiliki banyak uang, namun justru senang menggunakan fasilitas pembayaran ini?

Pada dasarnya, kartu kredit memang tidak hanya menyasar satu kalangan tertentu saja. Hal ini bisa dilihat dari hadirnya berbagai jenis kartu kredit yang memberikan keuntungan yang masing-masing dapat memenuhi kebutuhan kalangan tertentu. 

Artinya, produk keuangan ini memang cocok digunakan untuk berbagai kalangan, termasuk orang kaya memiliki banyak uang sekalipun. Kalangan yang satu ini juga tentu memiliki alasan tertentu untuk tetap menggunakan kartu kredit, meski uang mereka bisa membeli apa saja yang mereka inginkan secara tunai.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa orang kaya masih tetap menggunakan kartu kredit:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Praktis

loader

Tingkat kesibukan yang sangat tinggi seringkali menjadi alasan orang kaya untuk menggunakan beragam fasilitas yang praktis. Hal seperti inilah yang ditawarkan oleh kartu kredit, sebab alat pembayaran yang satu ini begitu praktis dan mudah digunakan, kapan saja dan di mana saja. 

Berbagai transaksi akan dapat dilakukan dengan cepat dengan kartu kredit, baik itu secara online maupun untuk berbagai transaksi offline.

Ketersediaan limit yang besar pada kartu kredit juga akan mempermudah berbagai transaksi keuangan yang dibutuhkan. Selain itu, alat pembayaran yang satu ini juga memiliki jangkauan yang sangat luas dan bisa digunakan di berbagai belahan dunia sekaligus. 

Hal seperti ini akan sangat memudahkan orang kaya untuk berpergian dan melakukan sebagai transaksi keuangan yang mereka butuhkan selama melakukan perjalanan. 

Jika dibandingkan dengan membawa uang tunai dalam jumlah yang besar, menyelipkan plastik tipis ini di dompet ketika bepergian tentu akan jauh lebih mudah dan praktis. Kartu kredit juga memungkinkan pasangan suami istri untuk memiliki 2 kartu (utama dan tambahan) dalam satu akun sekaligus. 

Hal ini akan mempermudah pasutri untuk mengatur pengeluaran, termasuk  membayar berbagai transaksi rutin yang mereka butuhkan setiap bulannya

Baca Juga: 4 Tips Liburan Hemat Menggunakan Kartu Kredit

2. Mudah melacak transaksi

loader
Melacak Transaksi Kartu Kredit

Mengatur keuangan dan pengeluaran dengan baik merupakan kebiasaan yang dijalankan oleh kebanyakan orang kaya. Hal ini akan bertambah mudah dengan penggunaan kartu kredit, bank penerbit alat pembayaran ini akan mengirimkan tagihan secara rutin setiap bulannya. 

Berbagai transaksi keuangan yang dilakukan akan lebih mudah untuk dilacak, termasuk transaksi rutin seperti tagihan listrik dan juga telepon.

Jika dibandingkan dengan memeriksa struk belanja, memeriksa tagihan kartu kredit seperti ini tentu akan jauh lebih mudah dan cepat. Beberapa bank bahkan memiliki fasilitas yang memungkinkan tagihan kartu kredit disajikan seperti laporan tahunan, bahkan mengelompokkan masing-masing tagihan tersebut. 

Semua kemudahan ini akan sangat membantu orang kaya untuk menghitung pengeluaran, termasuk bagian pajak yang harus mereka laporkan setiap tahunnya.

3. Mengumpulkan point reward

loader
Point Reward Kartu Kredit

Point reward menjadi alasan lainnya mengapa orang kaya senang  menggunakan fasilitas kartu kredit. Point reward ini pada umumnya diberikan sesuai dengan jumlah transaksi yang dilakukan oleh pengguna kartu kredit dan bisa ditukarkan dengan produk maupun layanan tertentu. 

Semakin besar transaksi yang dilakukan, maka semakin banyak jumlah poin reward yang bisa dikumpulkan dan ditukarkan.

Pada umumnya, bank akan menawarkan berbagai produk atau layanan menarik yang dapat ditukarkan dengan point reward. Keuntungan  dalam bentuk poin reward  seperti ini tentu tidak akan bisa didapatkan ketika melakukan transaksi tunai. 

Mengumpulkan poin reward seperti ini menjadi kesenangan tersendiri bagi orang kaya, terutama mereka yang terbiasa bertransaksi dalam jumlah yang cukup besar.

Baca Juga: 5 Kesalahan Pengguna Kartu Kredit yang Bikin Utang Menggunung

4. Bertransaksi dengan aman

loader
Transaksi Kartu Kredit

Faktor keamanan juga menjadi alasan orang kaya untuk tetap menggunakan kartu kredit.  Bertransaksi dengan alat pembayaran yang satu ini dianggap lebih aman, jika dibandingkan dengan harus membawa sejumlah uang tunai saat berbelanja. 

Membawa uang tunai ketika bepergian memang sangat beresiko, bukan hanya  kerugian, resiko keselamatan juga perlu menjadi pertimbangan. 

Resiko kerugian juga akan sangat besar ketika bepergian dengan membawa kartu debit, sebab kerugian bisa saja muncul sebesar jumlah saldo tabungan di dalamnya. Namun jika kehilangan kartu kredit, maka resiko kerugian tentu hanya akan sebesar limit kredit yang terdapat di dalam kartu itu saja. 

Banyak Kemudahan dan Keuntungan yang Ditawarkan oleh Kartu Kredit

Orang kaya tetap senang menggunakan kartu kredit, meski pada dasarnya mereka memiliki banyak uang untuk melakukan transaksi tunai. Fasilitas pembayaran yang satu ini memang bisa memberikan banyak keuntungan. Selain itu, penggunaan kartu kredit juga dianggap jauh lebih praktis dan aman.

Baca Juga: Ingin Punya Kartu Kredit? Pastikan Kamu Bebas dari 5 Ciri Ini