Andal Berakting dan Senang Berbisnis, Begini Kisah Citra Kirana Sukses Berkarier di Dunia Hiburan

Salah satu aktris cantik yang sukses menekuni dunia hiburan ialah Citra Kirana Siregar. Wanita kelahiran Bogor ini telah membintangi berbagai film layar lebar, sinetron, dan produk iklan terkenal.

Istri dari aktor Rezky Aditya ini juga telah menorehkan prestasinya sebagai pemain peran. Sejauh ini, ia telah memboyong sejumlah penghargaan bergengsi atas keunggulannya dalam berakting. 

Pada tahun 2013, ia memenangkan trofi Aktris Favorit dari Indonesia KCA. Ia juga menyabet penghargaan Pemeran Wanita Terpuji Serial Televisi dari Festival Film Bandung. Adapun dari Panasonic Gobel Award, ia mendapat apresiasi untuk kategori Pemeran Wanita Sinetron Terfavorit.

Bercita-cita Jadi Pramugari

View this post on Instagram

A post shared by Citra Kirana (@citraciki) on

Kiprahnya di industri entertainment dimulai sewaktu ia terjun ke dunia model. Bungsu dari empat bersaudara ini merupakan putri dari pasangan Yanny Christina dan Iwan Siregar. 

Sejak berusia 15 tahun, Citra memang sudah tertarik pada dunia keartisan. Hal ini tampak dari kesungguhannya dalam mengikuti berbagai casting film maupun audisi untuk jadi bintang iklan.

Namun sewaktu kecil, ia tak pernah bermimpi untuk menjadi seorang entertainer. Sebaliknya, ia bercita-cita menjadi pramugari agar bisa melanglang buana ke berbagai negara secara leluasa sambil bekerja.

Gagal Casting Berkali-kali

View this post on Instagram

A post shared by Citra Kirana (@citraciki) on

Pada masa awal perjuangannya, Citra kerap mengalami ketidakberhasilan. Berbagai casting dan audisi yang diikuti tak berhasil dilaluinya. Nyatanya, kegagalan yang berulang kali dialami tak membuat semangatnya padam.

Hingga pada tahun 2007 lalu, wanita blasteran Belanda-Batak-sunda ini berhasil menjadi salah satu finalis majalah Gadis Sampul. Ciki, demikian panggilan akrabnya, saat itu sukses masuk menjadi 20 besar finalis Gadis Sampul 2007.

Baca Juga: Pernah Jadi Putri Sumut, Begini Perjalanan Karier Cut Meyriska yang Kerap Mainkan Peran Antagonis

Aktif Lakoni Film dan Sinetron

View this post on Instagram

A post shared by Citra Kirana (@citraciki) on

Perlahan namun pasti, jalan untuk terjun ke dunia hiburan semakin terbuka lebar. Citra pun mulai terjun ke dunia akting dan melakoni berbagai judul film dan sinetron. Di sinetron Janji Cinta, ia sukses beradu akting dengan Raffi Ahmad.

Memasuki tahun 2009, ia ikut tampil dalam sinetron populer bertajuk Nikita. Dalam sinetron tersebut ia berperan sebagai tokoh bernama Fatimah. 

Bakat akting Citra pun semakin bersinar seiring dengan berjalannya waktu. Wajah cantik wanita kelahiran tahun 1994 ini makin sering terlihat di layar kaca. Tak hanya melakoni sinetron dan film layar lebar, sejumlah judul FTV juga ikut ia bintangi.

Kepiawaiannya dalam berakting dapat disaksikan di sejumlah film karya anak bangsa. Di antaranya yakni Cinta Suci Zahrana (2012), Asih dan Satu Suro yang diluncurkan tahun 2018, hingga Twivortiare (2019), dan Nagabonar Reborn.

Tak hanya berjaya di layar lebar. Beragam judul sinetron juga ikut dilakoni wanita penyuka hewan kucing ini. Setelah kemunculan perdananya dalam Nikita (2009), ia juga bermain dalam Safa dan Marwah, dan Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan (2010).

Kesuksesan Tukang Bubur Naik Haji

View this post on Instagram

A post shared by Citra Kirana (@citraciki) on

Berikutnya di tahun 2010 hingga 2011, Citra kembali memikat pemirsa televisi lewat kemunculannya dalam Putri yang Ditukar. Ia juga ikut membintangi sinetron Dewa dan Tukang Bubur Naik Haji The Series.

Sinetron inilah yang lantas paling melambungkan namanya. Tayang sejak tahun 2012 hingga 2017, Citra sanggup memainkan tokoh protagonis bernama Rumanah dengan sangat baik. 

Pesonanya yang menawan kian menjadi sorotan dan mendapat tempat di hati masyarakat. Melalui perannya ini, nama Citra Kirana kian melambung dengan karier yang semakin meroket. 

Selain itu, Citra juga kembali hadir dalam Orang-Orang Kampung Duku dan Tuhan Beri Kami Cinta di tahun 2017. Kemudian di tahun 2019, ia kembali berperan sebagai Dewi untuk sinetron Cinta yang Hilang serta Istri Tercinta di tahun 2020 ini.

Kemampuan aktingnya yang baik telah membuat Ciki mendapat pamor dan meraih sejumlah prestasi. Ia pun sukses menjadi salah satu artis sinetron dan film yang berbakat. 

Raih Prestasi dan Apresiasi

View this post on Instagram

A post shared by Citra Kirana (@citraciki) on

Di tahun 2013, Ciki memboyong berbagai penghargaan dan apresiasi bergengsi. Mulai dari menjadi Aktris Sinetron Terpuji di Festival Film Bandung hingga Aktris Terfavorit di Panasonic Gobel Award. 

Pada tahun yang sama, ia juga menyabet Aktris Terfavorit dari Indonesian Kids Choice Award tahun 2013. Kemudian dua tahun berikutnya, nama Citra masuk ke dalam nominasi Aktris Terfavorit dalam ajang Indonesian Kids Choice Award serta Panasonic Gobel Award.

Sedangkan di tahun 2016, namanya kembali menjadi nominasi Pasangan Sinetron Tersilet (untuk peran Rumanah dan Robby) dari Silet Awards 2016. 

Termasuk Perempuan Paling Cantik Sedunia

View this post on Instagram

A post shared by Citra Kirana (@citraciki) on

Nama Citra Kirana masuk ke dalam deretan nominasi 100 Most Beautiful Face 2020 dari TC Candler (Independent Critics). Selain Ciki, nama Natasha Wilona, Raisa Andriana, Cinta Laura Kiehl, dan Chelsea Islan juga menjadi nominasi dari Republik Indonesia.

Artinya, kecantikan Citra disejajarkan dengan public figure wanita lainnya dari seantero dunia. Mulai dari, Rihanna, Cara Delevingne, hingga Jennifer Lawrence. Sebagaimana diketahui, setiap tahunnya TC Candler akan merilis sejumlah nama selebritas kelas dunia untuk dimasukkan dalam The 100 Most Handsome Faces dan The 100 Most Beautiful Faces.

Para nominator dinilai tak hanya dari keindahan wajah saja. Profesi, kultur, hingga gaya hidup dan popularitasnya pun ikut kena sorotan.

Baca Juga: Chelsea Islan, Si Anak Magang yang Kini Jadi Bintang Layar Lebar Indonesia

Memilih Hijrah dan Tampil Berhijab

View this post on Instagram

A post shared by Citra Kirana (@citraciki) on

Keputusannya untuk berhijab terjadi pada medio tahun lalu. Setelah menunaikan ibadah umroh, Ciki memilih untuk berhijrah agar dapat meningkatkan ibadahnya. Sejak itu, ia semakin sering tampil mengenakan hijab di berbagai kesempatan. 

Setelah sang artis cantik berhijab, ia didaulat menjadi brand ambassador dari produk Royale Parfum Series dari So Klin Hijab Black Velvet (Wings Group). 

Cinta Sejati, Citra Kirana dan Rezky Aditya

View this post on Instagram

A post shared by Citra Kirana (@citraciki) on

Di akhir tahun 2019 lalu, Ciki telah melepas masa lajangnya. Ia menikah dengan aktor ganteng Rezky Aditya yang juga berprofesi sebagai pengusaha. Sebelumnya, publik mengetahui Citra menjalin kedekatan dengan sejumlah aktor tampan.

Nama Andrew Andhika dan Ali Syakieb dikabarkan pernah mengisi hati dan hari-hari sang aktris cantik. Dengan Ali Syakieb sendiri, Citra menjalani hubungan putus sambung sejak tahun 2013.

Namun di tahun 2019, keduanya memutuskan berpisah baik-baik dan tetap menjalin pertemanan dengan baik. Kemudian Citra mengejutkan publik dengan kedekatannya pada Rezky Aditya. 

Mereka pun mengikat janji setia terhadap satu sama lain pada tanggal 1 Desember 2019 di Bandung. Hingga artikel ini dimuat, Ciki tengah menantikan kelahiran buah cinta dari kehamilan pertamanya.

Tekuni Bisnis dan Investasi

Berkat kerja kerasnya menekuni dunia akting, wanita asal kota Cimahi ini telah memiliki hunian mewah dan bahkan merintis bisnis. Selain membuka usaha rumah kontrakan, Citra juga merambah bisnis kue Banjar Kirana di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Citra yang kerap menginvestasikan uangnya dengan membeli tanah ini tengah tertarik untuk menjajal bisnis fashion dan tas. Sebagai pebisnis, dirinya mengaku tak hanya terlibat dalam penanaman modal semata. Urusan marketing dan produksi pun dilakoninya dengan sebaik mungkin. 

Terus Berkembang dan Berekspansi

Menjadi aktris yang produktif dan sukses tidak lantas membuatnya berhenti dan berpuas diri. Kendati saat ini tengah vakum, Citra tetap rajin mengeksplor bakat aktingnya dan tekun mempelajari hal baru agar skill aktingnya semakin meningkat. Di samping itu, ia juga termasuk selektif dalam memilih peran yang hendak dilakoninya. 

Perkembangan karier seseorang tak akan jauh dari pertumbuhan dirinya sebagai individu. Selalu mengembangkan kemampuan diri serta berekspansi di berbagai aspek kehidupan pasti akan mengubah hasil-hasilmu. Seperti Citra Kirana, kita pun bisa sukses di setiap ranah kehidupan selama terus mengusahakannya dengan maksimal.

Baca Juga: Keren! Sukses di Usia Muda dan Go International, Begini Kisah Cinta Laura Menggapai Impiannya