Mengenal Apa Itu Asuransi Aswata, Produk yang Ditawarkan Hingga Cara Klaim

Kehadiran asuransi telah menjadi salah satu kebutuhan tersier yang semakin banyak diminati. Tidak hanya bagi kalangan dengan pendapatan tinggi, kelompok pekerja dengan gaji upah minimum regional alias UMR juga semakin melirik asuransi sebagai salah satu bentuk antisipasi untuk kondisi darurat di masa depan.

Di Indonesia, ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan berbagai produk asuransi untuk masyarakat. Mulai dari asuransi kendaraan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, hingga asuransi perjalanan tersedia untuk dipilih.

Misalnya saja asuransi Aswata yang menawarkan berbagai produk asuransi yang cukup berbeda dibanding perusahaan asuransi ternama lain. Selain menghadirkan produk asuransi kecelakaan, Aswata juga menyediakan asuransi untuk perjalanan, kendaraan, property, bahkan siber. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang asuransi Aswata, simak ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Asuransi Aswata

loader

PT Asuransi Wahana Tata atau yang lebih dikenal sebagai asuransi Aswata merupakan perusahaan asuransi umum yang memberikan jaminan perlindungan terhadap berbagai aset yang dimiliki. Produk yang ditawarkan pun lebih banyak fokus pada harta dan properti yang dimiliki, baik untuk perseorangan, lembaga, maupun perusahaan. 

Mulai dari asuransi mobil Aswata, asuransi uang, properti, hingga pengangkutan barang. Perusahaan ini juga mengeluarkan asuransi umum syariah untuk kamu yang menginginkan asuransi dengan prinsip keagamaan.

Memberikan pelayanan mulai dari tahun 1964, asuransi Aswata telah melayani nasabah individu maupun korporasi. Sebagai sebuah perusahaan yang sudah lama berdiri, saat ini asuransi Aswata telah memiliki lebih dari 74 kantor di berbagai daerah di Indonesia.

Perusahaan juga mengikuti perkembangan zaman dengan mengaplikasikan teknologi dalam proses pelayanan yang diberikan. Saat ini, semua jenis pelayanan sudah bisa dilakukan secara online. Jadi, semua kebutuhan nasabah bisa dipenuhi dengan lebih praktis dan efisien.

Keunggulan Asuransi Aswata

1. Terpercaya

Memiliki pengalaman selama lebih dari 50 tahun melayani nasabah membuat asuransi Aswata menjadi salah satu perusahaan asuransi yang bisa dipercaya. Perusahaan juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan yang berarti jika asuransi Aswata resmi dan legal. 

2. Banyak Pilihan Produk

Ada lebih dari 10 produk asuransi yang ditawarkan oleh PT Asuransi Wahana Tata untuk para calon nasabahnya. Perusahaan ini juga menyediakan asuransi syariah bagi calon nasabah yang menginginkan asuransi yang menerapkan syariat Islam. 

3. Pelayanan Online

Meskipun merupakan perusahaan asuransi Aswata sudah berumur lebih dari 50 tahun, tetapi PT Asuransi Wahana Tata selalu mengikuti perkembangan zaman. Di era teknologi saat ini, asuransi Aswata juga sudah menghadirkan layanan online untuk memberikan pelayanan. 

Bahkan ada juga  aplikasi si Dia dan chatbot Virtual Assistant Aswata (VANIA) untuk membantu nasabah agar lebih mudah mendapatkan pelayanan. Keduanya bisa dimanfaatkan oleh nasabah dalam  proses klaim maupun penutupan di semua jaringan kantor.

4. Perlindungan Menyeluruh

Produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi ini juga memberikan perlindungan menyeluruh. Misalnya untuk asuransi mobil, jaminan kerusakan dan kerugian tidak hanya untuk kecelakaan, tetapi juga jika terjadi kebakaran, pencurian, hingga kejahatan orang lain.

Jenis-Jenis Asuransi Aswata

Secara umum, produk asuransi Aswata terbagi menjadi dua macam, yakni asuransi Aswata konvensional dan umum syariah. Masing-masing dari jenis asuransi ini masih terbagi-bagi ke dalam beragam produk yang bisa dipilih calon nasabah sesuai dengan kebutuhannya. 

Berikut produk-produk asuransi yang ditawarkan.

Asuransi Aswata Umum Syariah

Aswata Safiya (Umrah)

Produk ini menawarkan asuransi perlindungan bagi orang yang menjalankan ibadah umroh dengan menggunakan syariat Islam.

Aswata Alat Berat Takaful Produk asuransi ini memberikan jaminan perlindungan ganti rugi untuk kerusakan alat berat seperti dump truck, forklift, traktir, grader, bulldozer, excavator, dan lain sebagainya. Dalam prosesnya, dilakukan akad Wakalah bil ujrah dari nasabah atau akad lain sesuai yang tertera di ikhtisar polis.
Aswata Kirana Takaful

Produk ini dihadirkan untuk memberikan jaminan perlindungan terhadap risiko kebakaran pada berbagai bangunan seperti mall, supermarket, toko, gedung perkantoran, pabrik (termasuk stok barang atau mesin), hingga bangunan rumah tinggal (termasuk peralatan dan perabotan). Dalam prosesnya, dilakukan akad Wakalah bil ujrah dari nasabah atau akad lain sesuai yang tertera di ikhtisar polis.
Aswata Kencana Takaful Produk asuransi ini ditujukan untuk memberikan jaminan perlindungan kepada nasabah atas kerusakan atau kerugian yang terjadi pada kendaraan bermotor. Dalam prosesnya, dilakukan akad Wakalah bil ujrah dari nasabah atau akad lain sesuai yang tertera di ikhtisar polis.
Asuransi Aswata Konvensional

Asuransi Cyber Produk ini memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko kejahatan siber yang terkait finansial. Dengan asuransi ini, nasabah bisa mendapatkan jaminan dalam risiko belanja online, restorasi data, pencurian identitas, dan pencurian dana.
Asuransi Uang Produk ini menawarkan jaminan perlindungan untuk uang tunai atau alat tukar lain yang memiliki nilai sama dengan uang dari ancaman berbagai risiko bagi institusi keuangan. Risiko yang dimaksud termasuk cash in transit (proses pengiriman), cash in cashier box (saat di counter teller), serta cash in ATM dan cash in safe (selama penyimpanan).
Asuransi Kebakaran Produk ini memberikan perlindungan terhadap gedung beserta isi di dalamnya dari risiko berbagai bahaya yang tidak diinginkan seperti terjadi ledakan, tersambar petir, atau kebakaran
Asuransi Sepeda Produk ini menawarkan perlindungan untuk sepeda dan pemiliknya. Mulai dari biaya pengobatan karena kecelakaan hingga pencurian sepeda.
Asuransi Perjalanan Produk ini memberikan perlindungan terhadap perjalanan yang dilakukan nasabah. Perjalanan yang mendapatkan jaminan tidak hanya yang dilakukan di dalam negeri, tetapi juga termasuk luar negeri, tergantung dari produk yang dipilih.
Asuransi Pengangkutan Produk ini memberikan perlindungan pada barang yang diangkut melalui udara maupun darat. Ini bisa dibeli oleh perusahaan atau lembaga atau bahkan perseorangan.
Asuransi Properti Produk ini memberikan perlindungan risiko hal yang tidak diinginkan terhadap properti yang kamu miliki. Di dalamnya terdapat banyak sekali pilihan asuransi, mulai dari asuransi rekayasa, asuransi properti, asuransi kebakaran, asuransi gempa bumi, hingga asuransi untuk tempat tinggal dan apartemen.
Asuransi Kendaraan Bermotor Produk ini menawarkan perlindungan terhadap kendaraan bermotor, seperti mobil dan bahkan alat berat. Di dalam produk ini juga terdapat pilihan asuransi khusus untuk kendaraan bermotor yang dimiliki oleh wanita.
Asuransi Kecelakaan Diri Produk ini memberikan perlindungan terhadap diri dan keluarga dari kecelakaan
Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Syarat Pengajuan Asuransi Aswata

Syarat untuk bisa membeli asuransi Aswata sangat mudah. Tetapi, dokumen yang disiapkan kemungkinan akan berbeda-beda, tergantung dari jenis produk yang dipilih. Berikut beberapa dokumen yang perlu disiapkan.

  • Salinan KITAS/SIM/KTP
  • Salinan STNK (asuransi mobil Aswata)
  • Dokumen lain yang diperlukan sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih

Prosedur Klaim Asuransi Aswata

Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan ingin mengajukan klaim, prosesnya tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu mengajukan klaim paling lama 5x24 jam sesudah kejadian. Selain itu, cantumkan berbagai dokumen yang diperlukan untuk mengajukan klaim.

Untuk asuransi umum seperti gempa bumi, huru-hara, banjir, kebongkaran, dan kebakaran, berikut beberapa dokumen yang perlu disiapkan.

  • Salinan KTP tertanggung
  • Polis asuransi/kartu member
  • Perkiraan harga barang dan daftar barang
  • Berita acara dari kepolisian/kelurahan/desa setempat
  • Dokumen lain yang diperlukan

Sementara untuk asuransi mobil Aswata, berikut dokumen yang diperlukan. 

  • Salinan KTP tertanggung
  • Polis asuransi/kartu member
  • Faktur dan BPKB kendaraan asli
  • STNK kendaraan
  • Salinan SIM pengemudi
  • Dokumen lain yang diperlukan

Setelah semua dokumen lengkap, segera hubungi call center di 1500 298 atau kantor cabang terdekat untuk mengajukan klaim. Selanjutnya petugas akan melakukan survei dan verifikasi. Jika semua memenuhi syarat, klaim akan diberikan melalui transfer.

Asuransi Aswata Menawarkan Banyak Produk, Pilih yang Paling Sesuai Kebutuhan

Asuransi Aswata hadir memberikan lebih banyak pilihan untuk kamu yang menginginkan jaminan perlindungan terhadap berbagai aset yang dimiliki. Pilihan produk yang dihadirkan untuk para calon nasabah asuransi Aswata juga sangat banyak. Tidak hanya asuransi umum konvensional, tetapi juga tersedia asuransi umum syariah.

Beberapa contoh produk yang tersedia adalah asuransi properti, uang, kendaraan bermotor, sepeda, bahkan hingga perjalanan dan pengangkutan. Kamu bisa memilih produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.