Lebih Fleksibel Bayar Preminya, Yuk Kenali Apa Itu Asuransi Mobil Bulanan dan Sederet Keuntungannya

Bagi sebagian orang, tidak bisa dipungkiri mobil telah menjadi salah satu kebutuhan primer yang penting untuk dimiliki. Hal ini dikarenakan jenis kendaraan roda empat tersebut berguna untuk memudahkan mobilitas harian penggunanya, termasuk membawa barang atau penumpang dalam jumlah cukup banyak. 

Meski begitu, ketika memutuskan untuk membeli mobil pribadi, kamu perlu menyiapkan pula beragam pengeluaran lain, misalnya bensin dan biaya perawatan. Selain itu, ada pula biaya lain yang tak kalah pentingnya untuk disiapkan bagi setiap pemilik kendaraan pribadi, yaitu asuransi mobil

Umumnya, masyarakat memahami asuransi mobil dengan pembayaran premi tahunan. Tapi, tahukah kamu jika ada pula asuransi mobil bulanan yang sesuai namanya membebankan pembayaran biaya premi per bulan? Dibanding dengan asuransi mobil pada umumnya, asuransi mobil bulanan ini tentu memiliki beragam keunggulan yang bisa lebih fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut seputar asuransi mobil bulanan, jenis, cara hitung premi, dan manfaat yang diberikannya, simak rangkuman ulasannya sebagai berikut.

Baca Juga: Ingin Tahu Apa Itu Asuransi Mobil Harian? Ini Pengertian, Cakupan Proteksi, dan Keuntungannya

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Tentang Asuransi Mobil Bulanan

loader

Asuransi Mobil Bulanan

Banyak dari kamu pasti memahami jika asuransi mobil merupakan produk perlindungan finansial yang mampu menanggung risiko kerugian jika mobil mengalami kerusakan atau hilang akibat dicuri. Melalui manfaat proteksi yang dijamin produk asuransi ini, pemilik mobil bisa merasa lebih lega dan tenang sebab saat risiko yang dilindungi terjadi, tanggungan biayanya akan dialihkan ke pihak perusahaan asuransi. 

Untuk asuransi mobil bulanan sendiri sejatinya tak memiliki banyak perbedaan dengan asuransi mobil pada umumnya. Hanya saja, sesuai namanya, asuransi mobil bulanan menawarkan layanannya dengan pembayaran premi yang dapat dibayarkan per bulan. Berkat inovasi tersebut, mulai ada banyak orang yang tertarik dan percaya diri untuk mendapatkan perlindungan asuransi terhadap kendaraannya. 

Terkait manfaat proteksi yang diberikan pada produk asuransi mobil bulanan sendiri sama persis dengan asuransi mobil biasa, yaitu perlindungan terhadap risiko tabrakan, kerusakan, pencurian, kebakaran, sampai kehilangan sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih dan ketentuan pada polisnya. 

Jenis Produk Asuransi Mobil Bulanan

Selayaknya produk asuransi mobil biasa, asuransi mobil bulanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi di Indonesia umumnya memiliki 2 jenis. Kedua jenis produk asuransi mobil bulanan tersebut adalah TLO atau Total Loss Only, dan All Risk atau komprehensif. Keduanya tentu memiliki cakupan proteksi yang berbeda, termasuk nominal premi yang dibebankan.

TLO

All Risk

Istilah Total Loss Only atau TLO pada jenis asuransi mobil ini mengacu pada jaminan pertanggungan terhadap kerugian pada kendaraan karena kehilangan atau kerusakan total dengan nilai kerugian lebih dari 75 persen harga kendaraan yang berlaku di pasaran. Artinya, pengajuan klaim manfaat pada jenis asuransi mobil ini hanya bisa dilakukan jika mobil mengalami kerusakan dengan biaya perbaikan dengan nilai 75 persen ke atas dari harganya. 

Hal ini berarti jika asuransi mobil TLO tak akan memberikan ganti rugi jika kendaraan hanya mengalami kerusakan ringan dengan biaya perbaikan rendah. Namun, karena memberi manfaat proteksi lebih terbatas, biaya premi asuransi TLO umumnya lebih terjangkau dan ideal diajukan untuk kendaraan bekas dengan usia 10 tahun ke atas.

Sementara untuk asuransi mobil all risk atau komprehensif memberi manfaat pertanggungan terhadap segala risiko kerusakan dan kehilangan pada mobil. Berbeda dengan asuransi TLO, asuransi mobil jenis ini tak hanya menanggung risiko kerusakan parah pada kendaraan, melainkan juga kerusakan ringan seperti penyok, lecet, dan sebagainya. 

Meski manfaat proteksi yang diberikan lebih menyeluruh, tapi biaya premi asuransi komprehensif bisa beberapa kali lipat lebih mahal dibanding asuransi TLO. Sehingga, sesuaikan rencana pengajuan asuransi mobil jenis ini dengan kebutuhan dan kemampuan bayar agar mampu mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Baca Juga: Memasuki Musim Hujan, Yuk Lindungi Kendaraan dari Risiko Banjir dengan Asuransi Mobil Banjir

Cara Hitung Premi Asuransi Mobil Bulanan

Pembayaran premi asuransi mobil bulanan memang per bulan. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik utama dari inovasi produk asuransi mobil ini yang membuatnya banyak dipilih oleh pemilik kendaraan. Tapi, bagaimana cara menghitung biaya premi asuransi mobil bulanan ini?

Umumnya, perhitungan premi berdasarkan rate dari asuransi mobil dikalikan dengan harga kendaraan. Tergantung dari tipe atau jenis mobil, tahun produksi, serta domisili pelat kendaraan, rate dari asuransi mobil bisa berbeda. Faktor lainnya yang menjadi dasar pertimbangan besaran premi asuransi mobil ini adalah usia pengendara, skor kredit, dan sebagainya.

Contoh Perhitungan Premi Asuransi Mobil Bulanan

Agar lebih mudah memahami bagaimana cara menghitung premi asuransi mobil bulanan, kamu bisa melihat contohnya berikut ini. 

Anggap saja kamu baru membeli mobil dengan harga 150 juta rupiah dan berdomisili di DKI Jakarta. Berdasarkan dari daftar biaya premi asuransi komprehensif yang berlaku, harga mobil tersebut termasuk pada kategori 2 dan domisili di wilayah 2 yang memiliki rate premi sebesar 2.47 persen. 

Sehingga, mengacu dari informasi tersebut, perhitungan biaya preminya adalah sebagai berikut. 

2.47 persen x 150 juta = 3.705.000 rupiah per tahun

Dari jumlah tersebut, kamu bisa membaginya sebanyak 12 bulan, sehingga didapat perhitungannya menjadi:

3.705.000 / 12 bulan = 308.750 rupiah

Dalam kata lain, ketika mengajukan asuransi mobil bulanan jenis all risk, melihat dari contoh perhitungan tersebut, biaya premi yang harus dibayarkan per bulan adalah sebesar 308.750 rupiah.

Manfaat Mengajukan Asuransi Mobil Bulanan

loader

Manfaat Mengajukan Asuransi Mobil Bulanan

Walaupun secara umum berguna untuk memberi perlindungan terhadap kendaraan, ada banyak manfaat lain yang dijanjikan oleh asuransi mobil bulanan ini. Berikut adalah 3 manfaat asuransi mobil yang membuatnya penting untuk diajukan oleh setiap pemilik kendaraan tersebut. 

  1. Lebih Mudah Merencanakan Finansial

    Sebelum mengalami kerugian karena risiko masalah yang mungkin terjadi di masa depan, ada baiknya kamu mengantisipasinya lebih dulu dengan mengajukan asuransi. Nah, untuk menyiasati risiko masalah yang dapat terjadi pada kendaraan, kamu bisa menggunakan layanan asuransi mobil ini.

    Sehingga, ketika risiko masalah yang ditanggung oleh asuransi mobil benar terjadi, kamu bisa langsung mengalihkan kerugiannya ke pihak perusahaan asuransi. Misalnya, ketika mengalami kecelakaan, biaya perbaikannya bisa langsung ditanggung oleh perusahaan asuransi menyesuaikan ketentuan polis. 

    Hal ini sangat penting untuk dilakukan, terlebih jika kamu mempunyai dana darurat atau uang tabungan terbatas. Jadi, risiko kondisi keuangan berantakan dan sulit merencanakan finansial karena harus menanggung pengeluaran tak terduga akibat kerusakan mobil bisa dihindari. 

  2. Memberi Jaminan Keamanan dan Kenyamanan saat Berkendara

    Manfaat lainnya, asuransi mobil mampu memberi jaminan rasa aman dan tenang ketika berkendara karena tidak perlu lagi merasa khawatir dengan potensi membayar biaya kerusakan atau kehilangan kendaraan. Pasalnya, pengeluaran tersebut bisa dialihkan ke pihak penyedia asuransi menyesuaikan ketentuan berlaku pada polis. Meski begitu, ketika berkendara, tetap utamakan keselamatan walaupun telah terlindungi asuransi mobil. 

  3. Menjamin Proteksi terhadap Risiko Berlalu Lintas

    Terakhir, asuransi mobil juga bermanfaat menjamin proteksi terhadap kendaraan dari risiko kehilangan atau kecelakaan. Tergantung dari jenis asuransi mobil yang dipilih, kamu bisa mendapat uang pertanggungan terhadap biaya perbaikan kendaraan akibat kecelakaan, atau ganti rugi saat mobil hilang karena dicuri. Yang terpenting, pastikan nominal uang pertanggungan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dan sebanding dengan biaya premi yang dibayarkan tiap bulan.

Asuransi Mobil Bulanan Bisa Jadi Alternatif Dapatkan Proteksi Selama Berkendara

Intinya, asuransi mobil bulanan menawarkan manfaat proteksi yang sama persis dengan asuransi mobil pada umumnya. Hanya saja, pembayaran preminya menggunakan sistem per bulan alih-alih tahunan yang membuat tanggungan biayanya bisa menjadi lebih ringan. Karenanya, asuransi mobil bulanan ini bisa menjadi alternatif memberikan proteksi pada kendaraan agar dapat berkendara dengan lebih aman dan terlindungi. 

Baca Juga: Simulasi Asuransi Mobil: Ketahui Rumus, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhinya!