Ingin Tahu Apa Itu Asuransi Mobil Harian? Ini Pengertian, Cakupan Proteksi, dan Keuntungannya

Ketika memutuskan untuk membeli kendaraan, khususnya mobil, setiap orang diharuskan pula untuk mempertimbangkan pentingnya mengajukan asuransi mobil. Pasalnya, jenis produk asuransi tersebut mampu memberikan manfaat proteksi untuk melindungi kendaraan dari berbagai macam risiko masalah yang mungkin terjadi di waktu mendatang. 

Asuransi mobil sendiri memiliki beragam jenis dengan cakupan manfaat yang berbeda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Salah satunya adalah asuransi mobil harian yang dapat juga disebut sebagai temporary car insurance. Sesuai namanya, jenis asuransi mobil ini memberikan manfaat proteksi bagi kendaraan dalam kurun waktu yang singkat. 

Lalu, apa saja manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika mengajukan asuransi mobil harian ini dibanding yang biasa? Nah, jika ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu asuransi mobil harian, termasuk pengertian, manfaat proteksi, serta sederet keuntungan yang diberikannya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Cara Memilih Asuransi Kendaraan dengan Tepat untuk Kendaraan Pertamamu

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Pengertian Asuransi Mobil Harian

loader

Asuransi Mobil Harian

Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, asuransi mobil harian merupakan jenis produk asuransi kendaraan khusus dan bisa memberikan perlindungan pada kendaraan kesayangan selama kurun waktu yang singkat. 

Tidak hanya harian, durasi perlindungan yang diberikan oleh produk asuransi ini mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan yang mencapai 6 bulan. Dengan pilihan masa aktif yang lebih singkat dan fleksibel tersebut, produk ini mampu memberikan pilihan harga premi rendah. Meski begitu, nasabah asuransi tetap mampu mendapatkan perlindungan dan proteksi hukum yang mumpuni tanpa biaya maupun komitmen khusus. 

Hanya saja, perusahaan asuransi tak secara jelas menawarkan jenis asuransi mobil ini pada calon nasabahnya. Biasanya, terdapat sejumlah perusahaan yang menjajakan jenis asuransi harian ini dengan bentuk aturan berbeda. Contohnya adalah manfaat dan proteksi pertanggungan singkat selama 3 sampai 6 bulan saja.

Selain itu, ada pula perusahaan asuransi mobil yang menawarkan produk asuransi ini secara harian jika kamu menanyakannya langsung pada pihak agen. Ketika menanyakannya secara langsung, pihak agen bakal memberi uraian dan penjelasan lengkap terkait manfaat pertanggungan sekaligus perlindungan yang berlaku di tiap polis asuransinya. Selain itu, informasi seputar biaya premi serta ketentuan lainnya juga pasti dijelaskan dengan lengkap. 

Kalaupun kamu sudah mengajukan polis asuransi kendaraan harian, tidak jarang pihak agen bakal menawarkan program perlindungan lanjutan berjangka panjang. Jadi, kamu pun perlu menandatangani berkas dokumen perlindungan untuk periode waktu 6 bulan. 

Biasanya, jenis pertanggungan atau proteksi yang dijamin polis asuransi ini mencakup pertanggungjawaban pada pihak ketiga, risiko kecelakaan & tabrakan, manfaat medis, sampai proteksi komprehensif. Meski begitu, nasabah masih perlu mencari tahu dulu pertanggungan yang diberikan oleh asuransi sesuai dengan kebijakan yang berlaku. 

Pasalnya, setiap wilayah dan perusahaan asuransi pasti mempunyai kebijakan berbeda mengenai manfaat proteksi yang diberikan pada para nasabahnya. Mengetahui hal tersebut, sebelum mengajukan asuransi mobil jenis ini, riset dulu tentang manfaat proteksi yang dijanjikan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. 

Jenis Asuransi Mobil Harian

Pada dasarnya, asuransi mobil harian memiliki jenis yang tak jauh berbeda dengan produk asuransi mobil secara umum. Berikut adalah sederet jenis dari asuransi mobil harian yang umum disediakan perusahaan asuransi.

  • Asuransi kendaraan bukan pemilik atau non owner car insurances.
  • Asuransi mobil sewa atau rental car insurance.
  • Asuransi mobil pay per mile.
  • Asuransi mobil untuk kegunaan permisif atau permissive use.

Baca Juga: Asuransi Mobil All Risk atau TLO: Pilih yang Mana Ya?

Manfaat Proteksi yang Diberikan Asuransi Mobil Harian

loader

Manfaat Proteksi yang Diberikan Asuransi Mobil Harian

Walaupun umum dijadikan pilihan, tapi asuransi kendaraan jangka panjang tak selalu bisa menjadi jawaban ideal untuk memberi perlindungan yang dibutuhkan pada mobil kesayangan. Terkadang, di kondisi tertentu, kendaraan hanya membutuhkan perlindungan asuransi jangka pendek. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengajukan asuransi mobil harian. 

  1. Beri Perlindungan Ketika Sewa Mobil

    Sejumlah perusahaan persewaan kendaraan sudah mempunyai asuransi sendiri guna memberi proteksi pada kendaraannya. Biasanya, manfaat yang diberikan oleh asuransi tersebut tak bisa dirasakan oleh pihak penyewa selaku pengendara mobil. Karenanya, jika kamu melakukan rental kendaraan dan tak ingin mengajukan asuransi secara langsung dari penyedia rental, mempunyai asuransi harian ini bisa menjadi alternatifnya. 

  2. Beri Jaminan Ketika Meminjam Kendaraan Orang Lain

    Kini, tidak sedikit orang meminjam kendaraan orang lain ketika dibutuhkan, seperti melakukan perjalanan jarak jauh. Sekalipun pihak pemilik kendaraan sudah menyiapkan asuransi mobil, ada baiknya kamu tetap perlu mengajukan asuransi tambahan untuk melindungi diri ketika berkendara menggunakan mobil pinjaman. Jadi, ketika memang hal buruk terjadi, kamu dijamin mendapat perlindungan dan jaminan pertanggungan yang dibutuhkan tanpa risiko terkendala aturan dan batasan tertentu. 

  3. Beri Perlindungan Perjalanan saat Liburan

    Guna menghemat budget liburan tapi tetap memudahkan mobilitas, opsi yang biasa dipilih adalah menyewa kendaraan. Guna melengkapi kelancaran ketika berlibur, ada baiknya memberi proteksi perjalanan berlibur dengan produk asuransi harian ini. 

  4. Beri Jaminan Perlindungan Selengkap Asuransi Kendaraan Jangka Panjang

    Manfaat yang terakhir dari mengajukan asuransi ini adalah jaminan proteksi yang diberikan tidak kalah lengkap dengan asuransi kendaraan jangka panjang. Bahkan, kekurangan pertanggungan yang diberikan oleh asuransi mobil biasa bisa dilengkapi dengan asuransi harian ini. Jadi, guna mengcover kekurangan proteksi yang diberikan oleh asuransi mobil biasa yang telah dimiliki, kamu bisa menjadikan asuransi harian ini sebagai solusinya saat dibutuhkan. 

Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil Harian

Di samping sederet manfaat yang diberikannya, ada beragam keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari mengajukan polis asuransi kendaraan harian ini, antara lain:

  1. Perlindungan untuk Pengendara yang Berstatus Pelajar

    Apabila mempunyai anak di usia pelajar maupun mahasiswa dan tengah menjalani pendidikan di negara lain, kamu bisa memenuhi kebutuhan asuransi kendaraannya untuk sementara dengan asuransi mobil harian ini. Misalnya, ketika sedang pulang dan menjalani masa liburannya di rumah, mereka bisa mendapat perlindungan yang dibutuhkannya dengan jenis asuransi ini. 

    Dibanding asuransi mobil biasa, beban biaya premi asuransi harian tentu jauh lebih terjangkau. Meski begitu, pastikan jika segala ketentuan terkait perlindungan asuransi dipenuhi oleh anak atau pihak tertanggung agar terhindar dari risiko penolakan klaim proteksi saat dibutuhkan. 

  2. Memproteksi Pengendara serta Penumpang pada Polis Asuransi

    Polis asuransi harian juga mampu memudahkanmu untuk menambah pihak lain agar bisa mendapatkan manfaat perlindungannya. Sebagai contoh, saat ada teman, saudara, sekretaris, maupun pihak lain yang turut menggunakan mobil, kamu bisa memberikan perlindungan sementara dengan asuransi mobil jenis ini. Akan tetapi, jika pihak lain tersebut sudah tidak lagi menggunakan kendaraan, jangan lupa untuk menghentikan proteksi asuransi ini agar tak dibebani dengan biaya preminya. 

  3. Menjadi Opsi Asuransi Mobil Internasional

    Ada sejumlah perusahaan asuransi mobil yang memberi layanan perlindungan internasional hingga ke sejumlah negara tertentu. Sebagai contoh, perusahaan asuransi memberi perlindungan internasional jika nasabah ingin melakukan perjalanan ke negara lain, misalnya Eropa. Tapi, untuk perjalanan ke Meksiko, ternyata proteksi asuransi tak berlaku. 

    Nah, untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa mengajukan asuransi harian ini dengan manfaat proteksi ke negara tujuan. Sehingga, aktivitas perjalanan tetap bisa dilakukan dengan perlindungan dari produk asuransi sesuai kebutuhan.  

  4. Melindungi Kendaraan saat Tak Digunakan

    Keuntungan yang terakhir dari mempunyai asuransi mobil harian adalah memberi jaminan perlindungan pada kendaraan saat akan melakukan perjalanan dalam kurun waktu cukup lama, misalnya 2 minggu atau hingga 6 bulan. 

    Jika kendaraan harus ditinggal di rumah, risikonya untuk mengalami kerusakan maupun kemalingan tentu bisa saja terjadi karena tak ada pengawasan. Karenanya, guna menyiasati risiko tersebut, memberi perlindungan dari asuransi harian ini bisa menjadi opsi ideal untuk dipilih. 

Jangan Sepelekan Pentingnya Beri Perlindungan pada Kendaraan

Karena penting memberi perlindungan bagi kendaraan, mengajukan asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan tentu menjadi hal yang tak boleh disepelekan oleh pemiliknya. Tentunya, pemberian manfaat proteksi pada kendaraan ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan agar mampu memberi perlindungan yang optimal dan terbaik. Nah, jika memang memerlukan proteksi sementara atau jangka pendek, kamu bisa menjadikan asuransi mobil harian ini sebagai solusinya. 

Baca Juga: Cara Mudah Hitung Tarif Premi Asuransi Mobil Sesuai OJK