Asuransi Covid Perjalanan Afrika Selatan, Syarat Masuk Afrika Selatan 2023 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Setelah berlakunya aturan baru perjalanan ke luar negeri selama pandemi Covid-19 ini, dimana pengunjung diperbolehkan memasuki negara tanpa harus melakukan karantina lagi dibanyak negara membuat ide travelling untuk liburan kembali menjadi pilihan favorit banyak orang.

Afrika Selatan, merupakan satu dari sekian banyak negara yang kembali membuka negaranya untuk wisatawan Indonesia baik untuk tujuan liburan sampai bisnis. Nah, bagi pecinta travelling pasti sudah tau Afrika Selatan merupakan favorit banyak traveller, terutama mereka yang berjiwa adventure dan menyukai hal-hal yang berbau eksotik.

Bagaimana, tertarik menghabiskan liburan untuk tahun ini di Afrika Selatan? Berikut beberapa persyaratan yang harus diketahui sebelum berangkat ke negara yang terkenal dengan budaya dan keindahan negaranya yang eksotik:

Syarat Umum Masuk ke Afrika Selatan

loader

Afrika Selatan sudah menerapkan beberapa persyaratan terbaru untuk para turis asing yang akan memasuki negara Afrika Selatan. Termasuk juga skema perjalanan terbaru memasuki negara Yunani:

Berikut persyaratan lengkap masuk negara Afrika Selatan 2023:

  • Memiliki Visa Afrika Selantan
  • Paspor atau dokumen perjalanan yang sah dan dapat diterima untuk masa tinggal yang diinginkan
  • Setidaknya satu halaman kosong di paspor untuk pengesahan
  • Dana yang cukup untuk membayar biaya sehari-hari selama kamu tinggal
  • Tiket pulang atau pergi
  • Sertifikat demam kuning jika perjalanan kamu dimulai atau harus melewati sabuk demam kuning di Afrika atau Amerika Selatan.

Kebijakan Masuk Afrika Selatan Terkait Covid-19

Sampai saat artikel ini diperbaharui, tidak ada larangan atau pembatasan perjalanan khusus dari Indonesia ke Afrika Selatan. Selain itu, tidak ada persyaratan untuk mengikuti tes COVID-19 jenis apa pun*.

Namun, pengunjung tetap disarankan untuk melakukan tes secara mandiri untuk memastikan kamu bebas COVID sebelum bepergian ke luar negeri.

*Kebijakan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi dan peraturan negara masing-masing

Cara Mengajukan Visa Afrika Selatan

Syarat Membuat Visa:

Saat mengajukan visa, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen yang akan diserahkan ke kedutaan. Yang terbaik adalah menyiapkan semua file ini sampai selesai sepenuhnya. Berikut ini adalah persyaratan untuk mengajukan visa:

  • Paspor asli dan fotokopi
  • KTP asli dan fotokopi
  • Pas foto sesuai persyaratan
  • Formulir permohonan pengajuan visa
  • Bukti pembayaran visa
  • Surat keterangan sponsor
  • Surat keterangan kerja
  • Rekening koran atau slip gaji tiga bulan terakhir
  • Jadwal perjalanan dan lama tinggal
  • Surat keterangan sehat

Prosedur Pengajuan Visa Afrika Selatan

Setelah dokumen kamu siap, ada beberapa langkah yang harus diambil untuk mengajukan visa. Pastikan kamu mengikuti semua langkah berikut saat mengajukan permohonan visa:

  • Mendaftarkan diri untuk pengajuan visa di kedubes Afrika Selatan di Jakarta
  • Mengunduh formulir aplikasi dari website tersebut. Isi data diri secara lengkap dan sesuai dengan KTP dan paspor.
  • Melampirkan seluruh berkas dalam berkas pengajuan.
  • Pihak kedutaan akan melakukan verifikasi data terlebih dulu. Setelah verifikasi selesai, kamu akan diminta datang kembali untuk melakukan wawancara.
  • Melakukan wawancara setelah pihak kedutaan selesai memverifikasi data.
  • Datang ke Kedubes negara yang dituju untuk pengambilan visa ketika kamu mendapatkan informasi mengenai pengajuan visa kamu telah disetujui.

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Cara Mendapatkan Asuransi Perjalanan untuk Perlindungan Perjalanan ke Afrika Selatan 2023:

loader

Meskipun Afrika Selatan tidak mewajibkan memiliki asuransi perjalanan atau asuransi perjalanan Covid-19 untuk memasuki negaranya, namun hal ini sangat disarankan.

Dengan memiliki asuransi perjalanan atau asuransi perjalanan Covid-19, baik kamu atau keluarga yang sedang berlibur ke Afrika Selatan atau negara lainnya bisa mendapatkan perlindungan risiko selama perjalanan. Baik itu risiko kesehatan, kehilangan barang sampai tindak kejahatan.

Berikut cara mendapatkan asuransi perjalanan Covid-19 untuk perjalanan keluar negeri di Cermati.com:

  • Kunjungi situs Cermati.com atau unduh aplikasi Cermati.com di smartphone kamu atau klik button "Asuransi Perjalanan Covid" di atas.
  • Arahkan kursor ke pojok kanan atas halaman website.
  • Klik masuk jika sudah memiliki akun.
  • Klik daftar jika belum, lalu lengkapi data untuk registrasi.
  • Setelah terdaftar pilih menu lapis di sebelah kiri halaman.
  • Klik pada bagian asuransi.
  • Pergi ke halaman asuransi perjalanan.
  • Lengkapi data yang diminta (Cont: pilih tujuan perjalanan “Afrika Selatan”) dan pilih cari sekarang.
  • Pilih produk asuransi perjalanan dengan manfaat Covid-19 lalu klik beli.
  • Lakukan verifikasi dan pembayaran.
  • Transaksi selesai dan kini perjalanan kamu dan keluarga sudah terlindungi.

Manfaat Asuransi Perjalanan Covid-19 untuk Perjalanan Internasional ke Afrika Selatan di Cermati.com

Berikut beberapa penjabaran dari berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki asuransi pernjalanan Covid-19 untuk perjalanan internasional sebagai perlindungan utama dari berbagai risiko yang bisa mengancam selama liburan:

  • Perlindungan Hingga Rp1,5 Miliar: Jaminan perlindungan terhadap risiko Covid-19 senilai hingga Rp1.500.000.000,- Asuransi ini juga telah memenuhi kriteria pengajuan Visa untuk perjalanan ke luar negeri.
  • Cakupan Perlindungan di Seluruh Dunia: Dapatkan cakupan perlindungan untuk perjalanan domestik dan internasional di seluruh dunia.
  • Jaminan Perlindungan Komprehensif: Jaminan perlindungan yang lengkap mulai dari pertanggungan biaya kecelakaan perjalanan, perawatan medis, ketidaknyamanan perjalanan, kehilangan atau kerusakan bagasi, serta jaminan tambahan lainnya.
  • Biaya Premi Fleksibel: Biaya premi dihitung berdasarkan hari perjalanan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan rencana perjalanan.
  • Layanan Medis Cashless: Kemudahan memperoleh layanan medis tanpa dana tunai (cashless) di daerah atau negara tujuan perjalanan.
  • Call Center 24 Jam: Tersedia layanan call center 24 jam yang siap menangani segala keluhan dan menjawab pertanyaan setiap saat.

Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Afrika Selatan

Jika sudah memahami seluruh persyaratan masuk Afrika Selatan terbaru, berikutnya kamu tinggal merencanakan liburan atau perjalanan mu di negara dengan ramah anggaran dengan keindahan alam dan budayanya yang eksotis ini:

1. Taman Nasional Kruger

loader

Taman Nasional memiliki luas 19.485kilometer persegi. Terletak di provinsi Limpopo dan Mpumalanga di timur laut Afrika Selatan, Taman Nasional Kruger bahkan telah meluas 360kilometer dari utara ke selatan dan 65 kilometer dari timur ke barat. Lokasi taman ini berada di Limpopo and Mpumalanga provinces, South Africa.

2. Gunung Maclear's Beacon

loader

Gunung ini termasuk kedalam daerah dari Taman nasional Gunung Meja yang terletak di kota Cape Town, Afrika Selatan, dan juga merupakan salah satu objek wisata unggulan di kota ini.

3. Cederberg

loader

Cukup popular dan telah menjadi incaran turis mancanegara, Cederberg memang wajib banget masuk ke daftar destinasi yang kamu kunjungi di Afrika Selatan, khususnya bagi kamu yang baru pertama ke negara ini.

Sebagian kawasan dari Cederberg memang diselimuti oleh gurun pasir, namun pemandangan yang ada menjadi lebih dramatis dengan deretan pegunungan serta lembah subur yang dipenuhi bunga ketika musim semi.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Finlandia, Syarat Masuk Finlandia 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

4. Magoebaskloof

loader

Magoebaskloof adalah kawasan yang dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki sentuhan magis yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Beberapa menyebutnya dengan istilah Land of the Silver Mist.

Tepat di bagian tengah dari Magoebaskloof terdapat sebuah desa kecil bernama Haenertsburg. Di sini kamu bisa bersantai sambil menikmati hidangan khas lokal serta bercengkrama bersama dengan warga setempat.

5. Mpumalanga

loader

Mpumalanga menjadi rumah dari kecantikan autentik Afrika Selatan serta beragam satwa liar. Kamu bisa mampir bersafari ke Kruger National Park dan bertemu satwa seperti gajah, jerapah, zebra, dan lainnya.

6. Plettenberg Bay

loader

Kota ini merupakan tujuan wisata populer di Afrika Selatan. Di kota ini, terdapat pegunungan dan pantai-pantai pasir putih yang indah serta terdapat banyak resor mewah disekitarnya. Dengan suasana yang santai dan terdapat banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, maka kota ini wajib Anda kunjungi ketika musim liburan tiba.

7. Durban

loader

Durban merupakan kota terbesar ketiga di Afrika Selatan yang memiliki pelabuhan raksasa / yang terbesar di Afrika. Di kota ini, penduduknya tidak hanya berasal dari Afrika saja, namun juga India, dan beberapa negara Asia lainnya, ini membuat kebudayaan yang ada di kota ini menjadi unik.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Meksiko, Syarat Masuk Meksiko 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

8. Johannesburg

loader

Dikenal sebagai pusat perekonomian yang ada di Afrika Selatan, Johannesburg juga merupakan kota yang sangat cocok dikunjungi ketika musim libura. Di kota ini terdapat banyak sekali objek wisata yang menarik, salah satunya adalah Museum Apartheid yang populer.

9. Tsitsikamma

loader

Ingin menyaksikan pemandangan laut spektakuler di Afrika Selatan? Kamu bisa berkunjung ke Tsitsikamma National Park. Ada banyak sekali pemandangan menakjubkan yang akan kamu saksikan di sini.

Beberapa pemandangan menarik di sini antara lain adalah Storms River Mouth di mana kamu bisa menyeberang dengan jembatan gantung di atasnya. Pastinya jadi satu pengalaman baru yang tak akan terlupakan.

10. Kgalagadi

loader

Kgalagadi Transfrontier Park menjadi salah satu tempat terbaik untuk bertemu dengan beragam satwa liar yang hidup di Afrika Selatan. Area konservasi ini sangat luas yang mencapai 3,6 juta hektar, menjadikannya yang terbesar di dunia.

Dengan Asuransi Perjalanan Covid, Liburan Terasa Lebih Aman dan Nyaman

Pentingnya asuransi perjalanan covid bukan hal yang bisa disepelekan. Dengan banyaknya negara yang mewajibkan memiliki asuransi perjalanan covid sebagai syarat memasuki negara mereka membuktikan bahwa baik dinegara paling aman pun risiko perjalanan dan Covid-19 bisa terjadi kapan saja dan terhadap siapa saja.

Selain itu, dengan memiliki asuransi perjalanan kamu akan tercover dari biaya-biaya tidak terduga seperti pencurian, perampokan, perawatan medis atau kehilangan yang tidak disengaja. Jadi tidak ada ruginya membayar sedikit untuk membeli asuransi perjalanan covid demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

Jangan lupa juga selama melakukan perjalanan, pastikan dirimu untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dan aturan yang ada di setiap tempat yang dikunjungi. Selalu gunakan masker, jaga kebersihan, rajin mencuci tangan dan tidak lupa untuk menjaga jarak.

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Kanada, Syarat Masuk Kanada 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik