Asuransi Perjalanan Covid Finlandia, Syarat Masuk Finlandia 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Finlandia adalah sebuah negara yang terletak di benua Eropa bagian utara. Disebut juga sebagai negara paling bahagia di dunia, Finlandia menawarkan sejuta keindahan alam yang tidak akan pernah bisa dilupakan. Seperti, aurora, ratusan ribu danau, hingga matahari yang tidak pernah terbenam.

Keunikan dan keindahan itulah yang akhirnya membuat banyak wisatawan mancanegara menjadikan Finlandia sebagai destinasi untuk berlibur dan mungkin kamu adalah salah satunya.

Namun, sebelum mewujudkan rencana liburan tersebut, kamu perlu terlebih dahulu mengetahui syarat masuk Finlandia terbaru yang sudah disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 terkini. Berikut adalah informasi dan ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Inggris, Syarat Masuk Inggris 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Umum Masuk ke Finlandia

loader

Syarat Masuk Finlandia

Mengutip dari Finnish Institute for Health and Welfare, untuk masuk ke Finlandia wisatawan perlu memenuhi beberapa persyaratan, seperti:

  1. Paspor yang masih berlaku (lebih dari 6 bulan).
  2. Visa Schengen. 

    Daftar negara anggota Schengen:

    Negara Anggota Schengen

    Austria

    Prancis

    Latvia

    Norwegia

    Swedia

    Belgia

    Jerman

    Liechtenstein

    Polandia

    Swiss

    Republik Ceko

    Yunani

    Lithuania

    Portugal

     

    Denmark

    Hongaria

    Luksemburg

    Slovakia

     

    Estonia

    Islandia

    Malta

    Slovenia

     

    Finlandia

    Italia

    Belanda

    Spanyol

     

    *Perjalanan bebas visa hanya diperuntukan bagi pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas. 

  3. Sudah menerima vaksinasi dosis lengkap.

Syarat Tambahan Masuk ke Finlandia

Pembatasan masuk terkait pandemi Covid-19 sudah berakhir sejak 30 Juni 2022. Sehingga, sudah tidak ada lagi syarat masuk Finlandia tambahan.

Selain itu, berkaitan dengan syarat asuransi perjalanan Covid Finlandia, kedutaan menyarankan agar setiap pemohon visa memiliki asuransi perjalanan ketika hendak mengunjungi Finlandia.

Selain sebagai salah satu syarat pengajuan visa, asuransi perjalanan juga berguna untuk melindungimu dari berbagai macam risiko yang mungkin saja terjadi selama melakukan perjalanan.

Baca informasi selengkapnya di sini.

Kebijakan Masuk Finlandia untuk Wisatawan dari Luar Negeri

Sampai saat artikel ini diperbaharui, tidak ada larangan atau pembatasan perjalanan khusus dari Indonesia ke Finlandia. Selain itu, tidak ada persyaratan untuk mengikuti tes Covid-19 jenis apa pun. (Kebijakan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi dan peraturan negara masing-masing)

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Turki, Syarat Masuk Turki 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Favorit di Finlandia

  1. Rovaniemi

    loader

    Santa Claus Village

    Rovaniemi adalah salah satu kota yang terletak di sebelah utara Finlandia. Di kota ini, banyak sekali objek wisata yang dapat kamu nikmati, seperti:

    Objek Wisata

    Pengalaman yang Ditawarkan

    Arktikum

    Pusat sains dan museum terkenal.

    Santa Claus Village

    Taman hiburan yang menyediakan beragam aktivitas menarik untuk kamu dan keluarga. Mulai dari bertemu dengan Santa Claus, mengirim surat untuk Santa Claus, hingga mengendarai kereta rusa kutub. Menarik kan?

    SantaPark - the Home Cavern of Santa Claus

    Taman hiburan yang menyediakan beragam aktivitas dan hiburan menarik.

    Angry Birds Playground

    Taman bermain yang terinspirasi dari angry bird figure. 

    Di taman ini, kamu, keluarga, atau anak-anakmu bisa bermain ropewalk, perosotan, ayunan, dan masih banyak lagi.

  2. Porvoo

    Porvoo adalah kota tertua kedua di Finlandia. Di Porvoo, kamu bisa menikmati pemandangan kota bak pemukiman negeri dongeng. 

    Sangat cocok untuk kamu yang hobi fotografi atau sedang mencari ketenangan.

  3. Suomenlinna

    Suomenlinna merupakan benteng laut terkenal di Finlandia. Bahkan, benteng yang dibangun oleh kerajaan Swedia ini berdiri kokoh di atas enam pulau sekaligus.

    Selain itu, di Suomenlinna, kamu juga bisa mengunjungi rumah hobbit, pabrik bir, hingga restoran yang menyajikan menu-menu khas nan lezat.

  4. Temppeliaukion Church

    Temppeliaukion Church adalah sebuah gereja Lutheran yang terletak di ibu kota Finlandia, Helsinki. Gereja yang dibuka pada tahun 1969 ini, memiliki arsitektur unik dan megah.

  5. Helsinki Cathedral

    Bangunan yang terletak di pusat kota ini merupakan landmark dari kota Helsinki. Di sini, kamu bisa melihat bangunan katedral yang didominasi oleh warna putih. Megah dan menakjubkan!

  6. Uspenski Cathedral

    loader

    Masih dari kota Helsinki, Uspenski Cathedral merupakan sebuah katedral Ortodoks Timur yang didedikasikan secara khusus untuk Bunda Maria. Untuk melihat dan merasakan nilai sejarahnya, kamu harus mendatangi Uspenski Cathedral sebelum jam 7 malam.

  7. Market Square

    Di alun-alun kota Helsinki ini, kamu bisa jalan-jalan sekaligus berbelanja. Produk yang dijajakan pun cukup beraneka ragam. Seperti, pakaian, buah tangan, kerajinan tangan, makanan, hingga obat-obatan.

  8. Senate Square

    Wajib dikunjungi dan tidak boleh sampai terlewatkan, Senate Square adalah sebuah kawasan yang memiliki arsitektur khas dan menarik. 

  9. Sibelius Monument

    Sesuai dengan namanya, Sibelius Monument adalah sebuah monumen yang didedikasikan secara khusus untuk Jean Sibelius, komposer terkenal di Finlandia.

    Kamu bisa mendapatkan banyak foto-foto bagus di Sibelius Monument.

  10. Museum of Contemporary Art Kiasma

    Museum of Contemporary Art Kiasma adalah museum seni kontemporer dan pusat budaya yang sering membuat pameran tematik tahunan, acara, hingga pertunjukan teater.

Estimasi Biaya Perjalanan ke Finlandia

Berikut ini adalah estimasi biaya perjalanan ke Finlandia selama 10 hari (termasuk perjalanan) tanpa menggunakan jasa tour and travel:

  • Tiket pesawat mulai dari Rp7 juta sampai Rp100 jutaan (untuk sekali jalan).
  • Biaya Visa Schengen adalah 60 Euro atau sekitar Rp900 ribuan untuk pemohon visa di atas 12 tahun dan 35 Euro atau sekitar Rp500 ribuan untuk pemohon visa berusia 6-11 tahun. Sedangkan, untuk anak di bawah 6 tahun tidak akan dipungut biaya apapun.
  • Hotel atau penginapan mulai dari Rp900 ribuan per malamnya.

    Hotel

    Range Harga

    Bintang 3

    Mulai dari Rp900 ribuan

    Bintang 4

    Mulai dari Rp1.3 jutaan

    Bintang 5

    Mulai dari Rp2.8 jutaan

    *Harga dapat berubah sewaktu-waktu, menyesuaikan dengan waktu pemesanan dan waktu liburanmu.

  • Transportasi lokal mulai dari Rp200 ribu per hari.
  • Makan dan minum mulai dari Rp600 ribu per hari.
  • Biaya masuk tempat wisata dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Jadi, estimasi biaya liburan di Helsinki, ibu kota Finlandia selama 10 hari (termasuk perjalanan) adalah minimal Rp30 juta per orang. Jika ingin yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan jasa tour and travel tepercaya. 

Melihat Aurora Bersama Keluarga

Finlandia memang menawarkan pengalaman berlibur yang tidak biasa. Karena di negara ini kamu bisa menikmati aurora selama bulan September-Oktober dan Maret-April. Ya, aurora adalah fenomena alam yang hanya bisa dinikmati di beberapa negara saja.

Tidak berhenti sampai di situ, kamu juga bisa menikmati fenomena alam tersebut sambil berkemah bersama keluarga atau pasangan.

Pengalaman liburan yang mengesankan dan tidak akan pernah bisa dilupakan. Jadi sudah siapkan budget dan asuransi Covid Finlandia untuk berlibur?

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Singapura, Syarat Masuk Singapura 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik


Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.