Ingin Melunasi Tagihan Kartu Kredit Lebih Awal? Ini Manfaatnya!

Tahukah kamu, bayar cicilan kartu kredit lebih awal bisa jadi cara terbaik untuk mendapatkan banyak manfaat? Bukan itu saja, karena pembayaran yang tepat waktu bisa mendongkrak skor kredit menjadi lebih baik.

Ketika cicilan kartu kredit dibayarkan hanya kurang dari dua atau bahkan satu hari sebelum jatuh tempo, risiko keterlambatan pembayaran akan lebih besar.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Manfaat Pelunasan Kartu Kredit Lebih Awal

loader

Pelunasan Kartu Kredit

Melunasi tagihan kartu kredit lebih awal dari tanggal jatuh tempo yang ditetapkan oleh pihak bank penerbit bisa memberikan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaatnya.

  1. Skor Kredit Meningkat

    Pelunasan kartu kredit lebih awal bisa memengaruhi riwayat hingga skor kredit di SLIK OJK. Pasalnya, ketepatan waktu dalam pembayaran tagihan juga masuk dalam penilaian debitur.

    Ketika pembayaran tagihan dilakukan lebih awal, artinya sama dengan memberitahukan bahwa kamu punya kemampuan bayar yang baik. Skor kredit inilah yang nantinya bakal memengaruhi kemudahan dalam pengajuan pinjaman selanjutnya di lembaga keuangan mana saja.

  2. Beban Bunga Lebih Ringan

    Pembayaran tagihan kartu kredit lebih awal pun bisa membantu mengurangi beban bunga untuk bulan berikutnya, lho. Pasalnya, kebanyakan bank penerbit menggunakan perhitungan saldo tagihan rata-rata.

    Jadi, dengan mengurangi saldo utang lebih awal dalam satu siklus penagihan, maka penghitungan total tagihan kartu kredit juga menurun. Makin rendah nilainya, maka biaya bunga yang dibebankan juga makin kecil.

    Ketika pembayaran tagihan dilakukan tepat pada saat jatuh tempo, dalam siklus penagihannya nilai saldo kredit dari pokok pinjaman tetap akan tinggi. Dengan begitu, biaya bunga yang dibebankan akan lebih banyak.

  3. Adanya Dana Simpanan

    Selain biaya bunga yang lebih ringan, kamu akan memiliki dana lebih setiap bulannya. Sebab, kamu sudah tidak lagi memiliki atau mengurangi tagihan cicilan.

    Misalnya, kamu memiliki sebuah tagihan cicilan sebesar Rp500.000 yang masih berlangsung selama 12 bulan. Jika kamu memutuskan untuk melunasi cicilan tersebut sekarang, memiliki dana lebih sebesar Rp500.000 setiap bulannya. Nah, dana tersebutlah yang bisa dijadikan sebagai simpanan.

  4. Sisa Limit Menjadi Lebih Besar

    Setiap pemakaian kartu kredit akan memotong limit yang diberikan. Misalnya, kamu memiliki limit kartu kredit sebesar Rp5 juta. Kemudian, kamu menggunakan kartu kredit tersebut untuk bertransaksi sebesar Rp1,5 juta yang dicicil menjadi 3 bulan. Karena kartu kredit sudah digunakan, artinya sisa limitmu akan berkurang menjadi Rp3,5 juta.

    Namun, pada saat pembayaran kartu kredit, ternyata kamu memutuskan untuk melunasi tagihan tersebut lebih awal. Dengan begitu, sisa limit kamu akan kembali lagi menjadi Rp5 juta.

    Memang, sih, dengan melakukan pembayaran cicilan kartu kredit secara bulanan pun juga akan membuat sisa limit lebih besar. Tapi, sisa limitnya tidak lebih besar jika dibandingkan dengan pelunasan lebih awal.

    Bayangkan jika kamu sedang membutuhkan kartu kredit dengan sisa limit yang besar. Tentu, akan lebih menguntungkan jika kamu melunasi tagihan kartu kredit lebih awal, kan?

Waktu Terbaik untuk Melunasi Tagihan Kartu Kredit 

loader

Kartu Kredit

Waktu paling baik untuk melunasi tagihan kartu kredit adalah sebelum tanggal jatuh temponya. Apapun yang terjadi, jangan sampai telat bayar lewat dari tanggal jatuh tempo. Karena sudah bisa dipastikan, akan ada denda tagihan yang nilainya lumayan besar.

Nah, jika ada dana tambahan yang diperoleh, tak ada salahnya untuk segera melunasi tagihan lebih awal. Ada banyak jenis tambahan dana, seperti dari kenaikan gaji, bonus bulanan, gaji kerja sampingan, hasil investasi yang mulai jalan, dan sebagainya.

Ketika mendapatkan penghasilan tambahan, mungkin akan muncul pertanyaan, "haruskah bayar tagihan lebih awal?”. Meski menimbulkan banyak pro dan kontra terkait melunasi tagihan lebih awal, jika dilihat lebih jauh hal ini punya banyak keuntungan, lho.

Jika masih ragu untuk melunasi tagihan lebih awal, simak dulu untung ruginya berikut ini.

Keuntungan Melunasi Tagihan Kartu Kredit Lebih Awal

  1. Lebih Tenang

    Keuntungan utama melunasi tagihan kartu kredit lebih awal adalah bisa lebih tenang dan tak perlu khawatir lagi. Karena tagihan untuk bulan ini sudah lunas, kamu pun bisa lebih fokus untuk memikirkan tagihan bulan depan.

  2. Bisa Hemat Pengeluaran Bulanan

    Ketika melunasi tagihan lebih awal, otomatis biaya bunga yang dibebankan menjadi jauh lebih sedikit. Hal ini berpotensi bisa menghemat lebih banyak pengeluaran untuk pembayaran bunga. Ini artinya, kamu punya dana lebih untuk disimpan atau dibelanjakan keperluan lainnya.

  3. Menghindari Stres

    Jika bisa mengeluarkan uang lebih sedikit untuk membayar bunga, mengapa harus bayar lebih banyak? Membayar tagihan lebih awal juga dapat membuatmu terhindar dari kecemasan hingga stres akibat utang.

    Terutama, utang untuk cicilan kartu kredit. Sekali telat membayar, bunga harian yang dibebankan akan makin besar, karena sistemnya bunga berbunga.

Bayar Tagihan Kartu Kredit Lebih Awal, Apakah Rugi?

Bagi sebagian orang mungkin menganggap jika bayar tagihan lebih awal bisa bikin rugi. Benarkah demikian? Mengapa bisa jadi rugi? Berikut ini beberapa alasannya.

  1. Kas Terkuras

    Alasan yang pertama adalah bikin keuangan terkuras lebih cepat. Karena uang yang ada digunakan untuk membayar tagihan utang, padahal jatuh temponya masih cukup lama.

    Belum lagi jika ada kebutuhan lain yang juga mendesak dan perlu dipenuhi sesegera mungkin. Maka, bayar tagihan lebih awal sebaiknya tidak dilakukan dulu, kecuali memang masih ada dana simpanan yang lain.

  2. Dikenakan Penalti

    Kerugian lain yang mungkin akan diterima adalah dikenakan penalti. Beberapa bank memiliki sejumlah kebijakan terkait pelunasan lebih awal sebelum jatuh tempo, yakni membebankan nasabah dengan biaya penalti. Biayanya cukup bervariasi, tergantung kebijakan dari masing-masing bank.

Lunasi Tagihan Kartu Kredit Lebih Awal, Perhatikan Kondisi Finansial

Ketika memiliki uang lebih, melunasi tagihan kartu kredit lebih awal bisa jadi pilihan yang tepat. Selain membuat beban pikiran berkurang, kamu juga bakal menikmati banyak manfaat finansial lainnya.

Dari mulai beban bunga tagihan yang lebih kecil, hingga skor kredit yang meningkat. Tapi sebelum itu, pastikan jika keinginan melunasi tagihan lebih awal tidak akan membuat kondisi finansial saat ini terganggu.

Sebaiknya, buatlah skala prioritas untuk pembayaran tagihan agar kondisi keuangan tetap terjaga. Sebab, ada banyak kebutuhan lainnya yang juga perlu dipikirkan.