Risikonya Pasti Terjadi, Yuk Lindungi Diri dengan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia Ini

Berbeda dengan produk asuransi lainnya, asuransi jiwa menjamin perlindungan terhadap risiko di masa depan yang sudah pasti terjadi, yaitu kematian. Dengan memberi manfaat berupa santunan kepada pihak ahli waris beserta keluarga saat nasabah meninggal dunia, tidak mengherankan jika asuransi jiwa menjadi salah satu produk keuangan yang wajib dimiliki oleh siapa pun. 

Namun, kendati memiliki tingkat urgensi yang begitu tinggi, memilih layanan asuransi jiwa terbaik harus dilakukan dengan penuh pertimbangan dan perhitungan. Dengan begitu, peluang mendapat manfaat perlindungan yang optimal, tapi biaya premi tetap terjangkau menjadi lebih tinggi.

Lalu, seperti apa sih produk asuransi jiwa terbaik di Indonesia ini? Selain itu, apa saja rekomendasi asuransi jiwa terbaik 2022 dan tips memilihnya agar sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut simak penjelasan lengkap tentang apa itu asuransi jiwa berikut ini.

Baca Juga: Musibah Datang Tiba-Tiba, Ini 4 Alasan Kenapa Asuransi Jiwa Penting Untuk Hidupmu

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Pengertian Asuransi Jiwa

loader

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan produk pengelolaan finansial yang menawarkan manfaat perlindungan finansial pada ahli waris serta keluarga saat nasabah tutup usia atau mengalami cacat permanen total. Manfaat perlindungan tersebut yaitu pemberian santunan berupa uang pertanggungan atau uang tunai.

Dalam memilih asuransi jiwa, jangan hanya berpaut pada biaya premi yang murah saja. Melainkan, pastikan pula nominal uang pertanggungan yang diberikan mampu mencukupi segala kebutuhan keluarga atau ahli waris. Karenanya, dalam memilih produk asuransi ini, pertimbangkan pula sejumlah faktor penting, seperti, plafon uang pertanggungan sebanding dengan biaya premi, jenis perlindungan yang dibutuhkan, serta memastikan kesehatan finansial perusahaan asuransi terjaga.

Manfaat Memiliki Asuransi Jiwa

Yang namanya asuransi pastinya memberika manfaat berupa perlindungan kepada pemegang polis dan yang tertanggung. Secara rincinya, terdapat banyak manfaat jika kamu memiliki asuransi jiwa, antara lain:

  • Perusahaan akan memberikan perlindungan dari risiko kepala keluarga yang juga pemegang polis meninggal dunia.
  • Pemegang polis dan yang tertanggung akan mendapatkan santunan jika tidak bisa lagi bekerja karena cacat.
  • Perusahaan akan memenuhi kelangsungan hidup keluarga atau ahli waris yang tertanggung.
  • Perusahaan membantu mengelola keuangan keluarga dengan baik dan cepat dan mencegah terjadinya kerugian.
  • Perusahaan akan memberikan rasa aman dan tenang kepada ahli waris.
  • Pemegang polis mendapatkan tambahan berupa investasi jika memilih unit link.
  • Perusahaan asuransi akan memberikan uang cash dalam jumlah besar jika pemegang polis cacat atau meninggal.
  • Uang dari pengembalian asuransi bisa digunakan untuk bayar utang.
  • Asuransi jiwa bisa dijadikan sebagai persiapan masa pensiun.
  • Memastikan biaya pendidikan anak tercapai sesuai target.
  • Asuransi jiwa sebagai pengganti penghasilan yang hilang karena sakit berat atau cacat sehingga tidak bisa lagi bekerja.
  • Asuransi jiwa sebagai biaya perawatan medis.
  • Menambah aset finansial.
  • Asuransi jiwa bisa dijadikan dana warisan.

10 Rekomendasi Produk Asuransi Jiwa Terbaik 2022

Memilih produk asuransi jiwa terbaik di Indonesia tentu bukan hal yang mudah. Walaupun ada cukup banyak layanan asuransi yang bisa dipilih, tapi kamu perlu menyesuaikan manfaat perlindungan yang diberikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan. Nah, agar lebih mudah dalam memilihnya, berikut adalah 10 rekomendasi produk asuransi jiwa terbaik 2022 beserta review singkatnya.

  1. AIA

    Menawarkan asuransi jiwa murni melalui AIA Critical Protection, produk ini tidak hanya memberi manfaat santunan saat nasabah tutup usia saja, namun juga biaya pengobatan terhadap risiko penyakit kritis sampai umur 99 tahun. Selain itu, nasabah juga dibebaskan untuk memilih durasi pembayaran preminya, antara 10 sampai 20 tahun

  2. Prudential

    Produk asuransi jiwa yang ditawarkan oleh Prudential merupakan jenis unit link sehingga manfaat yang didapatkan oleh nasabah mencakup uang pertanggungan saat meninggal dunia serta nilai investasi. Walaupun secara umum premi dari asuransi jenis unit link lebih mahal, tapi produk yang ditawarkan oleh Prudential ini terbilang terjangkau. Per bulannya, biaya premi yang dibebankan mulai dari 400 ribuan Rupiah saja dan memiliki jenis syariah atau konvensional.

  3. Sequis Life

    Jika membutuhkan asuransi jiwa mikro, layanan dari Sequis Life ini layak untuk dipertimbangkan. Produk ini menawarkan proteksi uang pertanggungan ketika nasabah meninggal dunia ataupun harus melakukan pembedahan. Dengan biaya premi yang bersahabat, produk ini cocok dipilih bagi nasabah yang mempunyai budget terbatas. 

  4. Manulife

    Melalui produk ini, nasabah bisa mendapat uang pertanggungan sampai miliaran Rupiah (tergantung jenis plan yang dipilih). Di samping itu, nasabah juga bisa memilih durasi pembayaran premi. Mulai dari, 5, 10, sampai 20 tahun.

  5. Allianz

    Layanan asuransi jiwa terbaik 2022 lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah SmartLink New Flexi Account dari Allianz. Pada produk tersebut, polis bisa aktif sampai nasabah berusia 100 tahun, dan menyediakan manfaat investasi sekaligus. Tidak hanya itu, nasabah bisa juga menyesuaikan perlindungan tambahan sesuai kebutuhan melalui rider. 

  6. AXA Mandiri

    Melalui AXA Mandiri Secure Wealth, nasabah bisa mendapatkan perlindungan jiwa dengan manfaat 100% uang pertanggungan (UP) dasar atas risiko meninggal dunia. Bahkan, nasabah bisa mendapatkan perlindungan tersebut hanya dengan 12 juta Rupiah per tahun (premi minimum).

  7. Cigna

    Dengan menjadi nasabah Cigna Familiy Eazilife, nasabah bisa menjamin perlindungan dan pertanggungan terhadap hingga 7 anggota keluarga pada satu polis. Produk ini juga memberi pengembalian premi pada akhir durasi asuransi, dan menjanjikan uang pertanggungan mencapai 500 juta Rupiah. Tidak hanya memberi pertanggungan saat meninggal dunia, polis asuransi ini juga melindungi terhadap risiko terserang penyakit kritis. 

  8. Sunlife

    Selanjutnya ada Sunlife melalui produk Sun Safety Life yang memberi proteksi jiwa, sekaligus risiko penyakit kritis. Terjangkau, manfaat tersebut mampu didapatkan nasabah hanya dengan membayar premi mulai dari 248 ribu Rupiah saja tiap bulannya. Walaupun begitu, uang pertanggungan atau UP yang dijanjikan terbilang masif, yakni 200 juta sampai 1 miliar Rupiah.

  9. Simas Jiwa

    Tidak kalah menariknya, Simas Jiwa juga menyediakan produk asuransi bernama Smart Investa Link yang memberi perlindungan hingga nasabah berusia 100 tahun. UP dari polis asuransi ini akan diberikan apabila nasabah meninggal dunia. 

  10. BCA Life

    Terakhir, pilihan asuransi jiwa terbaik 2022 adalah BCA Life Protection Guard. Layanan tersebut memberi UP mencapai 500 juta Rupiah serta manfaat refund premi sampai 50 persen pada akhir durasi polis.

Baca Juga: 5 Cara Klaim Asuransi Jiwa Berdasarkan Risikonya

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik dan Terpercaya

Agar bisa mendapatkan produk yang tepat, kamu harus memahami dulu tips memilih layanan asuransi jiwa terbaik dan terpercaya. Tidak sulit, berikut adalah cirinya.

  1. Uang Pertanggungan Tinggi

    Tujuan utama mengajukan asuransi jiwa adalah untuk mendapatkan perlindungan finansial pada keluarga atau ahli waris saat tulang punggung keluarga tutup usia atau mengalami cacat permanen hingga tak bisa kembali bekerja. Artinya, kamu perlu mencari layanan asuransi yang memberi manfaat uang pertanggungan cukup tinggi agar bisa memenuhi segala kebutuhan keluarga. Karenanya, salah satu ciri produk asuransi jiwa terbaik adalah yang memberi UP memadai dan cukup digunakan untuk menunjang kebutuhan hidup keluarga dengan layak. 

  2. Premi Terjangkau

    Hal lainnya yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi adalah memastikan premi yang dibebankan terjangkau keuangan. Akan tetapi, tetap pastikan bahwa manfaat perlindungan yang diberikan maksimal dan sesuai kebutuhan. Hal ini bisa dilakukan dengan rajin menyurvei layanan asuransi dari perusahaan berbeda dan melakukan negosiasi dengan membandingkan keunggulan serta kekurangan produk. 

  3. Tawarkan Paket Keluarga

    Tak kalah pentingnya, pilih pula layanan asuransi yang menyediakan paket keluarga atau digabung dengan produk asuransi kesehatan untuk keluarga. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat perlindungan jiwa dan juga pertanggungan apabila anggota keluarga menjalani rawat inap di klinik atau rumah sakit. 

  4. Sediakan Manfaat Refund Premi

    Selain itu, perhatikan juga apakah layanan asuransi jiwa menyediakan manfaat refund atau pengembalian premi ketika nasabah tak mengajukan klaim. Biasanya, nasabah dapat mengajukan layanan ini dan mendapatkan kembali sekitar 25 hingga 100 persen dana premi yang telah dibayarkan. Tentunya, setiap perusahaan memiliki kebijakan dan aturan berbeda terkait manfaat tersebut sehingga perlu dipahami terlebih dulu cara kerjanya. 

  5. Menyediakan Banyak Opsi Rider

    Demi bisa memaksimalkan manfaat perlindungan yang diberikan, sejumlah produk asuransi juga menyediakan opsi rider atau perlindungan tambahan. Fitur tersebut bisa dimanfaatkan nasabah yang membutuhkan perlindungan khusus. Tapi, ada beban premi ekstra yang harus dibayar agar bisa mendapatkan manfaat perlindungan tambahan ini. 

  6. Reputasi dan Rekam Jejak Perusahaan Terjamin

    Tips penting lainnya yang tak boleh dilewatkan saat memilih produk asuransi jiwa adalah memastikan reputasi dan rekam jejak perusahaannya terjamin. Cek apakah perusahaan tersebut telah terdaftar serta diawasi OJK, memiliki citra konsumen yang positif, dan kondisi keuangannya stabil. 

  7. Uang Pertanggungan dan Biaya Premi Sebanding

    Tips yang terakhir, pastikan jika antara biaya premi yang ditanggung dan uang pertanggungan yang diberikan sebanding. Misalnya, jangan asal memilih produk asuransi yang memberi biaya premi 50 ribu Rupiah per bulan, tapi hanya memberi manfaat perlindungan sampai 1 juta Rupiah saja. Bila perlu, ketahui berapa kebutuhan finansial saat risiko tutup usia terjadi dan sesuaikan dengan manfaat perlindungan yang diberikan oleh asuransi.

Cara Menyesuaikan Budget dengan Biaya Asuransi Jiwa Terbaik

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat memilih asuransi jiwa terbaik adalah memastikan biaya preminya sesuai dengan budget yang tersedia. Terkait hal ini, setiap orang pasti memiliki kisaran anggaran yang berbeda-beda. Tapi, idealnya, alokasi dana untuk asuransi adalah sekitar 5 sampai 10 persen dari penghasilan bulanan. 

Sebagai contoh, dengan penghasilan 10 juta Rupiah per bulan, artinya budget asuransi yang boleh disiapkan adalah 500 ribu sampai 1 juta Rupiah. Lebih dari itu, risiko kondisi keuangan berantakan menjadi lebih tinggi karena pos finansial lain tak terpenuhi. Karenanya, pastikan untuk mengetahui dulu berapa budget yang tersedia untuk kebutuhan ini, dan sesuaikan dengan biaya premi dari produk asuransi yang akan dipilih. 

Berapa Besar Uang Pertanggungan yang Seharusnya Didapatkan?

Biaya premi umumnya ditentukan oleh sejumlah faktor, misalnya, uang pertanggungan, usia dan kondisi kesehatan tertanggung, durasi asuransi, dan jenis kelamin. Agar bisa mengetahui kebutuhan uang pertanggungan dari asuransi jiwa, ada beberapa cara hitung yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Human Life Value

    Cara hitung uang pertanggungan ini mengalikan pendapatan bulanan dengan jangka waktu dana yang tersedia untuk mencukupi kebutuhan hidup. Faktor bunga serta pertumbuhan dana apabila dana disimpan pada produk perbankan tidak dimasukkan. Jadi, rumus perhitungan uang pertanggungan dengan metode ini adalah sebagai berikut.

    Uang Pertanggungan = Penghasilan Tahunan x Rencana Jangka Waktu Pensiun

  2. Income Based 

    Sedangkan untuk cara ini, perhitungannya menggunakan nominal bunga yang didapat apabila dana pertanggungan disimpan pada produk perbankan, seperti, pendapatan tetap atau ORI. Tujuannya uang pertanggungan yang dicairkan dapat menjadi penghasilan pasif untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Untuk perhitungannya sendiri adalah sebagai berikut. 

    Uang Pertanggungan = Pendapatan Tahunan : 6 persen 

  3. Financial Needs Based

    Dengan metode ini, perhitungan uang pertanggungan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pokok di masa mendatang, sebagai contoh, dana pendidikan. Karenanya, uang pertanggungan dihitung berdasarkan perkiraan biaya pendidikan di waktu mendatang setelah dikali inflasi. Rumusnya sendiri adalah,

    Uang Perhitungan = Perkiraan Kebutuhan Biaya di Waktu Mendatang x Tingkat Inflasi

Langkah Klaim Manfaat Asuransi Jiwa

loader

Klaim Asuransi Jiwa

Produk asuransi jiwa terbaik dan terpercaya memberi layanan cepat tanggap ketika nasabah mengajukan klaim perlindungan. Namun, setiap perusahaan asuransi umumnya mempunyai cara klaim berbeda yang harus dilakukan oleh nasabahnya. Secara umum, berikut adalah langkah klaim manfaat asuransi jiwa. 

  • Menyiapkan berkas persyaratan klaim asuransi, misalnya KTP, KK, dan surat keterangan bahwa nasabah meninggal dunia dari pihak dokter ataupun pemerintah setempat.
  • Menginformasikan pihak asuransi perihal nasabah yang meninggal dunia. 
  • Mengisi formulir pengajuan klaim dari perusahaan asuransi.
  • Pihak asuransi akan melakukan verifikasi data dan akan dikonfirmasi jika seluruh berkas persyaratan telah terkumpul sesuai ketentuan polis.

Jamin Kesejahteraan Hidup Keluarga Walaupun Telah Tutup Usia dengan Asuransi Jiwa

Itulah penjelasan lengkap tentang asuransi jiwa terbaik, rekomendasi produk, hingga tips memilih layanannya. Intinya, produk asuransi ini disediakan demi menjamin kesejahteraan hidup keluarga walaupun tulang punggung keluarga tutup usia terlebih dulu. Karenanya, jangan sampai menyepelekan pentingnya memiliki asuransi jiwa ini dan sediakan sedini mungkin sebelum hal buruk terlanjur terjadi. 

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa untuk Risiko Kematian