13 Jenis Balap Motor Paling Populer di Dunia

Balap motor termasuk salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Bagaimana tidak, gelaran yang satu ini bisa menyita perhatian jutaan mata dari berbagai belahan dunia sekaligus. Ajang balap motor ini sekaligus melahirkan banyak pembalap tersohor di dunia. 

MotoGP tentu menjadi ajang motor balap yang paling populer dan sekaligus menjadi “kasta” tertinggi dalam olahraga yang satu ini. Namun pada dasarnya, ada banyak balapan motor lainnya yang digelar secara resmi di dunia. Bukan hanya MotoGP dan Superbike saja, berbagai balapan ini juga sangat menarik untuk diikuti. 

Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Balap Motor selalu Ramai Penonton  

loader

Minat masyarakat untuk menikmati ajang balap motor memang seolah tidak ada matinya. Biasanya masing-masing orang akan memiliki pembalap favorit yang dijadikan sebagai idola. Di dalam dunia motor balap itu sendiri, nama-nama pembalap baru akan muncul setiap tahunnya. 

Berikut ini adalah beberapa ajang balap motor terpopuler yang menarik untuk diikuti: 

1. Motorcycle Grand Prix (MotoGP)

MotoGP merupakan ajang paling tinggi dalam dunia balap motor dan sekaligus yang memiliki jumlah peminat terbesar. Dalam balapan yang satu ini, motor yang digunakan merupakan motor balap khusus yang didesain serta dibangun untuk kebutuhan balapan itu sendiri. 

Setiap tahunnya, digelar sekitar 18 sesi balapan yang dilakukan di berbagai sirkuit terbaik dunia. Selama beberapa tahun belakangan, Indonesia termasuk salah satu negara yang menyediakan sirkuit untuk ajang balap motor yang populer ini. 

Ajang MotoGP sendiri dibagi dalam beberapa kelas yang berbeda, antara lain: 

MotoGP Ini merupakan ajang balap motor di mana pembalapnya akan menggunakan motor dengan kapasitas 1000cc, di mana kecepatan maksimal sampai 340 km/ jam. Ada sejumlah pabrikan yang berpartisipasi dalam balapan ini, antara lain: Aprilia, Yamaha, Honda, Ducati, Suzuki, dan juga KTM. 
Moto2 Berbeda dengan MotoGP yang bisa memakai motor pabrikan yang secara khusus dibangun untuk kebutuhan balap, Moto2 ini justru sebaliknya. Ajang balap ini hanya menggunakan motor balap dengan mesin tiga-silinder 765cc yang diciptakan oleh Triumph. Kecepatan maksimal yang bisa dihasilkan motor ini adalah 295 km/ jam.
Moto3 Ini merupakan kelas paling kecil di ajang balapan MotoGP. Balapan ini menggunakan motor balap dengan kapasitas mesin 250cc. Sedangkan kecepatan maksimal yang bisa dicapainya adalah sejauh 260 km/ jam. 
MotoE MotoE termasuk kelas yang paling baru di MotoGP dan mulai digelar sejak tahun 2019 lalu. Balapan motor listrik pertama di dunia ini menggunakan mesin keluaran Energica, pabrikan yang berasal dari Italia. 

2. Superbike

Berbeda dengan MotoGP yang menggunakan mesin pabrikan yang berbeda-beda, Superbike justru sebaliknya. Motor balap yang dipakai dalam ajang balapan ini merupakan mesin yang dihasilkan dari produk massal. Artinya, mesin-mesin ini dijual di pasaran dan bisa dibeli oleh siapa saja. Balap motor Superbike sendiri memiliki sekitar 12 seri balap pada setiap tahunnya. 

Superbike juga memiliki beberapa kelas yang berbeda, berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

World Superbike (WorldSBK)

World Supersport (WorldSSP)

World Supersport 300 (World SSP300)

Balapan ini menggunakan mesin 3 atau 4 silinder berkapasitas 1000cc. Meski mesin yang digunakan ini merupakan hasil produksi massal, namun mesin-mesin ini pada umumnya sudah dimodifikasi dengan sedemikian rupa terlebih dahulu, sehingga performanya lebih maksimal.  Balapan di kelas ini menggunakan motor balap dengan mesin berkapasitas 600cc.  Kelas Supersport 300 ini menjadi yang paling baru di Superbike dan baru digelar mulai tahun 2017 lalu. Balapan ini menggunakan motor dengan kapasitas mesin 300cc. 

3. Road Race

Ini merupakan ajang balap motor yang dilakukan di jalan aspal. Road race pada umumnya langsung dilakukan di jalanan biasa/ umum sebagai lintasan. The Isle of Man Tourist Trophy atau yang populer dengan sebutan Isle of Man TT merupakan road race yang paling populer di dunia. 

Isle of Man TT sendiri merupakan sebuah pulau yang terletak di antara Irlandia dan Kepulauan Inggris. Motor balap yang dipakai dalam ajang ini adalah motor berkapasitas maksimal 750cc.

Selain menjadi yang paling populer, Isle of Man TT juga menjadi ajang balapan motor yang paling berbahaya di dunia. Sejak digelar untuk pertama kalinya di tahun 1907 silam, balapan ini sudah menewaskan 255 orang pembalap dari berbagai belahan dunia.  

4. Drag Racing

Kecepatan sprint merupakan hal yang paling diandalkan dalam balapan yang satu ini. Dalam balapan ini, 2 orang pembalap akan berjejer dan melaju dengan kencang pada sirkuit lurus yang panjangnya sekitar ½ kilometer. Pemenangnya adalah pembalap yang paling pertama mencapai garis finis yang telah ditentukan. 

Baca Juga: Teknologi Digital: Pengertian, Perkembangan, Kelebihan dan Kekurangannya

5. Motocross (MX)

Ajang balapan yang satu ini diadakan di lintasan tanah. Biasanya balapan ini akan diadakan di alam terbuka “Outdoor”. Bukan hanya lintasannya saja yang menantang, pembalap juga biasanya akan berhadapan dengan berbagai rintangan yang ada di sekitar lintasan tersebut. Motocross menggunakan motor dengan kapasitas 450cc dan juga 250cc. 

6. Supercross (SX)

Hampir mirip dengan motocross, Supercross juga digelar dengan menggunakan lintasan tanah. Jika motocross diadakan di alam terbuka, maka Supercross hanya diadakan indoor dan dalam area yang terbilang sempit (terbatas). Biasanya lintasan ini memiliki rintangan, seperti gundukan tanah dan juga tikungan. 

7. Supermoto

Ini merupakan balapan motor yang awalnya berkembang dari motorcross. Pada balapan Supermoto, motor yang digunakan juga sama jenisnya dengan motor yang digunakan di motocross. Namun kedua motor ini memiliki perbedaan pada bannya, sebab Supermotor diadakan di jalan aspal dan menggunakan ban khusus untuk lintasan aspal. 

8. Freestyle Motocross

Sebagaimana namanya, Freestyle Motocross (FMX) bukanlah ajang balap motor, namun ini merupakan ajang ketangkasan untuk berakrobat menggunakan motor. Pada umumnya ajang ini dilakukan dengan menggunakan motor trail, di mana para peserta akan melakukan akrobatik yang unik dan tentunya berbeda dari yang lainnya. Sejumlah peserta bahkan bisa saja menawarkan aksi yang dramatis dan ekstrim.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Toko Komputer Terlengkap di Wilayah Jakarta

9. Trials Racing

Trials Racing juga populer dengan sebutan motorcycle trials (observed trials). Mirip dengan Freestyle motocross, balap motor yang satu ini juga bukan adu kecepatan, namun pembalap harus mengatasi semua rintangan yang dilaluinya tanpa menjejakkan kaki ke permukaan tanah. 

Motor yang dipakai dalam balapan Trials Racing memiliki perbedaan dengan motor trail pada umumnya. Motor yang digunakan dalam balapan ini pada umumnya lebih ringan dan tidak memiliki jok/ tempat duduk sama sekali. 

10. Hill Climb Racing

Balapan yang satu ini juga menjadi adaptasi dari motorcross. Namun di dalam balapan ini, peserta akan diminta mendaki perbukitan, di mana pembalap akan berlomba melawan waktu dan melalui lintasan yang menanjak seperti perbukitan dan yang lainnya. 

Balapan ini pada umumnya menggunakan motor trail yang sudah mengalami modifikasi, di mana swing armsnya sudah diperpanjang. Agar kecepatan lebih maksimal, sebagian penyelenggara juga memungkinkan para peserta menggunakan bahan bakar nitrometana.

11. Speedway Racing

Ini merupakan balap motor yang unik dan menarik untuk diikuti. Lintasan balapnya dibuat berbentuk oval, di mana motor yang digunakan tidak memiliki rem sama sekali. Bukan hanya itu saja, mesin motor yang digunakan dalam balapan ini juga hanya memiliki 1 gigi saja. 

Namun di luar semua kekurangan di atas, motor balap yang satu ini memiliki kapasitas mesin yang terbilang besar, yakni sebesar 500cc. Saat berbelok di area tikungan, pembalap harus menggunakan teknik powerslide untuk menikung. 

12. Cross Country Rally Racing

Balapan yang satu ini membutuhkan performa yang tinggi, sebab balapan akan diadakan dengan jarak tempuh yang sangat jauh, bahkan bisa saja melintasi beberapa negara sekaligus. Pembalap harus menggunakan GPS dan melalui setiap jarak yang ditentukan sesuai dengan waktu tertentu. 

Pembalap yang lebih dulu sampai ke tujuan akan menjadi pemenangnya. Jarak yang jauh dalam balapan ini membuat ajang ini bisa saja digelar selama beberapa hari. Dakar Rally merupakan ajang balap yang paling populer dalam Cross Country Rally Racing ini. 

13. Endurance Racing

Bukan hanya daya tahan pembalapnya saja, Endurance Racing juga akan menguji daya tahan motor balapnya juga.  Balapan ini akan menempuh jarak tertentu dengan waktu tertentu juga. Balapan ini bukan hanya diadakan di lintasan aspal saja, namun juga seringkali harus melalui lintasan tanah/ alam. 

Balap Motor Menjadi Gelaran Populer Sepanjang Waktu 

Balap motor memiliki banyak jenis kompetisi yang berbeda sekaligus. Pada umumnya, masing-masing kompetisi ini akan dibedakan berdasarkan kategori tertentu yang membuat balapan itu menjadi menarik. Meski bukan lagi pertandingan baru, balap motor merupakan salah satu gelaran yang paling banyak ditunggu dan populer sepanjang waktu. 

Baca Juga: Melihat Lebih Dekat Streamer, Profesi Menjanjikan di Dunia Digital