Nabung Aman dan Syariah di BSI, Kenali Program-Programnya

Pada awal 2021 lalu, pemerintah Indonesia meresmikan Bank Syariah Indonesia (BSI). Bank ini dibentuk atas penggabungan atau merger tiga bank syariah, yakni Mandiri Syariah, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah, dan Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah.

Berdirinya bank tersebut diharapkan dapat mendorong rencana Indonesia menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia. Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi muslim yang cukup besar di dunia.

Berdasarkan data The State of Global Islamic Economy Indicator Report, sektor ekonomi syariah Indonesia terus bertumbuh. Pada 2018 ekonomi syariah Indonesia berada pada peringkat sepuluh di dunia. Di tahun 2019 meningkat menjadi peringkat kelima, dan tahun 2020 berada pada posisi keempat di dunia.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bank Syariah di Indonesia

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Tentang Bank Syariah Indonesia (BSI)

loader

Bank Syariah Indonesia

Harapan pemerintah Indonesia menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah diadaptasi Bank Syariah Indonesia melalui visi dan misi. Seperti diketahui, visi BSI adalah Top 10 Global Islamic Bank. Sementara, misinya adalah memberikan akses solusi keuangan syariah di Indonesia, menjadi bank besar yang memberikan nilai terbaik bagi para pemegang saham, dan menjadi perusahaan pilihan dan kebanggan para talenta terbaik Indonesia.

Bank Syariah Indonesia menyatukan kelebihan dari masing-masing bank syariah sehingga dapat menghadirkan layanan yang lengkap, jangkauan luas, serta kapasitas permodalan yang baik. Terlebih, dukungan pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong Bank Syariah Indonesia untuk bersaing di kancah global.

Saat ini, Bank Syariah Indonesia memiliki total aset sebesar Rp240 triliun, pembiayaan senilai Rp157 triliun, dana pihak ketiga mencapai Rp210 triliun, dan modal inti sebesar Rp22,6 triliun.

Kemudian, komposisi pemegang saham Bank Syariah Indonesia, yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebesar 50,83%, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebesar 24,85%, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk 17,25%, dan sisanya pemegang saham lain yang masing-masing di bawah 5%.

Adapun, saat ini BSI memiliki 14,9 juta nasabah serta 20 ribu karyawan. Sementara untuk fasilitas nasabah, telah tersebar 1.785 mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan 1.200 kantor cabang di seluruh Indonesia.

Baca juga: Terbesar di RI, Ini 8 Fakta Bank Syariah Indonesia yang Bikin Bangga

Nilai Perusahaan yang Diterapkan Bank Syariah Indonesia

loader

Bank Syariah Indonesia

Sebagai salah satu perusahaan BUMN, Bank Syariah Indonesia menanamkan nilai-nilai perusahaan yang disingkat ‘AKHLAK’. Penjelasan AKHLAK, yaitu A berarti Amanah, yaitu BSI berusaha memegang teguh kepercayaan yang telah diberikan nasabah.

Huruf K atau Kompeten yang berarti BSI akan terus belajar serta mengembangkan kapabilitas yang dimiliki. Lalu, H merupakan Harmonis adalah BSI yang akan menanamkan rasa saling peduli dan menghargai perbedaan.

L merupakan Loyal yang berarti BSI akan berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa serta negara. A adalah Adaptif yang artinya upaya BSI untuk terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan maupun menghadapi perbedaan.

Terakhir, K adalah Kolaboratif yang artinya BSI akan terus membangun kerja sama sinergis dengan berbagai pihak.

Itulah nilai yang ditetapkan dan diterapkan BSI untuk membangun kemajuan ekonomi syariah di Indonesia.

Baca juga: Layanan Call Center BSI 24 Jam

Produk Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia memiliki produk yang manfaatnya hampir sama dengan bank-bank lainnya. Berbagai produk Bank Syariah Indonesia berlandaskan syariah sehingga cocok untuk nasabah muslim yang memegang prinsip syariat islam.

Berikut adalah beberapa program yang perlu kamu ketahui.

  • Transaksional

    Sama seperti bank konvensional, BSI yang merupakan perusahaan perbankan menyediakan program bersifat transaksional. Simak beberapa produk transaksional Bank Syariah Indonesia berikut.

    1. Tabungan Easy

      Tabungan Easy memiliki dua jenis, yakni Easy Mudharabah dan Wadiah. Untuk diketahui, jenis tabungan ini merupakan tabungan dengan prinsip syariah. Melakukan akad Mudharabah Muthlaqah dan Wadiah Yad Dhamanah.

      Dua jenis tabungan easy BSI tersebut dilengkapi fasilitas BSI Debit dan e-channel, seperti BSI Mobile dan BSI Net Banking. Ada pun keduanya memiliki benefit atau keunggulan sebagai berikut.

      BSI Easy Wadiah memiliki keuntungan bebas biaya administrasi bulanan, dapat membuka rekening secara online, gratis biaya tarik tunai di seluruh ATM Mandiri, bebas biaya transaksi di seluruh electronic data capture (EDC) Mandiri, Bank di Indonesia, dan berjaringan PRIMA.

      Kemudian, kemudahan transaksi dengan mobile banking dan net banking, serta kartu ATM dapat digunakan di seluruh ATM Bank Syariah Indonesia, Mandiri, ATM Bersama, ATM Prima, ATM Link, dan yang berlogo VISA.

      Sementera, BSI Easy Mudharabah juga punya keuntungan yang sama. Hanya saja, jenis tabungan ini tidak bebas biaya administrasi bulanan. Oleh karena itu, Bank Syariah Indonesia akan memotong uang di rekening kamu setiap bulan sesuai ketentuan yang sudah disampaikan di awal.

    2. Tabungan Ku

      Tabungan Ku adalah jenis simpanan yang memiliki prinsip sama dengan tabungan pada bank konvensional lain. Tabungan perorangan dengan syarat mudah dan ringan guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    3. Tabungan Pensiun

      Bank Syariah Indonesia menyediakan program Tabungan Pensiun bagi nasabah perorangan guna menjadi mitra bayar dengan lembaga pengelola dana pensiun yang telah bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia. Persyaratan program Tabungan Pensiun, antara lain merupakan Warga Negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan menyertakan Surat Keterangan (SK) Pensiunan Taspen.

      Untuk keunggulan program tersebut, di antaranya adalah bekerja sama dengan PT Taspen, sesuai syariah, gratis biaya tarik tunai di seluruh ATM Bank Syariah Indonesia dan Mandiri, bebas biaya transaksi di seluruh EDC Bank Mandiri, Bank di Indonesia, dan berjaringan PRIMA, serta kemudahan transaksi dengan mobile banking dan net banking.

  • Tabungan Anak

    Bank Syariah Indonesia juga memiliki beberapa program yang dapat membantu para orangtua mengatur dana pendidikan untuk anak. Berikut beberapa jenis tabungan anak yang disediakan Bank Syariah Indonesia.

    1. BSI Tabungan Junior

      Tabungan Junior dari Bank Syariah Indonesia diperuntukan bagi anak di bawah usia 17 tahun dengan menggunakan prinsip akad Mudharabah atau Wadiah. Tabungan ini dilengkapi SABI Junior Debit yang merupakan salah satu tipe Debit GPN atas nama anak.

      Kartu tersebut berfungsi sebagai kartu ATM yang bisa digunakan di seluruh EDC di Indonesia.

    2. BSI Tabungan Simpel IB

      Memiliki prinsip akad Wadiah Yad Dhamanah, Tabungan Simpel IB diterbitkan secara nasional oleh bank syariah di Indonesia untuk mengedukasi sekaligus mendorong budaya menabung sejak dini.

  • Haji dan Umroh

    Sebagai bank syariah, Bank Syariah Indonesia juga menyediakan tabungan haji dan umroh untuk orang dewasa maupun anak-anak. Simak penjelasanya berikut!

    1. Tabungan Haji Indonesia

      Seperti namanya, tabungan ini diperuntukkan sebagai tabungan perencanaan ibadah haji dan umrah. Tabungan ini bebas biaya administrasi bulanan dan memiliki sistem online SISKOHAT Kementerian Agama.

      Lalu, bebas biaya standing instruction ke Tabungan Haji agar disiplin menabung setiap bulan, mendapatkan kartu BSI Haji Indonesia dan fasilitas e-channel apabila nasabah telah melakukan pendaftaran haji, serta fasilitas BSI Mobile dan BSI Net Banking.

    2. Tabungan Haji Muda Indonesia

      Sama dengan jenis sebelumnya, tetapi tabungan haji dan umroh ini diperuntukan bagi anak-anak. Nantinya, akan digunakan KTP orangtua atau wali untuk mendaftar. Untuk manfaat yang didapatkan pun sama dengan program Tabungan Haji dan Umroh dewasa.

  • Bisnis

    Pebisnis yang menjalani hukum syariah juga bisa memanfaatkan program tabungan bisnis yang ada di Bank Syariah Indonesia. Berikut jenis tabungan bisnis di BSI yang perlu kamu ketahui.

    1. Tabungan Bisnis

      Tabungan bisnis ditujukan untuk memudahkan wiraswasta yang memiliki beberapa keuntungan. Di antaranya adalah gratis biaya transfer minimal Rp10.000.000, bebas biaya titipan kliring, limit transaksi besar, dan mutasi transaksi informatif.

    2. BSI Giro

      BSI Giro adalah penyimpanan dana untuk kemudahan transaksi dengan pengelolaan berdasarkan prinsip wadiah yah dhamanah.

  • Investasi

    Dalam segi investasi, BSI memiliki tabungan pendidikan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemudian, tabungan tapenas yang merupakan dana pensiun yang juga sudah dijelaskan.

    Ada pula BSI Deposito yang merupakan investasi dengan jangka waktu tertentu dalam mata uang rupiah yang dikelola berdasarkan prinsip syariah Mudharabah Mutlaqah.

Baca juga: Kode Bank Syariah Indonesia (BSI) - Informasi Kode Bank Syariah Indonesia dan Kode Bank Indonesia Lainnya

Menabung dengan Prinsip Syariah di BSI

Itulah beberapa informasi seputar BSI dan program yang dimiliki BSI. Untuk kamu yang ingin menabung dan mengelola uang dengan prinsip syariah, BSI bisa jadi jawaban yang tepat.

Pilih program yang sesuai dengan kebutuhanmu dan percayakan dengan BSI untuk perencanaan keuangan yang lebih baik. Yuk, Nabung di BSI! Semoga informasi di atas bermanfaat ya untuk kamu mengenal seputar BSI.

Baca juga: Bank Syariah: Prinsip yang Diamalkan dan Manfaat yang Didapat