SMS Banking: Kelebihan dan Kekurangannya

Teknologi komunikasi saat ini semakin berkembang dengan banyaknya smartphone yang membanjiri pasar di Indonesia. Salah satu mengapa smartphone begitu digandrungi masyarakat adalah karena selain sebagai alat komunikasi, dia bisa juga sebagai media transaksi produk dan layanan perbankan.

Saat ini hampir semua orang menggunakan smartphone untuk berbagai macam keperluan, salah satunya yang populer adalah aplikasi chatting dengan model BBM, Whatsapp, Line, dan sebagainya. Namun masih ada satu fitur lama yang mulai banyak ditinggalkan, namun tetap eksis untuk transaksi perbankan yaitu SMS.

Ya, dia adalah satu aplikasi e-banking yang masih populer saat ini. SMS banking pada dasarnya digunakan untuk mempermudah nasabah yang ingin melakukan transaksi tanpa melalui teller atau ATM. Anda bisa melakukan transaksi seperti cek saldo, membayar tagihan listrik, membeli pulsa, transfer, dan lainnya hanya dengan melalui SMS Banking. Meskipun terdengar ketinggalan zaman, namun fitur SMS Banking ini memberikan kemudahan karena dirasa lebih mudah, cepat, dan praktis.

Alasan Menggunakan dan Cara Mengakses SMS Banking

SMS Banking

Kenapa Mesti Menggunakan SMS Banking? via ghazanfargroup.com

SMS Banking punya keunggulan dibanding internet banking, karena tidak membutuhkan jaringan internet, terutama bagi warga yang ada di desa yang tak bisa selalu terhubung internet. Karena itu, SMS banking dianggap bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Selain masalah koneksi internet, SMS Banking juga bisa dilakukan oleh para nasabah yang tak memiliki smartphone tetapi ingin melakukan transaksi secara mudah, cepat, dan praktis.

Berbeda dengan internet banking yang memerlukan banyak tahapan untuk melakukan transaksi seperti cek saldo, seperti mesti memasukkan user ID dan password. Baru setelah itu bisa melakukan transaksi dengan memilih menu yang tersedia. Sedangkan SMS Banking hanya perlu mengirim kode ke nomer yang telah ditentukan untuk melakukan transaksi yang anda butuhkan. Sangat mudah dan praktis bukan?

SMS Banking bisa diakses melalui dua cara:

1. Pertama, melalui SMS biasa dan paling umum digunakan. Caranya nasabah mengetik pesan berupa kode tertentu sesuai dengan transaksi yang ingin dilakukan dan mengirimkan pesan tersebut ke nomor yang telah disediakan dari Bank. Misalnya jika Anda ingin melakukan transfer, Anda hanya perlu mengetik (rekening sumber), (rekening tujuan), (nominal), dan (password).

2. Cara kedua yaitu melalui SMS Toolkit. Nasabah bisa menggunakan SMS Banking melalui menu dari SIM Card, tergantung provider yang Anda gunakan. Setiap provider mempunyai menu SMS Banking yang berbeda. Untuk bisa menggunakan SMS Banking, nasabah harus mendaftar ke bank untuk mendapatkan password agar bisa mengakses layanan ini.

Setiap Bank punya petunjuk masing-masing tentang penggunaan SMS Banking, jadi Anda bisa mendatangi bank dan menanyakan penjelasan bagaimana menggunakan SMS Banking untuk bertransaksi.

Supaya gampang memahaminya, bila dijabarkan, SMS Banking seperti Anda mengirim pesan SMS banking ke operator, lalu operator seluler akan meneruskan pesan kepada aplikasi mobile banking pihak bank. Proses selanjutnya permintaan transaksi akan diteruskan ke server core banking yang berisi informasi akun nasabah.

Sesaat kemudian server core banking akan memberikan respon atas SMS tersebut kemudian dikirimkan oleh aplikasi mobile banking kepada penyedia layanan Bulk SMS (layanan SMS massal) dan akan diteruskan kepada pengguna yang valid melalui SMS.

Berikut ini kami berikan contoh sebuah transaksi SMS Banking BRI

Ketik kode sebagai berikut :

Informasi Saldo : SALDO [spasi] PIN SMS

Transfer sesama BRI : TRANSFER BRI No.Rek. Tujuan [spasi] Nominal [spasi] PIN SMS.

Bayar kartu Kredit : BAYAR [spasi] CITI Nomor Kartu [spasi] Nominal [spasi] PIN SMS.

Beli Pulsa : PULSA [spasi] Nomor HP [spasi] Nominal/1000 [spasi] PIN SMS.

Segala kemudahan yang diberikan melalui fasilitas sms banking selalu diikuti dengan kelebihan dan kekurangan seperti uraian di bawah ini.

Baca Juga: Mesin EDC, Ini Cara Kerja dan Tips Penggunaannya!

Kelebihan dan Kekurangan SMS Banking

SMS Banking

Kelebihan dan Kekurangannya via itpro.co.uk

Sama seperti layanan bank lain, pada dasarnya, SMS banking juga memiliki sejumlah keunggulan dan kekurangan. Apa sajakah keunggulan dan kekurangan yang dimaksud? Berikut ini adalah penjabarannya.

Kelebihan

  • Dengan menggunakan sms banking, nasabah bisa bertransaksi keuangan dengan mudah dan praktis di mana pun ia berada.
  • Jika dilihat dari sisi keamanan, transaksi keuangan menggunakan sms banking lebih terjaga karena data-data bisa dengan mudah dihapus, selain itu transaksi ini bebas gangguan eksternal seperti mati listrik dan koneksi internet.

Kekurangan

  • Kurang fleksibel akibat terbatasnya pengelolaan transaksi keuangan sehingga tak bisa membuat transaksi keuangan yang banyak dalam satu waktu sekaligus.
  • Relatif sedikit lebih mahal saat pemakaian sms banking karena terkadang ada tambahan biaya administrasi lainnya untuk transaksi-transaksi tertentu. Pengenaan tarif biasanya sekitar Rp500,-

Risiko Menggunakan SMS Banking

Risiko SMS Banking

Risiko yang Dimiliki via 10-themes.com

Itulah beberapa keuntungan dan kekurangan yang dasarnya dimiiki oleh SMS banking. Sebagai tambahan, sebenarnya risiko penyadapan dan data terekam dari SMS Banking cukup membuat penggguna was was. Misalnya saja PIN yang digunakan untuk melakukan transaksi terkadang masih tersimpan dalam kotak keluar SMS atau sms outbox. Sehingga apabila ada orang yang meminjam handphone, Anda bisa menemukan atau melihat PIN yang sudah pernah digunakan tersebut.

Bayangkan saja seandainya handphone Anda hilang dan masih ada history send message-nya, maka PIN SMS Banking milik Anda juga bisa diketahui oleh orang lain. Kecanggihan teknologi membuat beberapa operator mempunyai metode yang bisa digunakan untuk menyadap SMS, misalnya adanya fasilitas forward dan copy SMS.

Fitur ini memberi kemudahan bagi setiap kali orang melakukan pengiriaman SMS maka pesan yang dikirimkan juga akan dikirimkan pada nomor orang lain. Selain itu sebenarnya ada pengalaman dari beberapa pengguna yang sedikit mengkhawatirkan, yaitu saat kita menggunakan sms banking dan ternyata tidak adanya respon sama sekali ketika kita memberikan perintah SMS Banking.

Beberapa pengguna merasa cukup sering mengalami situasi yang digambarkan tersebut. Karena, biasanya ada 2 kemungkinan ketik hal tersebut terjadi, transaksi berhasil atau gagal. Untuk tahu transaksi tersebut gagal atau berhasil, Anda harus menghubungi call center bank terkait. Namun masalahnya, biasanya pengguna sms banking malah menggunakan asumsi. Terkadang, mereka akan saja mengulang transaksi meski belum tahu transaksi berhasil atau tidak. Padahal itu akan memberikan risiko terjadi dobel bayar? Nah, di sini letak masalah terbesar itu muncul.

Terakhir, ada lagi sedikit hal yang membuat transaski sms banking dianggap kurang praktis, yaitu ketika nasabah harus menghafalkan setiap kode yang dibutuhkan untuk melakukan masing-masing transaksi. Di mana, setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kode yang berbeda, oleh karena itu jika nasabah lupa nomor kode yang dibutuhkan, ia tak akan bisa melakukan transaksi.

Baca Juga: Cara Memakai Kartu Kredit di Luar Negeri dan Biayanya

Jadi, Pilih Internet Banking atau SMS Banking?

Lalu sebaiknya kita mesti menggunakan layanan yang mana, apakah sms atau internet banking? Menurut hemat kami sesuaikan dengan kondisi. Jika untuk pengiriman dan pembayaran, sebaiknya Anda menggunakan SMS Banking, karena lebih aman. Anda juga bisa segera menghapus pesan terkirim untuk menghindari akses dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan PIN yang telah diketahui oleh mereka.

Kelebihan lainnya yaitu aman dari masalah gangguan listrik, gagal koneksi, dan lain-lain. Namun ada sedikit tambahan proses, yaitu jika sudah melakukan aktivitas finansial, tapi belum menerima SMS balasan, coba cek saldo lewat Internet Banking untuk memastikan sudah terkirim atau belum selama menunggu SMS balasan.

Tidak cuma itu, sms banking akan memberikan biaya akses yang lebih mahal dari pada layanan Internet Banking. Oleh karena itu, pilh saja operator yang bertarif murah. Nasabah yang memiliki smartphone bisa menggunakan kedua fitur baik SMS Banking maupun Internet Banking. Saat tidak terhubung dengan koneksi internet, Anda bisa melakukan transaksi melalui SMS.

Begitu pula sebaliknya, Anda bisa mencari koneksi internet gratis seperti wifi ketika sedang tidak memiliki pulsa. Namun dengan terdaftar di kedua fitur tersebut, Anda juga harus lebih berhati-hati dalam bertransaksi. Keamanan dalam menggunakan kedua fitur tersebut harus selalu diperhatikan agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, sekarang anda paham bukan kelebihan dan kekurangan internet banking dan sms banking bisa dimanfaatkan secara bersamaan. Jangan fanatik terhadap salah satu fitur, lebih baik kedua layanan tersebut dimiliki oleh Anda. Yang terpenting, segala hal transaksi keuangan harus memakai perangkat digital pribadi. Jangan sekali-kali memakai perangkat digital publik karena data pribadi Anda rawan dicuri dengan berbagai teknik software yang terpasang di jaringan publik.

Baca Juga: Mengenal Mobile Banking, Apa Keunggulan dan Kekurangannya?