Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit via ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking

Sudah bukan rahasia lagi jika belakangan ini jumlah pengguna kartu kredit semakin tinggi, ada banyak sekali orang yang gemar menggunakan alat pembayaran berbentuk plastik tipis tersebut. Hal ini bisa dilihat dari tingginya jumlah transaksi yang terjadi dengan menggunakan kartu kredit, serta banyaknya jenis kartu kredit yang beredar di tengah-tengah masyarakat.

Bank selaku pihak penerbit kartu kredit, juga melihat hal ini sebagai sebuah peluang bagus dalam mengembangkan bisnis mereka. Beragam penawaran menarik disematkan di dalam produk mereka, bahkan berbagai jenis kartu kredit diterbitkan demi memenuhi beragam kebutuhan nasabah. Bank juga memberikan kemudahan bagi para calon nasabah kartu kredit untuk mengakses produk mereka. Hal ini dilakukan dengan memberikan kemudahan dalam persyaratan pengajuan kartu kredit tersebut, sehingga calon pengguna lebih cepat dan mudah dalam menikmati layanan mereka.

Baca Juga: Mengapa Pengajuan Kredit Bisa Gagal? Ini Jawabannya

Kemudahan Pembayaran Tagihan

Mudahnya Pembayaran Tagihan Melalui ATM

Mudahnya Pembayaran Tagihan Melalui ATM via banksultra.co.id

 

Sebagaimana kita ketahui, kartu kredit merupakan salah satu produk perbankan yang memberikan keuntungan besar bagi pihak bank. Sangat wajar jika bank melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan angka penjualan produk tersebut. Hal ini dilakukan dengan memberi banyak penawaran menarik dan juga diskon bagi para pengguna kartu kredit. Bukan hanya itu saja, bank juga memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran tagihan.

Ada banyak orang yang menggunakan lebih dari dua kartu kredit, atau bahkan beberapa kartu kredit sekaligus. Meski pemerintah telah menetapkan peraturan terkait dengan jumlah maksimal penggunaan kartu kredit, namun hal tersebut seolah tidak menjadi halangan bagi sebagian besar orang untuk tetap menggunakan kartu kredit dalam jumlah yang melebihi ketentuan. Selama nasabah yang bersangkutan memiliki kemampuan dalam menggunakan dan juga memenuhi kewajibannya terhadap sejumlah kartu kredit tersebut, maka hal itu tentu tidak akan menjadi masalah, karena bisa saja seseorang membutuhkan beberapa jenis kartu kredit sekaligus dalam menunjang aktivitasnya.

Penggunaan kartu kredit dalam jumlah yang banyak tentu akan membutuhkan perhatian khusus dari pemiliknya, terutama dalam menangani masalah pembayaran tagihan. Jika seseorang memiliki beberapa kartu kredit sekaligus dari beberapa bank yang berbeda, maka sudah pasti orang tersebut akan membutuhkan sebuah media pembayaran yang praktis dan tidak menyita banyak waktu. Akan sangat sulit jika harus melakukan pembayaran lewat teller dengan cara mendatangi setiap bank penerbit kartu kredit yang digunakan, ini tentu sangat tidak efisien dan menyita banyak waktu.

Pembayaran Lewat Mesin ATM

Bayar Tagihan dengan Mesin ATM

Bayar Tagihan dengan Mesin ATM via indonesia.or.id

 

Secara khusus bank penerbit kartu kredit mengupayakan kemudahan pembayaran melalui layanan ATM kepada para pemegang kartu mereka, terutama bagi bank asing yang pengguna kartu kreditnya jarang sekali memiliki rekening tabungan di bank tersebut (Contoh: Citibank, HSBC). Dengan begitu, akan sangat penting bagi bank-bank tersebut untuk memiliki kerjasama dengan jaringan bank lainnya dalam melakukan pembayaran tagihan bagi kartu kredit yang mereka terbitkan.

Namun hal tersebut bukan berarti bisa berjalan tanpa kendala, dalam pembayaran tagihan kartu kredit melalui ATM dari bank yang berbeda, akan dibutuhkan waktu sekitar 2-3 hari kerja agar dana tersebut masuk ke dalam kartu kredit yang bersangkutan dan diproses sebagai pembayaran tagihan. Dengan alasan tersebut, maka pihak bank seringkali menyarankan agar pembayaran dilakukan jauh-jauh hari sebelum tanggal jatuh tempo tiba, setidaknya 3-5 hari sebelumnya.

  • Menggunakan Menu Pembayaran
    Pembayaran tagihan kartu kredit dengan menggunakan layanan ATM bisa dilakukan melalui hampir semua bank berskala besar, seperti: BNI, BRI, BCA, BII, Bank Niaga, Permata Bank dan yang lainnya. Hal ini tentu akan dikenakan sejumlah biaya yang jumlahnya antara Rp5.000,- sampai Rp10.000,-, tergantung pada kebijakan bank yang bersangkutan.

    Dalam proses pembayaran melalui ATM dengan menggunakan menu “Pembayaran”, maka tahap yang dilakukan adalah sebagai berikut:
    - Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM
    - Masukkan nomor PIN
    - Pilih menu pembayaran
    - Pilih menu kartu kredit
    - Pilih nama bank penerbit kartu kredit
    - Masukkan nomor kartu kredit
    - dan selanjutnya..

    Namun ada satu hal yang wajib untuk diingat dalam melakukan pembayaran melalui menu “Pembayaran” di dalam ATM, bahwa setiap pembayaran tagihan kartu kredit yang dilakukan melalui ATM yang berbeda dengan bank penerbit kartu kredit tersebut maka pembayaran tersebut baru akan diterima dalam waktu 2-3 hari kerja. Untuk itu, selalu usahakan untuk melakukan pembayaran lebih awal atau membayar melalui ATM bank yang sama dengan bank penerbit kartu kredit. Namun khusus tagihan kartu kredit Citibank, bisa menerima pembayaran melalui ATM BNI, BRI, BCA, BII, Bank Niaga, Permata Bank secara real time online. Artinya, pembayaran akan diterima langsung oleh Citibank pada saat transaksi selesai dilakukan melalui jaringan ATM tersebut.
  • Menggunakan Menu Transfer
    Selain menggunakan menu “Pembayaran” yang tersedia di dalam layanan ATM, kita juga bisa menggunakan layanan menu “Transfer”. Pembayaran tagihan kartu kredit dengan menggunakan menu “Transfer” justru berbeda dan transaksi tersebut bisa dilakukan secara real time online, di mana pembayaran akan diterima pada saat itu juga. Sistem real time online ini berlaku untuk semua jenis kartu kredit, dan bisa menggunakan hampir semua ATM dari bank berskala besar.

    Lakukan beberapa tahap di bawah ini saat melakukan pembayaran melalui ATM denga menggunakan menu “Transfer”:
    - Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM
    - Masukkan nomor PIN
    - Pilih menu transfer
    - Pilih menu transfer ke bank lain (Sesuai dengan bank penerbit kartu kredit)
    - Masukkan kode bank, disertai dengan 16 digit nomor kartu kredit
    - Masukkan nominal pembayaran yang akan dilakukan

    Saat melakukan pembayaran dengan menggunakan cara ini, maka 16 digit nomor kartu kredit adalah nomor rekening tujuan yang akan menerima transfer dana tersebut, sehingga akan sangat penting untuk memasukkan 3 digit kode bank penerbit kartu kredit sebelum memasukkan nomor kartu kredit tersebut agar dana yang ditransfer (pembayaran) tersebut bisa diterima dengan baik. Namun, penggunaan metode ini hanya berlaku bagi pemegang kartu kredit dari bank yang berbeda dengan rekening tabungan yang dimiliki. Jika ternyata rekening tabungan sama dengan bank penerbit kartu kredit, maka pembayaran kartu kredit tersebut bisa dilakukan secara real time online melalui menu “Pembayaran” biasa tanpa menggunakan menu “Transfer”.

    Pembayaran tagihan kartu kredit melalui ATM dengan menggunakan menu transfer memiliki kelebihan tersendiri, antara lain:
    • Pembayaran tersebut bisa diterima saat itu juga/real time online, meskipun dilakukan dari ATM bank yang berbeda dengan bank penerbit kartu kredit, sehingga berbagai biaya dan juga bunga bisa dihindarkan, jika sewaktu-waktu pembayaran dilakukan tepat pada tanggal jatuh tempo.
    • Nama pemegang kartu kredit akan tertera pada print-out.
    • Biaya pembayaran akan dibebankan pada kartu ATM, dan nominalnya lebih kecil Rp2.500,- jika dibandingkan dengan pembayaran mengunakan menu “pembayaran”.

Baca Juga: Anda Single Mom? Hindari Kartu Kredit Anda dari 3 Hal Ini!

Pembayaran Lewat Internet/Mobile Banking

Bayar Tagihan dengan Mobile Banking

Bayar Tagihan dengan Mobile Banking via knowyourmobile.com

 

Selain menggunakan layanan pembayaran melalui ATM, hampir semua bank penerbit kartu kredit juga memberikan kemudahan pembayaran melalui internet atau mobile banking yang telah banyak digunakan oleh bank-bank di Indonesia. Hal ini tentu hanya bisa dilakukan oleh orang yang menggunakan layanan internet banking atau layanan mobile banking pada rekening tabungan yang dimilikinya.

Dalam pembayaran dengan menggunakan internet/mobile banking, langkah pembayaran tagihan dapat dilakukan sebagaimana tahap pembayaran tagihan kartu kredit melalui ATM. Pastikan layanan internet banking/mobile banking telah diaktifkan, sehingga pembayaran tagihan kartu kredit tersebut bisa berjalan dengan lancar.  

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Bayar Tepat Waktu dan Hindari Bunga

Pembayaran tagihan kartu kredit akan membutuhkan perhatian secara khusus, terutama bagi yang membayarnya secara manual/tanpa layanan otomatis melalui rekening tabungan pribadi. Lakukan pembayaran beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo tiba, hal ini akan menghindarkan berbagai macam biaya dan juga denda akibat berbagai risiko keterlambatan pembayaran yang bisa saja terjadi di luar dugaan. Lakukan pembayaran secara terjadwal dan disiplin, sehingga pekerjaan ini menjadi mudah dan tidak perlu dilakukan secara terburu-buru setiap bulannya. Penggunaan kartu kredit dimaksudkan untuk membantu berbagai transaksi keuangan, bukan mempersulit dan menimbulkan berbagai keluhan dalam keuangan, gunakan dengan bijak dan bayar dengan hemat.

Baca Juga: Kartu Kredit Mahasiswa, Apa Syarat dan Manfaatnya?