5 Cara Membayar Tagihan Kartu Kredit yang Memudahkanmu

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pengguna kartu kredit saat ini sudah sangat banyak. Hampir setiap orang pasti memiliki kartu sakti yang satu ini di dompetnya. Ya, kartu kredit kini menjadi salah satu metode pembayaran yang menarik perhatian banyak orang karena pengguna tidak harus mengeluarkan dana saat melakukan transaksi.

Namun, setiap transaksi yang menggunakan kartu kredit akan membuahkan sebuah tagihan yang perlu dibayarkan setiap tanggal jatuh tempo. Nah, kamu bisa melakukan pembayaran tagihan kartu kredit melalui berbagai metode. Berikut beberapa cara membayar tagihan kartu kredit yang bisa dicoba.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Membayar Tagihan Kartu Kredit

loader

Bayar Tagihan Kartu Kredit

Sekarang ini, kamu tidak perlu melakukan pembayaran tagihan kartu kredit dengan cara mendatangi kantor cabang bank penerbit kartu kredit. Tentu akan sangat merepotkan jika memiliki beberapa kartu kredit dari penerbit yang berbeda. Untuk menghindari itu, kamu bisa mencoba beberapa cara membayar tagihan kartu kredit berikut ini.

  1. Pembayaran Melalui Kantor Cabang

    Memang sih, pembayaran kartu kredit melalui kantor cabang bank akan merepotkan bagi sebagian orang. Tapi, tidak dapat dipungkiri bahwa metode ini masih digunakan oleh sebagian orang. Terkadang, metode pembayaran ini pun juga dibutuhkan, jika sewaktu-waktu kamu mengalami kendala.

    Untuk itu, berikut cara membayar tagihan kartu kredit melalui kantor cabang.

    • Datang ke kantor cabang bank penerbit kartu kredit yang terdekat dari lokasimu. Kamu tidak harus mendatangi kantor cabang tempat kamu membuka kartu kredit, ya.
    • Ambil nomor antrean serta slip pembayaran kartu kredit.
    • Isi slip pembayaran kartu kredit.
    • Lakukan pembayaran di teller ketika nomor antreanmu sudah dipanggil.
  2. Pembayaran Melalui Mesin ATM

    Secara khusus bank penerbit kartu kredit mengupayakan kemudahan pembayaran melalui layanan ATM kepada para pemegang kartu mereka, terutama bagi bank asing yang pengguna kartu kreditnya jarang sekali memiliki rekening tabungan di bank tersebut (Misalnya, UOB, OCBC NISP, HSBC). Dengan begitu, akan sangat penting bagi bank-bank tersebut untuk memiliki kerja sama dengan jaringan bank lainnya dalam melakukan pembayaran tagihan bagi kartu kredit diterbitkan.

    Namun, jika melakukan pembayaran tagihan kartu kredit melalui ATM dari bank yang berbeda, akan dibutuhkan waktu sekitar 2–3 hari kerja agar dana tersebut masuk ke dalam kartu kredit yang bersangkutan dan diproses sebagai pembayaran tagihan. Dengan alasan tersebut, maka pihak bank sering kali menyarankan agar pembayaran dilakukan jauh-jauh hari sebelum tanggal jatuh tempo tiba, setidaknya 3–5 hari sebelumnya.

    Pada dasarnya, kamu bisa melakukan pembayaran di semua ATM selama kartu kredit milikmu memiliki jaringan yang tertera pada ATM. Namun, perlu diingat pula bahwa kamu akan dikenakan sejumlah biaya jika melakukan pembayaran melalui ATM yang tidak sesuai dengan bank penerbitmu. Biasanya, biaya yang dikenakan adalah sebesar Rp5.000 – Rp7.000.

    Nah, kamu bisa menggunakan menu “Pembayaran” untuk membayar tagihanmu. Caranya sebagai berikut.

    • Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM.
    • Masukkan nomor PIN.
    • Pilih menu pembayaran.
    • Pilih menu kartu kredit.
    • Pilih nama bank penerbit kartu kredit.
    • Masukkan nomor kartu kredit.
    • Pastikan nominalnya sesuai dengan tagihan.
    • Masukkan nominal pembayaran.
    • Pembayaran selesai
  3. Pembayaran Lewat SMS/Internet/Mobile Banking 

    Selain menggunakan layanan pembayaran melalui ATM, hampir semua bank penerbit kartu kredit juga memberikan kemudahan pembayaran melalui SMS, internet, atau mobile banking. Namun, untuk bisa menggunakan layanan ini, pastikan kamu sudah mengaktifkan masing-masing layanannya.

    Misalnya, jika ingin menggunakan SMS banking, tanyakan pada pihak bank terlebih dahulu, baik pergi ke kantor cabang maupun tanya via call center, terkait SMS banking beserta nomor providernya. Jika sudah mendapatkan nomor providernya, kamu sudah dapat melakukan pembayaran tagihan kartu kredit melalui SMS banking dengan mengirimkan pesan sesuai dengan format ke nomor tersebut.

    Sama halnya dengan internet banking, kamu harus menghubungi pihak bank terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, seperti token, username, maupun password. Kamu juga harus memiliki akun internet banking terlebih dahulu.

    Ikut langkah berikut untuk membayar tagihan kartu kredit melalui internet banking.

    • Buka halaman website internet banking bank tujuan.
    • Masukkan token/username dan password.
    • Klik menu “Pembayaran Kartu Kredit”.
    • Pilih bank yang dituju (jika ada) dan masukkan 16 digit kartu kredit.
    • Isi nominal tagihan yang ingin dibayarkan.
    • Masukkan PIN dan transaksi pun selesai.

    Untuk pembayaran menggunakan mobile banking, kamu perlu mengunduh aplikasi perbankan terlebih dahulu yang dapat ditemukan di Play Store maupun App Store. Biasanya, untuk bisa menggunakan mobile banking, kamu harus memiliki rekening terlebih dahulu. Sebab, ketika pendaftaran kamu akan diminta nomor rekeningnya. Namun, terkadang ada pula bank yang bisa masuk dengan menggunakan nomor kartu kredit.

    Setelah aplikasi terunduh, daftarkan kartu kreditmu ke dalam sistem aplikasi serta buatlah username dan password mobile banking. Untuk langkah-langkahnya, pada dasarnya hampir sama dengan langkah internet banking di atas.

  4. Pembayaran Menggunakan Sistem Autodebet

    Biasanya, sistem pembayaran ini dapat digunakan jika kamu memiliki rekening dengan bank penerbit yang sama dengan kartu kredit. Misalnya, kamu menggunakan kartu kredit Mandiri dan juga rekening Mandiri.

    Sistem autodebet akan sangat memudahkanmu dalam melakukan pembayaran kartu kredit. Sebab, pada tanggal jatuh tempo, tagihanmu akan dibayarkan secara otomatis dengan menarik dana sesuai dengan tagihan dari rekeningmu. Karena itulah, sistem ini hanya berlaku jika kamu memiliki rekening dan kartu kredit dari penerbit yang sama.

    Namun, perlu diingat jika ingin menggunakan sistem pembayaran ini, kamu harus selalu sedia dana di rekening yang sesuai dengan nominal tagihan. Kamu pun tidak dapat melakukan pembayaran tagihan hanya sebagian. Jika dana yang tersedia kurang, meskipun hanya 5 ribu rupiah, tagihan gagal untuk dibayarkan. Maka, selalu sediakan dana lebih sedikit dari nominal tagihan untuk mengantisipasi adanya potongan biaya kartu kredit.

  5. Pembayaran Melalui Mitra Bank

    Selain menggunakan cara-cara di atas, kamu pun bisa melakukan pembayaran melalui mitra bank. Apa itu? Mitra bank merupakan platform di luar perbankan yang bekerja sama dengan perbankan untuk melakukan transaksi, seperti pembayaran kartu kredit. Biasanya, mitra bank yang dapat dengan mudah ditemukan adalah e-commerce. Terkadang, kamu bisa mendapatkan keuntungan jika melakukan pembayaran melalui mitra bank, misalnya mendapatkan cashback.

Daftar Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit yang Dimiliki Berbagai Bank

Berikut ini merupakan daftar cara bayar tagihan kartu kredit yang dimiliki berbagai bank.

Nama Bank

Kantor Cabang

ATM

SMS Banking

Internet Banking

Mobile Banking

Autodebet

Mitra Bank

BCA

BNI

BRI

Mandiri

Bank Mega

Bayar Kartu Kredit Tepat Waktu dan Hindari Bunga

Pembayaran tagihan kartu kredit akan membutuhkan perhatian secara khusus, terutama bagi yang membayarnya secara manual/tanpa layanan otomatis melalui rekening tabungan pribadi. Lakukan pembayaran beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo tiba. Hal ini akan menghindarkan berbagai macam biaya dan juga denda akibat berbagai risiko keterlambatan pembayaran yang bisa saja terjadi di luar dugaan.

Lakukan pembayaran secara terjadwal dan disiplin, sehingga pekerjaan ini menjadi mudah dan tidak perlu dilakukan secara terburu-buru setiap bulannya. Penggunaan kartu kredit dimaksudkan untuk membantu berbagai transaksi keuangan, bukan mempersulit dan menimbulkan berbagai keluhan dalam keuangan, gunakan dengan bijak.