Beli Obat Makin Mudah, Ini 5 Kelebihan Apotek Online di Masa Pandemi

Di era kemajuan digital seperti saat ini, transaksi jual beli secara online mengalami peningkatan yang begitu pesat. Salah satunya termasuk aktivitas transaksi penjualan obat-obatan

Jika dulu kita harus datang ke apotek untuk untuk beli obat yang dibutuhkan, kini beli obat bisa langsung dari smartphone. Dengan apotek online, tak perlu keluar rumah obat yang dibutuhkan bisa dibeli dan dikirim ke alamat kita. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Sekilas Tentang Apotek Online

loader
Sekilas tentang apotek

Tak jauh berbeda dengan apotek konvensional, di apotek online kita bisa membeli berbagai jenis obat-obatan yang dibutuhkan. Mulai dari obat batuk, obat sakit kepala dan jenis obat-obatan yang lainnya.

Sama halnya saat membeli pakaian atau produk lainnya di situs marketplace, kita dapat mengakses apotek online untuk membeli obat-obatan yang dibutuhkan. Biasanya, opsi pembayaran yang diberikan melalui transfer rekening atau metode pembayaran lainnya yang disediakan di situs apotek online tersebut.

Baca Juga: Penyakit Sinusitis, Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Apotek Online dan kelebihannya

Di Indonesia sendiri keberadaan apotek-apotek online bisa dibilang mengalami peningkatan, khususnya di beberapa kota besar misalnya di Jakarta, Semarang, Bandung, dan lain sebagainya. Maraknya apotek online saat ini tentu tak lain karena layanannya memberikan banyak kemudahan yang tidak ditawarkan apotek konvensional. 

Seperti apa kelebihan yang dimiliki apotik online? Yuk simak ulasan berikut selengkapnya.

1. Tak perlu repot keluar rumah

Banyak yang malas dan enggan pergi ke apotek karena jaraknya dari rumah cukup jauh. Apalagi jika obat yang akan dibeli ternyata stoknya habis atau bahkan apoteknya tutup. 

Tapi hal tersebut tidak akan terjadi ketika beli obat di apotek online. Karena kita bisa cek stok obat secara langsung di situs apotek online tersebut. 

Untuk mengecek ketersediaan obat yang dicari, kita cukup buka smartphone saja, tak perlu kemana-mana. Jika tersedia, baru lanjutkan pembelian. Hal ini cocok untuk mereka yang tempat tinggalnya jauh dari apotek, sehingga bisa lebih efisien soal waktu.  

2. Jam buka fleksibel

Umumnya, jam buka apotek konvensional hanya dari jam 8 pagi sampai maksimal jam 9 malam. Bahkan, terkadang suka tutup tiba-tiba tanpa pemberitahuan, sehingga kadang membuat pelanggan kecewa karena apotek yang didatangi sudah tutup. Padahal, obat yang ingin dibeli sangat dibutuhkan.

Disinilah peran apotek online sangat dibutuhkan, karena sebagian besar dari apotek online melayani pembelian hingga 24 jam. Sehingga, ketika butuh obat-obatan di tengah malam, kita bisa membelinya segera kapan saja. 

Cukup lakukan pemesanan, obat yang ingin dibeli akan diantar segera ke rumah. Meski ada beberapa apotek konvensional yang buka hingga 24 jam, namun banyak yang enggan keluar rumah jika sudah tengah malam, bukan? Jadi apotek online bisa jadi solusi yang jitu.

3. Bebas Antrean

Antrean ketika membeli obat di apotek konvensional mungkin adalah hal yang umum. Karena memang, bukan satu pelanggan saja yang ingin membeli obat-obatan. Hal ini dulu tentu bukan masalah besar, tapi di masa pandemi antrean adalah sesuatu yang harus dihindari.

Dengan adanya apotek online, pembelian obat bisa lebih mudah dan bebas antrean. Cukup dari rumah, buka situsnya dari smartphone dan obat-obatan yang dibutuhkan akan segera datang. Tanpa antri, lebih hemat waktu dan risiko terpapar virus jadi lebih bisa diminimalisir.

Baca Juga: Penyakit Musim Hujan Maelanda, Antisipasi dengan Cara ini!

4. Pilih obat yang sesuai lebih mudah

Berbeda dengan apotek konvensional yang membuat pembeli jadi bingung obat apa yang akan dibeli, di apotek online kita bisa pilih obat sesuai kebutuhan. Caranya pun sangat mudah, karena umumnya jenis obat yang disediakan sudah dimasukkan sesuai kategorinya. 

Misalnya kategori obat sesuai penyakit dan keluhan yang dirasakan hingga sesuai abjad dari nama obat yang tersedia. Jadi, calon pembeli tinggal memilih jenis obat sesuai kategori keluhan apa saja yang dirasakan dengan cepat.

Selain itu, informasi obat yang akan dibeli juga jauh lebih jelas. Sehingga, kita bisa mencari obat yang sesuai dan menentukan mana yang akan dibeli. 

5. Dilengkapi dengan Fitur Chat 

Situs-situs apotek online kini banyak yang telah dilengkapi fitur chat. Jadi kita bisa berkonsultasi langsung dengan apoteker ataupun dokter tentang keluhan yang dialami dan obat yang sesuai. 

Fitur ini tentu akan lebih memudahkan mereka yang membutuhkan obat sesuai keluhannya. Jadi, tak perlu khawatir bakal salah beli obat, karena sudah mendapat referensi dari ahlinya. 

Beli Obat Bisa dari Rumah Lebih Aman

Dengan maraknya kemunculan layanan apotek online, kini mendapatkan obat-obatan yang dibutuhkan bukan lagi hal yang sulit. Apalagi, jika penyakit menyerang di saat-saat yang tidak terduga seperti di saat malam hari. Bukan hanya memudahkan, keberadaan apotek online pun membantu banyak orang agar tetap sehat di masa pandemi sebab kamu bisa membeli obat dari rumah sehingga tak perlu bertemu dengan banyak orang. Dengan begitu, meminimalisir risiko terkenanya virus penyakit.

Baca Juga: Waspadai Penyakit Malaria di Tengah Pandemi