Berlibur ke Bedugul Bali? Ini 10 Destinasi Wisata yang Tidak Boleh Dilewatkan

Jika ditanya soal berwisata atau liburan, pasti banyak di antara kalian yang langsung memikirkan pulau Bali. Ya, Bali memiliki identitas sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Bahkan, popularitasnya sebagai tempat berlibur telah dikenal luas oleh wisatawan mancanegara.

Rahasia dibalik tenarnya Bali sebagai tempat wisata adalah banyaknya kawasan yang menjajakan hiburan menarik bagi wisatawan. Salah satu kawasan tersebut berada di daerah Bedugul yang terkenal dengan suguhan alam berupa Danau Beratan Bedugul. 

Banyak di antara wisatawan yang bingung apakah daerah tersebut adalah desa, kabupaten, atau kecamatan. Padahal, Bedugul merupakan sebuah wilayah yang berada di kabupaten Tabanan. Wilayah yang terletak tepat di tengah-tengah pulau Bali, sehingga tidak sulit bagi turis untuk bisa mengunjungi lokasi tersebut.

Tentunya, sebagai daerah liburan favorit wisatawan, Bedugul memiliki banyak destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan. Untuk itu, jika berencana liburan ke Bali, jangan lupa untuk mengunjungi 10 tempat wisata Bedugul berikut ini.

Baca Juga:  Daerah Wisata Ini Punya Kuliner Pedas yang Bisa Bikin Ketagihan, Mana Saja?

10 Destinasi Wisata Bedugul Bali yang Wajib Dikunjungi

1. Danau Beratan Bedugul yang Menjadi Daya Tarik Utama

Danau Beratan Bedugul

Digadang-gadang sebagai tempat wisata paling menarik di Bedugul, Danau Beratan adalah destinasi pertama yang wajib dikunjungi. Tak hanya danau saja, Anda akan dibuat terpukau dengan pura serta taman khas kepercayaan masyarakat Bali saat berkunjung ke danau tersebut.

Mengunjungi Danau Beratan juga dapat memberikan kepuasan tersendiri karena itu merupakan danau terluas di Bali. Dengan memiliki ketinggian sekitar 1230 meter, suasana sejuk Danau Bedugul tentu sangat cocok untuk dihabiskan dengan cara bersantai dan tenang.

Tak butuh usaha ekstra untuk bisa berkunjung ke danau yang sering disebut sebagai Danau Bedugul. Pasalnya, destinasi wisata yang indah ini berada di tepi jalan raya. Jadi, setiap wisatawan bisa berkendara hingga tempat tujuan tanpa harus berjalan kaki atau semacamnya.

Jika menginginkan pengalaman yang lebih tak terlupakan saat berkunjung, Anda dapat menyewa transportasi air seperti perahu dan berkeliling sepuasnya di danau tersebut. Anda juga dapat menginap di villa atau hotel sekitar danau agar bisa selalu menikmati suasana tentram.

2. Berkunjung ke Kawasan Konservasi, Danau Buyan

Danau Buyan Bali

Berada tidak jauh dari Danau Beratan, salah satu kawasan konservasi yang dapat dikunjungi yaitu Danau Buyan. Dari Danau Beratan, Anda hanya perlu melakukan perjalanan selama kurang lebih setengah jam  untuk bisa sampai ke Danau Buyan.

Memiliki suguhan alam yang berbeda, Danau Buyan lebih kental dengan nuansa tropis nan eksotis. Tak jarang kabut-kabut menyelimuti danau ini sehingga menambah kesan misterius.

Karena kawasannya yang cocok untuk berkemah, Anda dapat dengan mudah menyewa tenda yang ditawarkan oleh pedagang di sekitar Danau Buyan. Dengan begitu, Anda berkesempatan untuk bisa lebih akrab dengan alam sembari menikmati indahnya pemandangan yang diperlihatkan oleh Danau Buyan.

3. Spot Wisata Sejuk nan lengkap di Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul

Sumber: kintamani.id

Jika mencari tempat wisata di Bedugul yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing, Kebun Raya Bedugul ini layak untuk menjadi pilihan. Karena di kebun raya tersebut, Anda akan disuguhi dengan karya seni khas Bali yang pasti dapat membuat siapa saja yang melihatnya berdecak kagum.

Kebun Raya Bedugul juga memiliki beberapa daya tarik wisata yang cukup modern seperti Ramayana Boulevard, Roses Garden, dan Lake Beratan View. Banyak spot wisata tradisional yang dapat ditemui seperti Candi Bentar. Jadi, Anda akan mendapatkan suguhan lengkap wisata saat berkunjung ke Kebun Raya Bedugul.

4. Cukupi Hasrat Belanja dengan Mampir ke Pasar Candi Kuning

  Pasar Candi Kuning

Sumber: nadipatour.com

Puas mengunjungi danau dan kebun raya, tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan belanja saat berada di Bedugul. Salah satu destinasi belanja andalan di Bedugul yang bisa dikunjungi adalah Pasar Candi Kuning. Tempat yang memiliki suhu tidak jauh berbeda dengan Danau Beratan dan Kebun Raya Bedugul.

Para pedagang di Pasar Candi Kuning menjajakan banyak jenis sayuran segar serta makanan yang menjadi ciri khas Bali. Anda juga akan mendapati banyak kerajinan asli Bali saat mengelilingi pasar tersebut. 

Dengan begitu, Anda dapat puas berbelanja sekaligus mencari buah tangan untuk kerabat terdekat dengan berkunjung ke Pasar Candi Kuning.

5. Nikmati Nuansa Religius dan Eksotis di Pura Ulun Danu

Pura Ulundanu Bedugul

Saat berkunjung ke Danau Beratan, Anda pasti menyadari bahwa ada sebuah pura yang indah terbangun di sana. Pura tersebut nampak mewah dan eksotis berada di tepi Danau Beratan. Pura itulah yang disebut sebagai Pura Ulun Danu oleh masyarakat Bali.

Tak sedikit turis yang berkunjung ke Danau Beratan menjadikan Pura Ulun Danu sebagai spot foto yang instagramable. Anda juga pasti menemui wisatawan yang sekadar menikmati suasana danau dengan kegiatan memancing atau bermain jetski. 

Jadi, Anda juga dapat menghabiskan waktu dengan berbagai macam kegiatan sembari menunggu pemandangan senja di tempat wisata tersebut yang dikenal sangat menakjubkan.

Baca Juga: Mau Bulan Madu? ini 3 Rekomendasi Tempat Wisata Bali yang Instagramable

6. Pesona Danau Tamblingan yang Masih Murni dan Jarang Terjamah

Danau Tamblingan Bali

Kawasan Bedugul memang memiliki banyak kawasan danau yang layak untuk dikunjungi. Ya, danau tersebut adalah Danau Tamblingan yang memiliki daya tarik berupa suasana eksotis murni dan belum banyak dimodifikasi oleh manusia.

Dikelilingi hutan tropis, Danau Tamblingan memiliki pemandangan yang menenangkan. Di danau tersebut Anda juga bisa melihat sebuah sebuah pura semakin terlihat misterius kala kabut mendatangi area tersebut. Hanya dengan merogoh kocek kurang lebih 10 ribu saja, Anda dapat merasakan pengalaman mistis yang ditawarkan oleh Danau Tamblingan.

7. Isi Perut yang Mulai Keroncongan dengan Berkuliner di Warung Nyoman

  Warung Nyoman Bedugul

Sumber: id.openrice.com

Beralih ke wisata kuliner, Anda dapat mengisi perut yang mulai keroncongan dengan mampir ke Warung Nyoman. Beroperasi mulai jam 8 hingga petang, Warung Nyoman memiliki menu andalan berupa ayam betutu yang cukup digandrungi oleh para pelanggannya.

Tentunya, selain makanan yang sedap untuk disantap, Warung Nyoman juga memiliki suasana yang nyaman untuk melepas penat. Karena alasan itulah mengapa warung ini layak dikunjungi saat berlibur ke kawasan Bedugul.

8. Makan Angin di Kawasan Outdoor Taman Wisata Bali Treetop

  Taman Wisata Bali Treetop

Sumber: kintamani.id

Momen liburan adalah saat yang sempurna untuk melatih raga yang mungkin jarang bergerak karena urusan pekerjaan. Nah, mumpung sedang berada di Bedugul, buat tubuh Anda berkeringat dengan bermain beragam aktivitas seru di kawasan outdoor Taman Wisata Bali Treetop.

Di taman wisata tersebut, Anda dapat bermain permainan yang memacu adrenalin seperti flying fox dan berjalan di atas pohon yang memiliki ketinggian beberapa meter. Anda juga dapat tur berkeliling di kawasan outdoor tersebut dan menikmati keindahan alam sekitar dari atas pohon yang menjulang tinggi. 

9. Tambah Oleh-Oleh Liburan dengan Memetik Stroberi di Kebun Strawberry

  Kebun Strawberry Bali

Sumber: asanabalitour.com

Jika bingung mencari oleh-oleh tambahan untuk dibawa pulang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Kebun Strawberry. Dengan berkunjung ke kebun tersebut, Anda akan berkesempatan untuk memetik buah stroberi yang segar langsung dari pohonnya. 

Jadi, Anda juga memiliki pengalaman edukasi yang baik untuk keluarga.

10. Liburan di Bedugul Kurang Lengkap Tanpa ke Jatiluwih

Jatiluwih Bali

Sebagai penduduk Indonesia, Anda tentu akan merasa bangga saat bisa berkunjung ke Jatiluwih di kawasan Bedugul ini. Pasalnya, UNESCO telah menominasikan destinasi wisata Jatiluwih sebagai situs warisan dunia. Alasannya tidak lain karena Jatiluwih memiliki pemandangan serta nuansa persawahan yang elok nan asri. 

Anda juga dapat berkunjung ke pedesaan kuno di sekitar Jatiluwih mulai dari pukul 6 pagi hingga 7 malam. Pastinya, banyak orang yang akan menyadari bahwa di zaman modern ini, masih terdapat bagian dunia yang masih asri dan kental dengan nuansa naturalnya yaitu di area Jatiluwih ini.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Jangan Lupa Masukkan Bedugul Sebagai Destinasi Wisata Wajib saat Berlibur ke Bali

Karena jarak tempuh yang terbilang cukup lama, Bedugul seringkali luput dari kawasan yang wajib dikunjungi oleh wisatawan Bali. Namun, dibalik lamanya waktu tempuh tersebut, terdapat banyak destinasi wisata yang underrated yang layak untuk dikunjungi di Bedugul. 

Untuk itu, agar pengalaman liburan di Bali lebih memorable, jangan lupa untuk memasukkan Bedugul dalam list destinasi wisata Anda. Serta, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan agar liburan semakin terasa menyenangkan dan tanpa beban.