Berlibur ke Bedugul Bali? Ini 15 Destinasi Wisata yang Tidak Boleh Dilewatkan

Jika ditanya soal berwisata atau liburan, pasti banyak di antara kalian yang langsung memikirkan pulau Bali. Ya, Bali memiliki identitas sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Bahkan, popularitasnya sebagai tempat berlibur telah dikenal luas oleh wisatawan mancanegara.

Rahasia di balik tenarnya Bali sebagai tempat wisata adalah banyaknya kawasan yang menjajakan hiburan menarik bagi wisatawan. Salah satu kawasan tersebut berada di daerah Bedugul yang terkenal dengan suguhan alam berupa Danau Beratan Bedugul. 

Banyak di antara wisatawan yang bingung apakah daerah tersebut adalah desa, kabupaten, atau kecamatan. Padahal, Bedugul merupakan sebuah wilayah yang berada di kabupaten Tabanan. Wilayah yang terletak tepat di tengah-tengah pulau Bali, sehingga tidak sulit bagi turis untuk bisa mengunjungi lokasi tersebut.

Tentunya, sebagai daerah liburan favorit wisatawan, Bedugul memiliki banyak destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan. Untuk itu, jika berencana liburan ke Bali, jangan lupa untuk mengunjungi 10 tempat wisata Bedugul berikut ini.

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

15 Destinasi Wisata Bedugul Bali yang Wajib Dikunjungi

1. Danau Beratan

loader

Digadang-gadang sebagai tempat wisata paling menarik di Bedugul, Danau Beratan adalah destinasi pertama yang wajib dikunjungi. Tak hanya danau saja, kamu akan dibuat terpukau dengan pura serta taman khas kepercayaan masyarakat Bali saat berkunjung ke danau tersebut.

Mengunjungi Danau Beratan juga dapat memberikan kepuasan tersendiri karena itu merupakan danau terluas di Bali. Dengan memiliki ketinggian sekitar 1230 meter, suasana sejuk Danau Bedugul tentu sangat cocok untuk dihabiskan dengan cara bersantai dan tenang.

Tak butuh usaha ekstra untuk bisa berkunjung ke danau yang sering disebut sebagai Danau Bedugul. Pasalnya, destinasi wisata yang indah ini berada di tepi jalan raya. Jadi, setiap wisatawan bisa berkendara hingga tempat tujuan tanpa harus berjalan kaki atau semacamnya.

Jika menginginkan pengalaman yang lebih tak terlupakan saat berkunjung, kamu dapat menyewa transportasi air seperti perahu dan berkeliling sepuasnya di danau tersebut. Kamu juga dapat menginap di villa atau hotel sekitar danau agar bisa selalu menikmati suasana tentram.

2. Danau Buyan

loader

Berada tidak jauh dari Danau Beratan, salah satu kawasan konservasi yang dapat dikunjungi yaitu Danau Buyan. Dari Danau Beratan, kamu hanya perlu melakukan perjalanan selama kurang lebih setengah jam untuk bisa sampai ke Danau Buyan.

Memiliki suguhan alam yang berbeda, Danau Buyan lebih kental dengan nuansa tropis nan eksotis. Tak jarang kabut-kabut menyelimuti danau ini sehingga menambah kesan misterius.

Karena kawasannya yang cocok untuk berkemah, kamu dapat dengan mudah menyewa tenda yang ditawarkan oleh pedagang di sekitar Danau Buyan. Dengan begitu, kamu berkesempatan untuk bisa lebih akrab dengan alam sembari menikmati indahnya pemandangan yang diperlihatkan oleh Danau Buyan.

3. Kebun Raya Bedugul

loader

Sumber: kintamani.id

Jika mencari tempat wisata di Bedugul yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing, Kebun Raya Bedugul ini layak untuk menjadi pilihan. Karena di kebun raya tersebut, kamu akan disuguhi dengan karya seni khas Bali yang pasti dapat membuat siapa saja yang melihatnya berdecak kagum.

Kebun Raya Bedugul juga memiliki beberapa daya tarik wisata yang cukup modern seperti Ramayana Boulevard, Roses Garden, dan Lake Beratan View. Banyak spot wisata tradisional yang dapat ditemui seperti Candi Bentar. Jadi, kamu akan mendapatkan suguhan lengkap wisata saat berkunjung ke Kebun Raya Bedugul.

4. Pasar Candi Kuning

  loader

Sumber: nadipatour.com

Puas mengunjungi danau dan kebun raya, tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan belanja saat berada di Bedugul. Salah satu destinasi belanja andalan di Bedugul yang bisa dikunjungi adalah Pasar Candi Kuning. Tempat yang memiliki suhu tidak jauh berbeda dengan Danau Beratan dan Kebun Raya Bedugul.

Para pedagang di Pasar Candi Kuning menjajakan banyak jenis sayuran segar serta makanan yang menjadi ciri khas Bali. Kamu juga akan mendapati banyak kerajinan asli Bali saat mengelilingi pasar tersebut. 

Dengan begitu, kamu dapat puas berbelanja sekaligus mencari buah tangan untuk kerabat terdekat dengan berkunjung ke Pasar Candi Kuning.

5. Pura Ulun Danu

loader

Saat berkunjung ke Danau Beratan, kamu pasti menyadari bahwa ada sebuah pura yang indah terbangun di sana. Pura tersebut nampak mewah dan eksotis berada di tepi Danau Beratan. Pura itulah yang disebut sebagai Pura Ulun Danu oleh masyarakat Bali.

Tak sedikit turis yang berkunjung ke Danau Beratan menjadikan Pura Ulun Danu sebagai spot foto yang instagramable. Kamu juga pasti menemui wisatawan yang sekadar menikmati suasana danau dengan kegiatan memancing atau bermain jetski. 

Jadi, kamu juga dapat menghabiskan waktu dengan berbagai macam kegiatan sembari menunggu pemandangan senja di tempat wisata tersebut yang dikenal sangat menakjubkan.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata Hits di Malang dan Biayanya

6. Pesona Danau Tamblingan

loader

Kawasan Bedugul memang memiliki banyak kawasan danau yang layak untuk dikunjungi. Ya, danau tersebut adalah Danau Tamblingan yang memiliki daya tarik berupa suasana eksotis murni dan belum banyak dimodifikasi oleh manusia.

Dikelilingi hutan tropis, Danau Tamblingan memiliki pemandangan yang menenangkan. Di danau tersebut kamu juga bisa melihat sebuah sebuah pura semakin terlihat misterius kala kabut mendatangi area tersebut. Hanya dengan merogoh kocek kurang lebih 10 ribu saja, Anda dapat merasakan pengalaman mistis yang ditawarkan oleh Danau Tamblingan.

7. Warung Nyoman

  loader

Sumber: id.openrice.com

Beralih ke wisata kuliner, kamu dapat mengisi perut yang mulai keroncongan dengan mampir ke Warung Nyoman. Beroperasi mulai jam 8 hingga petang, Warung Nyoman memiliki menu andalan berupa ayam betutu yang cukup digandrungi oleh para pelanggannya.

Tentunya, selain makanan yang sedap untuk disantap, Warung Nyoman juga memiliki suasana yang nyaman untuk melepas penat. Karena alasan itulah mengapa warung ini layak dikunjungi saat berlibur ke kawasan Bedugul.

8. Taman Wisata Bali Treetop

  loader

Sumber: kintamani.id

Momen liburan adalah saat yang sempurna untuk melatih raga yang mungkin jarang bergerak karena urusan pekerjaan. Nah, mumpung sedang berada di Bedugul, buat tubuh berkeringat dengan bermain beragam aktivitas seru di kawasan outdoor Taman Wisata Bali Treetop.

Di taman wisata tersebut, kamu dapat bermain permainan yang memacu adrenalin seperti flying fox dan berjalan di atas pohon yang memiliki ketinggian beberapa meter. Kamu juga dapat tur berkeliling di kawasan outdoor tersebut dan menikmati keindahan alam sekitar dari atas pohon yang menjulang tinggi. 

9. Kebun Strawberry

  loader

Sumber: asanabalitour.com

Jika bingung mencari oleh-oleh tambahan untuk dibawa pulang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Kebun Strawberry. Dengan berkunjung ke kebun tersebut, kamu akan berkesempatan untuk memetik buah stroberi yang segar langsung dari pohonnya.  Jadi, kamu juga memiliki pengalaman edukasi yang baik untuk keluarga.

10. Jatiluwih

loader

Sebagai penduduk Indonesia, kamu tentu akan merasa bangga saat bisa berkunjung ke Jatiluwih di kawasan Bedugul ini. Pasalnya, UNESCO telah menominasikan destinasi wisata Jatiluwih sebagai situs warisan dunia. Alasannya tidak lain karena Jatiluwih memiliki pemandangan serta nuansa persawahan yang elok nan asri. 

Kamu juga dapat berkunjung ke pedesaan kuno di sekitar Jatiluwih mulai dari pukul 6 pagi hingga 7 malam. Pastinya, banyak orang yang akan menyadari bahwa di zaman modern ini, masih terdapat bagian dunia yang masih asri dan kental dengan nuansa naturalnya yaitu di area Jatiluwih ini.

Baca Juga:  11 Rekomendasi Tempat Wisata di Cikole

11. Kintamani Jeep Tour

loader
Sumber: balivolcanojeep.com

Berkeliling kawasan Bedugul Bali menggunakan jeep tentu akan sangat menyenangkan dan bisa memberikan pengalaman yang berbeda. Kintamani Jeep Tour akan siap menemai perjalanan di Gunung Batur dengan cara yang menyenangkan. Jeep Tour ini biasanya dimulai dari pukul 05.00 pagi, sehingga bisa tiba di view point pukul 05.45 untuk menikmati keindahan sunrise. Namun jika malas bangun pagi, maka jeep ini juga bisa disewa untuk perjalanan di jam lainnya.

12. The Blooms Garden

loader

The Blooms Garden juga dikenal dengan nama Taman Bunga Bedugul. Ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta bunga yang sedang berkunjung ke Pulau Dewata.

Ada banyak spot cantik yang bisa dinikmati di taman ini, mulai dari Taman Jepang, Taman Cinta, Taman Merak dan yang lainnya. Namun jika ingin taman yang benar-benar bernuansa Bali, maka menikmati Taman Barong tentu akan jadi pilihan yang tepat.

13. Rumah Gemuk

loader
Sumber: kairos-works.com

Rumah Gemuk merupakan rumah makan dengan konsep yang unik, yakni seperti sebuah rumah kaca. Tak hanya itu, destinasi wisata yang satu ini juga menawarkan pemandangan indah yang akan membuat pengunjungnya betah untuk makan sambil bersantai di sana.

Tidak menerapkan tiket masuk, pengunjung cukup melakukan order minimal Rp 100 ribu untuk bisa masuk ke rumah makan yang satu ini. Harga tersebut tentu sebanding dengan pengalaman unik dan keindahan yang bisa dinikmati di sana.

14. Handara Golf & Resort

loader
Sumber: golfscape.com

Destinasi yang satu ini cocok bagi traveler yang menginginkan layanan wisata eksklusif dengan fasilitas yang memadai. Ini seperti hotel yang menggabungkan konsep alam tropis dengan taman indah yang bisa memberikan nuansa segar dan sekaligus nuansa yang mirip negeri dongeng. Jangan lupa untuk mengunjungi Handara Gate ketika berkunjung ke lokasi yang satu ini.

15. Taman Bunga Gemitir

loader

Pulau Bali juga banyak membudidayakan jenitri, tanaman yang juga populer dengan nama marigold. Bunga yang cantik ini juga bisa ditemukan di Bedugul Bali, tepatnya di wilayah Banjar Mayungan yang terletak sekitar 15 km dari Pura Ulun Danu Beratan. Jika senang dengan keindahan taman bunga yang luas, maka mengunjungi destinasi yang satu ini tentu bisa jadi pertimbangan.

Jangan Lupa Masukkan Bedugul Sebagai Destinasi Wisata Wajib saat Berlibur ke Bali

Karena jarak tempuh yang terbilang cukup lama, Bedugul seringkali luput dari kawasan yang wajib dikunjungi oleh wisatawan Bali. Namun, di balik lamanya waktu tempuh tersebut, terdapat banyak destinasi wisata yang underrated yang layak untuk dikunjungi di Bedugul. 

Untuk itu, agar pengalaman liburan di Bali lebih memorable, jangan lupa untuk memasukkan Bedugul dalam list destinasi wisata. Serta, jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah. Happy Holiday!

Baca Juga:  10 Rekomendasi Taman Wisata di Jakarta, Seru dan Berkesan