Berubah Drastis, Begini Transformasi Kristen Stewart Selama Berkarier Sebagai Aktris

Salah satu aktris profesional Hollywood dengan bayaran termahal sedunia ialah Kristen Stewart. Pemeran Bella Swan dalam Twilight ini memiliki total kekayaan yang menembus angka 70 juta Dollar AS (sekitar Rp1,30 triliun).

Pemilik nama lengkap Kristen Jaymes Stewart tersebut telah bermain dalam sederet film keren yang melambungkan namanya. Ia telah membintangi Snow White and The Huntsman (2012), Certain Women (2016), Charlie's Angels (2019), hingga Homemade dan Underwater (2020).

Sarat prestasi, baru-baru ini Kristen memenangkan Actress of the Decade dari Hollywood Critics Association (HCA) Award 2020. Sebelumnya, ia juga pernah menyabet Boston Online Film Critics Association (BOFCA) Award di tahun 2015 dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Menilik Profil Dakota Johnson, Sosok Ana Steele dalam Film Trilogi Fifty Shades yang Mencuri Perhatian

Cinta Akting Sejak Kecil

loader

Lahir di Los Angeles, 9 April 1990, Kristen memulai kariernya pada tahun 1999. Saat itu, putri pasangan John Stewart serta Jules Mann-Stewart ini masih berusia 9 tahun. Meski begitu, ia telah menunjukkan minat dan bakat yang tinggi di dunia akting.

Hal tersebut tak lepas dari profesi kedua orang tuanya. Ibunya bekerja sebagai sutradara dan script supervisor film dan ayahnya pun berkecimpung di industri hiburan sebagai produser TV. Tak pelak, ia pun mengejar kariernya untuk menjadi aktris.

Kristen menyadari kecintaannya pada seni peran sejak bermain dalam drama sekolahnya. Ia kemudian mendapat jalan untuk muncul sebagai cameo dalam The Thirteenth Year (1999) besutan Walt Disney.

Bintangi Film-Film Keren

Nama Kristen mulai melejit setelah membintangi Panic Room (2002). Ia masih berusia 12 tahun sewaktu melakoni film bergenre thriller bersama aktris senior Jodie Foster tersebut. Belakangan, debut perdananya itu membuat nama Kristen menjadi nominator Young Artist Award.

Karier Kristen Stewart terus berlanjut dengan gemilang. Tak hanya meraih banyak pujian, ia pun menerima berbagai tawaran untuk membintangi sejumlah film populer lainnya.

Di tahun 2003, ia bermain dalam Cold Creek Manor, Catch The Kid (2004) hingga Zathura: A Space Adventure dan Fierce People (2005). Ia juga ikut melakoni The Messengers serta Into the Wild (2007) yang diangkat dari kisah nyata. Selain itu, film Jumper di tahun 2008 pun turut menampilkan wajah cantiknya.

Sukses Besar Twilight

loader

Di tahun 2007, akting Kristen kian menarik perhatian pihak Summit Entertainment. Studio film tersebut kemudian memilihnya untuk menjadi pemeran utama wanita film Twilight, Isabella Swan.

Tak disangka, film hasil adaptasi novel laris manis karya Stephenie Meyer tersebut mengantarkan namanya ke puncak kesuksesan. Twilight yang mulai tayang di tahun 2008 itu meledak di pasaran dengan keuntungan mencapai 380 juta Dollar AS dari seantero dunia.

Demikian juga dengan sejumlah sekuel lanjutannya yang tak kalah sukses, yakni The Twilight Saga: New Moon (2009) dan The Twilight Saga: Eclipse (2010). Serta menyusul kemudian The Twilight Saga: Breaking Dawn - Part I (2011) dan The Twilight Saga: Breaking Dawn - Part II (2012).

Total kelima film tersebut berhasil menjadi box office dan meraup keuntungan hingga 3.346 miliar Dollar AS. Angka ini setara dengan hampir Rp50 triliun.

Aktris dengan Honor Termahal Sedunia

Selanjutnya halaman Forbes menyebutkan, Twilight menjadikan Kristen Stewart sebagai aktris dengan honor termahal dunia di tahun 2012. Saat itu, ia meraih total pendapatan sebesar 34,5 juta Dollar AS.

Adapun Celebrity Net Worth mengungkapkan, Kristen berhasil meraih total 40 juta Dollar AS pada sekuel terakhir film tersebut. Dari honornya yang sebesar 25 juta Dollar AS, nominal sisanya ialah persentase royalti yang didapatkannya berdasarkan kesepakatan kontrak.

Selain berhasil mendongkrak ketenarannya, akting sebagai Bella Swan juga ikut diapresiasi. Ia mendapat penghargaan Best Female Performance dari MTV Movie Awards 2009. Ia juga meraih Adegan Ciuman Terbaik serta Adegan Pertengkaran Terbaik bersama lawan mainnya.

Baca Juga: Jadi Komedian Tajir dan Sukses, Tak Disangka Pete Davidson Malah Terjerat Depresi

Raih Banyak Penghargaan Bergengsi

loader

Menapaki tangga kesuksesan membuat Kristen menorehkan prestasinya di sana-sini. Kiprahnya sebagai aktris telah diapresiasi oleh banyak pihak dengan beragam penghargaan bergengsi.

Di tahun 2010 contohnya, ia memenangkan BAFTA Rising Star Award. Kemudian di tahun berikutnya, Stewart meraih penghargaan Best Female TV Star dari Bravo Otto Germany. Demikian juga setahun setelahnya di 2012, ia kembali memenangkan penghargaan Best Actress dari penyelenggara yang sama. 

Ia kembali meraih Blimp Award - Favorite Female Butt Kicker atas aktingnya dalam Snow White and the Huntsman (2012). Kemudian ia juga meraih Blimp Award - Favorite Movie Actress atas performanya dalam The Twilight Saga: Breaking Dawn - Part II (2012). Kedua penghargaan tersebut didapatkannya dari Kids' Choice Awards 2013.

Tahun 2015, Florida Film Critics Circle Awards memberinya FFCC Award dengan predikat Best Supporting Actress. Di tahun ini, nama Kristen Stewart juga menjadi aktris Amerika Serikat pertama yang berhasil meraih trofi dari César Award Perancis. 

Ia memboyong penghargaan Aktris Pendukung Terbaik dari ajang sekelas Oscar tersebut. Kristen memenangkan penghargaan terkait berkat kepiawaiannya berakting dalam sebuah film independen, Clouds of Sils Maria. 

Di tahun 2017, ia lagi-lagi meraih apresiasi dari International Online Cinema Awards (INOCA) yakni Halfway Award (Best Actress). Kemudian memasuki tahun 2019, Deauville Film Festival menganugerahinya dengan Deauville Talent Award dan masih banyak lagi.

Terlibat Skandal Kontroversial

Tak hanya disorot karena prestasi aktingnya, skandal Stewart juga pernah menghebohkan massa. Ia sempat terlibat cinta lokasi dengan aktor Inggris, Robert Pattinson.

Selama beberapa tahun lamanya, Kristen memacari pria yang menjadi lawan mainnya dalam film sekuel Twilight tersebut. Namun putus-sambung mewarnai kisah cinta mereka. Terutamanya, setelah Kristen diketahui mengkhianati Rob dan berselingkuh.

Kristen terlibat perselingkuhan dengan Rupert Sanders. Ia adalah seorang sutradara kawakan yang merupakan suami dari aktris Liberty Ross. Terkuaknya hubungan sensasional di tahun 2012 tersebut mengakibatkan hubungan Kristen Stewart dan Robert Pattinson kandas.

Skandal Cinta Terekspos Publik

loader

Setelah kisah Kristen-Robert usai di tahun 2013, transformasi yang drastis pun terjadi. Ia jadi lebih sering tampil tomboy dengan gaya edgy. Ia memang sempat mengencani Lane Garrison, namun hal itu tak bertahan lama.

Belakangan, publik melihat Stewart mengalami perubahan orientasi seksual. Secara kontroversial, ia jadi lebih sering mengencani wanita.

Selain itu, ia juga semakin mengejutkan publik karena sejumlah foto tanpa busananya tersebar di sebuah situs. Website tersebut juga menyebarkan foto syur milik supermodel cantik Stella Maxwell yang saat itu tengah dikencaninya. Tak lama setelahnya, ia kembali tampil polos nyaris tak berbusana dalam iklan parfum Gabrielle Bonheur, Chanel di tahun 2017.

Terhitung sejak terungkap bahwa Kristen Stewart bisexual, ia diketahui telah mengencani sejumlah selebritas wanita lainnya. Selain Maxwell, ia dikabarkan pernah mempunyai hubungan dengan Alicia Cargile, St Vincent, penyanyi Perancis bernama Solo, hingga Stephanie Sokolinski.

Kini, hubungan Kristen Stewart dengan kekasih wanitanya, Dylan Meyer, dikabarkan menjadi semakin serius. Mereka bahkan berencana akan menikah di masa depan.

Karakter Serba Bisa Berpotensi Lebih Sukses

Sampai sekarang, Kristen Stewart masih terus menancapkan namanya sebagai aktris papan atas dunia. Kabarnya, film Happiest Season yang ia bintangi akan segera tayang. Selain itu, ia juga terpilih untuk memerankan mendiang Lady Diana.

Dalam film biopic berjudul Spencer tersebut, ia dipercaya untuk menjadi pemeran utama karena kehebatannya berakting. Menurut sutradara Pablo Larrain, Kristen sanggup tampil tangguh, rapuh serta misterius sesuai karakter yang dibutuhkan.

Kebolehan akting Stewart yang serba bisa memerankan karakter apapun membuatnya sukses berkarier. Pribadi yang serba bisa akan berpotensi meraih kesuksesan lebih besar selama kemampuannya terus dimaksimalkan. Meski tidak sempurna serta tak luput dari kesalahan, namun itulah contoh positif Kristen Stewart yang dapat diteladani.

Baca Juga: 9 Tokoh Dunia Ini Berhasil Meraih Sukses di Usia 30-an, Sudah Tahu?