Jadi Pilihan Para Selebriti, Berapa Biaya Operasi Bariatrik di Indonesia?

Tahukah kamu bahwa operasi bariatrik cukup populer di kalangan selebriti untuk membantu menurunkan berat badan secara cepat. Tindakan satu ini menjadi opsi bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih atau dikenal obesitas. Di Indonesia sendiri sudah banyak Rumah Sakit (RS) yang bisa melakukan operasi ini. Adapun, untuk biaya operasi bariatrik sendiri cukup mahal.

Oleh sebab itu, tidak semua orang bisa melakukan operasi bariatrik karena alasan biaya. Padahal operasi ini membantu penderita obesitas untuk mencegah berbagai risiko penyakit. Langkah ini biasanya disarankan oleh dokter apabila pasien dengan berat badan berlebih tidak kunjung berhasil melakukan diet. 

Sebagai informasi, operasi Bariatrik terdiri dari empat jenis.

  • Pertama, gastric bypass yang merupakan tindakan pemisahan lambung menjadi dua bagian serta pemotongan usus halus.
  • Kedua, sleeve gastrectomy yaitu membuang sekitar 75% sampai 80% bagin lambung.
  • Ketiga, adjustable gastric band yang merupakan metode mengikat lambung dengan alat khusus menyerupai cincin.
  • Keempat, biliopancreatic diversion with duodenal switch merupakan pemotongan lambung dan disambung ke bagian akhir usus halus.

Operasi ini mulai kembali ramai di publik setelah beberapa selebritis menjalankannya. Salah satunya penyanyi ternama, Melly Goeslaw, yang kini berhasil menurunkan berat badannya secara drastis. Nah, pada artikel ini akan dibahas biaya operasi bariatrik di Indonesia yang bisa kamu ketahui sebagai berikut

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Biaya Operasi Bariatrik di Indonesia

loader

Seperti diketahui, operasi bariatrik merupakan tindakan operasi besar yang memotong bagian pencernaan, yaitu lambung dan usus. Maka dari itu, tidak heran jika operasi ini memiliki biaya cukup mahal karena tindakan yang tidak mudah dan butuh dilakukan oleh tenaga ahli.

Melansir laman resmi RS EMC, biaya operasi bariatrik di Indonesia, mulai dari Rp 49.999.000. Biaya tersebut sudah termasuk kamar perawatan, tindakan bedah, dan obat-obatan. Sementara, biaya konsultasi sebelum tindakan, visit dokter di luar dokter bedah bariatrik, pemeriksaan sebelum tindakan operasi, dan lainnya belum termasuk di dalam rincian kisaran biaya operasi bariatrik.

Harga di atas juga merupakan kisaran biaya operasi bariatrik di berbagai RS swasta di Indonesia lainnya. Setiap RS di berbagai daerah di Indonesia memiliki kisaran biaya operasi bariatrik yang berbeda tentunya. Namun, setidaknya kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp 40 sampai 70 juta untuk biaya operasi bariatrik.

Adapun, operasi ini tidak ditanggung Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Akan tetapi, jika ingin memanfaatkan asuransi kesehatan. Pastikan kamu memeriksa terlebih dahulu poli asuransi tersebut menanggung biaya operasi penurunan berat badan.

Baca Juga: Ketahui Biaya Operasi Varikokel, Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Manfaat Operasi Bariatrik

Bukan tanpa sebab dokter ahli menyarankan tindakan operasi bariatrik pada pasien obesitas. Tindakan ini tentu menjadi opsi yang memang tepat dipilih karena biaya operasi bariatrik sendiri tidaklah murah. Belum lagi, sebelum tindakan operasi pasien perlu melakukan pemeriksaan penunjang terlebih dahulu, serta pemantauan pasca operasi.

Meski biaya operasi bariatrik cukup menguras kantong, tetapi ada beberapa manfaat dari operasi bariatrik yang dituliskan oleh Siloam Hospitals pada laman resminya. Berikut beberapa manfaat operasi bariatrik yang bisa kamu ketahui.

1. Membantu Penurunan Berat Badan untuk Jangka Waktu Lama

Berdasarkan penelitian, lebih dari 90% penderita obesitas yang menjalani operasi bariatrik mengalami penurunan berat badan dan mempertahankan berat badannya setidaknya 1-5 tahun.

2. Meningkatkan Kualitas Hidup

Umumnya, saat seseorang terbebas dari obesitas maka akan mengalami peningkatan rasa percaya diri dan interaksi sosial. Hal ini dapat berdampak pada peningkatan kualitas hidup, seperti penurunan gejala depresi dan gangguan kecemasan.

3. Meningkatkan Potensi Harapan Hidup

Penderita obesitas yang menjalani operasi bariatrik tentu akan memiliki usia harapan hidup yang lebih tinggi dibandingkan tidak menjalani operasi. Sebab, setelah operasi risiko penyakit komplikasi akibat obesitas juga dapat diminimalisasi.

Itulah beberapa manfaat operasi bariatrik yang baik bagi kesehatan serta mental. Adapun biaya operasi bariatrik yang mahal tentu sebanding dengan manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: Kisaran Biaya Kuret di Rumah Sakit dan Penggunaan BPJS

Risiko Operasi Bariatrik

Nah, setelah mengetahui biaya operasi bariatrik di Indonesia sekaligus manfaat yang didapat. Kamu juga perlu mengetahui risiko dari operasi bariatrik. Seperti diketahui, semua tindakan operasi memiliki risiko efek samping. Lantas, apa saja risiko efek samping yang bisa dirasakan pasien pasca operasi bariatrik? Simak penjelasan berikut!

  1. Infeksi dan perdarahan
  2. Kesulitan bernapas
  3. Terbentuk emboli
  4. Kebocoran lambung yang dijahit.

Nah, itulah beberapa risiko efek samping operasi bariatrik yang bisa terjadi pada pasien pasca operasi. Namun, hal ini akan dirasakan berbeda oleh masing-masing pasien.

Persiapkan Biaya Operasi Bariatrik untuk Mendapat Tubuh Sehat dan Ideal

Demikian informasi seputar biaya operasi bariatrik di Indonesia sekaligus manfaat dan risikonya. Bagi kamu yang mengalami obesitas dan berisiko menimbulkan penyakit komplikasi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ahli. Nantinya, dokter akan membantu memilihkan langkah-langkah yang tepat untuk membantu kamu menurunkan berat badan.

Jika diet sehat dan olahraga tidak bisa membantu menurunkan berat badan, maka biasanya operasi bariatrik menjadi opsi yang disarankan. Meskipun demikian, biaya operasi bariatrik memang tidak murah dan tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan, lho! Kamu bisa mencari informasi biaya operasi bariatrik di Indonesia pada masing-masing kontak rumah sakit.

Kamu juga perlu bertanya secara jelas terkait rincian biaya operasi bariatrik tersebut apakah sudah mencakup biaya perawatan dan obat-obatan pasca operasi atau belum. Semoga informasi kisaran biaya operasi bariatrik di Indonesia pada artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga: Jenis Operasi Apa yang Ditanggung BPJS Kesehatan? Ini Daftarnya