Berikut Estimasi Biaya Operasi Tahi Lalat di Rumah Sakit dan Klinik Kecantikan

Operasi tahi lalat merupakan salah satu jenis bedah estetika yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Biasanya, operasi ini dilakukan jika letak tahi lalat atau ukurannya mengganggu penampilan. Kamu bisa melakukan operasi ini di beberapa Rumah Sakit (RS) serta klinik kecantikan di Indonesia. Untuk biaya operasi tahi lalat relatif, tergantung tempat operasi yang dipilih.

Perlu diketahui, tahi lalat merupakan kelainan pigmen pada kulit yang lumrah dialami manusia. Namun, pada beberapa orang, tahi lalat muncul di bagian tubuh yang kerap terlihat seperti wajah serta ada pula yang berukuran besar sehingga kurang nyaman dipandang. Hal ini seringkali menimbulkan rasa kurang percaya diri. 

Selain itu, tak jarang tahi lalat dengan ukurannya yang terus membesar juga menjadi salah satu masalah medis, yaitu berisiko tumor dan kanker. Oleh sebab itu, pilihan operasi tahi lalat tentu tidak ada salahnya untuk dilakukan. Jika kamu salah satu yang berniat melakukannya, biaya operasi tahi lalat pada artikel ini mungkin dapat menambah informasi.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Estimasi Biaya Operasi Tahi Lalat

loader

Di Indonesia, operasi tahi lalat sudah sangat lumrah dilakukan. Telebih, jika posisinya berada pada area wajah. Adapun estimasi biaya operasi tahi lalat berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Berikut estimasi biaya operasi tahi lalat di RS dan klinik kecantikan di Indonesia.

  1. Rumah Sakit Al Islam, Bandung Rp600.000 sampai Rp1,6 juta.
  2. Erha Clinic, Semarang Rp1,1 juta.
  3. RSCM Kencana, Jakarta Rp1,3 juta.
  4. RS Sukapura Semper, Jakarta Rp1,5 jutaan.
  5. RSMH, Palembang Rp2 jutaan.
  6. RS Fatmawati Griya Husada, Jakarta Rp2 jutaan.
  7. RS Islam, Bandung Rp2,5 jutaan.
  8. RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta Rp2,7 juta.
  9. Johan Clinic, Surabaya Rp4 juta.
  10. RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan Rp4,7 jutaan.
  11. RS Bina Estetika Menteng, Jakarta Rp6 juta.
  12. RS Sultan Agung, Semarang Rp 8 sampai 14 juta.

Itulah estimasi biaya operasi tahi lalat pada beberapa RS dan klinik kecantikan di Indonesia. Adapun, operasi tahi lalat tidak ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pasalnya, operasi ini masuk dalam kategori operasi estetika dan bukan tindakan pengobatan.

Baca Juga: Ingin Mengubah Bentuk Tubuh? Ini Biaya Operasi Plastik yang Harus Dikeluarkan

Metode Operasi Tahi Lalat

loader

Tahi lalat dapat diidentifikasi dari warna, bentuk, tekstur, dan ukurannya. Selain mengetahui biaya operasi tahi lalat, kamu pun perlu mengetahui informasi prosedur metode operasi satu ini. Yuk, simak metode operasi tahi lalat berikut ini!

1. Krim Khusus

Prosedur pertama adalah penggunaan krim khusus. Krim ini diformulasi untuk menghancur tahi lalat dengan fungsi membakar kulit dari dalam.

Pada beberapa krim, biasanya perlu menggores bagian tahi lalat sedikit agar krim dapat masuk. Namun, bekas goresan dan luka tersebut berisiko menimbulkan infeksi.

2. Pembekuan

Prosedur kedua adalah pembekuan yang juga disebut cryotherapy. Dokter akan memasukkan nitrogen cair dengan kadar tertentu ke bagian tahi lalat.  Tahi lalat menjadi melepuh dan hilang dengan sendirinya. Pasien akan diberikan anestesi lokal dalam proses ini untuk menekan rasa sakit.

3. Laser

Selain pembekuan, metode lain yang juga ampuh menghilangkan tahi lalat adalah laser. Metode ini meninggalkan bekas luka kecil. Namun, bekas tersebut dapat hilang dengan perawatan krim. Sisa bekas laser pun akan kembali rata dengan permukaan kulit lain.

Cara kerja metode laser adalah mengarahkan sinar laser ke pigmen atau tahi lalat, lalu diuapkan. Untuk meminimalisir rasa sakit, saat metode laser juga akan diberikan anestesi.

Baca Juga: Biaya Operasi Plastik Korea, Hingga Prosedur dan Tips yang Perlu Kamu Ketahui!

4. Eksisi

Metode selanjutnya untuk menghilangkan tahi lalat adalah eksisi. Metode ini lebih cocok untuk tahi lalat berukuran besar dan hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis di rumah sakit. Dokter akan mengangkat tahi lalat melalui tindakan bedah. Kemudian, pasien menjalani penyembuhan tiga sampai tujuh hari.

5. Eksisi Elips

Metode terakhir adalah eksisi elips yang merupakan operasi pengangkatan hingga akar pada tahi lalat yang menonjol. Sebab, dikhawatirkan tahi lalat seperti ini berisiko kanker. Setelah operasi dokter akan menutup bekasnya dengan jahitan.

Perawatan Pasca Operasi Tahi Lalat

Setelah menjalani operasi tahi lalat, perawatan pasca operasi yang tepat sangat penting untuk memastikan penyembuhan yang optimal. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan pasca operasi tahi lalat:

  • Pastikan untuk menjaga area operasi tetap bersih dan kering. Membersihkan area operasi dengan air dan sabun yang lembut, menghindari paparan sinar matahari langsung, dan mengikuti instruksi dokter mengenai perawatan luka.
  • Perhatikan tanda-tanda infeksi setelah operasi, seperti pembengkakan, kemerahan, rasa sakit, atau keluarnya nanah di sekitar area operasi. Jika mengalami tanda-tanda ini, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.
  • Gunakan produk perawatan kulit ketika beraktivitas di bawah terik sinar matahari. Selain itu, menggunakan pakaian yang melindungi dari sinar matahari, seperti topi dan baju lengan panjang, juga dapat membantu melindungi area operasi dari paparan sinar matahari.
  • Jika ada kekhawatiran atau pertanyaan mengenai perawatan pasca operasi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter yang melakukan operasi. Dokter dapat memberikan panduan dan saran yang sesuai dengan kondisimu.

Pilih Metode dan Biaya Operasi Tahi Lalat yang Sesuai Dengan Kondisi

Demikian informasi seputar biaya operasi tahi lalat dan metode yang bisa kamu ketahui. Adapun metode menghilangkan tahi lalat pun cukup beragam sehingga kamu bisa berkonsultasi memilih yang sesuai dengan kondisi tahi lalatmu.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan tempat operasi tahi lalat yang memiliki biaya sesuai kemampuan keuanganmu. Dengan demikian, kamu bisa mempersiapkan biaya operasi tahi lalat dengan baik.

Baca Juga: Biaya Rumah Sakit Kian Mahal, Ketahui Cara Mengatur Strategi Keuangan untuk Siasati Naiknya Biaya Kesehatan