Biaya Persalinan Normal vs Operasi Caesar, Mana yang Lebih Besar?

Saat akan mempersiapkan kelahiran si buah hati, setiap pasangan tentu akan berupaya untuk memberikan segala yang terbaik untuk kebutuhan tersebut. Hal ini akan menyangkut keselamatan ibu dan bayinya, sehingga sangat wajar jika semua pasangan selalu menginginkan sebuah tindakan dan pelayanan yang terbaik di saat persalinan. Hal ini tentu harus dipertimbangkan sejak awal, bahkan ketika ibu masih dalam masa mengandung sekalipun.

Berbagai rumah sakit atau klinik bersalin bisa saja menawarkan sejumlah pilihan persalinan, namun setiap pasangan tentu wajib untuk memiliki pengetahuan dan juga sejumlah informasi yang akurat terlebih dahulu mengenai hal tersebut. Hal ini untuk menjamin keamanan proses bersalin tersebut dan juga keselamatan ibu dan bayinya juga. Setiap rumah sakit ataupun klinik akan memiliki standar tersendiri atas hal tersebut, namun bagi setiap pasangan yang akan segera menjelang kelahiran bayi mereka, pasti memiliki standar masing-masing terkait dengan pelayanan dan juga fasilitas yang mereka inginkan dan akan mereka dapatkan. Untuk sebagian orang, biaya mungkin saja bukan sebuah masalah yang besar, namun belum tentu hal yang sama berlaku bagi sebagian lainnya, karena itu sangat penting untuk mencermati sejumlah biaya bersalin yang diterapkan oleh rumah sakit atau klinik yang akan digunakan ketika bersalin nanti.

Baca Juga : Jenis-Jenis Anggaran Untuk Persiapan Melahirkan

Wajib atau Sekedar Ingin

proses persalinan.jpg

Proses Persalinan via babycenter.com

 

Menjalani proses persalinan normal, mungkin menjadi pilihan banyak ibu pada belasan atau beberapa tahun yang lalu. Namun hal serupa tidak lagi berlaku saat ini, sebab sebagian besar ibu justru lebih sering memilih untuk menjalani proses persalinan caesar. Kedua proses persalinan ini pasti memiliki sejumlah keunggulan dan juga kekurangan tersendiri, di mana berbagai faktor tersebut sepatutnya memang menjadi sebuah pertimbangan bagi setiap pasangan sebelum menentukan pilihan. Simak beberapa perbedaan antara persalinan normal dan caesar berikut ini sebagai bahan pertimbangan:

1. Persalinan Normal

  • Di dalam persalinan normal, ibu akan mengalami masa-masa yang sulit ketika menjelang saat-saat melahirkan. Hal ini bahkan terbilang sangat mengandung risiko, terutama jika kandungannya memiliki kelainan atau bahkan bila si ibu sendiri memiliki riwayat penyakit tertentu.
  • Proses ini biasanya akan berlangsung cukup lama, bahkan bisa saja mencapai puluhan jam hingga akhirnya si bayi lahir ke dunia. Ibu akan membutuhkan tenaga yang cukup besar, mengingat persalinan normal mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup panjang.
  • Kelahiran tidak dapat dijadwalkan, sebab bisa saja bayi lahir secara tiba-tiba di luar waktu yang diperkirakan sejak awal.
  • Kemungkinan bayi terluka selama proses persalinan menjadi lebih besar, terutama jika ternyata persalinan terbilang sulit dan tidak lancar.
  • Masa pemulihan terbilang singkat dan bahkan ibu bisa segara dapat beraktivitas kembali setelah beberapa hari pasca melahirkan.
  • Persalinan berikutnya bisa terjadi dalam waktu yang cukup singkat, dan bisa dilakukan dengan pilihan persalinan normal kembali atau bahkan dengan pilihan persalinan caesar jika dibutuhkan.

2. Persalinan Caesar

  • Di dalam persalinan caesar kelahiran bisa dijadwalkan, selama usia kandungan telah cukup dan dalam kondisi yang sehat.
  • Risiko menjadi lebih kecil, di mana ibu tidak akan mengalami proses persalinan yang lama karena proses ini terbilang sangat singkat saja.
  • Persalinan bersih dan jauh lebih steril, jika dibandingkan dengan persalinan normal.
  • Ibu tidak akan merasakan sakit yang berlebihan ketika menjalani proses persalinan, karena pada umumnya dokter akan menyuntikkan obat bius yang mengurangi rasa sakit selama masa persalinan berlangsung.
  • Berbagai risiko dapat dihindari, terutama jika ternyata kelahiran ini memiliki kelainan atau bahkan jika ibu memiliki riwayat penyakit lainnya yang cukup mengkhawatirkan.
  • Masa pemulihan pasca melahirkan terbilang cukup lama, sebab bekas luka operasi caesar akan membutuhkan waktu panjang untuk pemulihan kembali.
  • Dibutuhkan jeda yang cukup panjang untuk bisa memiliki anak setelah persalinan dengan operasi caesar, kelahiran selanjutnya juga wajib dilakukan dengan prosedur yang sama, yakni caesar.

Pada dasarnya jika terdapat sebuah kelainan atau risiko di dalam kehamilan, maka proses persalinan secara caesar akan direkomendasikan oleh dokter kandungan yang menangani pemeriksaan rutin selama masa kehamilan. Hal ini sebagai bentuk antisipasi terhadap berbagai risiko yang mungkin akan dialami oleh ibu dan juga bayi yang dikandungnya. Namun, belakangan ini sebagian ibu justru menganggap persalinan caesar menjadi sebuah pilihan utama, karena waktunya yang singkat dan juga prosesnya yang terbilang cukup mudah dan tidak melelahkan bagi mereka.

Baca Juga : Persiapan Melahirkan: Pilih Menabung atau Gunakan Asuransi?

Pertimbangan Biaya yang Dibutuhkan

menghitung biaya

Menghitung Biaya via usnews.com

 

Dari kedua jenis persalinan di atas, baik normal atau caesar tentu akan memiliki estimasi biaya yang terbilang sangat berbeda. Biaya yang dibutuhkan untuk sebuah proses persalinan caesar pada umumnya akan selalu jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan persalinan secara normal. Hal ini tentu sangat masuk akal, mengingat persalinan caesar akan membutuhkan penanganan khusus dengan sejumlah peralatan yang sangat kompleks, termasuk dengan sejumlah tenaga ahli di bidang tersebut. Itulah mengapa tingginya sejumlah biaya persalinan caesar seringkali menjadi sebuah pertimbangan khusus bagi pasangan yang akan segera memiliki bayi. Namun jumlah biaya tersebut tentu akan berbeda antara satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya, di mana perkiraan jumlahnya adalah sebagai berikut:

  • Biaya Persalinan Normal

Jumlah biaya untuk persalinan normal berkisar antara 2,5 juta rupiah hingga belasan juta rupiah, tergantung pada rumah sakit atau klinik yang dipilih.

  • Biaya Persalinan Caesar

Jumlah biaya yang dibutuhkan untuk persalinan ini antara belasan juta rupiah hingga puluhan juta rupiah, tergantung pada rumah sakit atau klinik yang dipilih.

Besaran biaya persalinan tersebut di atas, tentu akan sangat dipengaruhi oleh berbagai hal lainnya, termasuk kebutuhan penanganan pasien itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa faktor yang akan mempengaruhi perbedaan jumlah biaya bersalin, baik itu secara normal ataupun dengan prosedur caesar:

  • Pemilihan Rumah Sakit atau Klinik

Setiap rumah sakit / klinik tentu akan menerapkan sejumlah biaya yang berbeda-beda, tergantung pada kebijakan dan juga berbagai faktor lainnya. Pada dasarnya sejumlah rumah sakit besar dan telah memiliki reputasi yang sangat baik, akan mengenakan sejumlah biaya yang terbilang cukup mahal untuk proses bersalin.

  • Kebutuhan Khusus di Saat Persalinan

Hal ini biasanya sejumlah penanganan khusus terhadap ibu ataupun bayinya ketika masa persalinan, misalnya: ibu memiliki riwayat penyakit tertentu sehingga dibutuhkan tenaga ahli / dokter spesialis ketika menjalani proses bersalin, bayi memiliki gangguan di dalam kandungan atau bahkan berada pada posisi sungsang yang tentu membutuhkan penanganan khusus dari seorang dokter kandungan.

  • Jenis Kamar yang Dipilih

Berbagai fasilitas yang dimiliki oleh setiap jenis kamar di rumah sakit / klinik tentu akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini juga menjadi salah satu penentu adanya perbedaan jumlah biaya di dalam proses persalinan. Semakin lengkap fasilitas yang dimiliki oleh sebuah kamar, tentu akan berbanding lurus dengan sejumlah biaya tinggi yang harus dibayarkan.

  • Lama Perawatan Pasca Melahirkan

Pada umumnya sebuah proses persalinan secara normal hanya membutuhkan waktu perawatan selama 2-3 hari, sedangkan untuk persalinan caesar membutuhkan waktu sekitar 4-5 hari. Namun dalam kasus tertentu, bisa saja waktu tersebut tidak akan mencukupi jika ternyata bayi atau ibu membutuhkan sejumlah perawatan tambahan, biasanya jika kelahiran mengalami gangguan. Kondisi ini tentu akan ikut mempengaruhi jumlah biaya yang harus dibayarkan, termasuk jika ada penanganan khusus lainnya pasca melahirkan.

Ketahui dan Kumpulkan Informasinya Sejak Awal

Dalam masa persalinan, setiap pasangan tentu mengharapkan sebuah proses yang lancar dan sesuai dengan yang seharusnya. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab mengapa sangat penting untuk mengetahui segala sesuatu di dalam proses tersebut, termasuk sejumlah biaya yang harus dibayarkan setelah menjalaninya. Kumpulkan informasi yang cukup dan memadai, sehingga Anda dan pasangan bisa menyiapkan dan juga mengantisipasi berbagai biaya yang mungkin muncul selama dan setelah masa persalinan berlangsung. Persiapan yang matang akan jauh lebih baik dan membuat Anda bersama dengan pasangan menjadi lebih tenang ketika menghadapi masa persalinan.

Baca Juga : 4 Cara Mengatur Keuangan Bagi Ibu Hamil