Bikin Mood Kembali Tinggi, 12 Snack Sehat Ini Juga Mampu Jaga Kesehatanmu, Lho!

Siapa di antara kamu yang hobi makan camilan sembari bekerja atau di saat rehat makan siang? Nyatanya, tak sedikit orang yang selalu menyiapkan berbagai jenis snack untuk dikonsumsi agar mood saat beraktivitas lebih terjaga. Selain itu, setelah makan siang, mengonsumsi camilan juga mampu menjagamu dari rasa lesu dan mengantuk.

Sebenarnya, tak ada larangan jenis camilan seperti apa yang kamu pilih untuk dinikmati di tempat kerja. Namun, agar tak berimbas buruk bagi kesehatan dan menyebabkan berat tubuh meningkat, usahakan untuk tak berlebihan dalam mengonsumsi makanan ringan.

Selain itu, sebagai variasi, pernahkah kamu terpikir untuk mengganti camilan yang biasa dengan snack sehat yang sekaligus mampu memberikan manfaat menyehatkan bagi tubuh? Yang lebih menarik perhatian lagi, tak sedikit snack sehat memiliki kelezatan yang setara, bahkan lebih nikmat ketimbang camilan biasa dan lebih ampuh untuk mengembalikan mood serta konsentrasi saat bekerja.

Lalu, camilan sehat seperti apa sih yang cocok dikonsumsi di sela pekerjaan? 

Baca Juga: Mulai Hidup Sehat Dengan Mulai Konsumsi Makanan Sehat Berikut Ini!

12 Jenis Snack Sehat 

snack yang sehat

Macam-macam snack sehat

  1. Granola

    Kudapan sehat pertama yang bisa dipilih untuk dinikmati kala bekerja adalah granola. Granola sendiri merupakan jenis makanan yang terbuat dari campuran biji-bijian, oat, buah kering, kacang-kacangan, madu, dan berbagai bahan lainnya. Penggabungan dari banyak makanan tersebut membuat granola mampu memberikan segudang manfaat menyehatkan bagi siapa saja yang menyantapnya. 

    Kamu bisa membuat camilan ini sendiri maupun membelinya di sejumlah supermarket jika tidak ingin ribet. Selain menjadi kudapan, granola juga cocok untuk masuk list menu sarapan pagi hari dengan mencampur yogurt ke dalamnya. Sebagai snack yang sehat, kamu bisa mengonsumsi granola secara langsung tanpa campuran bahan apapun. 

  2. Yogurt

    Selain granola, yogurt juga bisa menjadi opsi untuk menyibukkan mulut saat bekerja agar konsentrasi terjaga. Kamu dapat memilih jenis yogurt plain atau yang telah memiliki campuran berbagai rasa. 

    Guna memaksimalkan manfaat kesehatannya, akan jauh lebih baik jika kamu mengonsumsi yogurt yang telah dicampur dengan berbagai jenis buah-buahan agar nutrisi yang diberikannya semakin komplit. Tidak hanya itu, manfaat yogurt sebagai camilan lainnya adalah memberikan rasa kenyang serta memiliki kandungan probiotik yang penting untuk pencernaan. 

  3. Biskuit Gandum

    Gandum dikenal sebagai makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Selain mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama, mengonsumsi makanan kaya serat juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan organ pencernaan. 

    Nah, sebagai camilan berbahan dasar gandum, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat tersebut saat menjadikan biskuit gandum sebagai kudapan. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus untuk bekerja karena perut tak merasa lapar dan tak tergoda dengan snack lain yang tidak sehat. 

  4. Kacang

    Kacang juga populer dijadikan sebagai kudapan yang mampu memberi manfaat positif bagi tubuh. Selain itu, ada sederet jenis kacang yang bisa dipilih sesuai dengan mood atau untuk melengkapi jenis kudapan lainnya. Seperti, pistachio, mete, almond, atau kacang tanah. 

    Dengan mengonsumsi jenis kacang-kacangan, tubuhmu akan terpenuhi kebutuhan protein nabatinya dan mendapatkan asupan lemak tak jenuh. Meski begitu, tetap sesuaikan jumlah konsumsi dari snack sehat ini agar tubuh tetap bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal.

  5. Kacang Kedelai

    Selayaknya jenis kacang pada umumnya, kacang kedelai juga mempunyai kandungan lemak tidak jenuh yang baik bagi tubuh. Selain itu, protein nabati yang diberikan oleh kacang kedelai juga mampu penting dibutuhkan tubuh. 

    Tak sedikit orang yang lebih menyukai kacang kedelai untuk dijadikan sebagai camilan karena dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Beberapa kuliner yang terbuat dari olahan kacang kedelai yang menjadi favorit banyak orang adalah bubur kacang hijau dan onde-onde.

  6. Buah-Buahan

  7. buah-buahan
  8. Siapa bilang jika kudapan harus terbuat dari makanan yang diolah terlebih dahulu? Sekadar memakan buah-buahan juga bisa menjadi kudapan untuk menemanimu saat sedang bekerja. Ada banyak jenis buah-buahan yang dapat dipilih sebagai snack sehat, seperti, apel, jeruk, anggur, buah naga, dan lain sebagainya.

    Selain itu, jika tak ingin merasa ribet, kamu juga bisa mengolah buah-buahan tersebut sebagai jus. Namun tetap ingat jika mengonsumsi buah secara utuh mampu memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik ketimbang mengolahnya menjadi jus. Jadi, kalau memang ingin menjadikan buah sebagai makanan ringan, akan jauh lebih baik jika kamu mengonsumsinya secara langsung. 

  9. Bubur Gandum

    Tidak hanya biskuit gandum, kamu juga bisa menjadikan bubur gandum sebagai variasi kudapan pelepas bosan saat bekerja. Nutrisi dari bubur gandum pun tak kalah positifnya jika dibanding dengan biskuit gandum. Kalau sudah mulai bosan mengonsumsi biskuit gandum tapi tetap ingin merasakan manfaat kesehatan yang sama, maka bubur gandum ini dapat menjadi pengganti yang paling pas. 

  10. Roti Pita

    Pernahkah kamu mendengar camilan asal Timur Tengah yang memiliki nama roti pita? Mungkin, sebagian dari kamu mungkin masih asing dengan jenis makanan ringan yang satu ini. Namun, kalau sudah mengenalnya, apalagi pernah mengonsumsinya secara langsung, kamu mungkin tidak akan berpikir dua kali untuk menjadikannya sebagai snack yang sehat untuk menemani ketika dikejar deadline kerja.

    Secara penampilan, roti pita memiliki bentuk yang bundar juga tipis, dan berongga saat dibelah. Pada rongga tersebut, kamu dapat mengisi roti pita dengan beragam isian topping atau makanan sehat lainnya. Seperti, keju hingga sayuran. Dengan begitu, nutrisi dan gizi yang didapatkan tubuh menjadi lebih lengkap dan memaksimalkan manfaat menyehatkan dari mengonsumsi roti pita ini.

  11. Tumis Sayuran

    Rekomendasi snack sehat yang tak kalah lezatnya dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah tumis sayuran. Segala khasiat dari sayuran yang ditumis kering bisa dirasakan di setiap gigitannya. Jika belum pernah mencobanya, jangan tunda lagi, agar tubuhmu bisa mendapatkan berbagai manfaat menyehatkan padahal hanya sedang ngemil. 

  12. Sandwich

    Lanjut ke kudapan favorit di peradaban barat, kamu juga bisa menikmati snack yang sehat sekaligus mengenyangkan perut dengan sandwich. Berupa dua lapis roti dengan berbagai isian menyehatkan yang bisa disesuaikan sendiri. Seperti, sayur, daging, keju, dan mayones, dijamin sandwich seketika menjadi makanan ringan favorit untuk menemani di kala bekerja. 

    Kalau sudah mulai bosan, ganti saja isian sandwich dengan bahan atau kombinasi lainnya agar lebih sesuai dengan mood atau seleramu. Yang pasti, jenis makanan ringan ini juga sangat praktis untuk dibuat, dibawa, dan dimakan di mana saja tanpa terlalu banyak menyita waktu bekerja.

  13. Rumput Laut Panggang

    Kebanyakan dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan olahan rumput laut panggang? Rumput laut atau seaweed sendiri sudah menjadi camilan yang populer dipilih banyak orang. Nah, saat diolah dengan cara dipanggang, rasa dari rumput laut ini akan menjadi jauh lebih bikin ketagihan.

    Dengan rasa yang gurih dan tekstur renyah, rumput laut panggang dapat menjadi alternatif bagi orang yang doyan banget dengan cracker atau keripik. Selain lezat di lidah, jenis camilan ini juga mampu memberikan segudang manfaat bagi kesehatan karena mengandung nutrisi penting, seperti vitamin A, B, C, E, dan K, serta berbagai macam mineral, seperti, kalsium dan zat besi. Jadi, kalau ingin menikmati snack yang sehat jangan berpikir dua kali untuk memilih rumput laut panggang ini. 

  14. Dark Chocolate

    Bagi penikmat coklat, dark chocolate ini juga bisa jadi pilihan camilan saat bekerja. Dengan mengonsumsi jenis coklat ini, sistem pencernaan akan menjadi lebih lancar serta meningkatkan sistem kerja otak. 

    Coklat mengandung theobromine, kandungan yang dipercaya mampu mengembalikan tenaga yang terbuat. Jika kamu tergolong orang yang sering merasa disibukkan dengan pekerjaan, dark chocolate ini wajib dijadikan sebagai opsi snack sehat kala bekerja. Tapi, tetap perhatikan jumlah gula yang mungkin terkandung pada jenis coklat yang satu ini sebelum menjadikannya sebagai kudapan.

Baca Juga: Cara Sehat di Masa Depan dengan Sehat Mulai dari Sekarang

Camilan Sehat Nan Lezat Bukan Sekadar Mitos

Kebanyakan orang pasti memahami camilan sebagai jenis makanan yang hanya memberikan rasa lezat dan memanjakan lidah saja. Namun, setelah melihat list snack sehat di atas, kamu jadi paham kalau camilan yang menyehatkan sekaligus nikmat saat disantap bukanlah mitos belaka. Jadi, snack sehat manakah yang bakal kamu pilih untuk dinikmati saat sedang di tempat kerja?

Baca Juga: 4 Situs Jual Beli Makanan Sehat dengan Harga Terjangkau