Cara Sehat di Masa Depan dengan Sehat Mulai dari Sekarang

Kesehatan adalah aset paling berharga di dalam kehidupan ini. Kesehatan sangat mahal harganya. Sebab jika sudah sakit, harta benda tak ada artinya lagi. 

Kalau tubuh sehat, bugar, dan prima, maka semua aktivitas dapat dijalani dengan lancar dan menyenangkan. Hidup akan terasa bahagia tanpa penyakit yang menggerogoti badan dan pikiran Anda.

Bayangkan bila sakit, bukan hanya waktu Anda yang akan habis untuk berbaring lemah di tempat tidur, tetapi juga kekayaan atau uang Anda. Ludes untuk menyembuhkan penyakit Anda. 

Kegiatan yang bisa Anda lakukan pun menjadi terbatas. Kesempatan untuk bekerja, bermain dengan anak atau cucu hilang karena sibuk mengurus penyakit Anda. 

Kondisi sekarang ini lebih parah. Pandemi Covid-19 masih menghantui. Malahan ditemukan varian baru dari virus corona di Inggris dan sudah menyebar ke beberapa negara. Cobaan apalagi ini. 

Jika tidak pintar menjaga kesehatan, Anda dan keluarga bisa menjadi korban dari virus-virus berbahaya tersebut. Bila sudah terinfeksi, Anda akan diisolasi tanpa keluarga di sisi. 

Baca Juga: Daftar Iuran BPJS Kesehatan Terbaru 2021, Kelas 3 Naik Rp 9.500

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Sehat yang Sesungguhnya

Hidup Sehat
Merasakan Sehat yang Sesungguhnya

Sehat merupakan kondisi tubuh, jiwa, dan sosial seseorang dalam keadaan sejahtera sehingga orang tersebut dapat hidup secara produktif di dalam kehidupan sosial dan ekonominya.

Artinya, jelas dikatakan bahwa sehat sebenarnya bukanlah terkait dengan kondisi tubuh seseorang saja, melainkan juga mencakup kondisi mental, sosial, dan kehidupan pribadi.

Hal yang sama dikatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Definisi kesehatan menurut WHO adalah bentuk kesejahteraan fisik, sosial, dan mental secara keseluruhan.

Sehat diukur tidak hanya berdasarkan ada atau tidaknya penyakit serta berbagai kelemahan lainnya di dalam diri seseorang. Tapi, hal ini akan diukur berdasarkan keseluruhan faktor yang telah disebutkan di atas.

Begitu luas cakupan sehat yang sebenarnya hingga Anda membutuhkan analisis yang dalam untuk mengetahui sehat atau sakitnya seseorang.

Pemeliharaan kesehatan merupakan tindakan penanggulangan dan pencegahan terhadap berbagai hal yang akan menjadi pengganggu dan penyebab turunnya kondisi kesehatan seseorang.

Pada dasarnya, pemeliharaan kesehatan ini sangat dibutuhkan, termasuk pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala. Jika mengetahui kondisi kesehatan yang sebenarnya, Anda dapat melakukan berbagai tindakan terbaik untuk menjaga, mengobati, atau menanggulangi gangguan yang mungkin muncul.

Kebiasaan Hidup Sehat Menjadi Jaminan Sehat di Masa Depan

Makanan Sehat
Ilustrasi Memakan Asupan Sehat

Hal yang paling mudah dan bisa dilakukan untuk menjaga dan memelihara kesehatan adalah dengan cara menerapkan kebiasaan hidup sehat secara rutin.

Hasilnya jangan ditanya, Anda bahkan bisa mendapatkan kesehatan yang prima sepanjang tahun. Jika saja bisa menjalankan beberapa kebiasaan hidup sehat ini, niscaya penyakit pun enggan mampir ke diri Anda.

1. Makan Teratur dan Sehat

Makan teratur saja tidak cukup. Tubuh membutuhkan asupan makanan sehat yang seimbang dan dapat memenuhi kebutuhan gizi sepanjang hari, seperti mengandung zat besi, aneka vitamin, protein, dan kalori dalam jumlah yang cukup.

Pastikan Anda memerhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi sepanjang hari. Terapkan pola makan yang teratur di dalam keseharian Anda.

Mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda, tidak lebih dan tidak juga kurang. Jadwal makan pun menjadi hal yang patut untuk dicermati.

2. Olahraga dan Istirahat yang Seimbang

Jika ingin selalu sehat dan bugar, maka olahraga adalah hal wajib lainnya yang harus Anda jalankan dalam menerapkan pola hidup sehat. Berolahraga secara teratur, agar hasilnya maksimal.

Pilih olahraga yang paling Anda sukai dan memiliki manfaat kesehatan agar dapat dilakukan dengan senang hati dan bersemangat. Contohnya bersepeda, berenang, nge-gym, senam, yoga, jogging, atau olahraga lainnya.

Bukan itu saja, Anda juga perlu mengatur waktu istirahat agar tetap seimbang, terutama di malam hari. Jangan kebanyakan main gadget, seperti main game, media sosial, karena hanya akan mengganggu waktu tidur Anda. 

Anda membutuhkan tidur di malam hari 7-8 jam per hari. Dengan tidur yang cukup, sangat membantu mengembalikan tenaga setelah seharian bekerja, sehingga kembali bersemangat dalam melakukan rutinitas sehari-hari. 

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

3. Hindari Rokok dan Menenggak Alkohol

Dalam menerapkan pola hidup sehat, sebaiknya Anda menghindari merokok dan minum alkohol. Tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga bagus untuk kondisi keuangan Anda. 

Lebih baik kan uangnya ditabung atau diinvestasikan daripada buat beli rokok dan minuman beralkohol. Uang bisa berkembang biak semakin banyak, bukan dipakai untuk hal yang sia-sia. 

Rokok
Hindari merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol

4. Kehidupan Sosial yang Seimbang

Sehat bukan diukur dari tubuh yang prima saja. Tetapi juga dari mental dan pikiran. Kalau pikiran Anda stres, itu berarti Anda tidak sehat dari segi mental. Ada yang mengganggu. 

Oleh karena itu, hilangkan stres dan beban pikiran Anda dengan melakukan aktivitas yang Anda senangi, seperti liburan, melakoni hobi, bahkan bisa dengan bergaul. Berkomunikasi dengan tetangga, teman, atau keluarga Anda. 

Jadi, hidup Anda tidak cuma kerja, kerja, dan kerja. Namun ada warna lain yang dapat menyeimbangkan hidup, salah satunya kehidupan sosial. 

5. Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

Pandemi Covid-19 memang belum berakhir. Tetapi ada asa dengan datangnya vaksin Sinovac asal China. Berharap bumi ini kembali pulih. 

Meski dijanjikan akan ada vaksinasi Covid-19 gratis di tahun 2021, pada kenyataannya masih harus menunggu restu dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Entah kapan terbit. 

Sambil menunggu vaksin resmi mendapat izin dari BPOM dan MUI, Anda dan keluarga harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan di manapun dan kapanpun. Yakni 3M, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, dan Memakai Masker. 

Pesan Ibu 3M ini perlu terus dijalankan walaupun nantinya Anda sudah disuntikkan vaksin. Ini adalah cara pencegahan paling dasar untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 dan virus lainnya. 

Lindungi Diri dengan Asuransi Kesehatan

Sedia payung sebelum hujan. Sedia asuransi kesehatan sebelum sakit menyerang. Bukan sekadar peribahasa, tetapi sangat penting dilakukan. 

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda mendapatkan manfaat perlindungan dari risiko penyakit, termasuk Covid-19. Jika amit-amit jatuh sakit atau terinfeksi corona, biaya pengobatan dan perawatan ditanggung perusahaan asuransi.

Baca Juga: Sudah Punya BPJS, Apa Masih Perlu Asuransi Kesehatan?