Bisnis Rental Mobil: Peluang, Proyeksi Keuntungan, hingga Cara Memulainya

Jasa rental mobil masih sangat banyak dibutuhkan hingga saat ini, hal tersebut sekaligus menjadi alasan mengapa bisnis yang satu ini memiliki prospek yang sangat cerah. Bukan hanya di kota-kota besar saja, layanan car rental seperti ini juga banyak dibutuhkan di kota-kota kecil. 

Mobil rental menjadi pilihan untuk sebagian orang yang ingin bepergian, namun tidak memiliki kendaraan pribadi. Selain lebih praktis, bepergian dengan rent car memang terasa lebih nyaman dan simpel untuk kebanyakan orang, terutama mereka yang ingin bepergian untuk urusan penting.

Baca Juga: Cara Daftar UMKM Online untuk Mendapatkan Perizinan dan Bantuan Usaha

Peluang Bisnis Rental Mobil Sangat Menjanjikan

loader

Bisnis Mobil Rental

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan saat menjalankan bisnis mobil rental, berikut beberapa di antaranya. 

  1. Bisa Dimulai Tanpa Modal 

    Harga mobil memang tidak bisa dianggap murah, namun hal tersebut bukanlah penghalang untuk memulai bisnis rental mobil. Karena bisnis rental mobil bisa saja dimulai dan dijalankan tanpa modal sama sekali. 

    Jika sudah memiliki mobil pribadi, maka manfaatkan kendaraan tersebut menjadi mobil rental. Namun jika belum memilikinya, maka ajaklah teman atau kerabat untuk menjalankan bisnis rent car ini, yakni dengan menggunakan kendaraan mereka sebagai mobil rentalnya.

  2. Potensi Keuntungan Cukup Besar 

    Permintaan akan layanan mobil rental memang cukup tinggi di tanah air. Hal ini membuat potensi keuntungan bisnis tersebut juga terbilang tinggi. Jika dijalankan dengan cara yang tepat, bukan tidak mungkin bisnis ini akan mendatangkan banyak uang setiap bulannya. 

  3. Target Pasarnya Luas dan Sangat Beragam 

    Target pasar dari bisnis mobil rental ini juga terbilang luas, bahkan sangat beragam. Bukan hanya untuk disewakan kepada pihak perorangan saja, bisnis sewa mobil ini juga bisa dijalankan dengan banyak cara, termasuk dengan menyewakannya langsung kepada perusahaan-perusahaan. 

  4. Mudah Dikelola 

    Bisnis yang satu ini juga termasuk bisnis yang mudah dikelola, bahkan bisa dijalankan di rumah saja. Kemajuan teknologi sudah memungkinkan bisnis rental mobil bisa dikelola dan diawasi dengan mudah, sehingga risiko dan berbagai masalah yang tidak diinginkan bisa diminimalisir dengan baik. 

Proyeksi Keuntungan Bisnis Rental Mobil

Bisnis rental mobil memang sangat menjanjikan, berikut ini proyeksi keuntungannya.

Pendapatan Bulanan: 

  • Biaya sewa 1 unit mobil per harinya: Rp550.000,- 
  • Pendapatan dalam sebulan: 30 x Rp550.000,- = Rp16.500.000,- 

Asumsi: 

  • Biaya sewa sudah mencakup sopir serta akomodasinya.
  • Biaya bahan bakar, parkir, tol, dan yang lainnya ditanggung oleh penyewa. 

Keuntungan yang Didapatkan dari Bisnis Rental Mobil:

Total Pendapatan dalam Satu Bulan

Rp16.500.000,- 

Biaya yang Dikeluarkan

 

Service Rutin

Rp1.200.000,-

Cicilan Mobil (Jika Masih Ada) 

Rp4.000.000,-

Biaya Asuransi Sopir

Rp100.000,-

Biaya Lain-lain

Rp700.000,- 

Total Pengeluaran

Rp6.000.000,- 

Total Pendapatan Bersih per Bulannya

Total Pendapatan - Total Pengeluaran

16.500.000 - 6.000.000

= Rp10.500.000,- 

Baca Juga: SIUP: Pengertian dan Panduan Lengkapnya

Cara Memulai Bisnis Rental Mobil

loader

Strategi Memulai Usaha Rental Mobil

Sebagaimana bisnis lainnya, bisnis rental mobil juga harus dilakukan dengan cara yang tepat. Hal ini penting, mengingat ada risiko dan juga hal lainnya yang perlu ditangani dengan baik di dalam bisnis tersebut.

Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis mobil rental dengan baik.

  1. Tetapkan Prospek dan Target Pasar

    Strategi pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memulai bisnis rental mobil adalah mengenali prospek dan target. Maksudnya adalah kamu harus mengetahui prospek usaha rental mobil di lokasimu. Apakah orang-orang di sana memang akan sangat membutuhkan mobil atau malah tidak. Jika yakin akan ada banyak orang yang membutuhkan mobil itu berarti usahamu di lokasi tersebut terbilang berprospek bagus. Namun bila kamu tidak mendapati bahwa akan banyak orang di lingkungan sekitar yang membutuhkan mobil, maka hal ini tentunya sebuah prospek buruk yang harusnya kamu tinggalkan. Untuk mengetahui prospek ini sendiri, kamu mau tak mau harus melakukan survei dan pengamatan.

    Jika memang diketahui bahwa prospek di lokasimu besar, maka tetapkan target pasar dari usahamu. Tetapkan apakah orang kantor, orang umum, atau para pendatang yang akan dijadikan target pasar? Mengapa harus menetapkan target pasar? Sebab ini akan mengacu pada penetapan starategi pemasaran yang akan dijalankan. Tapi bila kamu ingin menetapkan target pasar pada semua pihak tentu saja boleh-boleh saja asal tingkat persaingan di lokasi tersebut belum terlalu ketat.

  2. Pilih Lokasi yang Baik

    Setelah menetapkan target pasar, maka strategi berikutnya untuk bisa menjadikan usaha rental mobilmu sukses adalah memilih lokasi usaha yang baik. Lokasi usaha yang baik untuk bisnis rental mobil adalah lokasi yang strategis dengan akses jalan dan ramai dilewati banyak orang. Dengan kondisi lokasi yang demikian, maka peluang untuk mengenalkan usahamu dan juga mendapatkan pelanggan lebih banyak akan terbuka lebar. Terbukanya peluang ini disebabkan oleh jangkauan direct marketing yang bekerja secara langsung dan otomatis.

  3. Promosi dan Pemasaran

    Untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak hingga membuat kas atau omset bisnis ini meningkat maka kamu perlu menjalankan promosi atau pemasaran. Mengapa harus menjalankan promosi sedangkan lokasi yang ada sudah sangat strategis? Kamu harus paham bahwa pelaku bisnis rental mobil ini bukanlah kamu seorang. Namun ada beberapa orang yang juga menjalankan bisnis ini. Dari sini maka tentunya tercipta sebuah persaingan dan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan ini maka dibutuhkan sebuah strategi marketing yang efektif. Lalu bagaimana cara menjalankan stategi pemasaran dan promosi yang efektif ini? Ada dua cara yang bisa kamu tempuh yaitu:

    Melalui Strategi Marketing Offline

    Melalui Strategi Marketing Online

    Marketing offline adalah teknik pemasaran konvensional yang mengharuskanmu bertemu atau bertatap muka secara langsung dengan calon konsumen. Beberapa strategi marketing offline yang bisa kamu jalankan untuk bisnis rental mobil antara lain dengan word of mouth atau pemberitahuan langsung, penyebaran brosur, penempelan banner atau spanduk, kartu nama, stiker, iklan koran, iklan majalah, dan lainnya.

    Dunia online yang semakin berkembang pesat adalah indikator yang memang seharusnya membuat orang tanggap untuk memanfaatkan hal ini. Beberapa strategi pemasaran online yang bisa kamu jalankan yaitu promosi di media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, hingga TikTok), promosi melalui iklan online seperti Google ads, Facebook ads, Instagram ads, atau dengan memaksimalkan website lewat optimasi SEO (Search Engine Optimization).

  4. Berinvestasilah Pada Sesuatu yang Mendukung Bisnismu

    Cara atau strategi lainnya yang wajib kamu lakukan adalah bersikap profesional. Nah sikap profesionalisme dalam bisnis dapat tercermin salah satunya dari cara berinvestasimu. Kamu harus cermat dalam hal ini, sebab jika kamu sembarangan maka bisa jadi bisnismu akan terpuruk.

    Investasi yang tepat dan profesional ini bisa kamu jalankan dengan beberapa cara seperti, memilih mobil yang sesuai dan banyak diminati konsumen, membuat jalinan dengan mitra bisnis untuk menyewa mobilnya, serta memanfaatkan asuransi untuk perlindungan mobil dan usahamu.

    Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
    Pilih Tahun Kendaraan
    Pilih Merek Mobil
    Pilih Model Mobil
    Pilih Tipe Mobil
    Pilih Plat Kendaraan
    Pilih Tipe Asuransi
     
  5. Bangun Relasi dan Jaringan

    Untuk mendapatkan banyak kepercayaan dan juga banyak investor maka kamu harus mampu memperluas jaringan dan relasi. Semakin banyak jaringan dan relasi yang dimiliki maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan mitra yang bisa diajak untuk bekerja sama mengembangkan usaha. Jika hal ini terjadi maka tentu saja bisnismu akan semakin cepat bergerak menuju kesuksesan.

    Jangan lupa juga untuk bergabung dengan beberapa komunitas dan asosiasi bisnis rental mobil yang ada di wilayahmu. Ikut dan berperan aktiflah di sana. Beberapa kegiatan dan agenda yang sering kali diadakan oleh komunitas dan asosiasi ini adalah workshop, diskusi, dan juga penyampaian materi di media sosial. Dengan hal ini tentu kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dan info-info penting yang akan bermanfaat untuk kemajuan bisnis rental mobilmu.

  6. Antisipasi Tindak Kriminal Penipuan Pencurian Mobil

    Karena hidup di zaman yang penuh dengan aksi-aksi tidak bertanggung jawab dari sejumlah oknum, maka dalam menjalankan bisnis rental mobil kamu perlu ekstra waspada. Pada kenyataannya di lapangan memang sudah banyak terjadi kasus pencurian mobil rental. Tindakan kriminal ini dilakukan dengan banyak siasat, salah satunya dengan menyerahkan dokumen palsu kepada pemilik rental. Tentu saja dengan dokumen palsu, para oknum ini akan leluasa untuk melakukan tindak kejahatannya dengan membawa mobil tersebut.

    Dari sinilah, kewaspadaan yang tinggi harus selalu diterapkan terutama saat proses penyewaan berlangsung. Perhatikan dengan seksama dokumen yang diberikan. Dalam hal ini, kamu memang diharuskan memiliki pengetahuan dan pemahaman untuk bisa membedakan dokumen-dokumen asli dan palsu sebagai syarat dan ketentuan untuk menyewa mobil tanpa sopir. Bila kamu mampu mengantisipasi tindak kejahatan atau kriminalitas penipuan ini maka kerugian yang besar pun bisa diminimalisir.

  7. Tentukan Harga Sesuai Pasaran atau Berikan Tawaran Menarik

    Terakhir, strategi sukses untuk memulai bisnis rental mobil adalah dengan menentukan harga sesuai pasaran atau dengan memberikan diskon. Harga memang selalu menjadi sesuatu yang sensitif bagi konsumen terutama masyarakat Indonesia. Ingat kamu juga punya pesaing yang harus ditaklukkan. Maka untuk bisa menggaet banyak konsumen, maka kamu tak boleh sembarangan menentukan harga. Lebih dari itu kamu harus melakukan riset dan survei mengenai harga pasar rental mobil yang sedang berlaku di tempatmu. Jangan memaksakan diri untuk membuat harga yang terlampau mahal, karena bisa jadi kamu akan kehilangan konsumen.

    Beberapa pakar bisnis malah menyarankan agar para pelaku usaha rental mobil ini untuk sesekali waktu memberikan harga promo dan diskon. Hal ini dilakukan untuk bisa menarik konsumen agar memilih rental mobilmu daripada rental mobil lainnya. Kamu juga bisa membuat penawaran lainnya yang lebih menarik, sesuai dengan kreativitasmu. Penawaran menarik lainnya ini bisa berupa penggunaan kartu member yang menguntungkan atau juga penggunaan kupon potongan harga bila telah menggunakan rental mobil beberapa kali.

Tips Menjalankan Bisnis Rental Mobil dengan Sukses 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjalankan bisnis mobil rental dengan sukses: 

  1. Rencanakan dengan Matang 

    Bisnis rental mobil memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika dijalankan dalam skala yang cukup besar. Penting untuk merencanakan dan menyiapkan modal bisnis ini dengan baik sejak awal, agar segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik dan lancar. 

  2. Urus dan Selesaikan Legalitas Bisnis Rental Mobil

    Jangan lupa untuk mengurus legalitas yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis rental tersebut. Legalitas akan membuat bisnis bisa dijalankan dengan lebih aman dan nyaman. Jika tidak memahami hal ini dengan baik, maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahlinya. 

  3. Terapkan Sistem Pembukuan dan Keuangan yang Benar 

    Biasakan untuk menjalankan bisnis secara profesional, yakni dengan menerapkan sistem pembukuan dan keuangan yang benar. Hal ini akan mempermudah pengawasan bisnis, termasuk melakukan evaluasi secara berkala, jika sewaktu-waktu hal tersebut diperlukan. 

  4. Lakukan Perawatan Kendaraan dengan Baik 

    Lakukan perawatan yang tepat pada setiap kendaraan, agar risiko kerusakan dan masalah lainnya bisa dihindari dengan baik. 

  5. Jagalah Hubungan Baik dengan Pelanggan 

    Pastikan untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada setiap pelanggan yang datang, sehingga mereka selalu puas dengan layanan yang didapatkannya. Bukan hanya itu saja, jaga juga hubungan baik dengan pelanggan, agar kerjasama jangka panjang bisa terjadi dalam bisnis ini. 

Memulai Bisnis Rental Mobil dengan Cara yang Tepat 

Bisnis rental mobil masih memiliki prospek yang menjanjikan hingga saat ini. Peluangnya yang cerah tentu akan menghasilkan, jika bisnis ini dilakukan dengan cara yang tepat. Segera rencanakan dan memulai bisnis rental mobil ini dengan baik, agar bisnis tersebut bisa mendatangkan keuntungan maksimal di masa mendatang. 

Baca Juga: Alasan Pentingnya Asuransi Untuk Mobil Rental