Black Card: Definisi, Syarat, Fungsi yang Perlu Diketahui

Tahukah kamu apa itu Black Card? Ini merupakan salah satu jenis kartu kredit premium. 

Ya, Black Card bukan hanya sekadar kartu kredit, yang biasa dikenal pada umumnya. Melainkan merupakan jenis kartu kredit paling elite dan hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Bisa dikatakan kartu ini merupakan simbol strata sosial paling tinggi bagi para pemiliknya. 

Benarkah demikian? Untuk mengetahui lebih jauh tentang kartu Black Card, yuk simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Tawarkan Lebih Banyak Fasilitas, Yuk Ketahui Apa Itu Black Card BCA dan Cara Membuatnya

Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Mobil Terbaik! 

Apa Itu Black Card?

loader

Black Card

Black Card mulai digunakan sejak 1999 dan masih tetap eksis hingga sekarang. Kartu kredit ini dikeluarkan oleh perusahaan bernama American Express, yang secara resmi dikenal secara global dengan nama American Express Centurion Card

Perlu diketahui, bahwa American Express merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan kartu kredit berskala internasional yang berasal dari Amerika Serikat. Terbuat dari bahan titanium, kartu kredit Black Card memiliki desain yang sangat mewah dan terkesan elegan.

Kartu kredit jenis ini biasanya diproduksi dengan warna gelap yang memberi kesan sebagai kartu pembayaran yang eksklusif dan ditargetkan hanya pada kalangan tertentu saja. Terutama dari kalangan dengan strata sosial yang lebih tinggi atau 'konglomerat', baik dari kalangan pebisnis hingga selebriti terkenal.

Pemegang Black Card

Jadi, siapa yang sebenarnya bisa memiliki jenis kartu kredit yang dianggap eksklusif ini? 

Kartu Black Card jelas hanya bisa dimiliki oleh para elit dan miliarder. Hanya saja tak semua orang dengan predikat kaya bisa memperoleh jenis kartu kredit ini. Pasalnya, kepemilikan kartu bukan hanya dilihat dari segi kekayaannya saja tapi juga dilihat dari kriterianya.

American Express tentunya memiliki kriteria tersendiri dalam menentukan siapa saja yang sesuai untuk menjadi pemegang kartu eksklusif tersebut. Jadi hanya seseorang yang dianggap memenuhi kriteria saja yang akan memperoleh undangan secara eksklusif dari pihak Amex Centurion Express.

Persyaratan untuk Mendapatkan Black Card

Meski belum menerima undangan, bukan berarti seseorang tidak bisa mendapatkan kartu kredit Black Card. Mereka bisa mengajukan permohonan ke pihak American Express agar mendapatkan undangan menjadi pemegang kartu.

Berikut beberapa hal atau kriteria yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Tercatat menjadi pengguna American Express Card jenis lain.
  2. Aktif sebagai pemegang kartu American Express paling tidak selama setahun.
  3. Catatan pengeluaran aktif tiap tahun dengan kartu Amex, paling sedikit dengan nominal USD 250.000. 
  4. Ada pendapat lain menyebutkan, jika kartu Black Card baru akan diberikan pada nasabah yang sering bertransaksi minimal USD 450.000 tiap tahunnya.

Hanya saja, beberapa kondisi tersebut masih berupa perkiraan saja. Pasalnya, pihak American Express sendiri belum secara resmi mengumumkan persyaratan apa yang harus dipenuhi seseorang untuk mendapatkan kartu eksklusif yang satu ini. Jadi meskipun seseorang punya potensi seperti syarat di atas, belum tentu juga bisa memiliki kartu tersebut.

Baca Juga: Nomor Kartu Kredit Apa Pentingnya? Simak Ulasannya Berikut Pasti Akan Paham

Biaya yang Dibebankan bagi Pemegang Black Card

loader

Penggunaan Black Card

Mirip kartu biasa, pengguna Black Card juga akan dikenakan sejumlah biaya, baik biaya bulanan maupun tahunan. Perbedaannya dengan kartu kredit biasa adalah besar kecilnya nominal biaya yang wajib dibayarkan.

Agar bisa tetap menggunakan kartu eksklusif ini, terdapat biaya pendaftaran atau biaya inisiasi kartu yang harus dibayarkan sebesar USD 10.000 atau sekitar Rp150 jutaan. Sementara untuk biaya tahunan yang perlu dikeluarkan senilai USD 5.000 atau sekitar Rp75 jutaan.

Fungsi Black Card

Disebut eksklusif, tak pelak lagi jika kartu kredit ini menawarkan banyak manfaat menarik bagi penggunanya yakni mendapatkan berbagai layanan kelas atas dengan akses VIP, baik untuk acara atau event khusus maupun tempat tertentu, berikut beberapa di antaranya.

  • Mendapatkan posisi terbaik dan strategis untuk menonton suatu gelaran atau event, konser eksklusif yang menghadirkan artis kenamaan, dan sebagainya.
  • Menikmati banyak kemudahan ketika menginap di beberapa hotel mewah atau berbintang sebagai tamu elit. Termasuk menjadwal ulang check out maupun upgrade kamar.
  • Menikmati kenyamanan Lounge Centurion di semua International Airport yang tersebar di penjuru dunia.
  • Mendapatkan kemudahan akses untuk sewa mobil mewah seperti Aviz dan Hertz melalui program bernama Centurion Auto dengan pilihan harga menarik.
  • Setiap kali kartu digunakan, pengguna akan mendapatkan poin bonus dengan penawaran menarik.
  • Mendapatkan akses menginap di kamar dengan fasilitas paling mewah yang ada di kapal pesiar di dunia.
  • Bisa meminta toko atau merchant untuk tutup sementara ketika ingin berbelanja secara private.
  • Mendapatkan undangan secara eksklusif dari berbagai merek atau brand fashion kenamaan saat mengadakan event, salah satunya Victoria's Secret.

Black Card, Kartu Kredit Eksklusif untuk Para Sultan

Sebagai salah satu kartu kredit eksklusif bertaraf internasional, memiliki kartu Black Card bisa menjadi prestise tersendiri bagi pemegangnya. Pasalnya, tak sembarang orang kaya bisa memilikinya. Lain halnya dengan Black Card terbitan dari Mastercard.

Meski sama-sama berwarna hitam, kepemilikan Black Card dari Amex jauh lebih eksklusif. Karena hanya diterbitkan untuk sejumlah kalangan tertentu.

Meskipun demikian, keduanya tetap merupakan kartu kredit yang fungsi utamanya adalah sebagai alat pembayaran. Jadi pastikan untuk lebih bijak saat menggunakannya, karena ada konsekuensi yang harus dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: Mesin EDC, Ini Cara Kerja dan Tips Penggunaannya!