Perbedaan Kartu Kredit VISA dan MasterCard

VISA dan MasterCard sudah sangat dikenal di kalangan pengguna kartu kredit. Di setiap kartu kredit biasanya tertera logo ini di sebelah kanan bawahnya. VISA dan MasterCard merupakan provider yang memungkinkan Bank untuk dapat menerbitkan kartu kredit sehingga dapat berlaku di merchant-merchant yang berlogo VISA atau MasterCard.

Kedua provider ini tampak sangat serupa. Keduanya memberikan fasilitas dan kemudahan yang sama, yaitu dengan satu kartu Anda dapat menggunakannya di banyak tempat dimanapun, kapanpun.

Ketika Anda ingin membuat kartu kredit, biasanya ada beberapa bank yang suka menanyakan “Ingin kartu kredit VISA atau MasterCard”? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus mengetahui perbedaan dari dua hal yang sangat serupa ini. Oleh karena itu, Simak ulasan berikut ini mengenai perbedaan dari VISA dan MasterCard.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Perbedaan Visa dan Mastercard

visa dan mastercard
Perbedaan Visa dan Mastercard

1. Perusahaan Provider

Perbedaan pertama yang sangat jelas adalah perusahaan induk dari kedua provider ini. VISA merupakan produk dari Visa International Service Association (VISA .INC) yang berlokasi di Foster City, California. VISA .INC sudah berdiri sejak tahun 1955. Sedangkan MasterCard adalah produk dari MasterCard Worldwide. Korporasi ini sudah berdiri sejak tahun 1966 dan berlokasi di Purchase, New York. MasterCard adalah saingan dari VISA, keduanya menjadi provider kartu kredit terbesar di dunia.

2. Popularitas dan Jangkauan

Kartu kredit VISA dan MasterCard akan berlaku di merchant yang bekerja sama dengan provider tersebut. Misal, sebuah toko elektronik bekerjasama dengan VISA, maka kartu kredit yang dapat digunakan adalah kartu kredit VISA, kartu kredit MasterCard tidak dapat digunakan. Secara umum, kartu kredit VISA lebih popular di negara-negara Asia. MasterCard lebih banyak digunakan di negara-negara Amerika dan Eropa.

3. Jenis Kartu Kredit dan Keuntungannya

Terdapat beberapa jenis kartu kredit yang sama antara VISA dan MasterCard, namun ada juga yang berbeda. Perbedaan jenis ini tentu akan berdampak pada perbedaan keuntungan yang diberikannya. Berikut beberapa jenis kartu kredit dari VISA dan MasterCard.

VISA

- VISA Signature

Jenis kartu kredit ini tergolong sangat eksklusif. Orang yang memiliki kartu ini tidak bisa sembarangan, biasanya untuk Anda yang pengusaha atau professional yang sudah ternama dan terkemuka. Tidak hanya itu, untuk memiliki kartu ini, masih akan dinilai kelayakan harta yang dimiliki, seperti deposito, investasi, rekening koran, rekening tabungan, dll yang berhubungan dengan kekayaan Anda.

Keuntungan dari memiliki kartu kredit ini adalah Anda memiliki limit yang sangat besar. Awal minimum limit Anda mulai dari 100 Jutaan rupiah hingga tak terhingga. Fasilitas yang diberikan pun sangat bervariasi, mulai dari Airport Lounge, travel assist, keanggotaan klub golf, special travel, dsb.

Baca Juga: Tips Berhasil Membuat Kartu Kredit Pertama Bagi Milenial

- VISA Infinite

Kartu kredit jenis ini tidak ditawarkan kepada umum. Pemiliknya terbatas hanya untuk Anda yang memiliki aset atas 100 ribu USD atau 1 Milyar rupiah dalam bentuk tunai. Selain itu, pemiliknya khusus bagi nasabah premium, yakni yang memiliki rekening, deposito, atau investasi dari bank penerbit kartu. Limit kartu kredit ini dimulai dari 50 Juta rupiah hingga tak terbatas. Semakin besar harta Anda, maka semakin besar pula limit kartu kredit Anda.

Fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit ini adalah asuransi perjalanan, travel assist, hingga special priority pass, yaitu kemudahan yang diberikan ketika berhadapan dengan petugas imigrasi di airport hamper seluruh dunia. Bahkan pemilik kartu kredit ini biasanya memiliki akses langsung untuk menyewa jet pribadi.

- VISA Classic

Kartu kredit jenis classic ini menjadi salah satu kartu kredit dengan batas limit paling rendah, baik untuk belanja dan fiturnya. Sementara batas transaksi maksimal hanya Rp5 juta.

- VISA Gold

Visa Gold memiliki batas kredit paling tinggi yaitu mencapai hingga Rp100 juta. Namun, tak semua bank memberlakukan batas limit tersebut. Sebab setiap bank penerbit kartu kredit memiliki kebijakan masing-masing.

Selain itu, Visa Gold ini juga lebih eksklusif, karena banyak fitur yang bisa dimanfaatkan para pengguna kartu kredit Visa Gold. Misalnya saja, diskon di beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan kartu kredit tersebut.

- Visa Platinum

Kartu kredit Platinum mewajibkan penggunanya harus memiliki pendapatan sekitar Rp25 juta ke atas per bulannya. Sementara batas kredit yang diberikan sangat tinggi, yaitu mencapai Rp75 juta hingga tak terhingga.

Dengan keuntungan ini, banyak pelaku bisnis yang memilih untuk menggunakan kartu kredit ini untuk mengembangkan bisnis yang mereka jalankan.

MasterCard

- World MasterCard

Kartu kredit MasterCard ini setara dengan kartu VISA Infinite. Minimum penggunaannya adalah 75 Juta dalam setahun, jika Anda bertransaksi di bawah jumlah ini, maka akan dikenakan biaya tahunan atau bulanan tergantung dari Bank penerbit kartu kredit yang jumlahnya besar. Untuk memiliki kartu ini, Anda harus bisa memenuhi standar yang sama seperti VISA Infinite. Kelebihan dari kartu ini adalah dapat diterima 2 kali lipat lebih banyak di berbagai negara. Selain itu, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan reservasi, di Airport, dll. World MasterCard juga memberikan layanan Identity Theft Resolution Service, yaitu layanan untuk melindungi identitas Anda, ketika ada yang mencoba mencuri identitas Anda, Anda akan menerima peringatan dari fitur ini.

- World Elite MasterCard

Kartu ini merupakan jenis tertinggi dari MasterCard. Dengan memiliki kartu kredit ini, Anda akan mendapatkan kemudahan lebih di semua aspek, baik dalam reservasi hotel berkelas tinggi, di airport, restoran mewah, dll. Kartu ini akan sangat cocok untuk Anda yang suka berpergian. World Elite Mastercard juga dilengkapi dengan fitur Identity Theft Resolution Service.

- Mastercard Classic

Tak jauh berbeda dengan Visa, Mastercard Classic juga mendapat batas kredit yang rendah, yaitu hanya Rp5 juta. Bagi pengguna yang ingin mengajukan kartu kredit dengan jenis ini, maka harus memiliki penghasilan minimal UMR atau juga bisa dengan jumlah Rp50 juta per tahunnya.

- Mastercard Gold

Mastercard Gold memiliki batas kredit hingga Rp100 juta. Selain limitnya yang tinggi, pengguna jangan kaget karena iuran bulanannya juga lebih tinggi. Sementara itu, pengahsilan minimal yang harus dimiliki pengguna saat mengajukan ialah tidak jauh dari jenis Mastercard Gold.

- Mastercard Platinum

Menjadi jenis kartu kredit yang paling tinggi, Mastercard Platinum menawarkan banyak fitur yang lebih banyak untuk memanjakan penggunanya. Tak hanya berbentuk diskon saja, biasanya juga memiliki program poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah besar dan program promo menarik lainnya.

Selain itu, Batas kredit minimalnya mulai dari Rp75 juta hingga unlimited atau menyesuaikan pengguna kartu kredit jenis ini.

Baca Juga: Mau Pengeluaran Makin Hemat? Yuk, Manfaatkan 7 Fitur Kartu Kredit ini

4. Perlindungan nasabah

Kedua provider ini memiliki caranya masing-masing dalam rangka melindungi nasabah. Ketika melakukan transaksi secara online, keamanan kartu kredit Anda sangat beresiko. Maka itulah VISA menawarkan pengamanan berupa memasukkan pin statis atau One Time Password (OTP) ke dalam jendela Verified by VISA. Dengan cara ini, kartu kredit Anda lebih terproteksi.  OTP akan dikirimkan pada saat Anda hendak melakukan transaksi ke nomor telepon genggam yang Anda daftarkan.

Berbeda dengan VISA, MasterCard memberikan proteksi kepada nasabahnya berupa Secure Code. Secure code merupakan kode pin tambahan yang harus dimasukkan pengguna ketika bertransaksi secara online. Pin tersebut dibuat oleh Anda sendiri secara online.

5. Biaya Transaksi

Ketika Anda bertransaksi, ada biaya tambahan yantg dikenakan oleh VISA atau MasterCard. Biaya tambahan oleh VISA dan MasterCard memiliki perbedaan. Misal, untuk VISA jika Anda bertransaksi di luar negeri, biaya yang harus Anda bayarkan adalah 1% dari total transaksi Anda, sedangkan MasterCard memiliki biaya yang berbeda-beda, yaitu berkisar 0,2% hingga 1% tergantung dari merchant-nya.

Ajukan Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan dan Nikmati Manfaatnya

Kartu kredit VISA dan MasterCard, masing-masing memiliki jenis serta ragam keuntungan yang bisa dimanfaatkan dari penggunanya. Meski terlihat sama, namun ada beberapa perbedaannya, sehingga dapat membantu Anda untuk menentukan yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda membuat kartu kredit. Dengan begitu, Anda bisa menikmati ragam manfaat dari kartu kredit tersebut dengan maksimal.

Baca Juga: Hemat Pangkal Kaya, Yuk Manfaatkan Promo-Promo Kartu Kredit Tahun 2020