Perbedaan Kartu Kredit VISA dan Mastercard

Logo VISA dan Mastercard sudah sangat sering terpampang pada kartu kredit. Di setiap kartu kredit biasanya tertera logo ini di sebelah kanan bawahnya. VISA dan Mastercard adalah provider yang memungkinkan Bank menerbitkan kartu kredit yang berlaku di setiap merchant berlogo VISA atau Mastercard.

VISA dan Mastercard bermitra dengan bank sebagai provider. Oleh karena itu, logo VISA dan Mastercard hampir pasti tercetak dalam sebuah kartu kredit. Walaupun berbeda, masing-masing provider menawarkan kemudahan bertransaksi di mana saja dan kapan saja.

Ketika ingin membuat kartu kredit, biasanya bank akan menanyakan “Ingin kartu kredit VISA atau Mastercard”? Sebelum menjawab, ada baiknya untuk mengetahui perbedaan keduanya. Oleh karena itu, simak ulasan berikut ini mengenai perbedaan dari VISA dan Mastercard.

Baca Juga: Kegunaan dan Cara Membuat Kartu Kredit BCA

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Perbedaan VISA dan Mastercard

loader

Logo VISA dan Mastercard Terbaru (Sumber: variety.com)

  1. Perusahaan Provider

    Perbedaan pertama adalah perusahaan induk dari kedua provider ini. VISA merupakan produk dari VISA International Service Association (VISA .INC) yang berlokasi di Foster City, California. VISA .INC sudah berdiri sejak tahun 1955. Sedangkan Mastercard adalah produk dari Mastercard Worldwide. Korporasi ini sudah berdiri sejak tahun 1966 dan berlokasi di Purchase, New York. Mastercard adalah saingan dari VISA, keduanya menjadi provider kartu kredit terbesar di dunia.

  2. Popularitas dan Jangkauan

    Kartu kredit VISA dan Mastercard akan berlaku di merchant yang bekerja sama dengan provider tersebut. Sebagai contoh, sebuah toko elektronik bekerjasama dengan VISA, maka kartu kredit yang dapat digunakan adalah yang berlogo VISA, kartu kredit Mastercard tidak dapat digunakan.

    Secara umum, kartu kredit VISA lebih dipilih di negara-negara Asia. Mastercard lebih banyak digunakan di negara-negara Amerika dan Eropa. Hal ini juga dipengaruhi oleh jumlah merchant yang bekerja sama dengan provider tersebut.

  3. Jenis Kartu Kredit dan Keuntungannya

    Terdapat beberapa jenis kartu kredit yang sama antara VISA dan Mastercard, namun ada juga yang berbeda. Perbedaan jenis ini tentu akan berdampak pada perbedaan keuntungan yang diberikannya. Berikut beberapa jenis kartu kredit dari VISA dan Mastercard.

    VISA

    No

    Jenis

    Keuntungan

    1

    Visa Signature

    Awal minimum limit mulai dari 100 Juta rupiah hingga tak terhingga. Fasilitas yang diberikan pun sangat bervariasi, mulai dari Airport Lounge, travel assist, keanggotaan klub golf, special travel, dan sebagainya.

    2

    Visa Infinite

    Limit kartu kredit ini dimulai dari 50 Juta rupiah hingga tak terbatas. Fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit ini adalah asuransi perjalanan, travel assist, hingga special priority pass, yaitu kemudahan yang diberikan ketika berhadapan dengan petugas imigrasi di airport hamper seluruh dunia

    3

    Visa Classic

    Kartu kredit jenis ini menjadi salah satu kartu kredit dengan batas limit paling rendah, baik untuk belanja dan fiturnya. Sementara batas transaksi maksimal hanya Rp5 juta. Biasanya cocok dipilih untuk kalangan muda.

    4

    Visa Gold

    VISA Gold memiliki batas kredit paling tinggi yaitu mencapai hingga Rp100 juta. Banyak fitur yang bisa dimanfaatkan para pengguna kartu kredit VISA Gold, misalnya diskon di beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan kartu kredit tersebut.

    5

    Visa Platinum

    Kartu kredit Platinum mewajibkan penggunanya harus memiliki pendapatan sekitar Rp25 juta ke atas per bulannya. Sementara batas kredit yang diberikan sangat tinggi, yaitu mencapai Rp75 juta hingga tak terhingga.

    Mastercard

    No

    Jenis

    Keuntungan

    1

    World Mastercard

    Setara dengan kartu VISA Infinite. Minimum penggunaannya adalah 75 Juta dalam setahun, jika bertransaksi di bawah jumlah ini, maka akan dikenakan biaya tahunan atau bulanan tergantung dari bank penerbit kartu kredit yang jumlahnya besar.

    Selain itu, kamu akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan reservasi, di bandara, dan lain-lain. World Mastercard juga memberikan layanan Identity Theft Resolution Service (perlindungan identitas) ketika ada yang mencoba mencuri identitas kamu.

    2

    World Elite Mastercard

    Kartu ini merupakan jenis tertinggi dari Mastercard. Dengan memiliki kartu kredit ini, kamu akan mendapatkan kemudahan lebih di semua aspek, baik dalam reservasi hotel berkelas tinggi, di bandara, restoran mewah, dan lain-lain. Kartu ini akan sangat cocok untuk orang yang suka berpergian. World Elite Mastercard juga dilengkapi dengan fitur Identity Theft Resolution Service.

    3

    Mastercard Classic

    Tak jauh berbeda dengan VISA, Mastercard Classic juga mendapat batas kredit yang rendah, yaitu hanya Rp5 juta. Bagi pengguna yang ingin mengajukan kartu kredit dengan jenis ini, maka harus memiliki penghasilan minimal UMR atau juga bisa dengan jumlah Rp50 juta per tahunnya.

    4

    Mastercard Gold

    Mastercard Gold memiliki batas kredit hingga Rp100 juta. Selain limit-nya yang tinggi, pengguna jangan kaget karena iuran bulanannya juga lebih tinggi.

    5

    Mastercard Platinum

    Menjadi jenis kartu kredit yang paling tinggi, Mastercard Platinum menawarkan banyak fitur yang lebih banyak untuk memanjakan penggunanya. Selain itu, batas kredit minimalnya mulai dari Rp75 juta hingga unlimited atau menyesuaikan pengguna kartu kredit jenis ini.

  4. Perlindungan Nasabah

    Kedua provider ini memiliki sistem yang terbilang cukup mirip dalam rangka melindungi nasabah. Ketika melakukan transaksi secara online, keamanan kartu kredit sangatlah berisiko. Maka itulah VISA menawarkan pengamanan berupa memasukkan PIN statis atau One Time Password (OTP) ke dalam jendela Verified by VISA. Dengan cara ini, kartu kredit kamu lebih terproteksi. OTP akan dikirimkan pada saat kamu hendak melakukan transaksi ke nomor telepon genggam yang didaftarkan.

  5. Sedangkan, Mastercard memberikan proteksi kepada nasabahnya berupa SecureCode. SecureCode merupakan kode tambahan yang harus dimasukkan pengguna ketika bertransaksi secara online. Sistemnya mirip seperti OTP yang pada umumnya dikirimkan melalui SMS.

  6. Biaya Transaksi

    Ketika bertransaksi, ada biaya tambahan yang dikenakan oleh VISA atau Mastercard. Biaya tambahan oleh VISA dan Mastercard memiliki perbedaan. Misalnya, untuk VISA jika kamu bertransaksi di luar negeri, biaya yang harus dibayarkan adalah 1% dari total transaksi, sedangkan Mastercard memiliki biaya yang berbeda-beda, yaitu berkisar 0,2% hingga 1% tergantung dari merchant.

  7. Baca Juga: Seperti Apa Hidup Tanpa Kartu Kredit? Cari Tahu di Sini

Ajukan Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan dan Nikmati Manfaatnya

Kartu kredit VISA dan Mastercard, masing-masing memiliki jenis serta ragam keuntungan yang bisa dimanfaatkan dari penggunanya. Meski terlihat sama, namun ada beberapa perbedaannya, sehingga dapat membantu kamu untuk menentukan yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan membuat kartu kredit. Dengan begitu, kamu bisa menikmati ragam manfaat dari kartu kredit tersebut dengan maksimal.

Baca Juga: Kartu Kredit Khusus PNS, Begini Cara Pakainya