Jenis Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui

Kartu kredit dikenal sebagai opsi pembayaran nontunai untuk berbagai transaksi di seluruh belahan dunia. Secara umum, kartu kredit merupakan alat pembayaran nontunai yang digemari karena memiliki fungsi yang sangat praktis sebagai pengganti uang tunai, serta bisa digunakan untuk transaksi dimanapun Anda berada. 

Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk transaksi membayar apa pun belanjaan Anda tanpa harus memiliki sejumlah uang terlebih dahulu. Tapi nantinya, Anda wajib melunasi sejumlah uang yang telah digunakan beserta bunga dengan cara cicilan atau angsuran sesuai periode waktu yang dikehendaki.

Dengan berkembangnya kebiasaan masyarakat akan belanja online dan transaksi cassless, hal ini menyebabkan kartu kredit semakin diminati dan metode pembayaran dengan kartu kredit bertumbuh pesat.

Manfaat Kartu Kredit 

Kartu kredit memiliki manfaat yang penting dalam urusan pembayaran serta lebih praktis untuk dibawa. Masyarakat sudah tidak perlu lagi membawa banyak uang tunai untuk berbelanja. Hal ini dipandang kuno dan berbahaya sebab bisa menimbulkan niat jahat orang-orang di sekitarnya. Tapi apa saja sebenarnya manfaat kartu kredit?

  • Belanja Transaksi online jadi lebih mudah. 

Mau belanja online di toko luar negeri atau dalam negeri, bayar pakai kartu kredit bisa lebih mudah. Apalagi hampir semua situs belanja online menerima pembayaran dengan kartu kredit. Manfaatkan penawaran bunga rendah atau cicilan 0% jika ada. 

  • Banyak promo dan diskon 

Urusan promo dan diskon, kartu kredit selalu terdepan dan pastinya memberikan keuntungan bagi keuangan Anda. Semua jenis kartu kredit dari bank penerbit memiliki diskon dan promo beragam. Manfaatkan selalu hal ini agar pengeluaran Anda lebih hemat. 

  • Seluruh pengeluaran tercatat 

Transaksi dengan kartu kredit akan menguntungkan Anda karena seluruh pengeluaran akan terekam dan tercatat dengan baik. Anda tinggal cek dan memeriksa kembali apa saja transaksi bulanan Anda  

  • Poin kartu kredit bisa ditukar untuk travelling

Tahukah Anda ada jenis kartu kredit yang punya fitur pengumpulan poin dimana poin tersebut bisa ditukarkan dengan airline miles. Jadi Anda bisa lebih hemat travelling dengan tukar poin kartu kredit untuk membeli tiket atau potongan harga tiket pesawat kelas ekonomi maupun bisnis. 

Jenis- Jenis Kartu Kredit 

Pilih dan miliki kartu kredit yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Hal ini penting agar Anda bisa lebih bahagia dan mendapatkan banyak manfaat dari kartu kredit tersebut.

Berikut ulasan lengkap jenis kartu kredit yang dibedakan berdasarkan pagu kredit (limit), wilayah berlaku, dan afiliasinya.

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limitnya

Visa Infinite

Contoh Kartu Kredit Visa Infinite via wlth.com

Kartu kredit dengan provider Visa dan Mastercard adalah jenis kartu yang paling banyak digunakan di Indonesia. 

Cara pelunasannya bisa dilakukan dengan cara angsuran maupun bayar sekaligus. Jumlah angsuran yang dibayar dihitung dari nilai saldo tagihan dan ditambah dengan bunga bulanan.

Pembayaran ini harus dilakukan selambat-lambatnya saat jatuh tempo setiap bulan yang sudah ditetapkan pihak yang mengeluarkan kartu kredit kepada pemegang kartu.

Keterlambatan pelunasan bisa mengakibatkan denda atau late charge. Kartu kredit jenis ini juga dapat digunakan untuk melakukan tarik tunai baik melalui teller ataupun ATM.

Visa, terbagi dalam 5 tingkatan:

  1. Visa Classic
    Kartu kredit yang satu ini merupakan kartu kredit dengan batas (limit) yang paling rendah, baik untuk belanja dan fiturnya. Umumnya batas transasksi atau limit maksimal Rp5 juta, limit ini tidak berbeda jauh dengan batas transaksi yang dikeluarkan oleh bank nasional.

  2. Visa Gold
    Jenis kartu kredit yang satu ini lebih eksklusif dibanding Visa Classic karena ditambah dengan beberapa fitur diskon beberapa merchant dan batas kredit yang lebih tinggi. Kartu ini dimiliki orang yang berpenghasilan sekitar Rp5 juta hingga Rp25 juta per bulan. Batas kredit atau limit maksimal visa gold mencapai hingga Rp100 juta, limit ini juga tergantung pada kebijakan bank penerbit kartu kredit.

  3. Visa Platinum
    Kartu kredit yang satu ini umumnya banyak digunakan oleh para pebisnis untuk ajang gengsi. Untuk memiliki kartu ini, pengguna harus memiliki pendapatan sekitar Rp25 juta ke atas per bulannya, atau minimal Rp28 juta. Sedangkan batas kredit atau limit maksimal mulai dari Rp75 juta hingga tak terbatas (unlimited).

  4. Visa Signature
    Kartu kredit yang satu ini sangat eksklusif dan hanya dimiliki beberapa profesi saja seperti pengusaha, pengacara papan atas, dokter terkemuka, dan akuntan profesional yang terkenal. Itu pun masih dilihat lebih lagi penghasilannya. Limit maksimal mulai dari Rp100 juta hingga unlimited. Ada beberapa fasilitas tambahan seperti airport lounge hingga ke travel assist dan golf membership.

  5. Visa Infinite
    Kartu kredit Visa Infinite tidak ditawarkan untuk umum. Kartu eksklusif ini dimiliki oleh sebagian orang yang memiliki aset di atas US$100 ribu dalam bentuk cash. Batas atau limit kredit mulai dari Rp50 juta hingga unlimited. Namun umumnya hingga Rp250 juta, tergantung dari banyaknya simpanan uang Anda. Semakin banyak uang simpanan Anda, maka semakin besar batas kredit. Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit ini meliputi travel assist, asuransi perjalanan, booking jet pribadi, hingga special priority pass.

Mastercard, terbagi dalam 4 tingkatan:

  1. Mastercard Classic
    Kartu jenis ini tidak berbeda jauh dengan yang dikeluarkan oleh Visa. Mastercard Classic mendapat limit kredit hingga Rp5 juta. Sedangkan pemiliknya harus berpenghasilan minimal UMR hingga Rp50 juta per tahun.

  2. Mastercard Gold
    Kartu ini berada di atas jenis Classic. Tidak berbeda jauh dengan Visa, Mastercard Gold memiliki limit kredit hingga Rp100 juta. Sedangkan standar penghasilan minimalnya juga tidak terlalu jauh berbeda dengan Classic. Namun untuk iuran bulanannya lebih tinggi.

  3. Mastercard Platinum
    Kartu kredit platinum milik mastercard biasanya menawarkan fitur yang lebih banyak. Limit kreditnya minimalnya tidak terlalu dengan Visa Platinum, mulai dari Rp75 juta hingga unlimited, menyesuaikan pengguna.

  4. Mastercard World
    Mastercard World hampir serupa dengan Visa Infinite. Namun setiap tahunnya minimal penggunaan harus sebesar Rp75 juta. Jika pengguna melakukan transaksi kredit minimal di bawah Rp75 juta, maka pengguna akan dikenakan iuran tahunan atau bulanan yang akan disesuaikan oleh kebijakan masing-masing bank penerbit. 

Produk Kartu Kredit Terbaik 

  • Bagi pengguna baru

Umumnya jenis kartu kredit dengan limit minimum transaksi dibawah Rp10 juta cocok dipilih sebagai kartu kredit pertama bagi pengguna baru alias pengguna yang belum pernah punya kartu kredit.

Contoh kartu kredit terbaik dengan limit maksimum Rp10 juta antara lain: BCA  Visa Gold, BRI  Touch Visa Gold, Mandiri SKYZ, UOB  YOLO Card, CIMB  Niaga MasterCard Gold. 

  • Bagi pengguna pengalaman 

Umumnya pengguna kartu kredit yang punya track record penggunaan kartu kredit cukup baik sebaiknya memiliki kartu kredit dengan limit minimum antara Rp10 juta hingga Rp30 juta. Manfaat yang didapatkan akan bertambah, misalnya kartu kredit dengan fitur pengumpulan poin untuk ditukar dengan airline miles

Contoh kartu kredit terbaik dengan limit dibawah atau maksimum Rp 30 juta, antara lain BCA Singapore Airlines Visa Signature, DBS Travel Platinum, CIMB  Niaga Visa Platinum, UOB  Preferred Platinum, Mandiri Visa Platinum. 

  • Bagi pengguna terpercaya oleh bank

Mereka yang termasuk dalam nasabah terpercaya oleh pihak bank umumnya bisa memiliki kartu kredit dengan limit diatas Rp30 juta. Semua jenis kartu kredit dengan batas limit minimum Rp 30 juta atau diatasnya sudah termasuk kartu kredit yang memiliki fitur pengumpulan poin untuk tukar airline miles.  

Contoh kartu kredit terbaik dengan limit setara atau diatas Rp30 juta, antara lain BCA Singapore Airlines Visa Infinite, Mandiri Visa Signature, UOB PRIVI Miles, Citi Prestige, DBS Travel Visa Signature, HSBC Visa Signature, CIMB Niaga JCB Ultimate. 

  • Bagi nasabah prioritas 

Bagi mereka yang termasuk dalam nasabah prioritas, atau preferred atau private banking, mereka bisa memiliki kartu kredit spesial atau  kartu kredit dengan nilai limit awal yang umumnya bergantung pada AUM (asset under management)  bank tersebut. 

Kartu kredit spesial ini biasa disebut kartu kredit untuk miliuner, berikut contohnya. 

- Kartu Mandiri Prioritas MasterCard World. Jenis kartu ini hanya diperuntukkan bagi nasabah prioritas di Bank Mandiri dengan AUM minimum Rp1 miliar.

- Kartu HSBC Premier MasterCard World. Jenis kartu ini hanya diperuntukkan bagi nasabah prioritas di Bank HSBC dengan AUM minimum Rp 500 juta.

- Kartu CIMB Niaga Visa Infinite Preferred. Jenis kartu ini diperuntukkan bagi nasabah prioritas di Bank CIMB Niaga dengan AUM minimum Rp 500 juta.

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Wilayah Berlakunya

Contoh Kartu Kredit Nasional

Contoh Kartu Kredit Nasional via cermati.com

  • Kartu Kredit Nasional

Kartu kredit ini hanya berlaku dan bisa digunakan dalam wilayah tertentu, semisal hanya berlaku di wilayah Indonesia. Bahkan, perusahaan afiliasi menerbitkan sendiri kartu kreditnya untuk pelayanan yang lebih praktis dan efisien bagi nasabahnya.

Contoh perusahaan yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kreditnya sendiri adalah Hero, Astra, Garuda, Carrefour, Lotte, dll.

  • Kartu kredit Internasional

Jenis kartu kredit internasional dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang berlaku di seluruh dunia.

Pasar kartu kredit satu ini didominasi oleh dua merek kartu kredit yang telah mendunia yaitu Visa dan Mastercard. Keduanya telah memiliki lebih dari 100 juta pemegang kartu yang tersebar di seluruh bumi untuk masing-masing perusahaan.

Kartu kredit internasional ini bisa digunakan untuk transaksi di merchant yang berlogo sebagai berikut:
- Visa
- MasterCard
- Dinners Club
- Carte Blanche
- American Express

Baca Juga: 6 Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Afiliasinya

Contoh Affinity Card

Contoh Affinity Card via cermati.com

 

  • Co-Branding Card

Adalah jenis kartu kredit yang terbit atas kerja sama institusi pengelola dengan beberapa pihak bank. Contohnya adalah Visa dan Mastercard.

  • Affinity Card

Adalah jenis kartu kredit yang digunakan sekelompok orang tertentu, misalnya mahasiswa. Contohnya adalah kartu kredit BNI yang bekerja sama dengan universitas-univesitas di seluruh Indonesia.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kartu Kredit Tetap Aman

Manfaatkan Kartu Kredit dengan Maksimal

Sebagai pihak pemegang kartu kredit, Anda sebaiknya pelajari cara memanfaatkan beragam benefit dari kartu kredit. Dengan memahami jenis-jenis kartu kredit beserta manfaatnya, Anda bisa menentukan kartu kredit mana yang terbaik untuk Anda. Jadi Anda tidak akan salah pilih. Sebagai gambaran, jika Anda hobi jalan-jalan, maka Anda harus memilih kartu kredit yang memberikan banyak benefit seperti penukaran poin kartu kredit untuk ditukar dengan airline miles. Sebaliknya, apabila Anda doyan belanja, pilihlah kartu kredit yang memberikan banyak promo di banyak merchant. Selamat memilih kartu kredit terbaik ya!

Baca Juga: 12 Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui