Buat Tambah Uang Jajan, Coba Ide Bisnis Jelang Tahun Baru di Kala Pandemi Ini

Sudah tidak sabar menanti tahun baru?

Walaupun tahun baru kali ini akan berbeda dengan tahun baru sebelumnya, bukan berarti keseruannya hilang.

Meskipun ada beberapa kegiatan yang harus dihindari demi melindungi diri dari serangan covid-19, namun itu tidak jadi halangan untuk menciptakan kegiatan seru tersendiri untuk menyambut tahun baru bersama orang-orang tersayang.

Begitu juga dengan berbisnis. Jelang baru kali ini walaupun harus dinikmati ditengah pandemi bukan berarti tidak bisa dimanfaatkan untuk bisnis dadakan.

Nah, untuk yang tertarik menambah uang saku berikut ide bisnis musiman jelang tahun baru yang bisa tetap cuan meski sedang pandemi:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Dessert Box

dessert box

Dari sekian jenis makanan manis yang bisa dipilih untuk dijadikan peluang usaha dadaka jelang tahun baru selain kue kering adalah dessert box yang merupakan jenis kuliner kekinan yang sedang digandrungi banyak pecinta makanan manis.

Kamu bisa ukuran regular untuk porsi 1-2 orang, cobalah untuk menjual size lebih besar yang bisa untuk porsi 4-5 orang atau dessert box ukuran 30x30 yang bisa dijadikan edisi cake ulang tahun/pesta. Atau bisa juga ukuran cup kecil untuk yang tidak bisa memakan manis terlalu banyak.

Dengan banyaknya pilihan, maka pelanggan pun akan semakin betah untuk belanja lebih banyak lagi varian dessert box lain dari toko kamu.

2. Kue Kering

kue kering

Nah yang suka bikin kue baik cake atau kue-kue kering seperti nastar atau kue kacang bisa coba buka usaha bikin kue untuk ketetangga, temen kantor atau saudara-saudara kamu.

Mau pandemi atau tidak, suasana tahun baru tidak akan lengkap dengan kue-kue kering nikmat yang menemani. Jadi dijamin buat usaha musiman ini pasti tetap akan menghadirkan pembeli ko.

Jual secara online, coba juga jajakan secara online. Lumayan kan kalau lama-lama sukses dijadikan bisnis permanen buat jadi bisnis sampingan yang omsetnya lumayan. Jangan hanya pilih jenis kue-kue yang biasa dijual ketika tahun baru.

Lakukan inovasi versi kamu sendiri dengan membuat kue-kue kering bergambar unik seperti gambar karakter kartun lucu agar semakin cantik.

Baca Juga: Tips Mulai Bisnis Kekinian Dessert Box yang Omzetnya Semanis Rasanya

3. Masker Kain Unik/Lucu

masker kain

Mengingat sekarang ini masker kain sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia sebagai pencegahan diri dari virus corona, maka kamu bisa mencoba memproduksi masker kain ini dengan bahan katun, scuba dan lainnya.

Selain masker polos, kamu juga bisa menjual masker dengan berbagai macam warna, gambar agar lebih berbeda dan menarik perhatian.

4. Parcel

hampers

Mengirim parcel ke saudara, sanak keluarga dan kerabat dekat juga menjadi salah satu tradisi yang banyak dilakukan menjelang natal dan tahun baru. Parcel/hampers secara tidak langsung sebagai tanda jalinan silahturahmi ke orang-orang terdekat yang sedang berada jauh atau tidak bisa kita kunjungi.

Di masa pandemi seperti ini, bisa dipastikan permintaan parcel akan semakin tinggi mengingat akan banyak orang yang tidak bisa mengunjungi rumah sanak keluarga karena covid-19 yang sedang melanda saat ini.

Kamu bisa menyiapkan berbagai jenis hampers yang menarik. Tidak hanya yang isinya makanan, tapi bisa juga barang unik seperti boneka, hiasan meja atau dinding. Bahkan ada parcel yang berisi photocard dan pernak pernik lucu idol kpop kesayangan.

5. Paket Siap Masak untuk Bakar-Bakaran

paket siap masak

Karena pandemi banyak orang akan lebih memilih untuk membeli semuanya secara online dan sekaligus dalam bentuk paket agar lebih praktis. Begitu juga untuk mereka yang ingin tetap melakukan acara bakar-bakaran untuk menyambut tahun baru.

Kamu yang sebelumnya sudah punya usaha makanan baik di GoFood, GrabFood atau di e-commerce bisa menambah item paket siap masak-masak untuk bakar-bakaran malam tahun baru sebagai menu seasonal.

Untuk yang belum punya usaha sebelumnya, bisa membeli secara borongan terlebih dahulu membubuinya dan menjualnya ke lingkungan rumah atau teman-teman kantor.

Isi dari paket siap masak-masak untuk bakar-bakaran ini bisa berisi sosis, jagung, daging ayam dan ikan yang sudah dibumbui atau berbagai varian seafood.

Baca Juga: 10 Tips Bisnis Frozen Food ini Bikin Jualan Laris Manis

6. Kartu Ucapan Selamat Natal & Tahun Baru

kartu ucapan tahun baru

Untuk kamu yang jago desain, bisa memanfaatkan skill kamu untuk membuat design unik kartu ucapan selamat Natal dan Tahun baru.

Kamu juga bisa memanfaatkan momen ini untuk mendesain yang lain sebagai pernak-pernik tambahan yang bisa dijual sepaket dengan kartu ucapan, seperti sticker dan karikatur yang bisa dicustom sesuai dengan kemauan pembeli.

Kamu bisa memulainya dengan menawarkan di grup whatsapp kamu, Instagram, atau membuka online shop di situs e-commerce atau menawarkan jasa kamu ke online shop serupa yang sudah punya nama dengan sistem bagi untung.

7. Arang dan Jagung Bakar

arang dan jagung bakar

Bakar-bakar jagung diteras atau belakang rumah dengan keluarga atau tetangga adalah hal yang paling khas untuk dilakukan di malam tahun baru. Meskipun sedang dilanda pandemi bukan berarti kamu dan keluarga tidak bisa melakukan ini dirumah.

Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan uang asal mematuhi protokol kesehatan yang ada. Kamu bisa membeli banyak jagung di pasar sehari sebelum malam tahun baru lalu menjualnya ke tetangga sekitar agar bisa mematok harga lebih mahal kamu bisa menyediakan jagung yang sudah dibumbui terlebih dahulu atau paket saos + mayonnaise kepada mereka.

Tips tambahan kamu juga bisa menjual makanan berbumbu untuk bakar-bakar jenis lain, tidak hanya jagung melulu. Bisa sosis bakar, ayam bahkan sampai ikan bakar.

8. Petasan dan Kembang Api

kembang api

Dari kecil sampai dewasa kebanyakan pasti masih menyukai bermain petasan atau kembang. Lagipula, petasan dan kembang api adalah hal yang wajib ada dalam menyambut tahun baru.

Untuk mencoba menjual kembang api, kamu bisa memulai bahkan H-7 mengingat suasana tahun baru sudah sangat kental terutama untuk anak-anak.

Biar makin cuan, kamu bisa beli borongan dengan langsung mendatangi pabrik petasan atau kembang api atau mengakalinya dengan cara membeli secara online dan dicicil dari sekarang.

Sesuaikan dengan situasi pandemi, pilihlah jenis petasan yang tidak terlalu kuat ledakannya dan perbanyak menjual kembang api saja karena pasti banyak keluarga yang menyambut tahun baru di teras depan atau belakang rumah karena takut akan penularan covid.

9. Terompet

terompet

Tahun baru akan semakin berkesan tidak hanya disambut dengan suara ledakan petasan dan cantiknya kembang api, tapi juga suara terompet yang menggelegar dimana-mana.

Jadi, keberadaan terompet pasti tetap akan banyak dicari menjelang tahun baru. Sama seperti petasan, kamu bisa membeli terompet secara langsung dan borongan untuk dijual secara online atau untuk disekitar lingkungan rumah.

Tapi jangan lupa menjualnya sesuai dengan standar protokol kesehatan yang ada. Pastikan kemasan terompet dan terompetnya sendiri sudah steril dan kalau bisa utamakan menjual terompet yang dibunyikan menggunakan tangan daripada yang ditiup.

Ayo Mulai dari Sekarang, Siapa Tahu jadi Bisnis Permanen

Dalam berbisnis, memilih jenis bisnis yang paling sesuai dengan keahlian adalah yang paling menguntungkan. Untuk itu, jika kamu bisa menggeluti bisnis musiman/dadakan ini baik, siapa tahu kamu hoki dan akhirnya bisa menjadi bisnis permanen. Lumayan kan?

Jangan lupa manfaatkan sosial media dan media online gratis lainnya untu mempromosikan bisnis dadakan kamu agar bisa meraih lebih banyak pembeli. Selamat berjuang yah!

Baca Juga: Kiat Sukses Berbisnis Saat Pandemi, Dijamin Berhasil!