5 Rekomendasi Film yang Bikin Semangat Menjalankan Bisnis

Memilih untuk menjadi pebisnis adalah salah satu hal yang mulia. Namun, juga harus siap dengan segala konsekuensinya. Merintis usaha dari nol harus menyiapkan jiwa sekuat baja ketika menghadapi naik turunnya bisnis. 

Rutinitas yang tiap hari dilakukan, kendala-kendala yang datang tanpa peringatan, serta komitmen tanggung jawab tak jarang membawa kebosanan tersendiri. Jenuh dan lelah tak jarang menghampiri saat masa perintisan bisnis.

Namun, perlu diingat bahwa lelah, bosan, serta jenuh tersebut akan terbayar ketika bisnis yang telah dibangun mencapai puncak kejayaan. Padatnya kesibukan saat memulai sebuah bisnis bukan berarti harus menekan keinginan diri untuk mencari sesuatu yang dapat menyegarkan pikiran.

Perlu meluangkan waktu untuk merefresh pikiran, salah satunya dengan bersantai sembari menonton film. Tentunya bukan sembarang film. Pilih film yang dapat memacu semangat untuk berbisnis.

Banyak sekali film-film yang dapat memberi sebuah ide baru dan semangat baru dalam membangun kerajaan bisnis. Lantas, film apa sajakah? Biar semangat berbisnis, tonton rekomendasi film berikut ini seperti yang dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Film ‘Mimpi Sejuta Dolar’ – Merry Riana

mimpi sejuta dolar
Film mimpi sejuta dolar via wordpress.com

Siapa yang tidak tahu dengan Mimpi Sejuta Dolar ini? Mimpi sejuta dolar adalah salah satu pilihan film yang dapat memacu semangat untuk berbisnis.

Diangkat dari novel dengan judul yang sama, film ini sukses membius para penontonnya. Mengisahkan bagaimana seorang Merry Riana yang masih sangat muda merantau di Singapura tanpa adanya sanak saudara. 

Kisah sukses Merry Riana tidaklah dicapai dengan cara yang instan. Banyak sekali hal-hal yang menghadang. Mulai dari tertipu investasi bodong, kerugian saham, hingga ia menjadi salah satu pegawai di perusahaan asuransi. 

Merry Riana merasa banyak sekali alasan untuk menyerah dalam mimpinya, namun ia tetap semangat demi mimpinya untuk memiliki satu juta dolar. Memang usaha tak akan pernah sia-sia, ia dapat menggapai mimpinya ketika telah memiliki perusahaan asuransi sendiri.

2. Film ‘The Pursuit of Happiness’

Film lain yang tak kalah menarik adalah The Pursuit of Happiness. Diangkat dari sebuah biografi karangan Gabriele Muccino dengan judul yang sama, mengantarkan film ini untuk menyabet satu piala Oscar. 

Menceritakan Chris Gardner yang memilih menginvestasikan seluruh hartanya untuk sebuah produk dengan iming-iming return yang sangat besar. Namun, keuntungan hanya sebatas angan-angan, ternyata ia tak dapat menjualnya.

Hingga ia harus merelakan rumahnya. Bahkan yang terburuk, istrinya pun turut meninggalkannya bersama anak-anaknya. 

Kesulitan yang datang bertubi-tubi, tak menyurutkan semangat Chris untuk selalu berjuang. Ia tak lelah untuk mencari klien yang mau berinvestasi untuk perusahaan yang dirintisnya. Dan hasilnya, ia sukses dengan kerajaan bisnisnya yang semakin besar. 

Baca Juga: Inspirasi Bisnis dari 5 CEO Brand Terkenal yang Tak Populer

3. Film ‘The Billionaire’

the billioner
Film the billionaire

Siapa bilang anak muda tak akan mampu merintis bisnis sendiri? Film The Billionare mematahkan anggapan tersebut.

Film ini menceritakan anak muda 19 tahun yang memiliki keinginan kuat untuk membuka sebuah bisnis mandiri. Memang bukan hal yang mudah.

Banyaknya utang yang ditanggung oleh kedua orang tuanya lah yang menjadi motivasinya agar selalu semangat dalam merintis bisnisnya. Awalnya, ia berkecimpung dalam bisnis game, namun mengalami kegagalan.

Kemudian ia mencoba peruntungan dalam bisnis kopi. Tapi keberuntungan belum menyapanya. Hingga ia memilih untuk membuat sebuah makanan ringan rumput laut. 

Dengan segala jerih payah hingga ia berhenti sekolah, keberuntungan akhirnya berpihak padanya. Bisnis camilan rumput lautnya berkembang sangat pesat. 

4. Film ‘Joy’

Film yang diperankan Jennifer Lawrence ini sukses menarik perhatian penonton karena alur ceritanya yang keren. Jennifer sebagai Joy memerankan perannya sebagai cleaning service dengan apik. 

Film ini menceritakan lika-liku kehidupan Joy yang memiliki konflik dengan keluarganya, hingga ia merintis bisnis kain pel. Awal merintis bisnis, ia mengalami banyak sekali kendala, mulai dari ditipu oleh vendor kain, hingga ia tak menghasilkan uang sama sekali dari bisnisnya. 

Banyaknya hambatan tak pernah menyurutkan semangat Joy. Ia tak pernah lelah untuk mengembangkan bisnisnya. Hingga bisnisnya berkembang pesat dan ia menjadi pengusaha sukses. 

Baca Juga: Kata-kata Inspirasi Sukses dari Steve Jobs

5. Film ‘Jobs’

jobs

Siapa yang tak mengenal Steve Jobs? Sebagai pendiri Apple Inc, banyak sekali lika-liku yang dilalui oleh Jobs sebelum perusahaannya sebesar ini.

Melalui film ini, diceritakan bagaimana Jobs mengawali karirnya di bidang teknologi. Jobs yang saat kuliah sering membolos untuk merakit komputer. Hingga ia mampu merintis bisnisnya sendiri.

Namun, memiliki perusahaan besar ternyata tak semudah seperti yang dibayangkan. Mempertahankan agar perusahaannya tetap eksis nyatanya jauh lebih sulit.

Jobs harus memutar otak dan energi demi mempertahankan perusahaannya dengan produk yang selalu menjadi trend setter. Kini, siapa yang tak kenal dengan produk Apple?

Jangan Pernah Menyerah

Dalam merintis ataupun menjalankan bisnis, janganlah berpikir untuk menyerah. Banyak sekali peluang di masa depan yang menjanjikan kesuksesan. Tentunya, kesuksesan tak dapat diperoleh dengan mudah dan instan.

Banyak keringat, kesabaran, serta waktu yang menjadi bumbu dalam menjemput kesuksesan. Oleh karenanya, merasa lelah kemudian mengambil jeda sejenak tak mengapa. Namun, ingat untuk kembali semangat demi kesuksesan di masa depan.

Baca Juga: Bangun Usaha dari Nol Hingga Beromzet Miliaran, 5 Pelaku UKM Indonesia ini Bisa Jadi Inspirasi