Pentingnya Berhemat, Lakukan Cara Ini Agar Menabung Lebih Menyenangkan!

Menabung merupakan hal yang seharusnya dilakukan oleh semua orang. Bukan tanpa alasan, tetapi menabung akan sangat membantu keuangan di kemudian hari, terutama saat terjadi hal yang tak diinginkan. Bagaimanapun proses dan cara menabungnya, tujuannya tetap sama yaitu untuk mengumpulkan uang demi target yang telah ditentukan. 

Meskipun menabung begitu penting, tapi masih banyak orang yang enggan melakukannya, lho. Katanya, menabung itu ribet karena harus menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk ditabung. Padahal, ada cara simple dan mudah yang bisa diterapkan saat menabung.

Jika kamu tergerak untuk mulai menabung, ada baiknya memilih cara yang sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan. Ini akan sangat membantu kamu mencapai target pun kegiatan menabung akan terasa lebih menyenangkan. Lalu, cara menabung seperti apa yang menarik dan mudah dilakukan? Berikut ulasannya.

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

10 Cara Menabung Seru yang Patut Dicoba

loader

Menabung seharusnya menjadi  lifestyle yang harus diterapkan oleh semua orang. Untuk itu, agar menjadi kegiatan yang asyik dan mudah dilakukan, menabung memiliki beberapa cara, di antaranya:

1. Menabung Menurut Tanggal

Cara pertama yang terbilang cukup unik adalah menabung sesuai dengan tanggal di kalender. Maksudnya, jika hari itu tanggal 1, maka kamu harus menabung sebesar Rp1000. Selanjutnya, di tanggal 2, maka uang yang disisihkan sebesar Rp2000, begitu seterusnya. 

Dengan menerapkan cara ini, menabung akan terasa lebih mudah karena nominalnya tak terlalu besar. Apalagi besaran uang yang ditabung bisa ditentukan sendiri sesuai kemampuan, sehingga hasil akhirnya pun akan lebih mudah diketahui.

2. Menabung Uang Receh

Saat mendapatkan kembalian uang receh, sebagian orang tak menganggapnya penting, sehingga seringkali dibiarkan begitu saja. Padahal, jika dikumpulkan secara konsisten dalam periode waktu tertentu, hasilnya cukup lumayan, lho. 

Kumpulkan uang receh sesuai dengan nominalnya, lalu masukkan ke dalam wadah yang berbeda. Cara ini akan sangat memudahkan saat ingin mengambil atau memecah tabungan uang receh tersebut. 

3. Menabung di Tanggal Favorit

Jika kamu memiliki tanggal favorit, maka akan sangat tepat jika menggunakannya sebagai cara untuk menabung. Jadi, saat tanggal favorit itu tiba, kamu bisa menabung dengan nominal yang kamu inginkan. Nanti, di tanggal yang sama pada bulan berikutnya, nominalnya bisa ditambahkan lagi. Menarik, kan?

4. Menabung Bersama Sahabat

Melakukan berbagai hal bersama sahabat adalah hal yang menyenangkan. Ini juga berlaku jika kamu ingin menabung bersama sahabat, ya. 

Mungkin terbilang mustahil, tapi percayalah jika menabung bersama sahabat akan jauh lebih mudah dilakukan jika saling menjaga komitmen dan rasa percaya. Konsistensi juga sangat dibutuhkan agar target dari menabung bisa dipakai bersama. 

Sebagai contoh kamu ingin pergi berlibur bersama sahabat dengan budget Rp10.000.000 dan harus mengumpulkannya dalam waktu 5 bulan. Maka, kalian berdua bisa menabung bersama-sama sebesar Rp2.000.000 setiap bulannya. 

Meskipun menabung bersama sahabat, tetap diperlukan kesepakatan tertulis yang disetujui dan dipatuhi bersama. Ini perlu dilakukan untuk menghindari hal yang tak diingin di kemudian hari. 

5. Menabung dengan Arisan

Satu kegiatan menabung yang banyak dilakukan yaitu melalui arisan. Cara menabung ini sangat populer di masyarakat, khususnya untuk kaum ibu-ibu. Cara menabung ini diyakini bisa memicu semangat para anggotanya untuk mengumpulkan uang.

Secara umum, mekanisme arisan dilakukan dengan cara mengumpulkan dana dari setiap anggotanya dalam periode tertentu. Lalu, akan dilakukan undian untuk menentukan siapa yang akan mendapatkannya. Hal ini terus dilakukan sampai semua anggota mendapatkan giliran menerima uang tersebut. 

Bagi anggota yang sudah menerima uang arisan, tetap diwajibkan untuk mengumpulkan uang sampai periode tersebut selesai. Nama tersebut juga tidak akan bisa menerima uang kembali sampai seluruh anggota yang lain memperoleh bagiannya. 

Alasan mengapa arisan sangat disukai adalah karena selain menabung,  sebagian orang melakukan arisan untuk bertemu atau berkumpul bersama anggota yang lainnya. Jadi, arisan juga bisa menjadi ajang menjalin silaturahmi.

6. Menabung di Tempat Tersembunyi

Kamu mungkin pernah menemukan uang yang terselip di dalam buku, di dalam kantong celana, atau di tempat-tempat lain yang tersembunyi. Bagaimana rasanya? Pastinya menyenangkan, bukan? 

Nah, cara tersebut ternyata bisa dilakukan sebagai cara menabung yang mengasyikkan lho. Kamu jadi lebih sering menyisihkan uang, disengaja atau tidak, sehingga tanpa sadar memiliki ‘simpanan’ uang. 

Selipkan sejumlah uang di dalam buku, di kantong baju, di dalam tas, atau di tempat-tempat lain yang aman. Tapi ingat untuk jangan selipkan uang di bawah ranjang atau di tempat lembab karena khawatir uang menjadi rusak atau dimakan rayap.

7. Menabung Ala Korea

Selain negaranya yang indah serta budayanya yang beragam, ternyata Korea memiliki hal lain yang patut ditiru, yaitu cara menabung. Hal ini terbilang unik karena menggunakan kalender sebagai acuan dalam menabung. Kalender yang digunakan haruslah memiliki saku kantong yang digunakan untuk memasukkan uang. 

Caranya adalah kamu memasukkan uang pada saku kantong tersebut secara konsisten setiap hari. Nominalnya bisa ditentukan sendiri, entah dengan nominal yang sama atau bisa juga disesuaikan dengan tanggal pada hari itu. Di akhir bulan, uang yang sudah terkumpul bisa dikeluarkan untuk dihitung dan disetorkan ke bank. Menarik, kan? 

8. Menabung Uang Kembalian

Beberapa orang seringkali menyepelekan uang kembalian. Apalagi jika uang receh, maka dianggap kurang bernilai. Padahal, uang kembalian yang dikumpulkan sedikit demi sedikit bisa sangat membantu, lho. 

Siapkan kantong atau celengan khusus untuk menyimpan uang kembalian. Jika sewaktu-waktu memerlukan tambahan dana untuk berbelanja atau hal urgent lain, maka uang tersebut bisa digunakan. Jadi, anggaplah tabungan uang kembalian ini sebagai dana darurat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

9. Menabung sebagai Hukuman

Cara menabung lain yang cukup efektif adalah menjadikan menabung sebagai hukuman saat melakukan kesalahan. Memang terbilang aneh, tapi ternyata cara ini cukup berhasil, lho. 

Buatlah ketentuan mengenai jenis kesalahan dan besaran denda yang harus dibayar. Setelah itu, beritahukan kepada teman, keluarga, atau orang terdekat mengenai hal tersebut. Jadi, saat kamu membuat kesalahan, maka akan diingatkan untuk membayar denda sebagai hukuman. 

Contohnya, kamu memiliki peraturan untuk tidak bangun lebih dari pukul 07.00 pagi. Jika dilanggar, akan dikenakan denda sebesar Rp100.000 Dari sini kamu akan berhati-hati dan berusaha bagun pagi agar tidak membayar denda.

Dengan menerapkan cara ini, selain mendapatkan keuntungan bertambahnya tabungan karena melakukan kesalahan, kamu menjadi bertekad untuk bangun lebih pagi setiap harinya.

10. Menabung Lewat Investasi

 Sejatinya, prinsip utama dari menabung adalah mengumpulkan sejumlah uang untuk mencapai tujuan tertentu. Hal ini selaras dengan prinsip yang juga digunakan dalam kegiatan investasi. Jadilah menabung lewat jalur investasi adalah hal yang patut diperhitungkan. 

Saat menabung secara konvensional, kamu hanya akan mencapai target yang diharapkan. Namun, investasi menawarkan kelebihan yang mana selain mencapai target, bisa juga mendapatkan keuntungan maksimal. 

Ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih. Hal yang perlu diingat adalah pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan pun kemampuan. Hal ini investasi yang tepat akan mendatangkan keuntungan yang menggiurkan.

Perlunya Menerapkan Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Nah, itulah beberapa cara menabung yang bisa membuat kamu lebih bersemangat untuk menabung. Meskipun begitu, tetap berhati-hati dalam menabung, ya. Pastikan cara yang dipilih cukup aman, apalagi jika melibatkan dua atau lebih orang lain.

Bagaimanapun caranya, kebiasaan menabung haruslah dimulai sedini mungkin. Hal ini karena menabung memiliki banyak manfaat dan keuntungan. Jadi, cara menabung  mana yang akan kamu pilih?