Cara Asyik dan Hemat Rayakan Ulang Tahun untuk Usia 20-an

Ulang tahun seringkali identik dengan perayaan dan juga pesta, terutama bagi mereka yang masih berusia belasan. Momen spesial dan hanya terjadi setahun sekali, jadi harus dinikmati dengan luar biasa bahagia, itulah yang kerap dijadikan sebagai alasan untuk merayakan hari lahir ini.

Hal tersebut tentu sah-sah saja untuk dilakukan, mengingat di usia belasan kita memang selalu senang dengan keramaian dan juga segala sesuatu yang berbau pesta. Namun, ketika menginjak usia 20-an seperti, apakah perayaan ulang tahun ini masih tetap selalu sama?

Di usia 20-an, Anda tentu sudah lebih dewasa dan memikirkan banyak hal, termasuk keuangan. Hal ini bahkan akan jauh lebih “serius”, jika ternyata telah bekerja dan mencari penghasilan sendiri. Anda pasti akan lebih berhati-hati ketika membelanjakan uang, bahkan meski itu untuk kepentingan pribadi.

Hal seperti ini dirasakan oleh semua orang, meski usianya masih di awal 20-an. Akan selalu banyak perubahan di dalam diri, termasuk pola pikir terhadap kondisi keuangan dan juga masa depan nantinya. Bukan tidak mungkin, di usia 20-an ini Anda sudah memiliki sejumlah rencana keuangan dan juga masa depan yang matang, jadi sangat wajar jika akan sangat berhati-hati dalam mengelola pengeluaran.

Baca Juga : Ide Hemat dan Romantis Rayakan Ulang Tahun Pasangan Anda

Rayakan Ulang Tahun dengan Hemat

rayakan ulang tahun dengan hemat

Meski bukan sebuah pesta yang besar, ulang tahun tentu akan selalu menyenangkan jika dirayakan dengan cara yang tepat. Tidak harus selalu mahal dan membutuhkan biaya yang besar, hal ini bahkan dapat dirayakan dengan berbagai cara yang dapat membuat bahagia. Pada dasarnya, perayaan ini adalah bentuk rasa syukur atas bertambahnya usia, jadi tidak ada salahnya untuk merayakannya dengan cara sederhana, selama hal itu dapat membuat Anda bahagia.

Apapun yang akan dilakukan nanti di hari ulang tahun, pastinya hal ini harus diawali dengan sebuah rencana yang tepat. Melakukan hal yang berbeda dari tahun sebelumnya, mungkin menjadi pilihan yang tepat, agar kesan yang didapatkan juga berbeda di tahun ini. Namun, meskipun hanya merayakannya dengan sangat sederhana saja, itu juga bukan masalah, terutama jika orang-orang tercinta ada di sana dan ikut serta merayakan kebahagiaan tersebut.

Yang pasti, apapun rencana yang akan dilakukan di hari ulang tahun Anda nanti, pastikan untuk memiliki waktu yang cukup luang untuk menikmatinya. Hal ini penting, terutama jika ternyata Anda ingin orang-orang tercinta berada di dekat Anda dan merayakannya bersama.

Atur jadwalnya dan jangan lupa juga untuk menyesuaikan budget, agar semua rencana perayaan ulang tahun dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa cara asyik yang dapat dilakukan ketika sedang merayakan ulang tahun:

Baca Juga : Ide Pesta Ulang Tahun Anak dengan Budget Hemat

1. Makan dengan Keluarga di Rumah

makan bersama keluarga

Ini hari ulang tahun Anda, hari yang istimewa untuk Anda dan semua anggota keluarga lainnya. Akan sangat menyenangkan jika mengadakan makan malam bersama keluarga di rumah, di mana semua anggota keluarga berkumpul dan berdoa bersama.

Jika ingin acara ini berjalan lebih istimewa, maka bisa saja menyiapkan makan malam ini sendiri. Hal ini bahkan akan membuat semua keluarga menjadi lebih senang dan bahagia. Jangan lupa untuk menyiapkan kue ulang tahun juga, tidak masalah kan jika sesekali menyiapkannya seorang diri. Jika Anda tidak begitu mahir “mengendalikan” dapur, maka ada baiknya untuk meminta tolong pada ibu atau kakak perempuan, biar semuanya bisa berjalan dengan lancar.

2. Makan Malam di Luar

Anda juga bisa merayakan ulang tahun bersama dengan keluarga dengan cara mengadakan makan malam di luar / restoran. Tidak ada salahnya sesekali mengadakan acara makan malam bersama seperti ini, apalagi jika ternyata keluarga juga jarang-jarang pergi bersama dan makan di luar.

Pilih tempat yang paling sesuai dan nyaman, mengingat ini adalah acara keluarga, di mana orang tuamu juga akan ikut serta dalam makan malam ini. Tidak harus selalu mahal, jeli dan pintar memilih, maka Anda bisa mengadakan acara makan malam ini dengan budget yang tidak besar.

Dalam acara makan malam ini, Anda juga bisa mengajak beberapa orang sahabat dekat, sehingga suasana menjadi lebih hangat, terutama jika memang menginginkan mereka ada bersama di hari istimewa tersebut. Namun, jika ternyata keluargamu kurang nyaman dengan kehadiran orang lain, maka ada baiknya mengajak mereka makan malam secara terpisah di lain waktu.

3. Menyusun Daftar Keinginan

daftar keinginan

Kegiatan ini mungkin terasa sangat biasa sekali dan sering dilakukan oleh siapa saja. Namun, di hari ulang tahun, hal ini bisa saja menjadi berbeda, terutama jika melakukannya sambil mengingat kembali apa saja pencapaian selama setahun belakangan ini.

Buatlah hal ini menjadi lebih istimewa dengan cara mencatat berbagai harapan dan impian yang telah menjadi kenyataan selama setahun belakangan ini. Tulis ini dengan tulisan yang indah dan menarik pada kertas dengan warna yang sama (misalnya merah atau biru), lalu susun di atas meja untuk sementara.

Setelah itu, tulislah berbagai harapan dan juga impian selama setahun ke depan pada kertas yang berbeda warna, jangan lupa untuk mencantumkan tanggal / waktu pencapaiannya kelak.

Lalu, melihat dan membandingkan kedua tulisan tadi dan melakukan perbandingan kualitas hidup Anda di usia sebelumnya dengan usia yang baru ini. Anda akan dapat menemukan gambaran, bagaimana dan apa sebenarnya yang paling tepat untuk Anda impikan dan harapan selama setahun ke depan. Dengan melakukan kegiatan ini, Anda dapat melakukan introspeksi diri di hari ulang tahun tersebut. Menarik, bukan?

4. Rayakan Bersama Teman-teman

Meski dengan cara yang sederhana, tidak ada salahnya untuk merayakan hari ulang tahun ini bersama dengan teman-teman dan juga sahabat. Mereka juga bagian penting di dalam hidup, jadi Anda akan merasa bahagia jika melewati hari istimewa ini bersama dengan mereka.

Jika  merasa perayaan di luar akan membutuhkan sejumlah biaya yang besar, maka bisa merayakannya di rumah dan menggelar acara tersebut dengan suasana yang hangat dan penuh rasa kekeluargaan. Pilih makanan dan minuman yang tepat, sehingga perayaan ulang tahun dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan.

5. Istirahat Sejenak dari Rutinitas

istirahat sejenak

Anda juga dapat merayakan ulang tahun dengan cara yang berbeda, yakni dengan “lari” sejanak dari berbagai rutinitas harian yang membosankan. Nikmati hari ulang tahun dengan cara yang istimewa, bisa bersantai dan melupakan berbagai kesibukan yang setiap hari selalu menyita seluruh waktumu (kuliah, sekolah, atau bahkan kerja).

Jika sulit dan merasa tidak nyaman untuk sejenak bersantai dan melupakan berbagai tugas tersebut, maka ada baiknya untuk menyelesaikannya lebih awal dari biasanya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati waktu bebas untuk merayakan ulang tahun dengan cara dan suasana yang berbeda.

Jangan lupa untuk mengajak teman-teman juga, jika ternyata ingin menikmati waktu istimewa ini di tempat yang berbeda dari biasanya. Berkumpul dengan teman-teman atau keluarga di hari istimewa seperti ulang tahun, akan membuat Anda lebih bahagia dan merasa nyaman.

6. Rayakan dengan Sebuah Tato

Sejak lama ingin membuat sebuah tato di lengan atau kakimu, namun Anda masih takut dan khawatir dengan hal tersebut?  Di hari ulang tahun, cobalah menyenangkan diri dan membebaskan diri untuk melakukan hal tersebut. Namun, cukup dengan tato tidak permanen.

Pilih desain yang unik dan berbagai bentuk indah yang menarik, yang tentunya bisa membuat lebih bahagia. Lalu, nikmati saja tato tersebut selama beberapa hari ke depan, sebelum akhirnya hilang tak berbekas.

7. Berdonasi

donasi

Kamu bisa memanfaatkan hari spesial kamu dengan berbuat baik ke sesama. Dengan melakukan donasi seperti ke panti asuhan atau orang-orang yang membutuhkan dan turut merayakan ulang tahun kamu bersama dengan mereka tentu akan membuat hari spesial kamu semakin berkesan. 

Pilih Perayaan yang Paling Membuat Bahagia

Merayakan ulang tahun tentu tidak selalu harus dengan sejumlah biaya yang besar, juga dapat merayakannya dengan cara sederhana saja. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menikmati momen istimewa ini. Namun, selalu pastikan bahwa Anda akan memilih perayaan yang membuat bahagia, sehingga dapat mengingatnya sebagai salah satu momen paling istimewa di dalam hidup Anda.

Baca Juga : Tips Membuat Pernikahan Hemat Biaya, Namun Tetap Menarik