Ide Pesta Ulang Tahun Anak dengan Budget Hemat

Mewujudkan kebahagiaan bagi buah hati adalah impian setiap orangtua. Hari ulang tahun menjadi momen istimewa yang dinanti-nantikan oleh anak-anak. Merayakannya tidak selalu memerlukan biaya besar.

Pesta yang berkesan lebih tentang makna daripada kemewahan perlengkapannya. Meski dengan anggaran terbatas, masih ada opsi pesta hemat yang bisa membuat ulang tahun si kecil tetap berkesan

Ini 2 kategori pesta hemat yang bisa kita lakukan untuk merayakan ulang tahun si kecil:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Ide pesta hemat Untuk Anak Berusia Dibawah 10 Tahun

loader

Tema Pesta Cokelat 

"Siapa yang bisa menolak pesona cokelat? Anak-anak khususnya pasti menyukainya. Memilih tema ulang tahun berbasis cokelat adalah opsi yang tepat karena akan sangat disukai dan membuat mereka bahagia. Menyelenggarakan pesta cokelat tidak sulit, cukup dengan membeli bahan-bahan di toko kue atau supermarket.

Dapatkan cokelat dan cetakan kue, lelehkan sebelum pesta dimulai. Ajak anak-anak ke dapur untuk berkreasi dengan membuat cokelat sesuai keinginan menggunakan cetakan yang telah disiapkan. Pastikan mereka berhati-hati dan merapihkan area kerja agar acara berjalan lancar.

Setelah cetakan terisi, masukkan ke dalam freezer sejenak. Sambil menunggu, ajak anak-anak untuk potong kue sambil bernyanyi. Setelah selesai, pesta cokelat siap dimulai tanpa harus menunggu lama.

Pengeluaran:

– Cokelat batangan: 5 kilogram x Rp70 ribu= Rp350 ribu

– Cetakan kue dan stik es krim= Rp70 ribu

– Cake ulang tahun: Rp200 ribu

– Dekorasi balon: Rp50 ribu

– Bingkisan snack: Rp15 ribu x 22 anak= Rp330 ribu

Tema Pesta Topeng 

Kita dapat mengadakan pesta ini dengan cara menyiapkan topeng yang disesuaikan dengan tokoh kartun favorit anak-anak yang akan kita undang, informasi mengenai tokoh kartun ini dapat kita cari tahu dari orangtua mereka ataupun dari anak kita sebagai temannya.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan topeng yang sesuai, kita dapat memesannya kepada tukang mainan di sekolahan atau melalui internet dan toko-toko online. Saat acara pesta ulang tahun dimulai, bagikan topeng tersebut sesuai dengan tokoh favorit masing-masing anak dan mainkan game yang menyenangkan bersama mereka. Dijamin pasti seru.

Pengeluaran:

– Pesan topeng tokoh: Rp10 ribu x 23 anak = Rp230 ribu (1 buat anak sendiri)

– Door prize: Rp180 ribu

– Cake ulang tahun: Rp200 ribu

– Dekorasi balon: Rp60 ribu

– Bingkisan snack: Rp15 ribu x 22 anak= Rp330 ribu

Tema Pesta Es krim 

Tema ini hampir sama dengan pesta cokelat sebelumnya, hanya saja yang digunakan di sini adalah es krim. Kita tinggal beli es krim ukuran ember (8 liter) dengan 3 varian rasa sekaligus, seperti: vanila, cokelat, strawberry atau yang lainnya. Harga es krim ini sekitar Rp150-200 ribu. Dengan es krim sebanyak ini, kita dapat es krim sekitar 120 scoop, cukup banyak bukan?

Buatlah sebuah pesta es krim dengan makanan pendamping tambahan seperti: roti tawar, choco chips dan yang lainnya. Kita juga dapat menyewa badut 1 karakter yang paling murah untuk membuat suasana lebih seru.

Pengeluaran:

– Es krim 1 ember: Rp150 ribu

– Makanan pendamping: Rp120 ribu

– Sewa badut: Rp150 ribu

– Cake ulang tahun: Rp200 ribu

– Dekorasi balon: Rp50 ribu

– Bingkisan snack: Rp15 ribu x 202 anak= Rp330 ribu

Tema Pesta Kebun 

Bila kita memiliki halaman yang cukup luas, maka tema pesta kebun dapat dijadikan sebagai pilihan. Caranya cukup mudah, buat sebuah permainan petualangan berburu hadiah seperti harta karun. Berikan anak-anak instruksi pencarian dengan cara membagi masing-masing satu petunjuk pada setiap anak, hal ini akan membuat mereka bekerja sama untuk menemukan harta karun tersebut dan akan menjadi sebuah tim pemenang yang akan mendapatkan hadiah bersama-sama.

Pengeluaran:

– Hadiah: Rp25 ribu x 22 anak= Rp550 ribu

– Cake ulang tahun: Rp120 ribu

– Bingkisan snack: Rp15 ribu x 22 anak= Rp330 ribu

Rayakan di Resto Fast Food

Bila menginginkan sebuah pesta ulang tahun yang simpel dan tidak repot, maka merayakannya di resto fast food dapat menjadi pilihan yang tepat untuk ulang tahun si kecil.

Cukup dengan bujet Rp1 juta, di McDonalds sudah dapat merayakan ulang tahun dengan paket silver. Paket ini sudah termasuk MC, hadiah, dekorasi, undangan, dan makanan bagi anak-anak yang akan diundang.

2. Ide Pesta Ulang Tahun Hemat untuk Balita 

loader

Meski si kecil masih berusia balita, namun kita tentu saja tidak ingin melewatkan momen ulang tahunnya dengan begitu saja, bukan?

Dana yang terbatas bukanlah sebuah alasan untuk merayakannya, kita tetap bisa membuat sebuah pesta ulang tahun sederhana dengan buget hemat dan terencana, sehingga pesta tersebut tetap berkesan dan membuat si kecil bahagia.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menggelar pesta ulang tahun hemat bagi si kecil:

  • Membuat Undangan Sendiri

Kita dapat menghemat biaya dengan cara membuat undangan sendiri. Ada banyak ide undangan lucu yang bisa kita buat dengan menggunakan kertas warna-warni atau kertas daur ulang. Kita dapat berkreasi dengan cara membuat potongan puzzle atau bentuk-bentuk lucu yang disukai anak kecil.

  • Membeli Goodie Bag Hemat

Tak harus membeli di mall atau supermarket, kita juga dapat membeli goodie bag yang tak kalah menarik dan pasti jauh lebih murah harganya di pasar-pasar seperti Mangga Dua atau Glodok. Sesuaikan isinya dengan jenis mainan yang disukai oleh anak-anak, kita juga dapat menambahkan biskuit atau panganan lain di dalamnya.

  • Menghemat Biaya Dekorasi

Tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membuat dekorasi dengan tema-tema tertentu yang haganya mahal. Kita dapat membuat dekorasi sendiri dengan cara menggunting dan menggantungkan aneka kertas warna-warni, karya-karya kecil yang terbuat dari kertas lipat, atau bahkan foto si kecil yang sengaja dicetak dan dijadikan satu rangkaian foto sejak dia masih bayi hingga sekarang. Menarik bukan?

  • Membuat Kue Ulang Tahun Sendiri

Tak ada salahnya membuat kue ulang tahun sendiri untuk si kecil, kita hanya perlu kreatifitas untuk menghias kue tersebut agar terlihat cantik dan menarik bagi anak-anak. Pelajari cara menghias ini melalui internet bila kita belum memiliki kemampuan melakukannya sebelumnya.

Tips Hemat Saat Akan Merayakan Ulang Tahun Anak

Pesta dan uang keluar adalah dua hal yang akan selalu berjalan bersama saat akan merayakan sesuatu, termasuk saat merayakan ulang tahun anak. Banyak biaya yang harus kita keluarkan untuk menggelar sebuah acara pesta, namun ada 3 langkah yang dapat kita lakukan untuk melakukan penghematan:

  1. Susunlah anggaran dengan cermat.
  2. Membatasi jumlah undangan yang akan datang.
  3. Menggelar sebuah pesta sederhana dan hemat biaya dengan cara menangani segala sesuatunya secara mandiri.

Ikut Sertakan Anak Dalam Mempersiapkannya

Apapun tema pesta yang akan diadakan untuk si buah hati, ajaklah sang buah hati dalam mempersiapkannya. Buatlah menjadi sesuatu hal yang menyenangkan, dengan begitu akan membuat si kecil lebih bersemangat dan menggali kreativitas mereka.