Token Listrik Gagal Terus Saat Dimasukkan, Ini Penyebabnya

Masalah token listrik gagal terus saat dimasukkan ke meteran kerap dialami banyak pengguna listrik prabayar. Meski terkadang alasannya karena salah nomor token, namun tak jarang yang sudah memasukkan dengan benar tetapi tetap gagal.

Hal tersebut tentu membuat pelanggan kesal dan panik, terlebih saat listrik sudah hampir habis. Pasalnya, saat jumlah kilowatt hour pada listrik sudah mencapai 0, maka listrik akan padam sampai token berhasil dimasukkan.

Baca Juga: Ada Masalah pada Listrik, Jangan Panik! Segera Hubungi Layanan PLN 123

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Penyebab Token Listrik Gagal Dimasukkan

loader

Token Listrik

Jangan panik karena token listrik gagal terus saat dimasukkan. Kamu bisa mengecek beberapa kendala yang mungkin terjadi sebelum memutuskan menghubungi pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN). Berikut adalah beberapa penyebab token listrik gagal dimasukkan berkali-kali.

  1. Server PLN dalam Gangguan

    PLN selaku jasa penyedia listrik kerap mengalami masalah kelistrikan dan melakukan perbaikan. Hal yang jarang diketahui pelanggan, pada saat server PLN sedang eror maka token listrik gagal dimasukkan secara otomatis.

  2. Salah Input Token

    Perlu diketahui, token listrik terdiri dari 20 digit nomor bervariasi yang berbeda setiap pembelian dan hanya bisa digunakan satu kali pemakaian. Seringkali memasukkan token listrik gagal terus karena kamu keliru menginput nomor tokennya.

  3. Jumlah Meteran Listrik Mencapai Maksimal

    Selain salah input nomor token, token listrik gagal dimasukkan juga bisa disebabkan karena jumlah kWh pada meteran listrik sudah mencapai batas maksimal. Pasalnya, dalam satu bulan ada batas maksimal kWh, sehingga jika sudah melebihi token listrik gagal terus saat dimasukkan.

  4. Salah Nomor Pelanggan atau Meter

    Setiap meteran memiliki nomor atau ID meter berbeda yang juga sering disebut nomor pelanggan. Saat dicek, nomor tersebut akan berisi identitas pemilik tempat tinggal listrik prabayar. Oleh sebab itu, tidak bisa terjadi kecurangan dalam penggunaan listrik prabayar.

    Ketika terus menerus token listrik gagal dimasukkan, sebaiknya pastikan token yang dibeli sudah sesuai dengan nomor meter yang diinput.

  5. Kesalahan Instalasi Listrik

    Adanya kesalahan pada pemasangan instalasi listrik juga bisa menyebabkan token listrik gagal terus saat dimasukkan ke meteran. Jika penyebabnya adalah hal ini, maka kamu perlu bantuan teknisi PLN untuk mengecek kerusakan dan memperbaikinya segera.

  6. Ada Masalah pada Meteran Listrik

    Sebagai informasi, listrik prabayar yang mengalami masalah biasanya menunjukkan beberapa tanda pada meteran dengan tulisan, seperti periksa, cancel, blocked, bahkan sampai listrik padam secara tiba-tiba. Saat mengalami masalah seperti ini juga bisa menjadi penyebab token listrik gagal dimasukkan. Sama dengan masalah sebelumnya, solusinya adalah meminta bantuan pihak PLN untuk memperbaiki.

    Itulah beberapa penyebab yang membuat token listrik gagal terus menerus saat dimasukkan ke meteran. Kamu perlu memastikan masalah mana yang terjadi untuk menentukan solusi yang tepat.

4 Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus 

Setelah memastikan masalah mana di atas yang jadi penyebab token listrik gagal terus. Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut.

  1. Periksa Kembali Nomor Token yang Dibeli

    Kesalahan menginput nomor token listrik paling sering terjadi. Oleh sebab itu, periksa kembali nomor token yang telah dimasukkan sebelum menekan tombol enter pada meteran. Pastikan token yang dimasukkan berjumlah 20 digit. Pasalnya, kesalahan memasukkan nomor token berkali-kali bisa membuat meteran terblokir.

    Ada pun saat membeli token listrik, pastikan kamu membeli secara benar dan di tempat terpercaya. Selain online, token listrik juga bisa dibeli secara offline melalui agen. Nah, hindari membeli token pada agen yang tidak terpercaya sehingga memberikan nomor token yang salah.

  2. Cek Limit kWh

    Cara mengatasi token listrik gagal selanjutnya adalah mengecek limit kWh pada meteran. PLN telah mengatur batas maksimum jumlah kWh per bulan pada setiap meteran. Maka dari itu, ketika kWh pada meteran listrik kamu sudah mencapai maksimal tidak bisa diisi lagi.

    Pastikan kWh pada meteran listrik kamu tidak mencapai maksimal untuk bisa memasukkan token. Adapun untuk mengetahui batas maksimal kWh listrik, kamu bisa menanyakan kepada petugas PLN setempat.

  3. Pastikan PLN Tidak dalam Gangguan

    Pastikan terlebih dahulu PLN tidak sedang berada dalam gangguan saat ingin memasukkan token listrik. Jika sedang berada dalam gangguan dan perbaikan, sebaiknya tunggu hingga server pulih untuk memasukkan token listrik.

    PLN biasanya akan mengimbau pelanggan saat terjadi gangguan kelistrikan. Hal ini disampaikan melalui media sosial serta pesan singkat kepada pelanggan yang terdampak. Gangguan kelistrikan ini juga biasanya membuat listrik di rumah padam setengah atau seluruhnya. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak memasukkan token listrik saat kondisi ini terjadi.

  4. Hubungi Petugas PLN

    Masalah token listrik gagal juga tidak menutup kemungkinan karena adanya masalah instalasi listrik dan kerusakan pada meteran. Jika hal ini terjadi, solusinya adalah menghubungi petugas PLN untuk bisa dicek oleh teknisi.

    Ada beberapa cara menghubungi petugas PLN yang bisa kamu lakukan. Pertama, melalui call center. Kamu bisa menghubungi call center PLN pada nomor layanan 123. Kedua, lewat media sosial PLN. Saat ini PLN memiliki berbagai media sosial yang menjadi wadah informasi kepada pelanggan, termasuk menanggapi keluhan pelanggan.

    Kamu bisa memilih media sosial yang bisa dihubungi, yakni Facebook PLN 123, Twitter@pln_123, Instagram pln_id dan pln123_official, serta website pln.co.id. Ketiga, melalui email PLN. Kamu bisa meminta bantuan petugas PLN dengan mengirim email keluhan ke pln123@pln.co.id.

    Keempat, melalui PLN Mobile. PLN juga menyediakan aplikasi resmi, yakni PLN Mobile yang bisa kamu unduh di play store maupun app store. Kamudian, lakukan registrasi dan pilih menu “Pengaduan”. Pilih jenis keluhan dan ikuti instruksi yang diberikan hingga selesai. 

    Kelima, datang langsung ke kantor PLN terdekat. Jika empat cara sebelumnya dirasa kurang responsif. Kamu juga bisa meminta bantuan petugas PLN dengan cara mendatangi langsung kantor PLN yang terdekat dari tempat tinggal. Di sana, temui petugas dan sampaikan keluhan yang kamu alami.

    Sebagai informasi, mengatasi masalah pada meteran listrik juga bisa dilakukan dengan mereset meteran listrik. Hal ini bisa dengan mudah dilakukan dengan bantuan petugas teknis dari PLN. Namun, bagi kamu yang tidak ingin merogoh kocek lebih untuk ini. Kamu bisa melakukan reset meteran PLN secara manual sendiri, lho!

Cara Reset Meteran Listrik

Menghubungi petugas PLN untuk meminta bantuan layanan memang cara paling mudah untuk mengatasi berbagai masalah kelistrikan, termasuk mereset meteran karena token listrik gagal terus. 

Tetapi, jika kamu tidak memiliki biaya lebih untuk membayar layanan petugas PLN, maka simak cara meteran listrik prabayar secara manual berikut.

  1. Pastikan Semua Elektronik Dimatikan

    Cek dan pastikan semua peralatan elektronik di rumah sebelum mulai mereset meteran listrik. Cabut semua kabel elektronik tersebut sehingga tidak ada listrik yang mengalir. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada lagi aliran listrik dan melindungi elektronik dari kerusakan.

    Selain elektronik, pastikan juga semua kabel yang terhubung dengan listrik sudah dicabut agar tidak ada aliran listrik yang mengalir. Termasuk, mematikan lampu-lampu yang ada di rumah.

  2. Masukkan Kode Reset Meteran

    Setelah memastikan semua aman, memasukkan kode reset meteran untuk memperbaiki sistem yang salah pada meteran. Langkah pertama matikan meteran dan tunggu selama 15 menit. Kemudian, hidupkan kembali meteran listrik dengan memasukkan kode reset 00. Lalu, meteran sudah siap digunakan kembali dengan kondisi sudah tersetting ulang.

    Mudah bukan mereset meteran listrik prabayar di rumah secara mandiri? Meski demikian, banyak orang yang khawatir salah melakukan reset sehingga malah merusak meteran. Nah, jika memang kamu memiliki bujet yang cukup, memang sebaiknya meminta bantuan petugas teknisi PLN agar kerusakan atau masalah pada listrik bisa diketahui dengan pasti.

    Baca Juga: Cara Cek Tagihan dan Bayar PDAM Kab Badung

Beli Token Listrik di Gerai Resmi

loader

Beli Token Listrik di Gerai Resmi

Demikianlah informasi seputar penyebab serta cara mengatasi token listrik gagal terus saat dimasukkan ke meteran. Jangan panik saat listrik di rumah bermasalah, terutama karena token listrik tidak bisa dimasukkan. 


Kamu bisa mengikuti cara-cara di atas untuk bisa mengetahui masalah yang dialami. Adapun, kamu juga perlu memastikan untuk membeli token listrik di gerai-gerai resmi, baik online maupun offline. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat untuk kalian semua pelanggan PLN, ya!

Baca Juga: Hindari Tagihan Membengkak, Ini Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Sidoarjo