Cara Cerdas Kelola Keuangan saat Penghasilan Minim setelah Dirumahkan

Banyak hal sudah kita alami selama masa pandemi ini, di mana berbagai perubahan memang terjadi tanpa kita duga sebelumnya. 

Bukan hanya itu saja, di luar sana ada banyak pebisnis yang harus menutup sebagian atau bahkan keseluruhan bisnis mereka. Dampaknya tentu sangat jelas, ada banyak karyawan yang harus dirumahkan dan kehilangan sumber penghasilan mereka.

Jika Anda termasuk karyawan yang dirumahkan, maka Anda tentu mulai kebingungan dengan keuangan. Penghasilan berkurang drastis, sementara berbagai pengeluaran setiap bulannya masih tetap berjalan dengan normal. Ini bukan kondisi yang mudah untuk dilalui, apalagi jika ternyata Anda sudah memiliki tanggungan. 

Kelola Keuangan dengan Lebih Ketat Lagi

mengelola keuangan

Dalam masa sulit seperti di atas, Anda harus segera mengelola keuangan dengan cara yang baru. Hal ini penting, mengingat kondisi keuangan memang sedang darurat. 

Anda tidak mungkin menjalankan keuangan dengan cara yang dulu, di mana Anda memiliki penghasilan tetap dan mampu memenuhi pengeluaran tetap bulanan dengan baik. Lakukan langkah yang tepat untuk keuangan sekarang juga. 

Berikut ini adalah beberapa langkah cerdas di dalam keuangan, yang dapat Anda lakukan setelah dirumahkan:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Manfaatkan dana darurat

Dana darurat merupakan sejumlah dana yang sengaja disiapkan untuk menghadapi berbagai kondisi darurat di dalam kehidupan Anda. Idealnya, dana darurat ini sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari, setidaknya sebesar 6-12 kali biaya hidup bulanan. Saat kondisi keuangan sedang darurat seperti ini, maka Anda bisa memanfaatkan dana darurat yang Anda miliki untuk memenuhi kebutuhan. 

Namun pastikan Anda bisa memanfaatkan dana darurat ini dengan sebaik mungkin. Ini bukan dana segar yang bisa dibelanjakan sesuka hati, meskipun jumlahnya cukup besar. Ambil dana darurat ini secara bertahap, sesuai untuk kebutuhan hidup selama sebulan penuh. 

Sisanya biarkan saja dalam pos tabungan seperti sedia kala. Hal ini akan memungkinkan Anda tetap berhemat dan tidak mengalokasikan dana darurat ini dengan sembarangan.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Atur Keuangan Saat Pandemi Buat Generasi Sandwich

2. Susun kembali anggaran keuangan dan tentukan skala prioritas

Jangan lupa untuk segera mengevaluasi anggaran keuangan. Hal ini sangat penting, mengingat ada perubahan besar di dalam penghasilan yang Anda dapatkan. Anda perlu memangkas berbagai pengeluaran yang bersifat tidak penting di dalam keuangan, agar pengeluaran bisa ditekan. Untuk beberapa pos yang tidak begitu penting ini, Anda bahkan bisa saja meniadakannya untuk sementara. 

Tentukan skala prioritas di dalam keuangan Anda, dimana Anda mendahulukan apa saja yang paling penting dan wajib untuk dipenuhi. Anda perlu memasukkan berbagai kebutuhan wajib ke dalam skala prioritas ini, seperti: belanja wajib bulanan, biaya kesehatan (asuransi), iuran rutin bulanan, cicilan, dan yang lainnya. 

Pastikan semua kebutuhan wajib ini terpenuhi dengan baik, agar kehidupan Anda tetap berjalan dengan normal dan seimbang. 

3. Lakukan penghematan

Bagi Anda yang dirumahkan selama masa pandemi, Anda tentu tidak akan memiliki mendapatkan penghasilan lagi selama beberapa waktu ke depan. Ini bukan masalah yang simpel, sebab kita bahkan tak pernah tahu kapan kondisi akan normal kembali dan Anda bisa bekerja lagi. Jangan mengambil resiko dengan membelanjakan uang Anda secara berlebihan. 

Mulailah lakukan penghematan di dalam keuangan, agar sisa uang yang Anda miliki bisa mencukupi kebutuhan hidup Anda untuk beberapa waktu ke depan. Ubah pola hidup Anda untuk sementara waktu, mengingat selama masa pandemi ini Anda juga akan memiliki akses terbatas untuk bepergian.

Anda bisa menghemat uang dengan menghilangkan berbagai pos pengeluaran tak penting, seperti: pengeluaran belanja baju, nongkrong di akhir pekan, makan di luar atau membeli camilan setiap minggu, dan yang lainnya. Semakin hemat mengeluarkan uang, maka akan semakin baik dampaknya bagi keuangan.

Baca Juga: Tips Cerdas Mengelola Pendapatan di Masa Pandemi 

4. Hindari hutang dan cari penghasilan yang baru

Meski kondisi keuangan sedang dalam keadaan sulit, jangan menambah hutang yang baru di dalam keuangan. Hiduplah sesuai dengan kemampuan keuangan yang Anda miliki saat ini. Selain itu, Anda juga perlu mencari sumber penghasilan yang baru di dalam keuangan. 

Hal ini dapat Anda lakukan dengan banyak cara, seperti; menjadi freelancer dan bekerja secara online, menjalankan bisnis kecil-kecilan di rumah, menjalankan bisnis online, dan yang lainnya. Penghasilan ini akan membuat kondisi keuangan menjadi lebih baik kedepannya. 

Jangan panik dan Kelola Keuangan dengan Baik

Bagi Anda yang dirumahkan selama masa pandemi, Anda tentu mulai mengalami kesulitan di dalam keuangan. Pastikan Anda tetap tenang dan tidak panik, sebab Anda perlu melakukan berbagai hal untuk membuat kondisi keuangan tetap berjalan baik. Kelola keuangan dengan cara yang tepat, sehingga berbagai kebutuhan rutin tetap terpenuhi selama masa pandemi ini.

Baca Juga: 4 Langkah Cerdas untuk Hindari Krisis Keuangan di Masa Pandemi