Cara Memulai Bisnis Tambal Ban Mobil dan Analisa Modalnya

Tambal ban mobil menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa dimulai dengan modal beberapa juta rupiah saja. Meski terlihat sederhana, usaha tambal ban ini justru memiliki peluang yang cukup menjanjikan, apalagi jika dibuka di lokasi yang tepat sejak awal.

Jika tertarik untuk memulai bisnis sendiri dalam waktu dekat, tidak ada salahnya untuk menjadikan usaha tambal ban tubeless dan yang lainnya sebagai pilihan. Mulailah mencari informasi tentang harga ban tubeless, peralatan dan hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis tambal ban terlebih dahulu sebagai permulaan. 

Baca Juga: Ide Usaha Rumahan Menguntungkan dan Tips Memulainya

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Peluang Bisnis Tambal Ban Mobil yang Cerah 

loader

Bisnis Tambal Ban Mobil

Permintaan akan layanan tambal ban yang tinggi merupakan peluang yang cerah dan menjanjikan untuk bisnis ini. Selain itu, bisnis yang satu ini juga cukup mudah untuk dikuasai, bahkan untuk pemula sekalipun. Hanya dalam waktu singkat saja, usaha tambal ban tubeless ini sudah bisa mendatangkan keuntungan yang terbilang cukup besar. 

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa bisnis tambal ban layak dijadikan sebagai pilihan: 

  • Tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. 
  • Bisa dijadikan sebagai bisnis rumahan, jika lokasi rumah cukup strategis. 
  • Memiliki peluang pasar yang cukup luas dan menjanjikan.
  • Tambal ban ini bisa dikombinasikan dengan bisnis lainnya, seperti: jual spare part, jasa cuci mobil, dan yang lainnya. 
  • Memiliki potensi keuntungan yang tinggi. 

Namun sebagaimana bisnis lainnya, tambal ban mobil juga memiliki risiko tersendiri, seperti tingkat persaingan tinggi dan yang lainnya. Penting untuk memahami berbagai risiko ini dengan baik terlebih dahulu, sehingga kelak risiko-risiko tersebut bisa dikelola dengan cara yang paling tepat. 

Selain itu, susunlah rencana bisnis yang matang sejak awal. Hal ini penting, apalagi jika ini baru akan menjadi bisnis pertama yang dijalankan. Pelajari keahlian untuk melakukan penambalan ban mobil dengan benar, termasuk keahlian lainnya yang bisa mendukung perkembangan bisnis ini dengan maksimal ke depannya. 

Cara Memulai Bisnis Tambal Ban Mobil dengan Sukses

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis tambal ban dengan sukses: 

  1. Pilih Lokasi Bisnis yang Strategis

    Lokasi  merupakan salah satu penentu sukses atau tidaknya sebuah bisnis, begitu juga dalam bisnis tambal ban tubeless ini. Jika ingin sukses dalam bisnis ini, maka pastikan untuk memilih lokasi yang strategis dan tepat sejak awal. Hal ini penting, sebab bisnis ini tidak akan bisa dijalankan di lokasi yang sepi.

    Pilihlah lokasi bisnis yang berada di tepi jalan raya, di mana banyak kendaraan lalu lalang setiap harinya. Hal ini akan memudahkan bisnis ini mendapatkan pelanggan, bahkan dalam waktu yang terbilang singkat sekalipun.

  2. Pasang Papan Nama yang Jelas 

    Penting untuk membuat orang-orang mudah melihat lokasi tambal ban ini dengan mudah. Buatlah papan nama yang berukuran cukup besar, sehingga mudah untuk dilihat orang. Gunakan kombinasi warna tulisan dan dasar papan nama yang kontras, agar orang mudah untuk membacanya. 

  3. Lakukan Kegiatan Promosi dengan Maksimal 

    Sebagaimana bisnis lainnya, bisnis tambal ban mobil ini juga perlu dipromosikan, agar orang-orang segera mengetahuinya. Lakukan kegiatan promosi dengan cara yang tepat, misalnya dengan mengandalkan media sosial atau yang lainnya. 

    Promosi akan membuat lokasi bisnis lebih mudah untuk diketahui banyak orang, sehingga orang-orang yang ingin menambal ban bisa menemukannya dengan mudah. Jika sudah begini, bisnis tersebut tentu akan segera berkembang dengan pesat, bukan? 

  4. Daftarkan Bisnis di Google Maps

    Zaman sudah berkembang ke era digital, di mana orang mencari berbagai hal yang mereka butuhkan secara online. Manfaatkan teknologi untuk membangun bisnis tambal ban ini, sehingga orang-orang bisa menemukannya dengan lebih mudah dan cepat.

    Daftarkan bisnis tambal ban tubeless ini di Google Maps, agar lebih banyak yang melihat dan menemukannya dengan mudah. Jangan lupa untuk membuat titik lokasi yang tepat, agar para calon pelanggan tidak sampai menjalar ke lokasi yang berbeda. 

  5. Asah Keterampilan dengan Baik

    Apapun pekerjaan yang ditekuni, hal tersebut haruslah didukung dengan keterampilan yang mumpuni. Keahlian yang baik akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan hasilnya maksimal. Sementara di lain sisi, pelanggan akan merasa puas dan tidak enggan untuk datang kembali di lain waktu. 

    Luangkan waktu untuk mempelajari keahlian menambal ban mobil dengan baik terlebih dahulu. Penting untuk mahir dalam bidang ini, agar hasil tambal bisa maksimal dan memuaskan. Selain itu, miliki juga pengetahuan tentang harga ban tubeless dan jenis ban lainnya yang digunakan dalam bisnis ini. 

  6. Sediakan Layanan Tambal Ban Panggilan 

    Untuk mengembangkan bisnis ini dengan cara maksimal, tidak ada salahnya mencoba cara yang baru. Menyediakan layanan tambal ban panggilan di tempat bisa menjadi pertimbangan, dimana pelanggan tidak perlu repot-repot untuk mendatang lokasi bisnis.

    Mempromosikan layanan jasa panggilan ini secara online, agar lebih banyak orang yang mengetahuinya. Selain itu, menawarkan jasa tersebut di grup-grup yang berkaitan dengan otomotif juga bisa menjadi pertimbangan untuk menawarkan layanan tersebut secara luas. 

    Baca Juga: 6 Tips Mendorong Akselerasi Bisnis UMKM

Analisa Bisnis Tambal Ban Mobil 

loader

Bisnis Tambal Ban Mobil

Jika ingin menjalankan bisnis tambal ban dengan sukses, maka penting untuk membuat analisa bisnis ini terlebih dahulu. Pahami juga harga berbagai peralatan dan barang yang akan digunakan, termasuk harga ban tubeless dan yang lainnya. Hal ini penting, mengingat harga ban tubeless di pasaran juga sangat beragam.

Berikut ini adalah beberapa komponen dan estimasi biaya yang akan dibutuhkan dalam bisnis tambal ban tubeless: 

Biaya untuk membeli peralatan: 

  • Mesin kompresor: Rp2.800.000,-
  • Alat pres ban: Rp600.000,-
  • Peralatan untuk menambal ban: Rp500.000,-
  • Kompor dan sendok ban: Rp500.000,- 
  • Kunci-kunci dan bak karet: Rp500.000,-
  • Biaya lain-lain: Rp100.000,- 

Total: Rp5.000.000,- 

Berdasarkan data diatas, maka biaya yang dibutuhkan untuk membeli peralatan dan memulai bisnis tambal ban mobil ini adalah sebesar Rp5.000.000,- 

  • Biaya operasional: 

    Selain berbagai peralatan diatas, bisnis tambal ban ini juga tentu membutuhkan biaya operasional. Biaya inilah yang akan menjamin aktivitas bisnis bisa berjalan dengan lancar setiap harinya. Berikut ini adalah estimasi biaya operasional yang dibutuhkan dalam bisnis ini: 

    • Lem, karet tambal, dan yang lainnya: Rp250.000,-
    • Air dan listrik: Rp150.000,-
    • Sewa tempat: Rp500.000,-
    • Biaya lain-lain: Rp100.000,- 

    Total: Rp1.000.000,- 

    Berdasarkan perhitungan di atas, maka setiap bulan bisnis ini akan membutuhkan biaya operasional sebesar Rp 1.000.000,- 

  • Pendapatan dan keuntungan per bulannya:

    Jika diasumsikan bisnis tambal ban mobil ini bisa mendapatkan pelanggan sebanyak 10 orang setiap harinya, di mana upah yang didapatkan adalah sebesar Rp13.000,- per pelanggan, maka akan didapatkan penghasilan rutin harian sebesar Rp130.000,-

    Jika diasumsikan bisnis ini akan buka setiap hari tanpa hari libur, maka pendapatan bulanannya adalah: 

    30 x Rp130.000,- = Rp3.900.000,- 

    Keuntungan: R 3.900.000,- - Rp1.000.000,- = Rp2.800.000,- 

  • BEP atau Balik Modal

    Dengan potensi keuntungan sebesar Rp 2.800.000,- per bulannya, maka seluruh modal bisnis yang dikeluarkan di awal tersebut sudah bisa dikembalikan setelah bulan kedua. Artinya, pada bulan ketiga bisnis ini sudah benar-benar bisa memberikan pendapatan penuh, yakni sebesar Rp 2.800.000,- sebagai keuntungan. 

    Jika melihat analisa bisnis di atas, maka sudah jelas bisnis tambal mobil ini termasuk salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Selain modalnya yang terbilang kecil, bisnis ini juga tidak membutuhkan persiapan yang panjang, sehingga lebih mudah untuk dijalankan, bahkan untuk pebisnis pemula sekalipun. 

Bisnis Tambal Ban Mobil Memiliki Prospek Menjanjikan 

Di antara banyak jenis bisnis yang mudah dijalankan, tambal ban mobil menjadi salah satu yang paling menjanjikan. Prospeknya yang cerah dan modal yang tidak terlalu besar bisa menjadi menjadi pertimbangan untuk memulai bisnis ini. Segera rencanakan dan bangun bisnis ini di lokasi yang tepat, agar bisa sukses dan mendatangkan banyak keuntungan.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis yang Menguntungkan dan Ramah Lingkungan