Ada Banyak Cara Mengaktifkan PIN Kartu Kredit yang Bisa Dicoba

Penggunaan PIN pada kartu kredit sudah menjadi wajib sejak tahun 2020. Sebab, keamanan kartu kredit lebih terjamin dengan menggunakan PIN. Maka, sebagai pengguna kartu kredit yang bijak, kamu harus menjaga kerahasiaan PIN kartu kreditmu.

Bagaimana cara mendapatkan PIN? Pada dasarnya, PIN merupakan sesuatu yang sangat pribadi denganmu sehingga kamu pun dapat memodifikasi PIN sesuai dengan seleramu.

Ketika kartu kredit sudah di tangan, sangat disarankan untuk langsung mengaktivasi kartu kredit beserta PIN-nya. Agar PIN bisa aktif, berikut beberapa cara yang umum dilakukan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Mengaktifkan PIN Kartu Kredit Secara Umum

Penerbit kartu kredit pastinya memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabahnya, termasuk dalam memberikan kemudahan aktivasi PIN kartu kredit dengan banyak cara yang bisa dipilih, di antaranya:

  1. Melalui SMS

    loader

    Aktivasi PIN Kartu Kredit Melalui SMS

    Hampir semua bank penerbit kartu kredit memberlakukan cara aktivasi melalui SMS. Memang setiap bank memiliki format yang berbeda-beda, tapi secara umum data yang harus dicantumkan pada SMS tersebut adalah nomor kartu kredit dan tanggal lahir.

    Bagi nasabah yang ingin memilih aktivasi PIN kartu kredit melalui SMS, lihat format SMS yang sudah tercantum dalam lembaran surat.

    Namun, perlu diketahui bahwa cara ini akan dikenakan tarif pulsa. Meskipun tidak besar, kamu pun tetap harus memastikan bahwa pulsamu cukup.

  2. Melalui Call Center Bank

    loader

    Aktivasi PIN Kartu Kredit melalui Call Center

    Pemegang kartu kredit baru juga bisa aktivasi PIN kartu kredit melalui call center. Adapun langkah-langkahnya:

    • Hubungi call center bank penerbit.
    • Ikuti arahan selanjutnya.
    • Petugas bank akan verifikasi data terlebih dahulu.
    • Perolehan PIN akan diproses petugas bank.
    • PIN akan dikirimkan langsung ke nomor ponsel nasabah yang sudah terdaftar.
    • Setelah itu, barulah nasabah bisa mengubah PIN tersebut.

    Sama halnya dengan metode SMS, metode ini memerlukan pulsa. Untuk metode ini, kamu memerlukan pulsa sedikit lebih banyak daripada SMS. Sebab, metode ini menggunakan panggilan telepon dan memakan waktu lebih lama. Jika kamu tidak ingin mengisi pulsa banyak, kamu bisa menggunakan metode SMS.

  3. Melalui Website atau Aplikasi Mobile Banking

    loader

    Aktivasi PIN Kartu Kredit melalui Mobile Banking

    Memanfaatkan teknologi berkembang, sekarang ini ada beberapa bank memberikan cara aktivasi PIN kartu kredit melalui website atau aplikasi mobile banking (m-banking) yang telah diunduh di ponsel. Pengguna hanya tinggal mengunjungi laman website atau membuka aplikasi m-banking, kemudian pilih menu kartu kredit dan temukan aktivasi PIN atau Buat atau Ubah PIN.

  4. Melalui ATM

    loader

    Aktivasi PIN Kartu Kredit melalui ATM

    Cara mengaktifkan PIN kartu kredit yang terakhir adalah dengan menggunakan ATM. Namun, cara ini hanya berlaku jika kamu menggunakan mesin ATM yang sama dengan bank penerbit kartu kreditmu.

    Begini cara mengaktifkannya.

    • Pergi ke ATM terdekat.
    • Masukkan kartu ATM.
    • Pilih menu “Aktivasi PIN”.
    • Masukkan kode otentikasi yang dikirimkan melalui SMS.
    • Tekan “benar”.
    • Tekan “lanjutkan” jika proses sudah valid.
    • Masukkan 6 digit angka yang ingin dijadikan sebagai PIN.
    • Ulangi 6 digit angka yang dijadikan PIN untuk verifikasi.
    • PIN sudah aktif. Kamu akan menerima notifikasi dalam bentuk SMS.

    Cara di atas merupakan gambaran umum saja. Ikuti arahan langsung dari ATM yang kamu kunjungi.

Segera Aktifkan PIN Kartu Kredit

Kartu kredit memberikan banyak keuntungan yang bisa dinikmati pada saat bertransaksi. Namun, keuntungan itu belum bisa dinikmati jika kamu belum mengaktifkan PIN kartu kreditmu.

Maka, segeralah aktifkan PIN kartu kredit agar dapat digunakan. Ingat, bank penerbit hanya memberikan waktu 6 bulan untuk kamu mengaktifkan PIN-nya. Jangan sampai telat mengaktifkan agar kartu kredit tidak mati.