Cara Mudah dan Lengkap Cek Saldo Bank BRI

Kemajuan dunia perbankan di Indonesia makin ditandai dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan ke nasabahnya. Kemudahan dalam pelayanan ini turut menunjang laju kewirausahaan di Indonesia yang berdampak pada percepatan pembangunan di segala bidang.  Setiap bank dan semua lembaga keuangan yang ada di Indonesia secara penuh berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengatur kegiatan dalam sektor jasa keuangan.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai bank paling tua di tanah air mencatatkan prestasinya pada 18 Juni 2016. Pada saat tersebut, BRI meluncurkan satelit perbankan pertama di Indonesia bernama BRIsat. Satelit perbankan pertama di Indonesia ini diluncurkan operator perusahaan satelit Amerika Serikat bernama Space Systems/Loral (SSL). Satelit ini beroperasi pada dua frekuensi: C-band dan Ku-band. C-band digunakan untuk transaksi keuangan dan Ku-Band untuk komunikasi nonkeuangan.

Selanjutnya, satelit ini akan dioperasikan sendiri oleh sumber daya manusia Indonesia untuk kebaikan perbankan Indonesia. Modal teknologi satelit ini telah mendorong BRI untuk semakin maju dalam melayani nasabah berbasis teknologi.

Baca Juga: Butuh Dana Cepat? Gadai BPKB Motor Di BRI Jawabannya

Beragam Pilihan Produk Perbankan dari BRI yang Berbasis Teknologi

Layanan Bank BRI

Bank BRI Menawarkan Beragam Produk yang Disesuaikan dengan Kebutuhan via bank-bri-bca-mandiri.info

 

Peluncuran satelit juga perbaikan manajemen internal perusahaan secara kontinu menjadikan BRI sebagai salah satu bank terpercaya dengan jaringan serta kualitas layanan yang baik. Banyak layanan yang ditawarkan BRI dipergunakan banyak orang sebagai solusi keuangan personal ataupun korporat.

Berikut adalah daftar layanan perbankan BRI yang dipergunakan banyak orang secara luas.

1. Jenis Produk Simpanan BRI

Dipercaya banyak orang hingga ke seluruh penjuru tanah air, BRI mempunyai setidaknya lebih dari sepuluh jenis simpanan. Produk-produk simpanan yang ditawarkan BRI dikelompokkan menjadi tiga:

  • Tabungan BRI, yang terdiri dari Simpedes, Britama, Britama Bisnis, Britama Edisi Anak Muda, Simpedes TKI, Tabungan BRI Simpel, Tabungan Haji, Britama Rencana, Britama Valas, dan Tabungan BRI Junio.
  • Deposito BRI, yang terdiri dari Deposito Rupiah, Deposito Valas, dan Deposit On Call.
  • Giro BRI, yang terdiri dari Giro BRI Rupiah dan Giro BRI Valas.

Tiap-tiap produk simpanan dilengkapi dengan fasilitas penunjang perbankan, seperti kartu ATM dan buku tabungan.

2. Produk Pinjaman BRI

Sampai saat ini kewirausahaan di Indonesia terus genjot. Upaya ini tentu saja ditunjang dengan semakin mudahnya mendapatkan pinjaman dari bank. BRI adalah salah satu yang terdepan dalam hal pinjaman bagi masyarakat Indonesia. Penyediaan pinjaman dari BRI terdiri dari:

  • Pinjaman Mikro BRI yang paling terkenal adalah Kupedes atau Kredit Usaha Pedesaan. Ini adalah salah satu bentuk kredit multiguna dalam bentuk kredit mikro yang banyak dipergunakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).
  • Pinjaman Ritel Komersial dan Menengah BRI yang terdiri dari Kredit Modal Kerja, Supply Chain Financing, Kredit Investasi, Kredit Waralaba, Kredit Agunan Kas, dan Bank Garansi.
  • Briguna yang terdiri dari Briguna Karya, Briguna Purna, dan Briguna Umum.
  • Pinjaman Program BRI yang terdiri dari Kredit Pengembangan Energi Nabati dan Revitalisasi (KPEN-RP), Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE) Tebu, dan Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE).
  • Kredit Usaha Rakyat (KUR), produk pinjaman BRI yang terdiri dari KUR Mikor, KUR Ritel, dan KUR TKI.

3. Layanan Perbankan BRI Internasional

Produk layanan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan transkasi antarnegara yang meliputi:

  • BRI Trade Finance & Services, yang terdiri dari Export, Import, SKBDN, Standby L/C atau Bank Garansi, dan BRI RTR Online System (BROS).
  • BRIfast Remittance.
  • Financial Institution.
  • BRI Money Changer.
  • Unit Kerja Luar Negeri, yang terdiri dari BRI New York Agency (BRINYA), BRI Cabang Cayman Island (BRICIB), BRI Hong Kong Representative Office (BRI HKRO), dan BRI Cabang Singapura.

Layanan BRI Internasional ini tergolong layanan perbankan khusus yang bisa diakses nasabah tertentu. Namun, setiap nasabah berkemungkinan untuk menjadi nasabah khusus tersebut.

4. Jasa Bank

Terdiri dari Jasa Bisnis, Jasa Keuangan, Jasa Kelembagaan, E-Banking, dan Treasury.

5. Produk Konsumer

Terdiri dari Kartu Kredit, Kredit Pemilikan Rumah, Kredit Kendaraan Bermotor, dan Outlet SKK.

6. Produk Investasi Perbankan

Produk investasi perbankan ini bekerja sama dengan perusahaan investasi untuk memenuhi kebutuhan investasi nasabah melalui layanan BRI. Produk investasi perbankan terdiri dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), Obligasi Negara Ritel (ORI) & Sukuk Negara Ritel (SR), Jasa Wali Amanat, dan Jasa Kustodian.

7. Produk Layanan Prioritas

Layanan Prioritas Bank BRI ditujukan bagi nasabah yang memiliki saldo dan transaksi besar di BRI. Layanan ini sebagai layanan lebih agar nasabah tetap loyal pada BRI. Layanan ini terdiri dari Produk, Layanan & Privileges, Reksa Dana, Kartu BRI Prioritas, Outlet Layanan Prioritas, dan Kriteria Nasabah.

Setiap layanan perbankan BRI disiapkan sebagai bentuk layanan terbaik pada nasabah. Untuk itulah, BRI berusaha menghadirkan menu-menu fitur perbankan dalam setiap layanannya. Termasuk menu umum seperti misalnya kemudahan dalam melakukan pengecekan saldo yang bisa dilakukan dimana saja melalui beragam media yang tersedia.

Cek Saldo BRI: Mudah, Praktis, dan Banyak Pilihan

Cek Saldo BRI

Beragam Cara dalam Mengecek Saldo Bank BRI via lepaskendali.com

 

Mengecek saldo adalah salah satu aktivitas perbankan rutin yang lazim dilakukan nasabah atau pengguna layanan perbankan dari bank apa pun. Mengecek saldo penting untuk dilakukan supaya seseorang mengetahui tentang posisi dan jumlah uang yang tersisa dalam akun atau rekeningnya.

Bagi nasabah BRI, mengecek saldo dapat dilakukan dengan beberapa metode:

1. Cek Saldo melalui Unit Kerja BRI

Cara ini paling konvensional dan sudah jarang digunakan. Anda hanya perlu datang ke kantor cabang atau unit kerja BRI dan menyampaikan maksud ke bagian teller atau customer service untuk cek saldo rekening. Syaratnya adalah membawa buku tabungan dan identitas diri.

2. Cek Saldo melalui SMS Banking

SMS Banking BRI hadir sebagai salah satu layanan yang bisa digunakan untuk cek saldo. Cara yang dilakukan untuk mengecek saldo dalam rekening BRI yang dimiliki tidaklah sulit. Cukup dengan mengetikkan format SMS: SALDO (spasi) PIN ATM. Selanjutnya, tinggal mengirim ke nomor 3300. Bila format benar, dalam waktu singkat nasabah akan menerima SMS balasan langsung ke nomor yang dipergunakan untuk SMS Banking BRI tersebut yang berisi tentang informasi jumlah saldo terakhir serta informasi perbankan lainnya yang disediakan server BRI.

Sebagai tambahan informasi, layanan ini baru bisa diakses setelah nasabah melakukan pendaftaran atau verifikasi untuk menggunakan layanan ini. Verifikasi atau pendaftaran bisa dilakukan, baik langsung melalui costumer service BRI yang ada di kantor cabang BRI terdekat maupun kantor tempat melakukan pembukaan rekening. Kalau pendaftaraan atau verifikasi sukses, layanan ini akan aktif dan bisa dipergunakan kapan dan di mana saja saat itu juga.

3. Cek Saldo melalui layanan BRI E-Banking (Internet Banking)

Nasabah BRI juga bisa cek saldo melalui layanan E-Banking atau Internet Banking. Caranya adalah dengan mengakses website internet banking BRI dan Selanjutnya, tinggal mencari menu informasi rekening dan mencari informasi saldo sebagaimana yang dikehendaki. Mengakses layanan perbankan untuk mengecek saldo melalui E-Banking selain mudah dan efisien juga lebih praktis.

4. Cek Saldo melalui ATM

Metode ini adalah metode yang paling familiar di kalangan pengguna jasa perbankan di Indonesia. Banyak nasabah yang melakukan cek saldo ini sekaligus juga melakukan tarikan tunai dari rekening yang dimilikinya. Cara yang dilakukan hanya tinggal mengikuti menu sebagaimana yang tertera di mesin ATM tempat melakukan transaksi.

Baca Juga: Cara Daftar Internet Banking di 4 Bank Terbesar di Indonesia

Pilih yang Bisa Dijangkau dan Nyaman Digunakan

Metode mengecek saldo akan terus berkembang untuk mempermudah nasabah. Bank-bank akan saling berlomba dalam mengadopsi teknologi baru demi meningkatkan pelayanannya kepada nasabah. Begitu juga dengan BRI yang hadir sebagai satu-satunya penyedia jasa perbankan yang memiliki fasilitas satelit sendiri. Keberadaan satelit tersebut diharapkan semakin meningkatkan layanan perbankan yang berbasis teknologi. Beragamnya metode mengecek saldo memberikan pula beragam pilihan bagi nasabah. Pilihlah yang bisa dijangkau dengan cepat dan nyaman digunakan.

Baca Juga: 3 Produk Tabungan Haji Terbaik yang Cocok Anda Gunakan