Cara Mudah Menghubungi Call Center CIMB Niaga

Berdiri pada tanggal 26 September 1955, PT Bank CIMB Niaga Tbk. adalah bank swasta nasional yang dahulu bernama Bank Niaga.

Salah satu keunggulan yang dimiliki CIMB Niaga adalah infrastruktur teknologi informasinya yang baik. Beberapa fasilitas berbasis teknologi informasi (IT) telah digunakan bank ini sejak awal. Bahkan, bank ini termasuk bank yang pertama kali ikut memberikan pelayanan berupa mesin ATM di Indonesia.

Tepatnya pada tahun 1987, CIMB Niaga menjadi bank lokal pertama yang memberikan pelayanan perbankan melalui mesin Automatic Teller Machine (ATM) di Indonesia.

Pencapaian ini dikenal luas sebagai masuknya Indonesia ke dalam dunia perbankan modern. Kemudian, di tahun 1989, Bank CIMB Niaga menjadi perusahaan terbuka dengan mencatatkan saham atas namanya pada PT Bursa Efek Indonesia (dahulu PT Bursa Efek Jakarta dan PT Bursa Efek Surabaya). 

Bank dengan kode saham BNGA ini kini termasuk dalam kategori bank BUKU 4, bank dengan modal inti di atas Rp30 triliun.

Baca Juga: Waspadai Modus Cyber Crime, Ini Cara Aman Transaksi Internet Banking

Sekilas Tentang CIMB Niaga

loader

Ilustrasi Bank CIMB Niaga 

Dikutip dari situs resminya, Bank CIMB Niaga mempertahankan posisinya sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset (Total aset sebesar Rp 280,9 triliun per 31 Desember 2020). 

Kini CIMB Niaga menawarkan nasabahnya beragam produk dan layanan perbankan yang komprehensif di Indonesia mulai dari perbankan konsumer, perbankan usaha kecil dan menengah (UKM), perbankan komersial, hingga perbankan korporasi, yang didukung dengan kapabilitas tresuri serta transaction banking dan jaringan branchless banking yang mumpuni.

Selain itu, CIMB Niaga juga memiliki produk dan layanan komersial dan syariah melalui Unit Usaha Syariah CIMB Niaga Syariah.  

Bisnis utama bank ini adalah kredit modal usaha dan kepemilikan rumah. Di mana CIMB Niaga tercatat sebagai bank penyedia kredit pemilikan rumah terbesar ketiga di Indonesia.

Adapun sepanjang perjalanannya, saat masih bernama Bank Niaga, berikut catatan langkah strategis telah dilakukan CIMB Niaga:

  • Pada 1976, Bank Niaga meluncurkan Program Kredit Profesional, yaitu pinjaman bagi para profesional, seperti ahli teknik, dokter, dan sebagainya.
  • Dari 1981-1982, Bank Niaga menjadi bank pertama di Indonesia yang menerapkan sistem perbankan jaringan (online) dan sistem jaringan kantor cabang.
  • Pada 1985, Bank Niaga membentuk jaringan unit usaha penukaran valuta asing resmi di sejumlah kantor cabang.
  • Pada 1987, Bank Niaga menjadi bank pertama yang menawarkan layanan perbankan kepada nasabahnya melalui mesin ATM di Indonesia.
  • Juni 1989 adalah momen di mana Bank Niaga melakukan penawaran saham perdana untuk menjadi perusahaan terbuka.
  • Pada 2002, Commerce Asset Holdings Berhad (CAHB), yang sekarang dikenal luas sebagai CIMB Group Holdings Berhad, mengakuisisi saham Bank Niaga
  • Pada Mei 2008, Bank Niaga resmi berubah nama menjadi Bank CIMB Niaga

Sementara itu, produk perbankan yang ditawarkan CIMB Niaga bervariasi, seperti simpanan (tabungan dan deposito), kartu kredit, kartu debit, pinjaman (pinjaman kepemilikan rumah (KPR), pinjaman kepemilikan kendaraan, pinjaman tanpa agunan, kiriman valuta asing, SpeedSend, MoneyGram, Special Remittances, dan layanan Wealth Management yang meliputi reksa dana dan produk investasi lain dan Bancassurance.

Baca Juga: Lupa Nomor Rekening? Inilah Cara Mengetahuinya

Nomor Call Center Bank CIMB Niaga - 14041

loader

Ilustrasi Call Center 

  • Hubungi layanan Contact Center CIMB Niaga di 14041 / 1500800 untuk wilayah Indonesia 
  • Hubungi layanan call center CIMB dari Luar Negeri di +6221 - 2997 8888

Pada awalnya, CIMB Niaga memberikan layanan call center bebas pulsa sebagai bagian dari layanan prima bagi nasabahnya. Namun, saat ini layanan tersebut sudah tidak berlaku lagi. Ada baiknya melakukan panggilan dari telepon rumah atau public switched telephone network (PSTN). Di luar itu, Anda juga bisa menghubungi lewat ponsel atau handphone dengan biaya tergantung dari provider yang digunakan.

Selain call center 24 jam via telepon, Anda juga bisa melakukan pengaduan terkait produk dan layanan melalui email, website dan sosial media:

Bank CIMB juga senantiasa menghimbau nasabahnya untuk selalu berhati-hati dengan penipuan online yang mengatasnamakan CIMB Niaga.

  • Apabila  Anda menerima email mencurigakan atas nama bank CIMB Niaga, silahkan meneruskannya ke 14041@cimbniaga.co.id dan segera hapus email tersebut.
  • Harap perhatikan bahwa bank tidak akan pernah mengirim email yang meminta pelanggan untuk mengklik link yang diberikan di dalam email.

Semua informasi Produk-produk dari CIMB Niaga dan solusi masalah perbankan seperti masalah kartu kredit hilang, lupa pin, buku tabungan hilang, pemblokiran debit dan kredit, serta masalah lainnya, Anda bisa langsung hubungi call center CIMB Niaga, via media sosial akun resmi CIMB Niaga, atau kantor cabang/ Digital Lounge CIMB Niaga terdekat di tempat tinggal Anda.  

Berikut langkah-langkah prosedur penyampaian pengaduan di Bank  CIMB Niaga:

Siapkan : 

  • Identitas diri (KTP/Paspor)
  • Kronologis pengaduan
  • Data/dokumen pendukung seperti bukti transaksi, formulir sanggahan dan lain-lain
  • Nomor telepon pelapor / nasabah
  • Sampaikan pengaduan, pilih lapor via:

    • Kantor Cabang/ Digital Lounge CIMB Niaga 
    • Layanan CIMB Niaga 14041 / 1500800
    • Email 14041@cimbniaga.co.id
    • Website & Media Sosial CIMB Niaga
      Website: www.cimbniaga.co.id
      Facebook: CIMB Niaga
      Twitter: @cimbniaga
      Instagram: @cimb_niaga
  • Kemudian Bank akan menerima pengaduan yang Anda sampaikan, memberikan nomor pengaduan dan solusi atas kesulitan yang Anda alami. Selain itu, ada juga informasi perpanjangan waktu apabila penanganan pengaduan Anda lebih dari 20 Hari Kerja. 

Baca Juga: Ngeri Penipuan Online Berkedok Unggah Foto Selfie dan KTP, Kenali 7 Cirinya