Inilah Cara Cek Nomor Rekening Buat Kamu, Si Pelupa

Pernahkah dimintai nomor rekening alias norek bank? Syukur kalau ingat nomornya, bagaimana kalau ternyata lupa? Mau tak mau, cara yang paling sering dilakukan adalah buka lagi buku tabungan untuk menuliskan nomor rekening. Tapi konsekuensinya tentu saja transaksi harus tertunda sementara waktu atau tidak bisa secepat yang diharapkan.

Bila kamu lupa dengan nomor tersebut, ada sejumlah cara yang bisa membantumu untuk mengetahuinya. Bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya.

Baca Juga: Pengertian Rekening Koran, Fungsi, dan Cara Mengajukannya

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cek Nomor Rekening di Buku Tabungan

loader
Di Balik Cover Buku Terdapat Nomor Rekening

Cara yang satu ini barangkali sudah banyak yang tahu. Buku tabungan selain menyimpan catatan saldo, uang yang terdebit, dan terkredit, juga menyimpan beberapa informasi lain. Salah satunya adalah nomor rekening yang letaknya bisa ditemukan di balik cover buku tabungan. Nah, bagi kamu yang kebetulan membawa buku tabungan, segera buka buku tabunganmu dan perhatikan informasi yang tercantum di balik cover. Kamu akan menemukan nomor rekeningmu.

Tapi banyak pula yang tidak membawa buku tabungan karena alasan tertinggal di rumah atau memang sengaja tidak dibawa supaya hilang. Buku tabungan baru akan dibawa ketika ingin menyetor uang ke bank maupun keperluan lain. Nah, buat kamu yang sering tidak membawa buku tabungan, masih ada cara lain untuk mengetahui nomor rekening. Seperti yang dijelaskan di bawah ini.

2. Cek Nomor Rekening di ATM

loader
Cek Nomor Rekening di ATM

Fungsi ATM yang banyak orang tahu adalah memfasilitasi penarikan uang tunai. Cukup masukkan kartu ATM, lalu ketikkan nomor PIN (Personal Identification Number) dan memilih nominal yang ingin ditarik, maka uang tunai keluar dari mesin yang jumlahnya sesuai dengan yang kamu pilih. Di samping itu, mesin ATM memiliki banyak fungsi lainnya. Mulai dari pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, sampai setor tunai.

Ternyata ada satu fungsi yang belum banyak orang tahu dari mesin ATM, yaitu bisa digunakan untuk mengecek nomor rekening. Bagaimana caranya? Saat menggunakan mesin ATM, ada beberapa menu yang tersedia yang membantumu dalam menggunakan mesin ATM. Bagi nasabah Bank BRI, BNI, dan BCA cari dan pilihlah menu Mutasi Rekening, maka nomor rekening tabungan akan ditampilkan berikut histori transaksi keuangan terakhir. Jangan lupa catat norek kamu dengan teliti.

3. Cek Nomor Rekening di Internet Banking

loader
Nomor Rekening Juga Tersimpan di Internet Banking 

Sekarang zamannya serba online. Ponsel pintar, netbook, atau gadget lain terhubung dengan internet. Perbankan pun telah menghadirkan layanan internet banking untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi keuangan secara online, kapanpun dan di manapun. Buat yang lupa nomor rekening, kamu bisa mencari tahu lewat internet banking. 

Cara pertama, kamu harus registrasi dulu untuk mendapatkan akun internet banking. Bisa melalui mesin ATM atau langsung datang ke kantor cabang bank terdekat. Jika sudah, kamu tinggal mengetikkan alamat internet banking di browser.

Begitu login, biasanya terdapat menu informasi rekening di halaman muka. Lewat menu tersebut, kamu dapat mengetahui nomor rekeningmu.

4. Cek Nomor Rekening di Mobile Banking

loader
Di Mobile Banking, Nomor Rekening Juga Tersimpan 

Sama-sama mengandalkan kecanggihan teknologi dan akses internet, bukan berarti mobile banking serupa dengan internet banking. Fasilitas perbankan mobile banking bisa dipakai dalam wujud aplikasi yang terpasang di ponsel atau gadget-mu. Jadi kamu perlu mengunduhnya (download) dari Google Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna IOS) dengan mengetikkan nama bank atau aplikasi yang digunakan.

Untuk bisa menggunakan mobile banking, kamu perlu membuat akun berupa ID dan password agar dapat mengaksesnya. Registrasi dan aktivasi mobile banking perlu ke kantor cabang bank terdekat. Begitu sudah diaktivasi ID dan password, kamu login, pilihan menu layanan akan ditampilkan di layar smartphone. Biasanya nomor rekening tercantum di menu Informasi Akun, Informasi Saldo, atau Mutasi Rekening.

5. Tanyakan Lewat Call Center

loader

Dengan Menghubungi Call Center, Kamu Bisa Mengetahui Nomor Rekening

Kebanyakan bank menyediakan layanan call center agar nasabah bisa mendapatkan informasi dengan cepat lewat sambungan telepon. Layanan call center cenderung dimanfaatkan untuk memblokir kartu ATM, entah karena hilang atau tertelan mesin ATM. Pemblokiran sendiri merupakan langkah pengamanan agar uang dalam rekening tidak dikuras pelaku kejahatan.

Di samping itu, manfaat lain yang bisa dirasakan dari penggunaan layanan call center, seperti menanyakan produk perbankan, misalnya kartu kredit, melakukan transaksi perbankan, atau menanyakan informasi suku bunga. Ternyata, menanyakan nomor rekening pun juga bisa lewat call center. Kamu tinggal menghubungi nomor call center bank yang digunakan dan tanyakan nomor rekeningmu. Langkah selanjutnya tinggal kamu ikuti.

Di bawah ini adalah daftar nomor call center dari sejumlah bank yang bisa dihubungi kapan saja dan di mana saja.

6. Cari Tahu di Kantor Bank Terdekat

loader
Menanyakan Langsung ke Bank Juga Bisa Jadi Cara Tahu Nomor Rekening

Ini jadi cara terakhir apabila cara-cara sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan. Bisa saja buku tabungan hilang atau kebetulan ponselmu dalam kondisi rusak. Satu-satunya untuk mencari tahu nomor rekening adalah mendatangi kantor bank terdekat dan menanyakan langsung ke customer service. Jangan lupa membawa KTP agar memperlancar proses validasi data nantinya.

Pilih dan Gunakan Cara yang Dirasa Mudah

Dari penjelasan di atas, banyak pilihan cara yang bisa dilakukan untuk mencari tahu nomor rekening. Kamu tinggal memilih mana yang lebih memudahkanmu. Kalau kamu tipe orang yang melulu tergantung pada ponsel, gunakan internet banking atau mobile banking. Tapi jika kebetulan sedang lewat di dekat ATM, bisa melipir sejenak untuk mencari tahu nomor rekening melalui mesin ATM. Simpelnya, pilih dan gunakan cara yang kamu rasa paling mudah supaya urusan transaksi keuangan cepat selesai.

Baca Juga: Simak Apa Itu Mutasi Rekening dan Cara Mengetahuinya