Biaya Operasi Lasik Mata Tahun 2022 Terbaru

Biaya operasi lasik mata dapat berbeda-beda di tiap rumah sakit. Faktor-faktor yang memengaruhinya adalah metode operasi yang digunakan, kualitas pelayanan rumah sakit, kompetensi atau kualitas dokter yang menjalankan operasi, dan reputasi rumah sakit. Selain itu, faktor risiko juga menjadikan biaya operasi lasik tergolong mahal.

Biaya operasi lasik di Indonesia pada tahun 2022 berkisar di rentang harga Rp10.000.000 hingga Rp25.000.000 untuk satu mata. Biaya tersebut ada yang sudah termasuk jasa konsultasi dengan dokter serta obat-obatannya, ada juga yang belum.

Bagi yang ingin menjalani operasi lasik mata, alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui informasi mengenai operasi lasik mata, seperti penjelasan mengenai lasik mata, biaya operasi lasik mata di berbagai rumah sakit, metode operasi lasik mata, persiapan operasi lasik mata, hingga risiko operasi lasik mata. Selengkapnya simak poin-poin berikut ini.

Baca juga: Operasi LASIK: Persiapan, Prosedur, hingga Efek Sampingnya

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Apa itu Operasi Lasik Mata?

loader

Operasi Lasik

Operasi lasik mata adalah jenis operasi mata menggunakan teknologi sinar laser untuk mengobati kelainan refraksi mata. Contoh kelainan refraksi mata adalah rabun dekat (hipermetropi), rabun jauh (miopia), dan silinder (astigmatisma). 

Melalui prosedur operasi lasik mata, teknologi sinar laser akan membantu membentuk kornea mata agar mata dapat lebih memfokuskan sinar cahaya ke retina di bagian belakang mata. Alhasil, penglihatan akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Biaya Operasi Lasik Mata di Berbagai Rumah Sakit

Biaya operasi lasik mata berbeda tiap rumah sakit. Daftar biaya rumah sakit di bawah ini merupakan biaya minimum, artinya biaya operasi dapat lebih mahal. Semua tergantung pada kondisi yang terjadi pra, saat, dan pasca operasi. 

No.

Daerah

Kisaran Biaya Operasi Lasik

1.

Jakarta Pusat

Rp12.000.000 - Rp14.000.000

2.

Jakarta Barat

Rp14.000.000

3.

Jakarta Selatan

Rp12.500.000 - Rp14.000.000

4.

Bandung

Rp19.000.000

5.

Surabaya

Rp11.000.000 - Rp16.000.000

6.

Semarang

Rp14.000.000

7.

Yogyakarta

Rp9.000.000 - Rp10.500.000

Biaya Operasi Lasik Mata dengan BPJS, Ditanggung?

loader

Operasi Lasik dengan BPJS

Secara mendasar, Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) hanya menanggung biaya operasi yang bersifat pengobatan wajib. Operasi lasik mata termasuk ke dalam pelayanan kesehatan yang bersifat kosmetika atau estetik, sehingga bersifat tidak wajib operasi. 

Jadi, BPJS tidak menanggung biaya operasi lasik mata. Namun, BPJS hanya akan menanggung biaya pembelian kacamata untuk pasien penderita rabun jauh, rabun dekat, dan silinder.

Kelainan refraksi mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, dan silinder dianggap masih mampu ditangani oleh alat bantu kacamata. Pada umumnya, operasi lasik mata dilakukan oleh pasien yang memiliki gangguan refraksi mata dan merasa tidak nyaman menggunakan kacamata. Pasien tersebut ingin terbebas dari penggunaan kacamata sehingga memutuskan untuk menjalani operasi lasik mata.

Namun, ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat seorang pasien pengobatan lasik mata dapat ditanggung biaya operasi lasik matanya oleh BPJS Kesehatan. Adapun kondisi khusus tersebut sebagai berikut.

1. Kelainan Ablasio Retina

Kelainan ablasio retina adalah kondisi di lepasnya retina dari epitel yang disebabkan oleh kecelakaan atau faktor usia. Penyakit mata ini bersifat darurat dan memungkinkan penderitanya mengalami kebutaan. 

Penyakit ini memungkinkan untuk diobati melalui prosedur operasi lasik mata. Jika mengalami kelainan ini, sebaiknya segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter mengenai kemungkinan naik meja operasi melalui prosedur lasik mata.

2. Melalui Rujukan yang Dilakukan Bertahap

Melalui pemeriksaan secara bertahap dari fasilitas kesehatan tingkat I dan seterusnya, kondisi mata pasien akan terdeteksi secara dini dan komprehensif. Pemeriksaan secara bertahap akan menjawab kebutuhan pasien akan urgensi dilakukannya operasi lasik mata.

Jika sudah melakukan pemeriksaan bertahap dan hasilnya direkomendasikan untuk wajib operasi lasik mata, kamu akan diberikan surat rujukan dan riwayat pemeriksaan dari tiap tingkat faskes BPJS. 

Apabila surat rujukan dan pemeriksaan tiap faskes BPJS sudah lengkap, kamu dapat mengajukan pembiayaan operasi lasik mata agar biaya operasi lasik mata dapat ditanggung sepenuhnya oleh BPJS.

Metode Lasik Mata

Terdapat dua metode operasi lasik mata, yakni metode Femto LASIK dan ReLEx  SMILE (SMall Incision Lenticule Extraction). Pemilihan metode operasi tersebut disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien.

1. Metode Femto LASIK

Metode FemtoLASIK menggunakan laser Femtosecond sebagai pengganti pisau bedah. Laser Femtosecond digunakan untuk menciptakan lipatan tipis atau flap pada kornea. Flap dibentuk untuk memperbaiki mata minus dan silinder. Selain menggunakan laser Femtosecond, metode ini juga menggunakan laser excimer untuk membentuk tingkat lengkungan pada kornea.

Kelebihan metode ini adalah dapat mengurangi risiko luka operasi dan peradangan rendah pada kornea, sebab ketebalan flap kornea lebih mudah diprediksi. Dalam beberapa kasus, laser Femtosecond mampu memperbaiki jumlah rabun jauh dengan akurasi yang lebih tinggi, sebab mampu membuat flap kornea dengan lebih tipis.

Jika operasi lasik menggunakan mesin MEL-80 dengan laser Femtosecond, durasi operasi bedah mata ini relatif cepat hanya 10–15 menit. Adapun prosedur operasi secara singkat sebagai berikut.

  • Laser femtosecond akan membuat lipatan tipis atau flap pada kornea.
  • Membuka flap yang sudah dibentuk menggunakan laser excimer pada bagian permukaan kornea yang sudah dibuka.
  • Mengembalikan posisi flap seperti awal mula. 

2. Metode ReLEx SMILE (SMall Incision Lenticule Extraction)

Metode ini menggunakan teknologi laser yang lebih mutakhir, yakni laser Femtosecond Visumax. Metode ini tidak perlu melakukan pembukaan atau membentuk flap pada kornea. Operasi dengan metode ReLex SMILE juga hanya memerlukan durasi 10 menit, lebih cepat daripada metode Femtosecond.

Struktur kornea saat dioperasi juga lebih stabil karena proses sayatan operasi atau insisi hanya menghasilkan panjang 2–4 mm. Keunggulan lainnya adalah risiko mata kering setelah operasi sangat minim. Prosedur operasi ReLex SMILE ada tiga tahap, di antaranya.

  • Laser Femtosecond Visumax membuat lentisel atau lapisan tipis pada jaringan kornea dan insisi sepanjang 2–4 mm pada bagian sisi kornea.
  • Mengeluarkan potongan berbentuk piringan (lenticule) yang sudah dibuat di bagian sisi kornea.
  • Mengoreksi atau memperbaiki kelainan refraksi. Bentuk kornea akan terkoreksi atau berubah dan jalan sinar yang masuk ke dalam mata menjadi lebih tajam.

Persiapan Operasi Lasik Mata

Jika pasien telah direkomendasikan untuk melakukan operasi lasik mata, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum operasi lasik mata dilakukan, di antaranya sebagai berikut.

  • Pasien akan diperiksa matanya untuk mengukur ketebalan dan lengkungan kornea.
  • Jika pasien menggunakan lensa kontak, maka harus dilepas setidaknya dua minggu sebelum pemeriksaan akhir jelang operasi.
  • Pasien menyiapkan kacamata untuk diperiksa. 

Risiko Operasi Lasik Mata

Ada beberapa efek samping atau risiko yang kemungkinan dialami oleh pasien pasca-operasi lasik mata, di antaranya sebagai berikut.

  • Mata menjadi sensitif terhadap sinar atau cahaya.
  • Gejala mata kering.
  • Gangguan pada kornea karena infeksi atau proses penyembuhan jaringan kornea yang kurang sempurna.
  • Penglihatan terganggu.
  • Astigmatisme dapat terjadi jika pengikisan tidak merata.
  • Overcorrection terjadi ketika laser mengikis terlalu banyak jaringan pada mata.
  • Undercorrection terjadi ketika laser mengikis terlalu sedikit jaringan pada mata.

Namun, bagi yang akan menjalani operasi lasik mata tidak perlu khawatir, sebab risiko di atas biasanya hanya bersifat sementara dan akan hilang dalam jangka waktu beberapa minggu setelah operasi. 

Baca juga: Cara Alami Mengatasi Mata Minus, Tak Perlu Operasi!

Biaya Operasi Lasik Dapat Terhindar dengan Menjaga Mata

Bagi yang nantinya akan menjalani operasi lasik mata, ada beberapa tips dan trik yang dapat diterapkan untuk menjaga mata agar tetap sehat. Pertama, kamu dapat menggunakan pelindung mata saat tidur. Hal itu dapat membantu mata beristirahat dan rileks saat tidur. 

Kedua, kamu juga perlu menghindari untuk menggosok mata secara kasar dan berlebihan. Ketiga, kamu juga perlu menghindari aktivitas renang setidaknya selama dua minggu pasca operasi. Kamu juga perlu untuk tidak berolahraga selama seminggu, agar mata dapat beristirahat dengan cukup setelah menjalani operasi. 

Terakhir, kamu harus memeriksakan mata secara rutin ke dokter mata agar perkembangan mata dapat diawasi dengan baik oleh dokter. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata dengan baik ya!

Disclaimer: Seluruh informasi yang terdapat dalam artikel ini terutama mengenai rincian atau estimasi biaya, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan biaya operasi yang sesungguhnya. Harap melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter dan pihak rumah sakit tempat kamu dirawat untuk mendapatkan informasi harga dan perawatan yang lebih akurat.