Cara Praktis untuk Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit menjadi salah satu fasilitas pembayaran yang populer dan sangat banyak diminati. Jumlah pengguna aktif kartu kredit bahkan meningkat tajam setiap tahunnya. 

Namun jika sudah tidak membutuhkan dan berniat berhenti menggunakan kartu kredit, melakukan penutupan tentu bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Jika memang sudah benar-benar tidak ingin menggunakan kartu kredit tersebut, melakukan penutupan secara permanen bisa menjadi langkah yang paling aman. Apapun alasan untuk mengajukan penutupan kartu kredit, pastikan untuk melakukannya dengan langkah yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang perlu dilakukan untuk menutup kartu kredit dengan aman:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Ajukan permohonan tertulis

loader

Ada banyak cara yang kerap dilakukan untuk menutup kartu kredit, mulai dari mendatangi bank secara langsung atau bahkan menghubungi pihak bank melalui sambungan telepon. 

Namun jika kamu termasuk orang yang sibuk, maka mengajukan permohonan penutupan kartu kredit secara tertulis bisa menjadi pilihan yang bijak. Cukup menghubungi pihak bank melalui email atau bahkan fax, tanpa perlu membuang waktu yang banyak untuk urusan yang satu ini.

Pastikan Anda menyampaikan keinginan untuk menutup kartu kredit tersebut secara jelas. Hal ini penting, untuk menghindari kesalah pahaman dan juga berbagai hal lainnya di luar prediksi. 

Jika pihak bank lambat dalam merespon email, maka Anda melanjutkan proses tersebut dengan sambungan telepon.

Baca Juga: Awas Kejahatan Kartu Kredit Modus Carding, Begini Cara Kerjanya

2. Fokuslah menutup kartu kredit dan abaikan penawaran bank

Saat mengajukan permohonan penutupan kartu kredit, pihak bank mungkin saja tidak akan langsung menyetujuinya. Kartu kredit merupakan salah satu bisnis yang dijalankan oleh bank, sehingga penutupan yang dilakukan tentu akan merugikan mereka. 

Dalam proses ini, pihak bank biasanya akan menawarkan berbagai hal menarik, seperti: kenaikan limit kredit, upgrade ke jenis kartu lainnya, atau bahkan gratis iuran tahunan untuk tahun berikutnya. 

Semua penawaran ini mungkin akan menarik, namun kamu tetap harus fokus pada tujuan utama. Kamu berniat berhenti menggunakan kartu kredit, jadi pastikan Anda melakukannya dengan cara yang tepat. 

Abaikan semua penawaran yang diberikan oleh pihak bank, agar tujuan Anda menutup kartu kredit tersebut tidak sampai gagal.

3. Melunasi semua tagihan dan memanfaatkan reward dengan maksimal

loader

Jika masih memiliki sisa tagihan di dalam kartu kredit, maka pastikan sudah menyiapkan dana yang cukup untuk melunasi semuanya. Kamu harus membayarkan semua sisa tagihan tersebut secara penuh, agar tujuan menutup kartu kredit bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, kamu juga harus menghentikan semua akses pembayaran otomatis yang dilakukan melalui kartu kredit tersebut, sehingga di bulan berikutnya tidak ada lagi tagihan yang masuk.

Jangan lupa untuk mengecek semua reward yang masih dimiliki di dalam kartu kredit. Manfaatkan semua reward ini secara maksimal, sebelum akhirnya benar-benar menutup kartu kredit tersebut. 

Lakukan hal ini sejak awal, bahkan sebelum mengajukan penutupan kartu kepada pihak bank.

4. Pastikan kartu kredit sudah diblokir

Setelah mengajukan permohonan penutupan kartu kredit, bank mungkin saja akan membutuhkan beberapa waktu untuk melakukan hal tersebut. 

Saat permohonan sudah disetujui, kamu perlu melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa akun kartu kredit tersebut sudah benar-benar diblokir oleh pihak bank. 

Hal ini penting dan akan membantu menghindari timbulnya tagihan serta berbagai masalah yang tidak diinginkan di masa yang akan datang.

Baca Juga: 6 Jebakan Cicilan 0% Kartu Kredit 

5. Cek pengembalian saldo kredit

loader

Menyisakan saldo lebih di dalam kartu kredit merupakan hal yang lazim dilakukan sebelum penutupan kartu tersebut. 

Hal ini biasanya bertujuan untuk menghindari tagihan yang baru dan sekaligus mengantisipasi jika ternyata bank menerapkan biaya penutupan. 

Saat sudah berhasil melakukan penutupan kartu kredit tersebut, cek pengembalian sisa saldo ini. Biasanya pihak bank akan melakukan pengembalian melalui rekening pribadi pengguna kartu kredit itu sendiri.

Tutup Kartu Kredit dengan Cara yang Tepat

Melakukan penutupan akun kartu kredit merupakan cara yang kerap ditempuh untuk berhenti menggunakan fasilitas ini. Bagi yang berniat melakukannya, pastikan sudah memahami syarat dan juga prosedur yang ditentukan oleh bank. Tutup kartu kredit dengan cara tepat, agar kelak tidak mengalami kendala dan masalah lagi setelahnya.

Baca Juga: Punya Kartu Kredit Bisa Dipakai Buat Apa Saja?