Punya Kartu Kredit Bisa Dipakai Buat Apa Saja?

Kartu kredit adalah alat pembayaran non-tunai yang masih popular hingga saat ini. Meski disesaki aplikasi dompet digital maupun fasilitas pinjaman kekinian lain, seperti paylater, kartu kredit tetap saja diminati.

Itu karena berbagai keuntungan yang ditawarkan kartu kredit kepada penggunanya. Bukan hanya transaksi keuangan jadi lebih mudah, cepat, dan lancar, tetapi sederet manfaat lain dari ‘kartu sakit’ ini.

Ini ragam keuntungan kartu kredit yang bisa kamu dapatkan bila menjadi pengguna atau nasabah. Pantas saja kartu kredit bikin ketagihan banyak orang.

Baca Juga: 4 Cara Menghindari Terjadinya Skor Kredit Jelek

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

  loader
Kartu kredit memudahkan pembayaran tagihan dan belanja

1. Pembayaran tagihan lebih mudah dan cepat

Setiap bulan, kamu wajib membayar berbagai macam tagihan yang datang, selain tagihan kartu kredit itu sendiri. Contohnya seperti tagihan listrik, air, internet atau telepon, asuransi, sampai cicilan utang KTA, KPR, maupun kredit kendaraan.

Semua urusan pembayaran tagihan bisa lebih mudah dan cepat dengan kartu kredit. Itu jika kamu ingin membayarnya menggunakan kartu kredit.

Caranya, tinggal daftarkan tagihan-tagihan bulanan tersebut ke bank penerbit, maka otomatis akan terbayarkan setiap bulannya tepat waktu. Jadi, kamu terbebas dari biaya denda.

2. Menikmati fasilitas cicilan 0%

Beli barang pakai kartu kredit, bisa nyicil sekaligus tidak kena bunga? Bisa banget. Ini namanya cicilan 0%.

Cicilan 0% adalah fasilitas yang ditawarkan perbankan kepada pengguna kartu kredit. Fasilitas ini memungkinkan kamu mengangsur pembayaran dalam jumlah tetap. Tidak dikenakan bunga atau disebut bunga 0%. 

Bagaimana cara kerjanya? Ketika kamu membeli sebuah barang dengan skema cicilan 0%, maka jumlah uang yang akan ditagihkan kepadamu tidak berubah. Contoh beli ponsel pintar seharga Rp 12 juta pakai cicilan 0%. 

Tenor atau jangka waktu pembayaran 12 bulan, maka setiap bulan kamu mengangsur sebesar Rp 1 juta sebanyak 12 kali. Tidak ada beban bunga cicilan yang dikenakan. Kamu hanya berkewajiban melunasi total harga pembelian. 

Fasilitas kartu kredit cicilan 0% sangat menggiurkan. Belanja tinggal cari produk atau toko yang menawarkan program cicilan 0% dari kartu kredit tertentu. Atau belanja minimal dengan nominal tertentu. 

Baca Juga: Pahami CVV Kartu Kredit agar Duit Kamu Tak Raib

3. Menghemat pengeluaran

Bagi orang yang menilai kartu kredit hanya membuat keuangan menjadi boros adalah salah besar. Hal ini karena setiap kartu kredit menawarkan banyak promo menarik yang dapat dimanfaatkan ketika belanja.

Promo tersebut berupa, diskon, cashback, poin yang bisa ditukar, dan sebagainya. Ini tentu dapat menghemat pengeluaran atau keuangan kamu.

Agar dapat memaksimalkan promo kartu kredit tersebut, sebaiknya cek programnya terlebih dahulu di website atau media sosial bank penerbit.

Selain itu, kamu juga bisa cek di katalog promosi setiap supermarket, restoran, atau ritel. Biasanya setiap toko akan memberitahukan kepada pelanggan, kartu kredit apa saja yang sedang bekerja sama mengadakan promo.

4. Jadi penolong saat kondisi gawat

Bukan hanya sekadar untuk memenuhi pembelian berbagai barang yang dibutuhkan, kartu kredit dapat menjadi penolong keuangan saat kondisi gawat darurat.

Misalnya, ketika kamu belanja barang kebutuhan bulanan di supermarket, ternyata uang tunai yang dibawa kurang. Sebagai gantinya, kamu bisa membayar dengan kartu kredit.

Masih banyak kondisi darurat lain yang bisa terselamatkan dengan kartu kredit, seperti saat sakit butuh biaya pengobatan tetapi tidak punya dana darurat atau tabungan, serta situasi terdesak lainnya.

loader
Kartu kredit dapat menjadi penolong di saat mendesak

5. Belanja di luar negeri, tinggal gesek

Saat ini mau bepergian ke luar negeri sudah jauh lebih mudah. Tiket pesawat makin murah, alat pembayaran pun menjangkau lintas negara. Tak perlu bawa banyak uang tunai, karena ada kartu kredit yang akan menemani perjalananmu.

Banyak warga Indonesia yang mulai menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran di luar negeri ketimbang uang tunai. Alasannya karena dinilai lebih praktis.

Kartu kredit, misalnya berlogo Visa dan MasterCard sudah diterima secara luas di banyak negara, sehingga transaksi apapun dapat berjalan dengan lancar. Mau makan di restoran, belanja di mal, sewa mobil, dan transaksi lain tak perlu repot. Tinggal gesek, semua urusan pembayaran beres.

Baca Juga: Tipe Pengguna Kartu Kredit Seperti Apa Kamu? Cek di Sini

6. Mempermudah mengatur keuangan

Kartu kredit menawarkan cara pembayaran tagihan secara penuh atau dengan cara mencicil. Fasilitas ini mempermudah kamu dalam merencanakan anggaran keuangan pribadi.

Terutama jika kamu bermaksud melakukan pembelian dalam jumlah besar, yang cara pembayarannya dapat diatur sesuai dengan rencana anggaran dan kemampuan bayar.

Selain itu, kartu kredit juga menawarkan fasilitas pembayaran berbagai macam tagihan melalui satu pintu, seperti telepon, air, listrik, dan TV kabel.

Dengan menggunakan fasilitas pembayaran semua tagihan ini melalui kartu kredit, kamu dapat terhindar dari kelupaan atau keterlambatan membayar karena akan ditagihkan bersamaan dengan tagihan kartu kredit kamu setiap bulan sehingga anggaran keuangan per bulan lebih jelas.

7. Bisa tarik tunai di ATM

Fasilitas lain dari kartu kredit adalah tarik tunai. Ini tidak dilarang oleh Bank Indonesia (BI), seperti gesek tunai.

Tarik tunai kartu kredit adalah penarikan uang dari kartu kredit melalui mesin ATM. Penarikan uang ini akan dikenakan biaya yang akan dimasukkan dalam tagihan kartu kredit pengguna.

Tetapi ingat, menggunakan tarik tunai ada syarat dan ketentuannya. Biaya tarik tunai kartu kredit dikenakan sebesar 4%, bahkan ada yang sampai 6% dari total penarikan. Minimal Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu.

Sementara persentase bunga tarik tunai maksimum 2,95% per bulan atau 35,40% per tahun. Dan limit tarik tunai yang diperbolehkan sebesar 40-60% dari total limit kartu kredit setiap bulan.

Tetap Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Keuntungan atau manfaat besar dari kartu kredit ini jangan sampai bikin kamu khilaf atau gelap mata. Tetap bijak menggunakan kartu kredit sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan.

Baca Juga: Cara Mencegah Kartu Kredit dan Debit Dibajak Orang