Cara Setor Tunai di ATM CIMB dan Tips Cara Bertransaksi yang Aman

Mengantri panjang di teller bank hanya sekedar untuk setor rasanya sangat membosankan. Belum lagi jika Kita sedang banyak pekerjaan, tentunya kegiatan mengantri ini patut Kita perhitungkan. Namun berkat kemajuan teknologi perbankan, saat ini Anda tak perlu mengantri. Saat ini setidaknya hampir semua bank di Indonesia memiliki mesin ATM Setor Tunai atau yang biasa disebut dengan CDM (Cash Deposite Machine).

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Mesin ATM CIMB Niaga Setor Tunai
Mesin ATM CIMB Niaga Setor Tunai via Youtube.com

Ini dia beberapa cara untuk menabung menggunakan mesin setor tunai, utamanya untuk nasabah Bank CIMB Niaga. Berikut tahapan tahapan selengkapnya:

Cara Setor Tunai ATM CIMB Niaga

Siapkan Uang Setoran

Pertama, siapkan sejumlah uang yang akan disetorkan ke rekening yang diinginkan.

Mengunjungi ATM CIMB Niaga

Kunjungi ATM CIMB Niaga terdekat dari area Anda sekarang.

Nominal Pembelian

Masukkan kartu ATM CIMB Niaga Anda ke mesin ATM setor tunai dan Masukkan PIN. Kemudian, pilih "Setor Tunai" pada menu yang muncul.

Nomor Tujuan

Masukkan uang setoran yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam box setor tunai yang terbuka di mesin ATM tersebut. Pastikan uang yang dimasukkan posisinya benar, tidak terlipat, sobek, ataupun basah karena hal ini dapat mempengaruhi apakah uang tersebut akan diterima oleh ATM Setor Tunai atau tidak.

Pilih Rekening Tujuan

Setelah uang masuk dan jumlahnya sudah benar, tentukan rekening tujuan (bisa rekening sendiri atau rekening lain). Layar akan menunjukkan pilihan Rekening Sendiri dan Rekening CIMB Niaga Lainnya. Pilih lah menu Rekening Sendiri. Apabila Anda ingin setor ke rekening lain pilih Rekening CIMB Niaga Lainnya dan masukkan nomor rekening tujuan dengan benar sesuai dengan format yang disediakan

Konfirmasi Setor Tunai

Langkah terakhir akan muncul konfirmasi setor tunai. Jika telah memeriksa Nomor Rekening dan sudah benar, lanjutkan proses setor tunai dengan memilih menu proses. Jika transaksi berhasil mesin ATM Setor tunai akan mengeluarkan struk.

Tips Bertransaksi yang Aman dengan Mesin ATM Setoran Tunai CIMB Niaga

Tips Bertransaksi Aman
Tips Bertransaksi yang Aman

Demikian lah beberapa tahapan cara setor tunai pada ATM CIMB Niaga. Pastikan menjaga kerahasiaan transaksi dengan memperhatikan kita kita yang akan Kita bahas berikut ini :

1. Waspada Selalu

Kunci utama menjaga transaksi tetap aman adalah dengan tetap waspada utamanya setiap kali melakukan transaksi. Waspadailah kondisi sekitar, apakah ada yang terlihat mencurigakan atau tidak. Pastikan pula Anda melakukan transaksi perbankan menggunakan ATM yang letaknya berada di keramaian untuk meminimalisir adanya tindak kejahatan. Jika perlu Anda bisa melakukan transaksi di galeri ATM bank terkait. Biasanya galeri ATM menyediakan satuan pengamanan (Satpam).

Selain itu belakangan ini marak sekali skimming alias penyadapan ATM. Tujuannya tentu saja untuk mengeruk isi tabungan didalamnya oleh orang orang tak bertangung jawab. Memilih ATM yang terletak di dalam minimarket ataupun tempat keramaian lainnya bisa menjadi solusinya. Selain itu waspadai pula orang orang tak dikenal yang menawarkan bantuan pada Anda.

Baca Juga: Go Mobile: Mobile Banking CIMB Niaga dan Cara Aktivasinya

2. Sebelum Menggunakan Mesin ATM, Periksa Terlebih Dahulu

Tips selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah periksa ATM yang hendak Anda gunakan. Perhatikanlah mesin ATM tersebut, jika menemukan beberapa kejanggalan secara fisik terutama pada bagian mulut ATM yang digunakan untuk memasukkan kartu. Untuk jenis mesin ATM yang baru, biasanya pada tempat untuk memasukkan kartu terdapat lampu berkelap kelip. Lampu tersebut dapat digunakan sebagai indikator, jika lampu tidak menyala artinya mengindikasikan di mesin ATM tersebut terpasang skimmer  yang menghalangi lampu tersebut.

Untuk yang melakukan transaksi di ATM Galery, Anda bisa membandingkan antara satu ATM dengan yang lain, Jika terdapat perbedaan sekalipun hanya hal kecil, lebih baik Anda menggunakan ATM yang seperti pada umumnya saja. Selain itu untuk memastikan apakah ATM tersebut aman untuk melakukan transaksi, cobalah untuk memerika tempat memasukkan kartu dan keyboard untuk menginput PIN. Jika bagian bagian tersebut tidak kokoh atau longgar itu artinya terdapat kemungkinan ATM tersebut di susupi oleh alat Skimmer dibalik keyboard tersebut.

3. Goyangkan Kartu saat Memasukkannya ke ATM

Setelah memeriksa mesin ATM secara seksama dan tidak ada yang cukup mencurigakan, selanjutnya bisa memasukkan kartu ATM. Kemungkinan untuk melihat alat skimmer didalam mesin ATM bagi masyarakat awan cenderung sulit.

Oleh karenanya jika tidak dapat langsung menemukan alat skimmer tersebut, pastikan saat Anda memasukkan kartu dengan cara menggoyang goyangkan kartu kekanan dan kekiri atau ke atas dan ke bawah. Umumnya alat skimmer bekerja dengan cara membaca data pada pita magnetik dalam satu gerakan. Dengan menggerakkan kartu tersebut alat skimmer tidak akan bekerja dengan baik, dan data yang direkam pun tak sepenuhnya utuh.

4. Selalu Asumsikan bahwa Ada Orang yang Mengintip

Hal paling sederhana untuk yang akan menggunakan mesin ATM untuk bertransaksi, berperilaku lah seperti halnya ada orang yang sedang mengintip Anda. Pastikan menjaga kerahasiaan Personal Identification Number (PIN) yang Anda miliki dengan menutup tombol keyboard ATM saat memasukkan PIN.

5. Gunakan ATM di Hari Kerja

Salah satu modus operasi dari pelaku skimming adalah menggunakan penyadapan setiap akhir pekan. Hal ini biasanya dilakukan untuk meminimalisir laporan korban yang menyadari bahwa rekeningnya terkena praktik skimming. Biasanya pihak bank akan memproses pada hari kerja, kesempatan ini lah yang dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan. Pastikan melakukan transaksi setiap hari kerja. Hal ini untuk meminimalisir penyelidikan yang tertunda karena waktu laporan.

Baca Juga: Cara Mudah Menghubungi Call Center CIMB Niaga

Aktifkan Layanan Mobile Banking agar Lebih Aman dan Praktis

Dan yang terakhir, Anda bisa mengaktifkan layanan mobile banking sesuai dengan bank penerbit tabungan. Kelebihan dari sistem mobile banking ini memungkinkan semua aktivitas rekening terekam melalui layanan mutasi rekening. Di beberapa layanan mobile banking, terkadang juga memberikan notifikasi ke handphone apabila terjadi transaksi di rekening.

Baca Juga: Cara Cek Saldo CIMB Niaga