Cara Transfer Uang dari Mobile Banking BCA

Pernah kah Anda saat di jalan diminta untuk melakukan transfer dana ke orangtua atau saudara? Sementara Anda tidak memiliki waktu untuk berhenti di ATM terdekat atau bahkan tidak ada ATM terdekat? Tak perlu khawatir, saat ini bank telah menyediakan berbagai fasilitas yang cukup canggih untuk menunjang transaksi keuangan Anda. Salah satunya adalah melalui sistem mobile banking dimana Anda bisa melakukan transaksi keuangan seperti transfer dana baik ke sesama pengguna bank yang Kita gunakan maupun antar bank.

Salah satu bank yang memiliki sistem mobile banking adalah Bank BCA. Namun untuk menggunakan mobile banking untuk transaksi transfer, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui. :

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Apa Itu BCA Mobile?

BCA Mobile Banking
BCA Mobile via cewealpukat.com

BCA Mobile sendiri merupakan platform yang memudahkan setiap nasabah BCA untuk melakukan transaksi non tunai tanpa perlu mengunjungi bank atau mesin ATM dan cukup menggunakan smartphone. Untuk dapat mengakses layanan ini, Anda harus memiliki pulsa atau kuota internet atau setidaknya terhubung dengan koneksi internet melalui sinyal wifi.

Dalam aplikasi BCA mobile terdapat berbagai macam layanan, yakni dimana salah satunya adalah layanan Mobile Banking BCA atau yang biasa dikenal dengan m-BCA. Selain m-BCA, dalam aplikasi BCA Mobile juga terdapat menu KlikBCA dan InfoBCA.

Registrasi dan Aktivasi Mobile Banking BCA

Sama seperti menggunakan setiap aplikasi yang terdapat di smartphone, untuk dapat mengakses layanan Mobile Banking BCA Anda harus mengaktifkan layanan Mobile Banking BCA serta meregistrasikan rekening yang digunakan. Untuk melakukan registrasi dan pengaktifan layanan Mobile Banking BCA, bawa KTP, buku tabungan dan smartphone yang dimiliki ke Bank BCA terdekat.

Anda cukup mengambil nomor antrian untuk menggunakan layanan Customer Service bank BCA, kemudian informasikan kepada petugas Customer Service bahwa hendak mengaktifkan layanan Mobile Banking BCA.

Petugas Customer Service pun akan meminta Anda untuk mendownload dan menginstall aplikasi BCA mobile di Play Store untuk handphone berbasis android dan untuk pengguna iOS bisa mendownloadnya melalui AppStore.

Setelah selesai mendownload aplikasi, pihak petugas akan melalukan registrasi dan mengaktifkan layanan Mobile Banking BCA. Biasanya pihak Customer Service BCA akan meminta Anda untuk membuat kode akses aplikasi. Kode akses aplikasi tersebut berupa 6 karakter yang berisi angka dan huruf. Setelah itu, petugas akan memproses dan jika sudah selesai petugas akan menginformasikannya kepada Anda.

Baca Juga: Bank Syariah Mandiri (BSM) Mobile Banking, Cara Download, dan Aktivasinya

Cara Mendaftarkan Nomor Rekening untuk Transfer

Setelah mengetahui cara untuk mengaktifkan layanan mobile banking, berikutnya Anda sudah bisa mulai untuk melakukan transaksi transfer. Seperti telah Kita singgung di atas, Anda bisa transfer dana baik ke sesama pengguna BCA maupun antar bank hanya dengan menggunakan handphone. Namun sebelum melakukan transfer dana, biasanya Anda akan diminta untuk mendaftarkan nomor rekening tujuan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama, masuk ke aplikasi BCA mobile, kemudian masukkan 6 digit kata sandi untuk masuk ke menu lanayan Mobile Banking BCA, pastikan kata sandi yang dimasukkan tidak salah sebanyak 3 kali karena akan membuat layanan mobile banking terblokir secara otomatis. Kemudian masuk ke menu transfer dan pilih menu “Daftar Transfer”.
  2. Terdapat dua pilihan daftar transfer yakni  “Antar Rekening” dan “Antar Bank”. Untuk yang hendak mendaftarkan rekening penerima dana sesama pengguna BCA, bisa mendaftarkan 3 rekening sekaligus, sedangkan untuk pendaftaran penerima dana antar bank, Anda hanya bisa mendaftarkan 1 nomor rekening.
  3. Misal Anda memilih transfer antar rekening, kemudian masukkan nomor rekening penerima, dan klik tombol “Send” untuk mendaftarkan nomor rekening penerima. Secara otomatis handphone Anda akan mengirimkan SMS ke pihak BCA untuk mendaftarkan nomor rekening tersebut. Setiap transaksi SMS pendaftaran penerima dana transfer akan memotong pulsa sebesar Rp1. 500.
  4. Selanjutnya konfirmasi nama penerima dana transfer sesuai dengan data penerima transfer yang akan muncul setelah SMS berhasil terkirim.
  5. Yang perlu diperhatikan, pastikan lampu indikator yang ada di bagian pojok kanan atas berwarna hijau. Hal tersebut menandakan bahwa sinyal dalam keadaan stabil. Selain itu pastikan pula Anda memiliki pulsa yang cukup agar transaksi pendaftaran nomor rekening tidak terkendala.
  6. Setelah pendaftaran nomor rekening selesai, nomor rekening akan masuk dalam daftar transfer Anda. Pastikan pula data penerima transfer tidak salah agar transaksi aman. Pendaftaran nomor rekening penerima transfer hanya berlaku sekali, selanjutnya nomor rekening tersebut akan tersimpan dan cukup mengakses daftar penerima transfer di menu transfer.

Cara Transfer ke Sesama Pengguna BCA

Setelah mendaftarkan nomor rekening penerima transfer sebelumnya, selanjutnya Anda saat ini sudah bisa melakukan transaksi transfer tersebut. Anda cukup masuk ke menu m-Transfer dan masuk ke menu transfer.

Untuk yang hendak transfer ke sesama pengguna BCA, masuk lah ke menu transfer antar rekening. Lalu pilih ke rekening mana Anda hendak transfer dana, kemudian masukkan jumlah uang yang akan ditransfer. Dengan transfer menggunakan Mobile Banking BCA, Anda juga dapat menambahkan berita atau keterangan transfer.

Kemudian Anda akan dibawa ke menu konfirmasi nomor rekening penerima. Dan yang terakhir, Anda akan diminta memasukkan Personal Identification Number (PIN) BCA, pastikan tidak salah dalam memasukkan PIN. Setelah PIN terkonfirmasi, transaksi pun akan berhasil. Untuk mengecek bukti transfer, Anda bisa masuk ke sub-menu Inbox pada menu m-Tranfer. Setia transaksi transfer antar rekening BCA ini tidak akan dikenakan biaya apapun atau gratis.

Cara Transfer ke Antar Bank

Untuk yang ingin transfer antar bank, pastikan pula Anda telah mendaftarkan nomor rekening penerima sebelumnya. Jika sudah mendaftarkan nomor rekening penerimanya, Anda tinggal masuk ke menu m-Transfer kemudian pilih Antar Bank.

Pada menu pertama aplikasi m-Transfer akan menunjukkan bank apa saja yang pernah didaftarkan sebagai penerima dana transfer. Misal untuk Bank Mandiri yang pernah Anda daftarkan dan ada 2 nama pengguna Bank Mandiri yang pernah Anda daftarkan. Pada menu Bank pilih Bank Mandiri, kemudian pilih salah satu nomor rekening yang hendak ditransfer.

Kemudian masukkan jumlah dana yang hendak ditransfer. Jika semua informasi telah benar, klik tombol “Send”. Aplikasi m-BCA pun akan mengkonfirmasi kembali mulai dari nama bank penerima, nama penerima dan jumlah dana yang akan ditransfer. Jika sudah sesuai, konfirmasi transaksi dengan menekan tombol “Ok”. Transaksi transfer pun akan segera di proses saat lampu indikator menunjukkan warna hijau. Apabila transaksi transfer berhasil, aplikasi  m-BCA akan menunjukkan bukti transfer. Tak perlu kawatir, Anda pun akan mendapatkan bukti transfer di dalam meni inbox m-Transfer.

 

Baca Juga: Bank Mandiri: Kenali Internet Banking dan Cara Mendaftar

Transfer ke BCA Virtual Account

Salah satu jenis transfer yang bisa dilakukan di Mobile Banking BCA adalah transfer ke BCA Vitual Accoount. BCA Vitual Account memungkinkan Anda untuk transfer dana atau melakukan pembayaran tanpa perlu mendaftarkan nomor rekening dan tanpa biaya transfer. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda pergunakan untuk transfer ke BCA Vitual Account :

  • Log In lah ke aplikasi BCA Mobile
  • Kemudian pilih menu m-BCA dan masukkan 6 digit kode akses m-BCA
  • Lalu masuk ke menu m-Transfer, dan pilih lah menu BCA Vitual Account
  • Jika pernah memasukkan kode virtual account sebelumnya, secara otomatis akan masuk dalam history atau daftar Virtual Account. Biasanya setiap perusahaan yang memiliki Vitual Account memiliki kode tersendiri.
  • Selanjutnya masukkan jumlah dana yang akan dibayarkan
  • Dan terakhir masukkan pin m-BCA yang dimiliki
  • Pembayaran selesai. Simpan notifikasi yang muncul sebagai bukti pembayaran

Demikian lah beberapa ulasan mengenai transaksi transfer melalui aplikasi mobile banking BCA. Pastikan menyimpan kode akses dan PIN m-BCA di tempat yang aman agar account bank terhindar dari penyusupan yang memungkinkan mereka untuk menguras dana yang dimiliki.

Baca Juga: Cara Top Up BNI Tapcash Cara Cek Mutasi BNI Tapcash dan Penggunaannya