Jadi Pionir Proyek NFT Dunia, Kenali Apa Itu CryptoPunk yang Telah Luncurkan 10 Ribu Karya

Dewasa ini, siapa yang tidak mengenal dengan yang namanya NFT alias Non Fungible Token? Terlebih semenjak viral Ghozali Everyday yang menjadi miliarder dadakan berkat teknologi tersebut, tidak sedikit orang yang tertarik mencari tahu dan terjun ke dunia NFT. 

Secara ringkas, yang dimaksud dengan NFT atau Non Fungible Token adalah suatu aset digital yang mana dapat digunakan menjadi bukti kepemilikan dari sebuah produk atau barang. Di samping itu, aset digital tersebut juga bisa diperjualbelikan dengan menggunakan cryptocurrency atau mata uang crypto dengan nilai yang relatif tinggi.

Nah, berbicara tentang NFT, bagi kamu yang telah cukup lama terjun ke dunia tersebut tentu tidak asing dengan sosok yang menyebut dirinya CryptoPunks. Nama CryptoPunks tidak asing terdengar di telinga para penggemar NFT karena sosok tersebut dianggap sebagai pionir dari proyek NFT yang sangat menjamur saat ini. 

Lalu, seperti apa sih sebenarnya kiprah dari CryptoPunks dan kontribusinya di dunia NFT selama ini? Selain itu, apa alasan karya NFT CryptoPunks ini begitu berharga dan kerap dicari oleh penggemar jenis aset digital tersebut? Nah, jika kamu ingin tahu jawabannya, simak sekilas ulasan tentang apa itu CryptoPunks, alasan produknya berharga, dan cara menilai NFT buatannya berikut ini.

Sekilas tentang Apa Itu CryptoPunk

loader

Seperti yang telah disinggung sedikit sebelumnya, CryptoPunk merupakan salah satu pionir yang menginspirasi munculnya banyak proyek NFT di masa sekarang ini. Sebagai salah satu proyek NFT pertama di dunia, tentu tidak mengherankan jika CryptoPunk banyak dikenal oleh para pegiat jenis aset digital tersebut. 

Secara umum, CryptoPunk adalah sebuah proyek NFT yang paling awal muncul di dunia dan diluncurkan pertama kali di tahun 2017 silam. Diciptakan oleh user dengan nama Larva Labs, proyek NFT tersebut adalah koleksi aset digital dan berisi hingga 10 ribu gambar dengan ukuran 24x24 pixel dan memperlihatkan beragam karakter yang dikenal dengan sebutan “punks” 

Di setiap karakter tersebut terdapat ciri khasnya tersendiri dan membuatnya unik serta tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya. Beberapa perbedaan tersebut bisa dari jenis kelamin, penutup kepala, warna kulit, gaya rambut, sampai bentuk kaca mata yang dikenakan oleh karakter.

Pada awalnya, karya buatan CryptoPunk dirilis secara cuma-cuma alias gratis. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan popularitasnya yang semakin meroket, harga dari setiap karya user NFT tersebut terus melonjak hingga bernilai tinggi. 

Tidak sedikit karya NFT dari CryptoPunk dibanderol dengan harga mencapai nominal ratusan ribu USD. Bahkan, beberapa koleksi langka dan banyak dicari, misalnya, zombies, kera, dan alien saat ini bisa laku terjual dengan harga hingga jutaan Dolar Amerika Serikat. Jadi, tidak mengherankan jika salah satu sosok pionir dalam dunia NFT ini banyak dikenal oleh para penggemar aset digital tersebut. 

Di samping itu, ada cukup banyak selebriti serta tokoh ternama dunia yang juga turut menjadi pemilik NFT karya CryptoPunk ini. Beberapa di antaranya adalah Snoop Dogg, Kanye West, Gary Vaynerchuk, Marshmello, Jason Derulo, Jordan Belfort, Serena Williams, Steve Aoki, dan Logan Paul.

Baca Juga: NFT (Non-Fungible Token): Pengertian, Cara Buat Hingga Tips Cepat Laku

Alasan Kenapa NFT Buatan CryptoPunk Berharga

loader

Seperti yang kita tahu, dunia NFT dipenuhi oleh kolektor atau penikmat karya seni dan doyan untuk mengumpulkannya sebagai koleksi. Namun, dalam mengoleksi jenis aset digital tersebut, kolektor tidak sembarangan dalam menjatuhkan pilihan. 

Sebagai contoh, para kolektor hasil karya seni berbasis digital, aset metaverse, dan PFPs juga mempertimbangkan sifat kelangkaan aset, relevansinya berdasarkan sejarah, dan beragam aspek lainnya. Kondisi tersebut juga mampu menarik minat dari para pecinta aset digital ini dan para orang kaya untuk turut berburu produk yang dimaksud.

Nah, semakin banyak orang yang memburu sebuah produk atau aset digital tertentu, artinya nilai penawarannya juga akan terus meningkat. Pasalnya, selayaknya di dunia asli, tidak sedikit orang, khususnya yang memiliki kekayaan selangit dan gemar terhadap sesuatu, rela merogoh kocek cukup dalam hanya untuk memiliki barang tertentu dan mengoleksinya. 

Semakin langka dan eksklusif sebuah produk, aset, atau karya seni, sudah pasti nilai jualnya juga menjadi lebih tinggi. Semenjak kemunculan jenis aset digital ini dan berbagai karya seni berbasis digital muncul, seperti NFT, perilaku tersebut pun mengalami pergeseran dan diterapkan pula pada jenis aset pada jagat maya tersebut. 

Sebagai salah satu proyek orisinal dan juga penting pada dunia NFT, tidak mengherankan jika setiap karya yang diciptakan oleh CryptoPunk mampu terjual dengan harga tinggi. Alasannya sebenarnya simpel, nilai sebuah benda akan terus bertambah apabila status atau popularitasnya turut meningkat.

Faktor tersebut lah yang menjadi alasan kenapa karya seni, seperti, lukisan atau patung dari orang terkenal dan memiliki nilai sejarah dapat laku terjual dengan harga selangit. Ambil saja contoh, lukisan Monalisa ataupun karya Van Gogh yang banyak dicari para kolektor hingga mampu terjual dengan harga fantastis. Kenyataannya, kasus tersebut terjadi pula pada dunia NFT dengan konsep dan cara kerja yang sama, termasuk karya seni digital yang dibuat oleh CryptoPunk.

Tidak berhenti sampai di situ, karena telah memiliki nama dan popularitas yang cukup tinggi di kalangan para penggemar aset digital, proyek NFT dari CryptoPunk juga dijamin aman dan memiliki risiko cenderung kecil. Bahkan, jika diibaratkan sebagai saham, NFT yang diciptakan oleh user ini termasuk dalam golongan atau jenis blue chip karena banyak dicari oleh penggemarnya dan nilainya cenderung naik seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Mengulik Pengertian NFT Artist dan Deretan Nama NFT Artist Ternama Saat Ini

Cara Mengetahui Nilai dari NFT Buatan CryptoPunk

loader

Agar bisa menilai suatu NFT dari CryptoPunk, kamu perlu memahami dulu jika sebuah karya atau aset digital tersebut ribuan kali lebih langka jika dibandingkan dengan Bitcoin. Akan tetapi, untuk mampu menilai sebuah benda yang tidak berwujud, seperti aset digital CryptoPunk ini, faktor yang memengaruhinya bukan sekadar kelangkaannya saja.

Khususnya, komunitas crypto pada dasarnya masih kesulitan untuk bisa mengetahui nilai atau harga dari sebuah aset yang tak berwujud selayaknya NFT ini. Lalu, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui valuasi dari aset digital NFT CryptoPunk ini? Agar lebih mudah untuk mengetahuinya, ada 3 aspek yang penting untuk dipertimbangkan, antara lain:

  • Seberapa besar tingkat permintaan global terhadap aset digital yang langka untuk saat ini?
  • Seberapa besar peluang atau kemungkinan aset digital bakal menjadi aset atau karya yang paling berharga pada masa mendatang?
  • Apakah ada potensi atau kemungkinan jika kehadiran NFT di generasi awal akan dianggap sebagai jenis aset digital paling langka di dunia di masa depan?

Nah, dengan menimbang pemikiran atau kerangka berpikir tersebut, kamu mampu memperkirakan dan mendapatkan gambaran terkait seberapa tinggi nilai aset digital dari CryptoPunk ini di masa mendatang. Terlebih, suplai dari aset digital tersebut hanyalah 10 ribu karya saja. Dalam kata lain, peluangnya untuk menjadi semakin langka dan dicari oleh banyak orang menjadi lebih tinggi dan mampu meningkatkan nilainya seiring berjalannya waktu. 

Walaupun begitu, pahami pula beberapa faktor lain yang mampu memengaruhi nilai dari NFT tersebut. Sebagai contoh, walaupun menyandang popularitas yang begitu tinggi, CryptoPunk sejatinya bukan proyek NFT nomor 1 ataupun pertama yang pernah dibuat. Secara teknis, CryptoPunk merupakan proyek NFT tertua ke 17 di dunia. 

Artinya, walaupun menjadi salah satu primadona di antara para penggemar aset digital tersebut, tapi bukan tidak mungkin popularitasnya bakal dikalahkan oleh NFT jenis lainnya. Dengan begitu, risiko nilainya bakal menurun di waktu mendatang juga tetap ada, walaupun proyek NFT ini tetap dianggap sebagai pemain besar dalam dunia aset digital tersebut dan banyak menginspirasi kemunculan proyek NFT lain yang terus bermekaran sampai saat ini. 

Jadi, Apakah Kamu Tertarik untuk Menjadi Salah Satu Pemilik NFT CryptoPunk Ini?

Sebagai salah satu pionir di jagat NFT, CryptoPunk tentu memiliki popularitas yang tak perlu diragukan lagi di kalangan pecinta aset digital tersebut. Hal tersebut membuat proyek NFT ini memiliki peluang menjadi aset yang menguntungkan untuk dimiliki. Nah, setelah memahami penjelasan di atas, apakah kamu tertarik menjadi salah satu pemilik NFT CryptoPunk?

Baca Juga: Cara Cek Kelangkaan NFT dengan Rarity Tools NFT, Ini Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya