15 Daftar Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Capai 10 Juta Penonton

Tidak hanya film-film Hollywood yang laris manis menjadi tontonan masyarakat Indonesia, melainkan karya layar lebar dari anak negeri juga tidak kalah memikat. Salah satu bukti bahwa film tersebut diminati adalah jumlah penontonnya yang bahkan mencapai hingga jutaan orang.

Film dengan jumlah penonton hingga jutaan orang tersebut pun bisa dikategorikan masuk ke dalam daftar film Indonesia terlaris. Bahkan terdapat satu film paling laris sampai saat ini yang mampu menembus jumlah penonton di tanah air yang mencapai 10 juta orang.

Deretan film Indonesia terlaris ini terdiri dari berbagai macam genre, yakni tidak hanya drama romantis melainkan ada pula horor, komedi hingga bertemakan nuansa Islami atau religi. Lantas apa saja film Indonesia terlaris sepanjang masa? Berikut adalah daftarnya.

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

1. KKN di Desa Penari (2022)

loader
KKN di Desa Penari via rukita.co

Film Indonesia yang paling laris sepanjang masa hingga saat ini dipegang oleh KKN di Desa Penari. Film bergenre horor tersebut berhasil menggeser Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 dengan jumlah penonton hampir 7 juta yang sebelumnya menduduki peringkat paling atas sebagai film terlaris selama enam tahun.

KKN di Desa Penari sendiri bercerita tentang enam orang mahasiswa yang tengah melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di sebuah desa terpencil. Namun, ternyata desa yang ditinggali tidak lah biasa, dan menyebabkan adanya terror dari sosok penari misterius yang menyeramkan.

Jumlah Penonton: 10.061.033

2. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1  (2016)

loader
Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 1 via Youtube.com

Seperti dijelaskan di atas, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 sempat didapuk sebagai film terlaris sepanjang masa selama enam tahun hingga 2022. Film yang disutradarai oleh Anggy Umbara dan diproduksi Falcon Pictures ini merupakan adaptasi dari film-film Warkop DKI.

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 pun berhasil menyalip Laskar Pelangi yang pada saat itu menjadi film terlaris sepanjang masa selama hampir enam tahun. Film ini pun dibintangi oleh aktor ternama tanah air, yakni Abimana Aryasatya sebagai Dono, Vino G Bastian sebagai Kasino hingga Tora Sudiro yang berperan menjadi Indro.

Jumlah Penonton: 6.858.616

3. Pengabdi Setan 2: Communion (2022)

loader
Pengabdi Setan 2 Communion via wowkeren.com

Garapan Joko Anwar ini mengantarkan Pengabdi Setan 2: Communion sebagai film terlaris ketiga sepanjang masa setelah Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1. Film ini dibintangi oleh Tara Basro, Endy Arfian, Nasar Anuz, Bront Palarae, Muhammad Adiyat, Ratu Felisha, hingga Jourdy Pranata.

Pengabdi Setan 2: Communion merupakan sekuel kedua dari Pengabdi Setan yang dirilis pada 2017 lalu. Film ini pun menceritakan tentang kelanjutan keluarga Suwono yang berusaha menjalani kehidupan pasca mengalami kejadian horor setelah ibu meninggal dunia.

Jumlah Penonton: 6.391.982

Baca Juga:  Segera Tayang, Ini Daftar Film 2023 yang Paling Dinantikan

4. Dilan 1990 (2018)

loader
Dillan 1990 via Youtube.com

Film drama romantis yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq dan disutradarai Fajar Bustomi ini berhasil masuk ke dalam daftar film terlaris sepanjang masa. Dilan 1990 ini pun dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanessha Prescilla yang mana keduanya menjadi aktor dan aktris yang ramai diperbincangkan setelah bermain pada film tersebut.

Jumlah Penonton: 6.315.664

5. Miracle in Cell No. 7 (2020)

loader
Miracle in Cell no. 7 2020 via antaranews.com

Karya Hanung Bramantyo ini merupakan adaptasi dari film asal Korea Selatan dengan judul yang sama dan berhasil menjadi film terlaris kelima sepanjang masa. Miracle in Cell No. 7 versi Indonesia ini dibintangi oleh Vino G Bastian, Indro Warkop, Tora Sudiro, Bryan Domani, hingga Mawar de Jongh.

Sama dengan film aslinya, Miracle in Cell No. 7 mengisahkan tentang seorang pria sekaligus ayah yang menyandang disabilitas intelektual dan mendapatkan tuduhan membunuh dan memerkosa. Namun, sang putri ketika dewasa berhasil membuktikan tuduhan yang diberikan kepada ayahnya adalah tidak benar.

Jumlah Penonton: 5.852.916

6. Dilan 1991 (2019)

loader
Dillan 1991 via bilibili.com

Sekuel dari Dilan 1990 rupanya tidak kalah memikat penonton tanah air, dan menjadikannya sebagai film terlaris keenam sepanjang masa. Dalam Dilan 1991, pemainnya juga masih diisi seperti film sebelumnya, yakni ada Iqbal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Zara Adhisty, dan Ira Wibowo.

Melanjutkan cerita pada Dilan 1990, film ini mengangkat cerita romantisme yang terjalin pada hubungan sepasang kekasih Dilan dan Milea yang sudah resmi berpacaran. Namun terdapat sejumlah masalah, salah satunya adalah ketika Dilan terancam akan dikeluarkan dari sekolah karena terlibat perkelahian dengan Anhar.

Jumlah Penonton: 5.253.411

7. Sewu Dino (2023)

loader
Sewu Dino via Youtube.com

Meski belum lama tayang, yakni pada April 2023, Sewu Dino berhasil masuk ke dalam daftar film terlaris sepanjang masa di urutan ketujuh. Film ini digarap oleh Kimo Stamboel dan dengan pemain diantaranya ada Mikha Tambayong, Gisellma Firmansyah, Rio Dewanto, Marthino Lio, Givina Lukita Dewi hingga Agla Artalidia.

Buat yang masih belum tahu, film ini menceritakan tentang perempuan bernama Sri yang mendapatkan pekerjaan di satu keluarga dengan bayaran tinggi. Namun pekerjaan yang harus dilakukan bersama dengan rekan-rekannya yang lain adalah memandikan Della Atmodjo yang tidak sadarkan diri karena terkena kutukan Sewu Dino.

Jumlah Penonton: 4.823.997

8. Laskar Pelangi (2008)

loader
Laskar Pelangi via uc.ac.id

Film ini sempat menduduki sebagai film terlaris sepanjang masa selama delapan tahun, namun kemudian posisi tersebut dipatahkan oleh Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1  pada 2016. Laskar Pelangi merupakan film karya Riri Riza yang diadaptasi dari novel dengan judul sama yang ditulis oleh Andrea Hirata.

Film ini mengangkat isu mengenai pendidikan dan bagaimana anak-anak di sebuah daerah di Belitung mengejar ilmu dengan keterbatasan fasilitas. Laskar Pelangi memadukan 12 aktor ternama tanah air dengan 12 anak-anak asli Belitung yang telah dicasting terlebih dahulu.

Jumlah Penonton: 4.719.453 

Baca Juga:  12 Daftar Film Drama Indonesia Terbaik, Siap-siap Baper!

9. Habibie & Ainun (2012)

loader
Habibie dan Ainun via Wetv.com

Film yang dibintangi oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari (BCL) ini berhasil mengantarkan Habibie & Ainun sebagai film terlaris sepanjang masa dengan jumlah penonton mencapai 4 juta lebih. Pada penayangannya, film tersebut disaksikan sejumlah pejabat negara, yakni mulai dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Habibie & Ainun sendiri berisikan memoar berjudul sama yang ditulis Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie mengenai kisah hidupnya bersama dengan mendiang sang istri, yakni Hasri Ainun. Film ini pun sukses membuat Reza Rahadian mendapatkan penghargaan sebagai aktor terbaik di Festival Film Indonesia 2013.

Jumlah Penonton: 4.601.249

10. Pengabdi Setan (2017)

loader
Pengabdi Setan via parboaboa.com

Pengabdi Setan merupakan hasil reboot (daur ulang) dari film dengan judul yang sama  pada 1980 silam, dan berhasil mencuri perhatian penonton hingga masuk ke dalam film Indonesia terlaris ke-10 sepanjang masa. Film ini pun dikemas secara apik dari sutradara Joko Anwar dan juga didukung oleh para pemain, seperti Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Adhiyat hingga Ayu Laksmi.

Film ini dibuka dengan kisah sebuah keluarga yang tengah menghadapi masalah kesulitan finansial karena uangnya habis untuk biaya pengobatan sang ibu yang sakit. Namun kisah horor dialami oleh keluarga itu ketika sang ibu meninggal dunia.

Jumlah Penonton: 4.206.103

11. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2 (2017)

loader
Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss! Part 2 via kompasiana.com

Sukses dengan bagian pertamanya, membuat Warkop DKI Reborn dilanjutkan sekuelnya kedua yang juga ternyata masih memikat penonton tanah air. Pasalnya, bagian lanjutannya ini mampu meraih 4 juta penonton selama penayangannya pada 2017 lalu.

Jumlah Penonton: 4.083.190

12. Ayat-Ayat Cinta (2008)

loader
Ayat-ayat Cinta 2 via vidio.com

Film bernuansa religi dan Islami ini mampu menggebrak penonton tanah air melalui cerita cinta segi tiga yang juga disisipkan dengan nilai-nilai agama dan pesan moral di dalamnya. Ayat-Ayat Cinta digarap oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Zaskia Adya Mecca, serta Melanie Putria.

Jumlah Penonton: 3.676.135

13. Ada Apa dengan Cinta? 2 (2016)

loader
Ada Apa dengan Cinta 2 via zulfirman.com

Ada Apa dengan Cinta? 2 ini merupakan sekuel dari Ada Ada Apa dengan Cinta? yang dirilis pada 2002 lalu. Selama penayangannya, film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra tersebut mampu meraih sebanyak 3,6 juta penonton dan menjadi film terlaris kedua pada 2016. 

Jumlah Penonton: 3.665.509

14. Suzzana: Bernapas dalam Kubur (2018)

loader
Suzzanna Bernapas dalam Kubur via Netflix.com

Film ini sukses ‘melahirkan’ kembali sosok legendaris yang juga dijuluki sebagai ratu film horor, yakni Suzana melalui peran dari Luna Maya sebagai Suzanna itu sendiri. Saat penayangannya pada 2018 lalu, Suzzana: Bernapas dalam Kubur berhasil menjadi film terlaris kedua setelah Dilan 1990.

Jumlah Penonton: 3.346.185

15. Milea: Suara dari Dilan (2020)

loader
Milea Suara dari Dilan via movieden.net

Masih dari adaptasi novel karya Pidi Baiq, film ini juga berhasil bersaing dengan dua film terdahulunya, yakni Dilan 1990 dan Dilan 1991. Kisah Milea: Suara dari Dilan dikemas berdasarkan sudut pandang Dilan dengan menampilkan hal-hal yang tak diceritakan pada kedua film sebelumnya.

Jumlah Penonton: 3.157.817

Film Indonesia Terlaris Mana yang Menjadi Kesukaan Kalian?

Berikut tadi adalah rangkuman film-film Indonesia terlaris sepanjang masa yang pernah ada dan menghibur masyarakat tanah air melalui berbagai macam cerita dan tema yang diangkat. Hingga saat ini, belum ada karya layar lebar di Indonesia yang mengalahkan jumlah penonton dari KKN di Desa Penari yang mencapai 10 juta orang.

Jadi diantara film-film Indonesia laris yang telah diulas tadi, mana saja yang menjadi kesukaan kalian? 

Baca Juga:  Daftar 10 Film Animasi Terbaru 2023, Ada yang Sekuel Lanjutannya Lebih dari 20 Tahun!