Daftar Layanan Gratis yang Bisa Kamu Dapat Selama Pandemi Corona

Virus corona atau Covid-19 saat ini menjadi ‘musuh’ bersama seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Di Tanah Air, pandemi global ini telah merenggut ratusan nyawa dan membuat jutaan orang menderita karena harus #dirumahaja atau Work From Home (WFH).

Dalam situasi darurat corona, semua saling bahu membahu. Satu sama lain saling membantu agar tak ada lagi korban berjatuhan dan virus ini segera lenyap dari muka bumi. Yang kaya menolong yang miskin, yang berlebih menolong yang kekurangan. Intinya, bersama melawan corona.

Di TV, kita sering melihat aksi penggalangan dana dan penyaluran bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis, penyemprotan disinfektan, bagi-bagi masker dan hand sanitizer gratis ke masyarakat, hingga sembako bagi warga miskin.

Tapi tahukah kamu, ternyata banyak jenis bantuan unik lain yang jarang disorot. Namanya bantuan, biarpun sedikit pasti sangat berarti. Apalagi buat para pekerja informal yang paling terdampak Covid-19, seperti buruh bangunan, pedagang kecil, ojek online, tukang becak, hingga supir angkutan umum.

Berikut daftar layanan gratis yang bisa kamu dapatkan selama masa pandemi Covid-19 atau #dirumahaja, seperti dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber:

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, Lakukan 7 Cara Asyik Ini Biar Betah di Rumah Aja!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Makan Gratis di Warteg

Mau makan gratis? Tenang, 155 warung tegal alias warteg di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang setiap harinya memberikan 100 porsi makanan gratis. Program ini dinamakan Operasi Makan Gratis. Diselenggarakan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara).

Setiap warteg bagi-bagi 100 kupon untuk ditukar dengan makanan siap santap seharga Rp15.000. Penerima kupon adalah warga miskin dan pekerja informal. Targetnya bisa menjaring 1.000 warteg. Jangan lupa, makan gratis di warteg ini berlaku setiap hari selama masa pandemi mulai pukul 10.00 WIB.

2. Cari Pacar lewat Tinder Passport Gratis

Walaupun sedang #dirumahaja dan menjalankan self quarantine, jangan sampai mati gaya. Cobain deh main aplikasi kencan online, Tinder. Kini, fitur Tinder Passport dapat diakses secara gratis bagi seluruh pengguna.

Tinder Passport adalah fitur yang awalnya cuma bisa diakses pengguna Tinder Plus & Gold. Fitur ini memungkinkan penggunanya mengganti lokasi secara virtual ke lokasi yang diinginkan. Misalnya kamu ada di Jakarta, tapi ingin ubah lokasi jadi di Inggris atau Amerika. 

Caranya, update Tinder kamu ke versi terbaru lewat App Store atau Google Play Store versi 11.12.0. Selanjutnya tinggal ganti lokasi profilmu di laman pengaturan ke lokasi yang kamu inginkan.

3. Nonton Film Streaming HBO Gratis

Jaringan TV kabel berbayar atau premium menggratiskan sejumlah serial, film, dan tayangan dokumenter selama bulan April. Di antaranya adalah serial Ballers, Silicon Valley, True Blood, The Wire, dan lainnya. Suguhan dokumenter, yaitu The Apollo, Elvis Presley: The Searcher, McMillion$, dan sebagainya. Sedangkan untuk film, mulai dari judul Arthur, Pokemon Detective Pikachu, The Lego Movie 2: The Second Part, hingga film Crazy, Stupid, Love.

Untuk bisa menikmati tontonan gratis streaming selama #stayhomeboxoffice, langsung akses HBO GO atau HBO NOW atau On Demand yang dapat diunduh dari App Store dan Google Play.

4. Token Listrik Gratis 3 Bulan dari PLN

View this post on Instagram

Hai Electrizen, Mimin mau kasih tau kalau Token Gratis dari PLN untuk Pelanggan Rumah Tangga Prabayar 450 VA dan 900 VA Subsidi SUDAH DAPAT DIAKSES LOHH! Electrizen dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id  Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk Pelanggan 450 VA dan sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan 900VA bersubsidi, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Mekanisme website dengan cara: 1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19 2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar. 3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara : 1. Buka Aplikasi WhatsApp 2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. 3. Token gratis akan muncul 4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, atau paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang digratiskan sudah dapat terlayani seluruhnya. #PLNatasiCorona #PLNTerbaik #PLNBerbakti

A post shared by PLN (@pln_id) on

Pasti sudah tahu kan, bagi pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA subsidi bisa dapat listrik gratis dari PLN selama 3 bulan (April, Mei, dan Juni 2020). Golongan 450 VA diberikan listrik gratis secara penuh, sedangkan 900 VA subsidi dikasih diskon 50%.

Cara dapat token listrik gratis dari PLN:

  • Melalui WhatsApp ke nomor 0812-2123-123

Chat ke nomor tersebut dengan memberi informasi ID Pelanggan. Token gratis akan muncul dan tinggal masukkan ke meteran

  • Melalui Website PLN

Akses www.pln.go.id, masukkan ID Pelanggan atau nomor meteran, klik Cari. Token gratis akan muncul dan tinggal masukkan ke meteran.

Baca Juga: Cara Daftar Nikah Online dan Prosedur Ijab Kabul di KUA saat Darurat Corona

5. Gratis Isi Ulang Saldo Gopay dari BCA

Aktivitas #dirumahaja membuat kamu tidak bisa ke mana-mana. Bikin mager buat cari makan. Solusinya, pesan makan online dengan transaksi non-tunai menggunakan Gopay.

Hingga 30 April 2020, Bank BCA memberikan cashback 100% biaya admin untuk transaksi isi ulang (top up) saldo Gopay melalui e-Banking BCA (BCA Mobile, OneKlik, KlikBCA, dan ATM BCA).  

Sedangkan untuk isi saldo LinkAja lewat BCA Mobile, KlikBCA, ATM BCA akan dapat diskon sebesar 50% atau Rp500 melalui fitur Virtual Account BCA. Promo ini berlaku hingga akhir April.

6. Tes Corona Gratis di Laboratorium Kemenkes

View this post on Instagram

Pemerintah Perluas Lokasi Pemeriksaan Covid-19, hal ini merupakan respon cepat seiring ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi global dengan memperluas lokus laboratorium pemeriksa Covid-19 di Indonesia. Pemerintah juga menjalin kerjasama dengan 3 jaringan laboratorium swasta untuk semakin memperkuat dan mempercepat proses pemeriksaan spesimen Covid-19, sehingga bisa sesegera mungkin menemukan kasus positif untuk kemudian diisolasi agar tidak menjadi sumber penularan di masyarakat. Berikut daftarnya: 1. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta dengan wilayah kerja di Maluku, Maluku Utara, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh. 2. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang dengan wilayah kerja di Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi dan Lampung. 3. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar dengan wilayah kerja di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. 4. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya dengan wilayah kerja di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. 5. Balai Besar Penelitian dan Pengambangan Kesehatan Papua dengan wilayah kerja di Papua dan Papua Barat. 6. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jakarta dengan wilayah kerja di Riau, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat dan Banten. 7. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya dengan wilayah kerja di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. 8. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Yogyakarta dengan wilayah kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. 9. Laboratorium Kesehatan Daerah DKI Jakarta dengan wilayah kerja di DKI Jakarta. 10. Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dengan wilayah kerja di DKI Jakarta. 11. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan wilayah kerja di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dan RS Universitas Indonesia. 12. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dengan wilayah kerja di RSUD Dr. Sutomo dan RS Universitas Airlangga. 13. Laboratorium Siloam. 14. Laboratorium Kalbe 15. Laboratorium Bunda Group #LAWANCOVID19 #COVID19Indonesia #tenangdanwaspada

A post shared by Kementerian Kesehatan RI (@kemenkes_ri) on

Kamu memiliki gejala Covid-19? Ayo, segera periksakan diri ke laboratorium yang menjadi rujukan pengecekan virus corona. Jumlahnya ada 15 laboratorium dan tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Sebanyak 12 laboratorium Kemenkes dan 3 laboratorium milik swasta. Tes corona ini gratis.

Selain itu, kalau kamu takut terjangkit virus corona, bisa cek mandiri secara online via website klikdokter atau alodokter. Kemenkes juga menegaskan bahwa tes corona di rumah sakit rujukan pemerintah tidak dipungut biaya khusus pasien berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun yang memiliki gejala corona. Total ada 132 rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

7. Kuota Internet Gratis untuk Belajar di Rumah

Imbauan di rumah aja selama darurat corona membuat para pelajar dan mahasiswa banyak mengakses internet untuk belajar online. Telkomsel dan Indosat IM3 Ooredoo memberikan kuota internet gratis hingga 30GB selama 30 hari.

Kuota gratis tersebut untuk mengakses situs e-learning dan sekolah online gratis di aplikasi Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, dan Sekolahmu.

Untuk mendapatkan kuota internet gratis 30GB dari Telkomsel, caranya:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel dan login, klik Yang Terbaru dari Telkomsel” dan pilih “Terus Belajar” untuk kuota gratis Telkomsel Ruangguru, dan “Ilmu Pedia” untuk akses gratis Zenius atau lainnya.
  • Klik “Aktifkan.” Lalu tunggu pemberitahuan bahwa paket sudah aktif dan kamu sudah bisa belajar online secara gratis.

Cara dapat kuota internet gratis dari IM3 Ooredoo:

  • Buka aplikasi myIM3 atau akses *123*369# dan berlaku selama 30 hari sejak diaktifkan.

Yakinlah, Kita Pasti Menang Lawan Corona

Saat ini, kita sedang berperang melawan corona. Jika seluruh warga kompak menerapkan imbauan #dirumahaja, sosial dan physical distancing, serta selalu menjaga kebersihan diri, maka percayalah Indonesia pasti akan memenangkan peperangan ini. Tidak ada yang mustahil bila dikerjakan bersama.

Baca Juga: PHK Besar-Besaran dan Sepinya Lowongan Kerja karena Covid-19, Apa  yang Harus Dilakukan?