Dari Akting Hingga Tarik Suara, Begini Perjalanan Karier dan Transformasi Fairuz A. Rafiq

Nama Fairuz A. Rafiq sempat diekspose besar-besaran ketika kasus ikan asin merebak beberapa waktu lalu. Kasus bermula dari vlog bincang-bincang mantan suaminya, Galih Ginanjar dengan Rey Utami. Video perbincangan yang berkaitan dengan masa lalu tersebut kemudian diunggah oleh Pablo Benua ke YouTube.

Merasa nama baiknya dicemarkan, Fairuz A. Rafiq tak terima dan melaporkan trio ikan asin ke pihak yang berwenang. Setelah proses pertikaian yang berlangsung sengit dan alot, ketiganya divonis bersalah. 

Rey Utami diganjar mendekam dalam bui untuk setahun empat bulan. Sedangkan Pablo Benua dihukum penjara setahun delapan bulan. Adapun Galih Ginanjar Saputra yang merupakan mantan suami Fairuz, menerima hukuman paling lama yaitu kurungan penjara selama dua tahun empat bulan.

Terlepas dari kasus tersebut, Fairuz A. Rafiq sudah terkenal sejak lama sebagai seniman. Tak hanya mempunyai skill akting yang hebat, ia pun mewarisi bakat menyanyi dari sang ayah. Berikut perjalanan karier dan transformasinya.

Baca Juga: Fantastis, Ini Penyanyi Dangdut dengan Honor Termahal

Putri dari Pedangdut Legendaris

Fairuz ialah putri bungsu dari pedangdut legendaris tanah air, A. Rafiq. Mendiang ayahnya telah malang melintang sejak tahun 1970 silam. Salah satu tembang andalannya yang menjadi hits sepanjang masa ialah Pandangan Pertama yang rilis tahun 1978.

Pandangan Pertama laris manis di pasaran dan melambungkan nama A. Rafiq. Seperti sang mendiang ayah yang berkesenian, Fairuz juga terjun ke dunia entertainment untuk berkarier. Tak hanya pernah menjajal belantika musik Indonesia, ia bahkan bersinar sebagai aktris dan menekuni dunia akting.

Ayah tercintanya memang telah berpulang akibat serangan jantung di tahun 2013 lalu. Meski begitu, Fairuz dan suaminya saat ini (Sonny Septian) masih aktif meneruskan jejak kesuksesan A. Rafiq di di ranah seni.

Sukses Menjadi Bintang Peran

Sebagai seniman, Fairuz telah melahirkan karya baik dalam seni peran maupun musik. Dunia akting pertama dijajalnya pada tahun 2008 lalu. Saat itu, ia bermain dalam FTV bertajuk seperti I Love You Somat.

Setelahnya ia bermain dalam film layar lebar berjudul Manusia Petir Jadi Sang Pembela. Deretan judul FTV pun telah ia bintangi. Di antaranya seperti Aku Kaki Ayahku (2015), Ajari Aku Bertaubat, Rumah Untuk Bapak, Hadiah Terindah Dari Anakku, serta Penggali Kubur Jadi Direktur di tahun 2016.

Pada tahun yang sama, ia aktif melakoni berbagai judul FTV lainnya. Selain Suamiku Selalu Merasa Paling Benar, ia juga bermain dalam Apa Salah Kami Sehingga Difitnah?, Air Mata Seorang Istri, Aku Diusir Karena Aku Penjual Timun Suri, dan Suamiku Penggali Kuburan Yang Jujur.

Fairuz jadi semakin sering tampil di layar kaca setelah bermain dalam Cermin Kehidupan: Tagihan Dari Alam Kubur dan Rejeki Itu Milik Allah.

Berhasil Merambah Tarik Suara

Terinspirasi oleh sang ayah, ia juga sempat merilis single berjudul Cintaku pada tahun 2011 lalu. Dengan bantuan ayahnya yang bertindak sebagai rekan duet dan penulis lagu, Fairuz pun mulai menapaki kariernya sebagai penyanyi.

Single kolaborasi tersebut dikemas dengan unsur Rock Dangdut yang kental. Selain itu, detail instrument dengan ambience ala Timur Tengah turut disertakan ke dalamnya. 

Single berikutnya ialah Pengalaman Pertama yang resmi rilis pada tahun 2013 lalu. Sedangkan karya musik lainnya kemudian menyusul diluncurkan pada tahun 2016 yakni sebuah lagu berjudul Eits.

Lagi-lagi, wanita kelahiran 6 Maret 1986 ini mengadopsi warna Dangdut yang berbeda dari karakter musik sang ayah. Lagu yang diciptakan oleh H. Rhoma Irama itu dibawakannya dengan balutan unsur Pop yang dominan dalam aransemennya. Alhasil, nuansa dan image yang tercipta pun terdengar lebih eksklusif serta modern.

Rumah Tangga Hanya Bertahan Tiga Tahun

Galih Ginanjar Saputra menikahi Fairuz pada 5 Maret 2011 lalu. Sayangnya, pernikahan tersebut berujung perceraian. Setelah tiga tahun membina bahtera rumah tangga, keduanya memutuskan jalannya masing-masing pada tahun 2014.

Sebelumnya, Fairuz dilamar Galih di hari ulang tahunnya pada tahun 2010. Meski mulanya publik sempat curiga bahwa isu pernikahan tersebut hanya untuk mendongkrak ketenaran mereka, namun nyatanya pernikahan itu terjadi. 

Dari perkawinan singkat tersebut, mereka dikaruniai seorang putra yang bernama King Faaz Arafiq.

Konflik yang Berbuntut Pelik

Malangnya, pihak Galih menganggap King Faaz Arafiq bukanlah putra kandungnya. Fairuz bahkan mendapat tudingan telah mencurangi Galih dengan berselingkuh di belakangnya.

Konflik keduanya semakin panjang ketika Galih tak mau menafkahi putra mereka. Peliknya perseteruan yang terjadi tak ayal membuat pernikahan mereka kandas. 

Baca Juga: Kisah Inspiratif Aktor Sonny Septian, Berubah Total Setelah Alami Masa Sulit

Putuskan Menggunakan Hijab

Sebelum akhirnya dipersunting oleh aktor tampan Sonny Septian, Fairuz mantap memutuskan untuk mengubah tampilan busananya. Seperti yang diakui Fairuz, ia mendapat hidayah sewaktu melangsungkan ibadah umrohnya di tahun 2017.

Setelah memohon petunjuk dan kekuatan dari Sang Khalik, Fairuz menuturkan perubahan niat itu muncul dari mimpi dan perasaan yang mengganjal. Hingga akhirnya ia pun membulatkan niatnya untuk mengenakan hijab. 

Resmi Dipersunting Sonny Septian

Sebelum akhirnya melangkah ke pelaminan, Fairuz dan Sonny sudah menjalin kasih selama lebih kurang tujuh bulan lamanya. Fairuz lantas dipersunting Sonny pada tanggal 21 Mei 2017.

Kebahagiaan keduanya kian bertambah lengkap setelah Fairuz melahirkan buah cinta mereka, Queen Eijaz Slofa satu tahun kemudian. 

Terusik Kasus Ikan Asin

Waktu berlalu dan Galih Ginanjar telah menikahi Barbie Kumalasari secara siri. Menempuh jalannya masing-masing, Fairuz pun telah melanjutkan hidup dan diperistri Sonny Septian. Namun rupanya, sisa konflik dari masa lalu masih belum juga usai.

Hingga kemudian terjadilah kasus perbincangan ikan asin yang viral dan menghebohkan di media sosial. Tak terima, Fairuz menganggap telah dihina dan dicemarkan nama baiknya oleh mantan suaminya sendiri.

Dengan kondisi psikis yang terguncang, wanita cantik berdarah arab tersebut melaporkan ulah Galih kepada polisi. Menggandeng pengacara kondang Hotman Paris sebagai kuasa hukumnya, ia membantah statement Galih yang telah menghina serta mengungkap fakta palsu dalam video yang sudah terlanjur viral tersebut.

Perkara terkait akhirnya diselesaikan di meja hijau dan berbuah hukuman dikurung dalam jeruji besi bagi Galih Ginanjar Saputra, Pablo Benua, serta Rey Utami.

Punya Bisnis yang Menggurita

Bersama Sonny, ia mengelola sejumlah bisnis berbagai bidang. Tak hanya merintis bisnis kuliner. Pasangan suami istri tersebut juga membentuk usaha yang maju di bidang fashion. Selain menyediakan busana muslim dan muslimah, berbagai baju untuk anak muda pun disediakan mereka.

Selain itu, Fairuz juga merupakan pemilik sebuah rumah sakit umum di kawasan Depok. RS tersebut dikelola bersama dengan keluarganya. Memiliki kekayaan dalam jumlah fantastis, kediaman Fairuz dan keluarganya pun tampak megah dan elit.

Dirinya juga kerap menggunakan mobil tak kalah mewah dan disebut mempunyai kapal pesiarnya sendiri. Meski berlimpah harta dan bergelimang kekayaan, nyatanya Fairuz memilih tetap humble dan jarang memamerkan semua itu di depan publik.

Jalani Hidup Tentram dan Sejahtera

Kini Fairuz A. Rafiq telah melanjutkan hidup dengan lebih tentram dan sejahtera. Selain aktif sebagai vlogger di platform YouTube, ia juga kerap menerima jasa endorsement dan paid promote. Di tengah kondisi pandemi yang masih mewabah saat ini, Fairuz sebagaimana masyarakat segala kalangan pun ikut terkena imbasnya.

Itulah sebabnya ia terus menjaga agar segala kegiatannya berjalan sesuai protokol yang ditentukan. Saat berkegiatan di luar rumah masih dibatasi seperti sekarang ini, menjaga kesehatan adalah faktor terpenting baginya.

Baca Juga: Artis Ramai Pamer Saldo ATM dan Fakta Pajak yang Mengintai