Detailing Mobil: Pengertian, Manfaat, Proses dan Biayanya

Detailing mobil merupakan teknik perawatan pada kendaraan/ mobil, sehingga kendaraan tersebut bisa tampil dengan sempurna. Ini merupakan proses di mana mobil dipercantik secara keseluruhan, baik itu dari segi interior maupun eksteriornya. 

Proses yang satu ini kerap disamakan dengan perawatan salon mobil, meskipun keduanya memiliki banyak perbedaan. Jika salon mobil terdekat hanya mempercantik mobil dengan cara yang mendasar (basic) saja, maka detailing justru sebaliknya. 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Pengertian Detailing Mobil 

loader

Detailing mobil merupakan teknik perawatan dan mempercantik mobil, sehingga tampilan kendaraan tersebut menjadi lebih sempurna dan maksimal. Bukan hanya mencakup bagian eksterior saja, namun detailing merupakan proses menyeluruh dan dilakukan hingga ke bagian interior kendaraan. 

Ada banyak proses yang dilakukan dalam detailing mobil, dan hal inilah yang membedakannya dengan salon mobil yang pada dasarnya hanya “memoles” kendaraan saja dan membuatnya memiliki tampilan yang lebih cantik dan bersih dari biasanya.

Sebaliknya, di dalam detailing mobil, proses perawatan yang dilakukan akan jauh lebih kompleks dan menyeluruh. Teknik ini akan menangani semua bagian-bagian yang terdapat pada mobil, termasuk bagian mesin, jika sewaktu-waktu hal tersebut dibutuhkan. 

Tidak hanya memoles bagian eksterior kendaraan menjadi lebih licin sebagaimana yang dilakukan salon mobil terdekat, detailing bisa saja melakukan proses yang lebih rumit seperti coating mobil dan yang lainnya. Jika melihat kenyataan tersebut, maka wajar saja harga salon mobil cenderung lebih murah dari detailing itu sendiri.

Coating mobil merupakan tindakan untuk melapisi bagian cat/ eksterior kendaraan, agar tidak mudah lecet atau tergores. Namun ini adalah proses yang dilakukan hanya pada bagian luar kendaraan saja. Artinya, coating mobil ini merupakan bagian dari detailing mobil itu sendiri. 

Bagi para pemilik kendaraan yang menginginkan penanganan dan perawatan mobil yang menyeluruh, maka tidak cukup hanya dengan menggunakan layanan salon mobil terdekat. Mendapatkan perawatan detailing bisa menjadi pertimbangan, agar semua bagian mobil dapat ditangani dengan menyeluruh. 

Apa saja Manfaat Detailing Mobil? 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari proses detailing mobil:

1. Mempermudah Proses Perawatan Mobil 

Detailing mobil pada bagian eksterior biasanya dilakukan dengan cara coating, di mana lapisan cat mobil akan dilapisi dengan sedemikian rupa. Kondisi permukaan mobil yang licin seperti ini akan membuat proses pembersihan mobil menjadi jauh lebih mudah. Tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak tenaga ketika mencuci/ membersihkan mobil, sebab noda dan debu akan langsung turun ketika mobil disiram dengan menggunakan air. 

2. Memberi Efek Daun Talas 

Masih berkaitan dengan poin di atas, proses coating atau waxing akan membuat permukaan cat mobil menjadi terlapisi. Lapisan ini akan menimbulkan efek daun talas, sehingga air dan kotoran tidak menempel pada permukaan mobil tersebut. Hal ini akan membuat permukaan mobil tetap mulus dan bebas bercak air, termasuk jamur yang bisa saja timbul akibat adanya bercak-bercak air kotor. 

3. Memberi Perlindungan Terhadap Sinar Ultraviolet (UV)

Paparan sinar UV merupakan tantangan tersendiri bagi pemilik kendaraan di Indonesia. Jika terpapar secara rutin atau dalam kurun waktu yang panjang, sinar UV ini akan merusak permukaan cat kendaraan. Namun jika sudah melakukan detailing mobil dan melapisi kendaraan dengan baik, maka paparan sinar UV ini tentu tidak akan jadi masalah. Cat mobil akan tetap terlindungi dan tidak mudah kusam, meskipun kerap terpapar sinar matahari. 

4. Membuat Tampilan Mobil Fresh dan Mengkilap

Detailing akan membuat tampilan mobil menjadi berbeda, bahkan bisa terlihat secara langsung. Mobil yang telah mendapatkan perawatan dan polesan seperti ini akan terlihat lebih fresh serta mengkilap. Selain terasa lebih nyaman untuk dikendarai, tampilan mobil yang terawat seperti ini tentu akan membuat aktivitas berkendara menjadi lebih terasa menyenangkan. 

Baca Juga: Mengenal Powder Coating: Kelebihan dan Kekurangannya

Bagaimana Proses Detailing Mobil?

Berbeda dengan perawatan salon mobil yang pada umumnya tidak membutuhkan waktu yang lama, detailing memang dilakukan dengan proses yang detail. Hal ini tentu akan membuat biaya untuk proses yang satu ini lebih tinggi, jika dibandingkan dengan harga salon mobil pada umumnya.

Berikut ini adalah beberapa proses yang dilakukan dalam teknik detailing mobil: 

Proses Pengertian
Proses Pembersihan (Cleaning)

Ini merupakan proses awal dalam detailing, sebelum tahap lainnya yang dilakukan untuk mempercantik kendaraan. Tahap pencucian mobil dilakukan untuk menghilangkan noda dan debu yang terdapat pada body kendaraan. Tahap ini perlu dilakukan dengan cara yang benar, agar cat maupun permukaan mobil tidak sampai mengalami baret atau bahkan lecet. 

Di dalam detailing mobil dikenal dua tahap yang merupakan bagian dari cleaning, yakni: 

  • Claying: ini merupakan proses membersihkan debu serta kotoran yang menempel pada permukaan/ body mobil.
  • Paint cleaning: ini merupakan proses membersihkan mobil tanpa membuat permukaan cat mengalami baret/ kerusakan. 
Proses Preparasi (Paint Correction)

Ini merupakan proses detailing di mana pekerja salon mobil terdekat akan melakukan penanganan pada berbagai masalah yang terdapat di permukaan mobil. Ada banyak masalah yang kerap membuat tampilan mobil menjadi tidak lagi maksimal dan membutuhkan koreksi, seperti: baret, goresan, oksidasi pada cat, dan yang lainnya. 

Berbagai “cacat” di atas tentu akan membutuhkan penanganan yang serius dan benar-benar dilakukan oleh pekerja salon mobil yang profesional. Ada beberapa tahapan yang kerap dilakukan dalam paint correction, antara lain: compounding, polishing dan glazing, dan yang lainnya. Tindakan yang dilakukan tentu akan disesuaikan dengan kondisi kerusakan body mobil itu sendiri. 

Proses Perlindungan (Protection)

Jika kedua tahap di atas sudah selesai dengan baik, maka perawatan detailing selanjutnya adalah memberikan perlindungan pada permukaan/ cat kendaraan. Perlindungan permukaan body ini biasanya dilakukan dengan proses coating mobil, yakni dengan memberikan lapisan pelindung pada permukaan cat mobil itu sendiri. 

Coating mobil dengan menggunakan ceramic atau wax akan memberikan perlindungan pada permukaan cat. Sedangkan untuk melindungi berbagai bagian yang terbuat dari metal digunakan powder coating. Coating sendiri akan memberikan perlindungan terhadap sinar UV dan juga berbagai kotoran yang bisa saja membuat kendaraan mengalami masalah atau bahkan terlihat kotor. 

Selain itu, tahap yang satu ini juga akan membuat tampilan kendaraan menjadi lebih mengkilap dan sedap dipandang mata. Namun jika menggunakan layanan yang satu ini, maka harga salon mobil yang harus dibayarkan tentu akan lebih tinggi lagi. 

Maintenance

Ini merupakan tahap terakhir yang ada dalam detailing mobil. Daya tahan dan perlindungan masing-masing produk perawatan yang digunakan di atas tentu akan sangat beragam, tergantung pada proses perawatan lanjutan yang dilakukan oleh para pemilik kendaraan itu sendiri. 

Lakukan perawatan berkala di salon mobil terdekat, agar perlindungan dari proses detailing bisa bertahan lama. Pada umumnya, salon mobil akan menggunakan berbagai produk yang dibutuhkan untuk maintenance ini, seperti: detailer, finishing dan yang lainnya. Berbagai produk ini hanya perlu digunakan sesuai dengan kebutuhan saja. 

Baca Juga: Coating Motor: Manfaat, Jenis, dan Tips Memilih Bengkelnya

Berapa Harga Detailing Mobil?

Sama seperti harga salon mobil, harga detailing mobil juga sangat beragam dan bisa saja berbeda-beda untuk setiap mobil. Harga ini biasanya akan sangat tergantung pada jenis penanganan/ perawatan yang dibutuhkan dan juga ukuran kendaraan yang akan dikerjakan. 

Semakin besar ukuran kendaraan, maka akan semakin mahal juga biaya detailingnya. Selain itu, kondisi atau tingkat kekotoran kendaraan itu sendiri juga akan ikut serta mempengaruhi besaran harga yang harus dibayarkan untuk proses perawatan yang satu ini. 

Rata-rata detailing untuk keseluruhan body kendaraan akan dikenakan biaya sekitar Rp 2 jutaan. Namun selain itu, penyedia layanan ini juga biasanya menyediakan paket-paket tertentu yang harganya lebih terjangkau, jika pemilik kendaraan tidak ingin melakukan detailing secara keseluruhan. Hal ini akan memudahkan para pemilik kendaraan untuk memilih layanan yang paling tepat.

Rawat Kendaraan dengan Melakukan Detailing Mobil 

Detailing mobil merupakan perawatan kendaraan yang komplek pada bagian eksterior dan interiornya. Bukan hanya mempercantik kendaraan saja, namun proses yang satu ini juga akan memberikan perlindungan pada kendaraan tersebut. Rawat kendaraan dan lakukan detailing secara rutin, agar mobil tetap memiliki penampilan maksimal dan nyaman dikendarai.

Baca Juga: Mengenal Coating Mobil dan Manfaatnya pada Kendaraan